Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aktivitas Individu Ips Kelas 9 Semester 1


Aktivitas Individu Ips Kelas 9 Semester 1

aktivitas individu ips kelas 8 halaman 93 semester 1​

1. aktivitas individu ips kelas 8 halaman 93 semester 1​


Jawaban:

1. Carilah buku biografi orang sukses di perpustakaan sekolah atau

lainnya.

2. Bacalah buku tersebut, kemudian ceritakan kembali secara singkat:

a. Siapa orang sukses yang kalian baca?

b. Bagaimana cerita orang tersebut sebelum sukses?

c. Bagaimana usaha orang tersebut untuk sukses?

d. Apakah orang tersebut dalam berusaha selalu berhasil, atau pernah

juga mengalami kegagalan?

e. Bagaimana hambatan orang tersebut untuk menjadi sukses?

f. Bagaimana kegiatan sosial orang tersebut setelah menjadi orang

sukses?

3. Tukarkan hasil ringkasanmu dengan 2 (dua) orang temanmu.  Selain memahami berbagai faktor yang mendorong terjadinya mobilitas sosial,  kalian juga perlu memahami berbagai faktor penghambat mobilitas sosial.   Beberapa  faktor pendorong terjadinya mobilitas sosial dasarnya

Jawaban dapat dilihat pada link berikut ini https://brainly.co.id/tugas/24774332

Penjelasan:

Profil biografi merupakan profil tentang kisah seseorang yang biasanya ditulis dalam bentuk cerita tentang sejarah hidup seseorang, Biografi ini menceritakan tentang pengalaman hidup seseorang, dan biasanya orang yang ditulis biografinya merupakan orang yang cukup terkenal dan menginspirasi.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang teks biografi brainly.co.id/tugas/637743

#BelajarBersamaBrainly


2. Aktivitas individu kelas 8 semester 1 hal 83 ipsTolong jawab!!


aktivitas individu kelas 8 semester 1 hal 83 IPS

1. 6 tetangga yang mengalami mobilitas

a. Agus mengalami mobilitas horizontal

b. Rani mengalami mobilitas vertikal

c. Riyan mengalami mobilitas antar generasi

d. Wida mengalami mobilitas intragenerasi

e. Nabila mengalami mobilitas geografis

f. Nafisa mengalami mobilitas vertikal

2. Proses mobilitas sosial

a. Agus awalnya beragam katolik, namun karena ia akan menikah dengan orang islam dia berubah agama menjadi islam.

b. Rani dulunya hanya buruh cuci di lingkungannya, namun karena ketekunannya dia sekarang menjadi bos besar laudry dengan cabang dimana-mana.

c. Riyan hanyalah tukang becak, namun ia berhasil menyekolahkan anaknya hingga sukses dan sekarang taraf hidupnya naik setelah anaknya menjadi PNS.

d. Wida dulunya seorang aktivis pada era reformasi, namun sekarang ia bekerja sebagai dosen di sebuah perguruan tinggi negeri.

e.  Nabila dulunya tinggal di yogyakarta,namun karena ia di tugaskan di pusat makanya ia harus berdomisili di Jakarta.

f. Nafisa berasal dari keluarga kurang mampu yang berpendidikan rendah, namun karena ketekunannya ia berhasil memperoleh beasiswa sekolah di luar negeri dan menuntaskan S2 di Perancis.

3. Faktor-faktor yang mempengaruhi mobilitas sosial  

a. Faktor individu  

b. Perubahan kondisi sosial

c. Berkembangnya IPTEK

d. Berkembangnya sistem pembagian kerja

e. Tingkat kelahiran dan kematian penduduk

f. Kemudahan akses untuk mendapatkan pendidikan

Pembahasan

Hallo teman-teman BrainlyLovers!!!

Mari kita mencoba menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan pelajaran Sekolah Mengah pertama dalam mapel IPS tentang mobilitas sosial.

a. Mobilitas Horizontal  

Perubahan ataupun perpindahan individu dari suatu objek sosial maupun kelompok sosial yang memiliki kesetaraan derajat.

b. Mobilitas vertikal  

Perubahan ataupun perpindahan individu dalam suatu kedudukan sosial ke dalam kedudukan yang lain yang lebih tinggi ataupun yang lebih rendah/ kedudukan tidak setara.

c. Mobilitas antar generasi

Perubahan ataupun perpindahan status sosial yang terjadi dari 2 generasi atau lebih, misal dalam generasi ayah-ibu, generasi anak-anak, dan generasi cucu-cucu.

d. Mobilitas  intragenerasi

Perubahan ataupun peralihan status sosial yang terjadi dalam satu periode generasi.

e. Mobilotas geografis

Perubahan ataupun perpindahan individu dari suatu tempat ke tempat lain atau ke wilayah yang berbeda.

Mungkin itu dulu sedikit penjelasan dari saya tentang pelajaran sosiologi semoga bermanfaat untuk Adik-adik semua yaa

Pelajari Lebih Lanjut:

Adik-adik semua masih kepingin belajar materi IPS kan? Yuk adik-adik cek link di bawah ini yaa!!! Semoga dapat membantu adik-adik dalam belajar dan semoga membantu ya  

1.Kajian tentang kejadian kronologis reformasi, cek link berikut ini ya https://brainly.co.id/tugas/13343026

2.Kajian tentang keterkaitan keadaan alam dengan persebaran dan konsentrasi penduduk di benua asia,cek link berikut ini ya https://brainly.co.id/tugas/95909#

3.Kajian tentang etnik mayoritas penduduk di benua eropa, cek link berikut ini ya https://brainly.co.id/tugas/4959987#

Detail Jawaban

Kelas: 9

Mapel: IPS  

Bab : Bab 5 - Perubahan Sosial

Kode : 9.10.2005

Kata Kunci: mobilitas sosial, 6 tetangga, faktor-faktor mobilitas sosial

Simak lebih lanjut di Brainly.co.id - https://brainly.co.id/tugas/6454933#readmore


3. aktivitas individu ips semester 2 kelas 8 hal 230


1)nama toko :sultan iskandar muda

peran dalam peristiwa :untuk menyerang kedudukan portugis di malaka

nilai keteladanan:-sikap rela berkorban

-bersatu teguh

-semangat gotong royong/kerja samq


4. Aktivitas individu ips kelas 8 hal 156


belajar

membantu orang tua


5. aktivitas individu kelas 7 ips​


Jawaban:

2.lemari,sekunder,jasmani,sekarang,individual

3.minum,primer,jasmani,sekarang,individual

4.makan,primer,jasmani,sekarang,individual

5.selimut,sekunder,jasmani,sekarang,individual

6.mobil,tersier,jasmani,yang akan datang,kelompok

7.bantal,sekunder,jasmani,sekarang,individual

8.kursi,sekunder,jasmani,sekarang,individual

9.rak,sekunder,jasmani,sekarang,kelompok

10.meja,sekunder,jasmani,sekarang,individual

#koreksi!


6. Plis jawab, soalnya dikumpulin besoookapa jawaban aktivitas individu ips kelas 7 semester 2 hal 219​


Jawaban:

Penjelasan:

a. Nilai gotong royong

Pada masa praaksara, manusia hidup bersama dan bergotong royong untuk kepentingan bersama. Hal yang sama juga masih terjadi pada masa kin

b. Nilai musyawarah

Pada masa praaksara, masyarakat sudah melakukan musyawarah dengan dipimpin oleh kepala suku. Hal yang sama juga terjadi pada masa sekarang. Masyarakat melakukan musyawarah untuk menentukan keputusan bersama.

c. Tradisi bercocok tanam

Masyarakat praaksara melakukan kegiatan bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan hidup. Pada masa ini, masyarakat juga melakukan kegiatan bercocok tanam.


7. ips kelas 9 halaman 222 aktivitas individu​


Setelah proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, ternyata perjuangan Indonesia masih harus terus berlanjut. Indonesia mengeluarkan upaya fisik maupun moril untuk mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan bangsanya. Hal ini dikarenakan masih banyak pihak yang belum menerima kedaulatan dan kemerdekaan Indonesia termasuk Belanda dan para sekutunya. Belanda melakukan banyak perlawanan dan pertentangan sehingga rakyat Indonesia harus turun tangan mengatasinya. Contoh upaya yang dilakukan Indonesia adalah perjuangan dalam pertempuran Surabaya, pertempuran Ambarawa, Bandung Lautan Api, Medan Area, dan Serangan Umum 1 Maret 1949.


PembahasanPertempuran Surabaya terjadi karena rakyat tidak merespons ultimatum yang diberikan oleh Sekutu dengan meminta rakyat bersenjata menyerahkan diri pada 9 November 1945 sebelum pukul 18.00. Ultimatum ini terjadi ketika pasukan Sekutu datang ke Surabaya pada tanggal 25 Oktober 1945 dan menewaskan Brigjen A.W.S. Mallaby dalam pertempuran dengan rakyat Surabaya pada 28 Oktober 1945. Bung Tomo sebagai orator membakar semangat rakyat Indonesia untuk melakukan perlawanan, Oleh sebab itu, terjadi pertempuran pada 10 November 1945.Pertempuran Ambarawa merupakan pertempuran antara Tentara Rakyat Indonesia dan pasukan Inggris pada 20 November sampai 15 Desember 1945. Lantaran pihak sekutu mengingkari janjinya, terjadilah pertempuran. Kemenangan pertempuran Ambarawa berhasil direbut pasukan TKR pada tanggal 15 Desember 1945 dengan memukul mundur sekutu ke Semarang, Jawa Tengah.Bandung Lautan Api terjadi ketika Sekutu mengeluarkan ultimatum pada tanggal 23 Maret agar TRI mengosongkan seluruh wilayah Bandung. Pemerintah pun menyetujuinya. Masyarakata diinstruksikan oleh Kolonel Abdul Haris Nasution sebagai Komandan Divisi III Siliwangi untuk mengungsi pada 24 Maret. Kemudian pada malam harinya, semua bangunan penting di Bandung dibakar.Medan Area terjadi ketika tentara Sekutu Inggris mendarat di kota Medan pada tanggal 9 Oktober 1945 dipimpin Brigadir Jenderal T.E.D. Kelly dengan pasukan sekutu dan Nederlandsch Indische Civiele (NICA) dengan tujuan mengurus tawanan. Tapi malah berencana untuk mengambil alih pemerintahan. Pertempuran dimulai pada 13 Oktober 1945 atas Insiden Merah Putih, Serangan Umum 1 Maret 1949 dilakukan karena setelah Agresi Militer II, Belanda menyiarkan propaganda bahwa Indonesia telah musnah dan tidak mengakui kedaulatan Indonesia. Hal ini menyebabkan TNI menyerang Yogyakarta yang diduduki Belanda. Serangan ini digagasi atas ide Sri Sultan Hamengku Buwono IX dengan tujuan memberi tahu dunia bahwa Indonesia masih ada untuk melawan Belanda yang tidak mengakui kedaulatan Indonesia.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang sejarah pertempuran Ambarawa, Medan Area, dan pertempuran Surabaya https://brainly.co.id/tugas/5850774Materi tentang sejarah Bandung Lautan Api https://brainly.co.id/tugas/487444Materi tentang sejarah Serangan Umum 1 Maret 1949 https://brainly.co.id/tugas/7266597

Detail jawaban

Kelas: IX

Mapel: IPS

Bab: Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan

Kode: 9.10.3


#AyoBelajar


8. tolong bantuin tentang perubahan akibat interaksi antar ruang aktivitas individu IPS semester 1 halaman 75


Akibatnya, jumlah penduduk Di kota-kota besar menjadi meningkat sedangkan Di desa sedikit Karena orang-orang pergi ke kota untuk mencari pekerjaan

9. aktivitas individu ips kelas 8​


Jawaban:

alim seorang petani menjadi seorang mandor


10. aktivitas individu ips hal 20 kelas 7


Jawaban: yang ini bukan

Penjelasan:


11. Aktivitas individu ips kelas 7 hal 75


Berikut adalah jawaban dari tabel yang ada pada buku pelajaran IPS kelas 7 halaman 75:

Daerah asal penduduk: keadaan awal adalah dihuni oleh satu suku bangsa saja atau homogen. Keadaan saat ini adalah menjadi heterogen. Penyebab hal ini adalah migrasi yang dilakukan oleh penduduk dengan suku bangsa lain ke daerah tersebut. Dampak dari hal ini adalah meningkatnya kerja sama lintas budaya.Permukiman daerah: keadaan awal adalah rumah masih sangat jarang. Keadaan saat ini adalah sudah sangat penuh. Penyebabnya adalah meningkatnya angka penduduk. Dampak dari hal ini adalah berkurangnya ruang terbuka hijau di daerah tersebut.Lahan pertanian: keadaan awal adalah sangat luas. Keadaan saat ini banyak yang sudah dialihfungsikan menjadi kawasan industri. Penyebabnya adalah meningkatnya kawasan industri di seluruh daerah. Dampak dari hal ini adalah meningkatnya polusi udara.

Pembahasan

Berubahnya lingkungan tempat tinggal pada dasarnya adalah hal yang sangat wajar. Salah satu faktor utama yang menciptakan perubahan pada lingkungan tempat tinggal adalah meningkatnya angka penduduk. Dengan meningkatnya angka penduduk, maka kebutuhan akan tempat tinggal dan juga pekerjaan semakin meningkat. Meningkatnya kebutuhan tempat tinggal ini akan membuat permukiman semakin padat dan meningkatnya kebutuhan pekerjaan ini akan meningkatkan kawasan industri yang akan mengurangi ruang terbuka hijau di suatu daerah.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang peran lingkungan bagi kehidupan https://brainly.co.id/tugas/939599Materi tentang dampak perubahan lingkungan https://brainly.co.id/tugas/5151142Materi tentang faktor terjadinya perubahan lingkungan https://brainly.co.id/tugas/11123887

Detail jawaban

Kelas: 7

Mapel: IPS

Bab: 2 - Keadaan Penduduk Indonesia

Kode: 7.10.2

#AyoBelajar #SPJ2 


12. aktivitas individu ips hal 138 kelas 7


Kelas         : VII
Pelajaran   : IPS
Kategori     : Aktifitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan 
Kata Kunci : tabel, intensitas, sifat, waktu, subyek pemilikan, primer, sekunder, tersier, jasmani, rohani, sekarang, yang akan datang, individual, kelompok

[Bab 3 Aktifitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan]

Pembahasan telah disusun langsung di tabel pada gambar terlampir.

13. Aktivitas individu ips kelas 7 semester 2 hal 208.Tolong jawab yang lengkap yaa​


Paleolithikum : alat alat nyamenggunakan

kapak perimbas dan alat

serpih kegiatan ekonomi nya

berburu dan meramu

(mengumpulkan makanan) dan

hidupnya masih berpindah

pindah.

Mesolithikum : Memiliki budaya

kjokkenmoddinger dan Abris

Sous Roche ( tinggal di

dalam gua),kapak genggamnya

bernama kapak sumatera yang

bentuknya lebih baik daripada

kapak perimbas

Neolithikum : Kapak persegi dan kapak

lonjong . Kegiatan ekonomi nya

bercocok tanam.

Zaman Logam :Manusia mulai menggunakan

bahan logam Untuk membuat

alat alat, contoh nya kapak

corong,negara,dan cendrasa


14. aktivitas individu ips kelas 7 kurikulum 2013 semester 2 hal 208


Jawaban:

1. Zaman paleolitikum tua

Periode ini merupakan periode pertama kali manusia berkembang ke arah yang lebih berbudaya. Pada masa ini muncul peralatan dari batu yang dibuat dengan sistem benturan, yaitu dengan membenturkannya pada batu lain yang lebih keras. Tradisi pembuatan alat – alat ini disebut dengan tradisi peralatan Oldowan.

2. Zaman paleolitikum madya

Pada periode ini manusi purba diperkirakan telah memiliki kepercayaan. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannnya artefak – artefak di Situs Mousterian yang mengungkapkan adanya pemujaan pada binatang pada waktu itu.

3. Zaman paleolitikum muda

Pada periode ini manusi purba sedikit lebih berkembang. Merek mulai menemukan peralatan – peralatan berburu seperti panah, tombak, dan pisau batu yang menyempurnakan teknik berburu mereka. Pada masa ini, banyak sekali kebudayaan yang muncul karena penyebaran manusia yang telah luas hingga ke pelosok bumi.

Ciri – Ciri Zaman Paleolitikum

Zaman paleolitikum memiliki ciri – ciri sebagai berikut ini:

1. Jenis Manusia

Manusia purba yang tinggal pada masa paleolitikum adalah manusia jenis Pithecanthropus Erectus, manusia yang berjalan tegak. Mereka hidup secara berkelompok dan menggunkan alat – alat yang terbuat dari batu kasar. Untuk memenuhi kebutuhah hidupnya mereka mencari makanan dengan cara berburu dan mengolah makanan yang masih sangat sederhana.

Berdasarkan penemuan fosil manusia purba, jenis manusia purba yang hidup pada zaman ini adalah Pithecanthropus Erectus, Meganthropus paleojavanicus, Homo Wajakensis, dan Homo Soliensis. Fosil – fosil ini ditemukan di aliran sungai Bengawan Solo.

Pada masa itu, manusia purba belum menetap di suatu tempat. Mereka berpindah – pindah tempat dari satu tempat ke tempat lainnya (nomaden).

2. Peralatan

Peralatan yang digunakan pada masa itu terbuat dari batu yang masih sangat kasar. Perlatan itu dibuat dengan cara memukulkannya pada batu lain yang lebih keras, sehingga dihasilkan serpihan batu yang lebih kecil. Benda – benda yang ditemukan pada zaman ini adalah kapak genggam, anak panah, tombak, pisau batu, flakes, alat – alat dari tulang, dan tanduk rusa.

Kebudayaan Zaman Paleolitikum

1. Kebudayaan Pacitan

Kebudayaan pacitan ditandai dengan penemuan alat batu dan kapak genggam di daerah Pacitan pada tahun 1935 oleh Von Koenigswald. Kapak – kapak tersebut merupakan kapak – kapak yang dikerjakan dengan cara kasar yang disebut dengan kapak penetak. Selain di Pacitan, di Gombang dan Progo (Jawa Tengah), Suka Bumi, dan Lahat juga banyak ditemukan alat-alat seperti itu.

2. Kebudayaan Ngandong

Kebudayaan Ngandong ditandai dengan ditemukannya alat-alat dari tulang, alat penusuk dari tanduk rusa, flakes dan ujung tombak bergigi di daerah Ngandong dan Sidoarjo.

Selain itu, ditemukan pula alat yang sangat kecil dari batu – batuan yang sangat indah di dekat Sangiran. Benda ini disebut dengan Serbih Pilah. Keberadaan kebudayaan Ngandong ini didukung juga oleh penemuan yang berupa lukisan pada dinding – dinding goa yang berupa lukisan tapak tangan berwarna merah dan juga lukisan babi hutan yang ditemukan di Goa Leang Pattae (Sulawesi Selatan

Manusia Purba pada Zaman Mesolitikum

Hasil Kebudayaan Zaman Mesolitikum

Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa Zaman Mesolitikum menghasilkan beberapa kebudayaan, di antaranya adalah:

1. Kjokkenmoddinger (Sampah Dapur)

Istilah Kjokkenmoddinger diambil dari bahasa Denmark, yaitu kjokken yang berarti dapur dan modding yang berarti sampah. Jadi, Kjokkenmoddinger adalah sampah dapur. Dalam pengertian yang sebenarnya Kjokkenmoddinger adalah fosil yang berupa timbunan atau tumpukan kulit kerang dan siput sehingga mencapai ketinggian ± 7 meter. Fosil ini ditemukan di sepanjang pantai timur Sumatera, yakni antara daerah Langsa hingga Medan. Penemuan tersebut menunjukkan bahwa manusia purba pada zaman ini sudah mulai menetap.

2. Kapak genggam Sumatera (Sumateralith)

Pada tahun 1925, Dr. P.V. Van Stein Callenfels melakukan penelitian di fosil bukit kerang dan menemukan kapak genggam. Temuan tersebut dinamakan sesuai dengan lokasi penemuannya yaitu pebble/kapak genggam Sumatra (Sumatralith). Kapak ini dibuat dari batu kali yang dipecah – pecah hingga menjadi tajam ujungnya.

3. Hachecourt (kapak pendek)

Selain pebble, Dr. P.V. Van Stein juga menemukan kapak pendek (Hachecourt) di dalam bukit kerang. Kapak ini memiliki bentuk yang lebih pendek (setengah lingkaran) sehingga disebut juga dengan hachecourt/kapak pendek.

4. Pipisan

Di dalam bukit kerang tersebut ternyata ditemukan pipisan, yaitu batu – batu penggiling beserta dengan landasannya. Batu pipisan ini digunakan untuk menggiling makanan dan juga dipergunakan sebagai penghalus cat merah yang berasal dari tanah merah. Cat merah ini diperkirakan sebagai alat untuk keperluan keagamaan dan juga untuk ilmu sihir.

Penjelasan:


15. Jawaban aktivitas kelompok ips kelas 9 semester 2


Jawaban:

soalnya mananya~~~~~~

Jawaban:

hah

maksudnya

apaa

maaf gk tau maksudnya


Video Terkait


Post a Comment for "Aktivitas Individu Ips Kelas 9 Semester 1"