Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 7
Kunci jawaban matematika kelas 6 halaman 7
1. Kunci jawaban matematika kelas 6 halaman 7
Kunci jawaban matematika kelas 6 halaman 7. Kemungkinan buku yang dimaksud adalah ESPS matematika kelas 6 Erlangga yang merupakan Latihan 2 Menentukan, membandingkan, dan mengurutkan bilangan bulat. Untuk soalnya bisa di lihat pada lampiran.
PendahuluanPada garis bilangan terdapat bilangan positif berada sebelah dari 0, dan bilangan negatif berada sebelah kiri dari 0.
Bilangan bulat yang berada disebelah kanan memiliki nilai yang lebih besar dari semua bilangan bulat yang ada disebelah kiri.
Pembahasan1. Hubungkan dengan garis, nama dan lambang bilangan yang tepat!
Negatif dua puluh tiga = -23Negatif empat puluh sembilan = -49Negatif tujuh puluh = -702. Perhatikan garis bilangan
a. Bilangan bulat positif yang ada pada garis bilangan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9b. Bilangan bulat negatif yang ada pada garis bilangan : -1, -2, -3, -4, -5, -6, -7, -8, -9.3. Lingkarilah bilangan yang lebih besar
a. [tex]-35~~~ \boxed{-30}[/tex]b. [tex]\boxed{42}~~~-40[/tex]c. [tex]-65~~~\boxed{-61}[/tex]d. [tex]-91~~~\boxed{19}[/tex]e. [tex]\boxed{25}~~~-27[/tex]f. [tex]-49~~~\boxed{-40}[/tex]g. [tex]-55~~~\boxed{3}[/tex]h. [tex]-73~~~\boxed{-26}[/tex]4. Isilah titik-titik dengan <, >, atau = !
a. 5 > -5b. 17 > -17c. 19 = 19d. 21 > -21e. -45 > -54f. -76 < 76g. 101 > -102h. -150 < 150i. -293 > -3925. Perhatikan garis bilangan
a. Bilangan bulat yang kurang dari 3 adalah 2, 1, 0, -1, -2, -3, -4, -5, -6, -7, -8, -9.b. Bilangan bulat yang lebih dari -2 adalah -1, 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9.c. Bilangan bulat yang lebih dari -3 tetapi kurang dari 4 adalah -2, -1, 0, 2, 3.-----------------------------------------------------------------------
Pelajari lebih lanjut tentang Bilangan BulatLingkarilah bilangan yang lebih besar! → brainly.co.id/tugas/19679707Urutan bilangan berikut dari yang terbesar hingga terkecil menggunakan garis bilangannya → brainly.co.id/tugas/21185611Gambarkan hasil operasi penjumlahan berikut mengunakan pasangan kancing positif dan kancing negatif! → brainly.co.id/tugas/23217071Detail JawabanKelas : 6 SDMapel : MatematikaMateri : Bab 1 - Pengerjaan Hitung Bilangan BulatKode : 6.2.1#AyoBelajar
2. kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 214 (hanya no 6-7
6. Manakah belah ketupat di bawah ini yang kongruen? Jelaskan!
7. Diketahui trapesium ABCD dan trapesium FEHG adalah kongruen. Jika panjang sisi AD = 12 cm, DC = 13 cm, dan EF = 22 cm, maka tentukan panjang EH!
Jawaban: 6. Belah ketupat (a) dan (c); 7. Panjang EH adalah 15 cm.
Soal di atas mengasah kemampuan teman-teman dalam memahami materi Kesebanguan dan Kekongruenan. Penjelasan dan perhitungan selengkapnya, dapat teman-teman pelajari pada pembahasan berikut.
Pembahasan Syarat Dua Bangun yang Sama dan Sebangun (kongruen)Dua buah bangun datar dikatakan sama dan sebangun atau kongruen jika memenuhi syarat berikut:
Sisi-sisi bersesuaian panjangnya sama. Sudut-sudut yang bersesuaian besarnya sama. Syarat Dua Bangun yang SebangunDua bangun dengan bentuk yang sama, dikatakan sebangun jika memenuhi syarat berikut:
Sudu-sudut yang bersesuaian sama besar. Sisi-sisi yang bersesuaian sebanding atau memiliki nilai perbandingan sama.Ditanyakan:
6. Manakah belah ketupat di bawah ini yang kongruen? Jelaskan!
7. Diketahui trapesium ABCD dan trapesium FEHG adalah kongruen. Jika panjang sisi AD = 12 cm, DC = 13 cm, dan EF = 22 cm, maka tentukan panjang EH!
Jawab:
6. Kita akan mengecek satu per satu gambar yang disajikan, manakah yang memenuhi syarat untuk disebut bangun yang saling kongruen.
→ Sisi-sisi bersesuaian panjangnya sama.
Belah ketupat (a) mempunyai panjang sisi 5 cm, belah ketupat (b) mempunyai panjang sisi 5,5 cm, dan belah ketupat (c) mempunyai panjang sisi 5 cm. Sehingga dhanya belah ketupat (a) dan (c) yang memenuhi syarat ke-1 (sisi-sisi bersesuaian panjangnya sama).
→ Sudut-sudut yang bersesuaian besarnya sama.
Pada belah ketupat, sudut-sudut yang berhadapan mempunyai besar sudut sama.
Belah ketupat (a), sudut bagian atas dan bawah nilainya adalah [tex]50^{o}[/tex], bagian kiri dan kana [tex]130^{o}[/tex].
Belah ketupat (b) tdak perlu dicek lagi karena sudah jelas tidak memenuhi syarat yang pertama (sisi-sisi bersesuaian panjangnya sama).
Belah ketupat (c), sudut bagian atas dan bawah nilainya adalah [tex]130^{o}[/tex], bagian kiri dan kana [tex]50^{o}[/tex].
Hanya belah ketupat (a) dan (c) yang memenuhi syarat yang ke-2 (sudut-sudut yang bersesuaian besarnya sama).
Sehingga dapat disimpulkan, pasangan bangun belah ketupat yang saling kongruen adalah gambar (a) dan (c).
7. Jawaban soal nomor 7 dapat dilihat pada gambar berikut (terlampir).
PELAJARI LEBIH LANJUT:Teman-teman dapat menemukan soal-soal yang sejenis dengan soal di atas, dengan tetap mengakses Brainly.co.id. Banyak sekali soal-soal yang ditanyakan, dan telah mendapatkan jawaban yang detail dan jelas dari kakak-kakak yang telah ahli di bidangnya masing-masing.
Beberapa contoh soal dapat dilihat pada link di bawah ini:
Kekongruenan: brainly.co.id/tugas/11965433 Kekongruenan: brainly.co.id/tugas/4004123 Kekongruenan: brainly.co.id/tugas/2997372 DETAIL JAWABAN:Kelas: IX
Pelajaran: Matematika
Bab: 1 - Kesebangunan dan Kekongruenan
Kode: 9.2.1
#AyoBelajar
3. kunci jawaban buku paket matematika kelas 8 semester 2 halaman 11-12 nomer 6-7
Ayo kita berlatih 6.1 no 6 dan 7 matematika semester 2 kelas 8 halaman 12, merupakan materi Teorama Pythagoras yang soalnya bisa dilihat pada lampiran I
PendahuluanTeorama Pythagoras
Untuk setiap segitiga siku-siku berlaku : luas persegi pada sisi miring (hipotenusa) sama dengan jumlah luas persegi pada sisi siku-sikunya).
Hubungan panjang sisi pada setiap segitiga siku-siku dapat dinyatakan dalam bentuk rumus berikut.
c² = a² + b²
a² = c² - b²
b² = c² - a²
PembahasanJawaban Ayo kita berlatih 6.1 no 1 - 5 bisa di simak pada https://brainly.co.id/tugas/26258812
6. Tentukan panjang AB dari gambar berikut
Perhatikan gambar yang terdapat pada lampiran II
Gambar a.Diketahui :
AD = CD = 4 cm
BC = 3 cm
Panjang AB
AB² = (AD - BC)² + CD²
= (4 - 3)² + 4²
= 1 + 16
= 17
AB = √17
Jadi panjang AB gambar a adalah √17 cm
Gambar bDiketahui :
CD = 4 cm
BC = 7 cm
AD = 6 cm
Panjang BD pada segitiga BCD
BD² = BC² + CD²
= 7² + 4²
= 49 + 16
= 65
BD = √65
Panjang AB pada Δ ABD
AB² = BD² - AD²
= (√65)² - 6²
= 65 - 36
= 29
AB = √29
Jadi panjang AB gambar b adalah √29 cm
Gambar cDiketahui :
AO = 3 cm + 1 cm = 4 cm
BO = 5 cm
Panajang AB
AB² = AO² + BO²
= 4² + 5²
= 16 + 25
= 41
AB = √41
Jadi panjang AB gambar c adalah √41 cm
7. Diketahui persegi panjang ABCD dan P merupakan titik di dalam persegi panjang. Jika PC = 8 cm, PD = 4 cm, dan PB = 7 cm, maka PA adalah ...
Penyelesaian :
Perhatikan gambar yang ada pada lampiran III. Kita tarik garis hijau yang tegak lurus melalui titik P agar terbentuk segitiga siku-siku, karena syarat pythagoras adalah salah satu sudut pada segitiga haruslah siku-siku dan kedua sisi tegak lurus. Ada 4 garis diagonal yang terdiri dari 4 segitiga siku-siku
Keempat diagonal tersebut kita masukan kedalam rumus pythagoras yaitu c² = a² + b², maka PA² = a² + b²
PD² = b² + c²
4² = b² + c²
b² = 4² - c²
PC² = c² + d²
8² = c² + d²
c² = 8² - d²
PB² = a² + d²
7² = a² + d²
a² = 7² - d²
Subtitusikan
PA² = a² + b²
PA² = (7² - d²) + (4² - c²)
PA² = 7² - d² + 4² - (8² - d²)
PA² = 7² - d² + 4² - 8² + d²
PA² = 7² + 4² - 8²
PA² = 49 + 16 - 64
PA² = 65 - 64
PA² = 1
PA = √1
PA = 1 cm
Cara cepat :
PA² + PC² = PD² + PB²
PA² + 8² = 4² + 7²
PA² = 4² + 7² - 8²
PA² = 16 + 49 - 64
PA² = 65 - 64
PA² = 1
PA = 1 cm
Jadi panjang PA adalah 1 cm
---------------------------------------------------------------------------
Pelajari lebih lanjut tentang PythagorasLimas P.ABC dengan alas segitiga ABC yang siku-siku di C. → brainly.co.id/tugas/13976071Manakah yang merupakan tripel phytagoras → brainly.co.id/tugas/21345321Trapesium KLMN sama kaki → brainly.co.id/tugas/10147270Pada segitiga PQR berikut ini, diketahui RS = 4 cm, PS = 8 cm, QS = 16 cm. Hitunglah panjang PQ → brainly.co.id/tugas/13268361Layang layang ABCD → brainly.co.id/tugas/2043254Detil JawabanKelas : 8 SMPMapel : MatematikaBab : 4 - Teorama PythagorasKode : 8.2.4Semoga Bermanfaat
4. Kunci jawaban buku matematika kelas 6 halaman 14 sampai 15.-11,-7,-12,-10,0.Urutan yang benar dari bilangan terkecil adalah...A.-11,-10,-12,-7,0.B.-12,-11,-10,-7,0.C.-12,-11,-10,0,-7.D.0,-7,-10,-11,-12.Alasan:...
Jawaban:
-12, -11, -10, -7, 0
Penjelasan dengan langkah-langkah:
jadi jawabannya yaitu yang B.
5. Kunci jawaban buku matematika kelas 6 halaman 14 sampai 15.-11,-7,-12,-10,0.urutan yang benar dari bilangan terkecil adalah...a.-11,-10,-12,-7,0.b.-12,-11,-10,-7,0.c.-12,-11,-10,0,-7.d.0,-7,-10,-11,-12.alasan:. ..
urutkan 11,7,3-1 adalah
6. ✕TUTUPBERANDAAGAMABISNISMATERI SEKOLAHPENDIDIKANSOAL-SOALINFO LAINBERANDA / SOAL SD 640 Soal UTS Tema 2 Kelas 6 Revisi 2018 Semester 1 & Kunci JawabanOleh Muttaqin 1 komentarContoh soal UTS/ PTS Semester 1 kelas 6 tema 2 tentang persatuan dalam perbedaan kurikulum 2013 revisi dan kunci jawaban. Pada kali ini kami akan membagikan salah satu latihan soal UTS/PTS SD MI yang kami miliki, yaitu soal UTS Kelas 6, tepatnya tema 2.Dikarenakan kurikulum 2013 menggunakan konsep pembelajaran tematik, maka ada beberapa mata pelajaran yang kami masukkan dalam latihan soal ini, mulai dari PPKn, Matematika, IPA, IPS, Penjaskes. Sekedar informasi, bahwa Tema 2 (persatuan dalam perbedaan) pada kelas 6 terbagi menjadi 3 subtema, antara lain : subtema 1 tentang rukun dalam perbedaan, subtema 2 tentang bekerja sama mencapai tujuan, subtema 3 tentang bersatu kita teguh. Silahkan buka juga : 40 Soal Tematik Kelas 6 : Rukun dalam Perbedaan & JawabanSoal Tematik Kelas 6 Tema 2 (Persatuan dalam Perbedaan)Dalam contoh soal UTS kelas 6 tema 2 ini, kami membagi latihan soal menjadi 3 jenis soal. Tentu saja ini jenis soal ranah pengetahuan ya… Untuk ranah keterampilan, kami belum bisa membagikannya. Lalu, apa saja jenis soal tematik kelas 6 yang kami bagikan ini? Nah, soal ini terdiri dari soal pilihan ganda/ pilgan (multiple choice), soal essay/ esai, dan soal uraian.Tentu saja sudah lengkap dengan kunci jawaban/ pembahasan soal. Kunci jawaban soal sudah kami sediakan pada halaman artikel ini ya. Tepatnya di akhir artikel. Ya sengaja kami letakkan pada akhir artikel agar pembaca berkenan untuk mencoba menjawab soal ini secara mandiri.Siapa tahu ada kunci jawaban atau soal yang bermasalah. Jika anda menjumpai ada yang salah pada artikel ini, silahkan hubungi kami melalui kolom komentar ya… Masukkan saja nomor soal yang bermasalah, maka kami secepatnya akan merevisi artikel ini. Sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas kritik dari pembaca ya…LINK DOWNLOAD soal sudah kami sediakan kok, pada akhir artikel. Sudah ada tombol download yang dapat anda klik, sehingga anda akan diarahkan menuju halaman download soal.Demikian pengantar kami terkait contoh soal online UTS Semester Gasal kelas 6 tematik dan kunci jawaban. Semoga artikel soal UTS Gasal ini dapat bermanfaat kepada pendidikan di Indonesia, khususnya untuk SD MI kelas 6 Semester 1. Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini artikel kami.Soal Pilihan Ganda Tema 2 Kelas 6 SD MI1. Semboyan yang perwujudannya persatuan dan kesatuan adalah …a. Garuda Pancasilab. Pancasilac. Bhinneka Tunggal Ikad. Bersatu Kita Teguh2. Hewan yang memiliki punuk sebagai penyimpan lemak untuk membantu mempertahankan diri di lingkungan padang pasir adalah ...a. kudab. untac. keledaid. beruang kutub3. Teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dirumuskan di rumah …a. Ahmad Subarjob. Drs. Moh. Hattac. Ir. Soekanod. Laksamana Maeda4. Berikut tanaman yang tidak digunakan sebagai pewarna alami makanan adalah …a. wortelb. daun pisangc. sawid. kunyit5. Jika 86% air bumi adalah air asin, maka air bersih yang ada di bumi adalah …a. 15%b. 13%c. 12%d. 14%Iklan (Tutup K!ik 2x) 6. Assa membeli meja senilai Rp100.000,00, ternyata meja tersebut ada yang cacat dan tidak bisa ditukar. Assa menjual kembali meja tersebut dengan harga Rp67.000,00. Persentase kerugian Assa adalah …a. 52%b. 35%c. 33%d. 43%7. Dalam sekantong plastik terdapat 80 buah kelereng. Lalu, Bayu mengambil 20 kelereng dari kantong tersebut. Presentasi kelereng yang diambil oleh Bayu yaitu …a. 25%b. 15%c. 20%d. 12%8. Nilai 1/5 sama dengan …a. 10%b. 20%c. 5%d. 15%9. Berkut yang merupakan pecahan dua desimal yaitu …a. 5,09b. 3,6c. 1,351d. 6,78010. Beraneka ragam kebudayaan menjadi satu yang utuh dan serasi, arti merupakan …a. keragamanb. persatuanc. kebangsaand. kebudayan11. Gotong royong merupakan kegiatan yang menerapkan Pancasila sila ke …a. empatb. duac. satud. tiga12. Burung pelikan mempunyai paruh yang berkantong agar dia bisa membawa makanan untuk anaknya. Hal tersebut merupakan adaptasi …a. semaunyab. morfologic. fisiologid. tingkah laku13. Berikut ini sikap yang harus dikembangkan dengan adanya perbedaan, kecuali …a. memusuhib. menghargaic. toleransid. menghormati14. Berikut ini contoh persatuan dan kesatuan di masyarakat, kecuali …a. selalu mencela dan tidak mau membantu melaksanakan tugas rumahb. meningkatkan semangat Bhinneka Tunggal Ikac. perlindungan, jaminan, serta menjunjung tinggi hak asasi manusiad. meningkatkan semangat kekeluargaan, gotong royong, dan musyawarahlontong aku kak
Jawaban:
1. c. bhinneka tunggal ika
2. b. unta
3 d. Laksamana maeda
4 b. daun pisang
5 d. 14
6
7. a. 25
8.
9.
10.
11. d. tiga
12.
13. a. memusuhi
14. a. selalu mencela dan tdk mau membantu melaksanakan tugas rumah
maaf kalau salah
yang kosong aku g tau
semoga membantu
Post a Comment for "Kunci Jawaban Matematika Kelas 6 Halaman 7"