Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal Latihan Menulis Kelas 1 Sd


Soal Latihan Menulis Kelas 1 Sd

Bupena Jilid 6A untuk SD/MI Kelas VIAyo BerlatihMenuliskan hak anak di rumah, sekolah, dan masyaMenceritakan penggunaan hak yang diperoleh dan•Kerjakan soal-soal berikut!1. Apa yang kamu ketahui tentang hak?2. Tuliskan masing-masing dua hak anak di lingkungan:a. rumah,b. sekolah,C. masyarakat.​

Daftar Isi

1. Bupena Jilid 6A untuk SD/MI Kelas VIAyo BerlatihMenuliskan hak anak di rumah, sekolah, dan masyaMenceritakan penggunaan hak yang diperoleh dan•Kerjakan soal-soal berikut!1. Apa yang kamu ketahui tentang hak?2. Tuliskan masing-masing dua hak anak di lingkungan:a. rumah,b. sekolah,C. masyarakat.​


Jawaban:

1.hak adalah sesuatu yg kita dapatkan

2.a.rumah:•memakan masakan rumah dari ibu

b.sekolah:•mendapatkan vasilitas sekolah

c.masyarakat:•mengikuti pemilihan ketua RT

maaf cuma segini saja ya

semoga berguna


2. 2. BacaBuena e 64 untuk SD/MI Kelas VIMenuliskan pelaksanaan kewajiban secara bertanggung jawabAyo BerlatihKerjakan soal-soal berikut!1. Tuliskan contoh pelaksanaan kewajiban secara bertanggung jawab dalammenghemat energi listrik!hal tersebut!Menceritakan pengalaman pelaksanaan kewajiban sehingga tidak merugikan orang lain2. Tuliskan masing-masing dua contoh kewajiban di lingkungan rumah, sekolah, danmasyarakat! Tuliskan juga dampak terhadap hak orang lain jika tidak melakukan hal-3. Ceritakan pengalamanmu dalam melakukan kewajiban dengan bertanggung jawab!​


Jawaban: 1. Mematikan lampu saat tidak di pakai

Penjelasan:

Semoga membantu :)


3. pak purwadi adalah seorang guru kelas 4 disebuah SD yang terletak didaerah pegunungan. Dalam mata pelajaran matematika tentang pecahan, pak purwadi menjelaskan cara menjumlahkan pecahan dengan memberi contoh dipapan tulis, salah satu penjelasannya adalah sebagai berikut : PAK PURWADI '' perhatikan anak-anak kalau kita menjumlahkan pecahan penyebut harus disamakan terlebih dahulu kemudian pembilangnya dijumlahkan. perhatikan contoh berikut 1/2+1/4=2/4+1/4=3/4. perhatikan lagi contoh ini :1/2+1/3=3/6+2/6=5/6.jadi yang dijumlahkan adalah pembilangnya, sedangkan penyebutnya tetap, mengerti anak-anak?''Anak-anak diam, mungkin mereka bingung. pak purwadi :pasti sudah jelas, kan.nah sekarang coba kerjakan soal-soal ini''pak purwadi menulis 5 soal dipapan tulis dan anak-anak mengeluarkan buku latihan secara berangsur-angsur mereka mulai mengerjakan soal, namun sebagian besar anak ribut karna tidak tahu cara bagaimana mengerjakannya. hanya beberapa anak yang tampak mengerjakan soal,yang lain itu hanya menulis soal. dan ada pula yang bertengkar dengan temannya,selama anak-anak bekerja pak purwadi duduk didepan kelas sambil membaca. setelah selesai anak-anak diminta saling bertukar hasil pekerjaannya. pak purwadi meminta seorang anak menuliskan jawabannya dipapan tulis. tetapi karna jawaban itu salah, pak purwadi lalu menuliskan semua jawaban dipapan tulis. kemudian anak-anak diminta memeriksa pekerjaan temannya, dan mencocokkan dengan jawaban dipapan tulis. alangkah kecewanya pak purwadi ketika mengetahui bahwa dari 30 anak, hanya seorang yang benar semua, sedangkan seorang lagi benar 3 soal, dan yang lainnya salah semua. identifikasi 3 kelemahan pembelajaran yang dilakukan pak purwadi dalam kasus diatas...​


Jawaban:

A. 7

B. 1

C. -1

D. -7

Penjelasan:


4. Bupena Jilid 5D untuk SD/MI Kelas VAyo BerlatihMenuliskan peristiwa dalam teks nonfiksiBacalah teks berikut dengan saksama!Setelah itu, kerjakan soal-soalnya!Ma'Nene: Sebuah Prosesi Adat Bentuk Penghormatanterhadap Para LeluhurTana Toraja memang dikenal dengan berbagai macam warisan budayanya yang sangat kayadan tentunya memiliki keunikan tersendiri. Warisan budaya dari Tana Toraja berhasil dibuat menjadisebuah bagian dari kegiatan pariwisata di wilayah Tana Toraja. Hal ini membuat Tana Toraja menjadisalah satu destinasi wajib yang harus dikunjungi ketika menyambangi Sulawesi Selatan.kematian yang diselenggarakan secara meriah dan menghabiskan dana yang cukup besar ituUpacara Rambu Solo merupakan kegiatan yang paling dikenal oleh para wisatawan. Upacaramemiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun asing. Namun, ada satu lagi ritual danToraja yang masih juga berkaitan dengan kematian yang sangat sayang untuk dilewatkan. Ma'Nenebegitulah nama ritual ini dikenal. Ritual ini merupakan kegiatan membersihkan jasad para leluhuyang sudah meninggal dunia selama ratusan tahun. Walaupun sudah tidak banyak yang melakukanritual ini, tapi di beberapa daerah seperti Desa Pangala dan Baruppu, ritual ini masih dilaksanakansecara rutin tiap tahun.Prosesi dari ritual Ma'Nene dimulai dengan para anggota keluarga yang datang ke Patane untukmengambil jasad dari anggota keluarga mereka yang telah meninggal. Patane merupakan sebuahkuburan keluarga yang bentuknya menyerupai rumah. Setelah jasad dikeluarkan dari kuburanjasad itu dibersihkan. Pakaian yang dikenakan jasad para leluhur itu diganti dengan kain ataupakaian yang baru. Biasanya, ritual ini dilakukan serempak satu keluarga atau bahkan satu desasehingga acaranya pun berlangsung cukup panjang. Setelah pakaian baru terpasang, jenazah lalutersebut dibungkus dan dimasukan kembali ke Patane. Rangkaian prosesi Ma'Nene ditutup denganberkumpulnya anggota keluarga di rumah adat Tongkonan untuk beribadah bersama. Ritual inbiasa dilakukan setelah masa panen berlangsung, kira-kira di bulan Agustus akhir. Pertimbangannyakarena pada umumnya para keluarga yang merantau ke luar kota akan pulang ke kampungnyasehingga semua keluarga dapat hadir untuk melakukan prosesi Ma'Nene ini bersama-samaRitual Ma'Nene lebih dari sekadar membersihkan jasad dan memakaikannya baju baru. Ritualini mempunyai makna yang lebih, yaitu mencerminkan betapa pentingnya hubungan antaranggotakeluarga bagi masyarakat Toraja, terlebih bagi sanak saudara yang telah terlebih dahulu meninggadunia. Masyarakat Toraja menunjukkan hubungan antarkeluarga yang tak terputus walaupun telahdipisahkan oleh kematian. Ritual ini juga digunakan untuk memperkenalkan anggota-anggotakeluarga yang muda dengan para leluhurnya.1. Carilah ide pokok dari setiap paragraf pada teks tersebut!2. Tuliskan informasi-informasi penting tersebut secara berurutan!​


Jawaban:

1 Prosesi Adat Bentuk Penghormatan Terhadap Para Leluhur

2 -

Penjelasan:

maaf kalo salah, semoga membantu


5. Bupena Jilid 6A untuk SD/MI Kelas VIAyo BerlatihMenjelaskan manfaat kemerdekaan bagi kesejahteraan bangsa IndonesiaMenuliskan makna kemerdekaan dalam kehidupan sehari hari sebagai pelajarKerjakan soal-soal berikut!1. Perhatikan gambar di samping!a. Apa manfaat kemerdekaan bagi masyarakat padagambar tersebut? Jelaskan!b. Bagaimana peran pemerintah dalam meningkatkankesejahteraan masyarakat pada gambar tersebut?2. Apakah kemajuan sarana pendidikan merupakan salahsatu dari manfaat kemerdekaan? Jelaskan!3. Apa makna kemerdekaan dalam kehidupan sehari-harisebagai pelajar? Tuliskan contoh beserta manfaatnya!Observasi Sikap (diisi oleh guru)Sikap yang dapat dikembangkan adalah peduli, santun, percaya diri, dan kerja sama saat mendiskusikan jawaban pada soalPendamping Pembelajaran 2yang bener aku kasih Bintang 5 Dan aku follow no boong!!​


Jawaban:

Muatan IPS KD 3.4dan 4.4

Menjelaskanmanfaatkemerdekaanbagikesejahteraanbangsa Indonesiamenuliskanmakna kemerdekaandalam kehidupansehari-hari sebagaipelajar

a) masyarakat bebas untuk melakukan kegiatan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraannya. b) memberikan kebijakan pada masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatya, karena seluruh rakyat Indonesia dapat memperoleh pendidikan yang layakdapat bersekolah dan memperoleh ilmu pengetahuan


6. Bupena Jilid 4D untuk SD/MI Kelas IVAyo BerlatihMenuliskan sikap toleransi dalam keragamanKerjakan soal-soal berikut!1. Bagaimana seharusnya kita bersikap terhadap keragaman? Jelaskan!2. Pak Budi dan Pak Satria saling bertetangga. Pak Budi sudah lama membuka tokoberas. Pak Budi marah saat mengetahui Pak Satria juga membuka toko di rumahkelontong di rumahnya. Suatu hari, Pak Satria juga membuka toko yang menjualHubungan antara Pak Budi dan Pak Satria pun menjadi tidak rukun.a. Menurutmu, apakah sikap Pak Budi mencerminkan sikap toleransi dalamkeragaman? Jika tidak, jelaskan alasanmu!b. Jika kamu menjadi Pak Budi, bagaimana sebaiknya kamu bersikap?3. Tuliskan tiga contoh sikap toleransi di lingkungan rumahmu!4. Apakah kesenian dapat menjadi pemersatu dalam keragaman? Jelaskan!Observasi Sikap (diisi oleh guru)Sikap yang dapat dipelajari adalah kerja sama dan tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas kelompok​


Jawaban:

1. Saling menghormati dan menghargai

2. a. tidak, karena tidak mau mengalah atau membiarkan pak satria berjualan. (lagipula rejeki sudah diatur oleh yg Maha Kuasa)

b. membiarkan pak satria berjualan dan berdamai dengan pak satria

3.  berbeda agama dengan tetangga

    berbeda suku dengan tetangga

    berbeda asal tempat tinggal (temmpat kelahiran)

4. Iya, dengan beragamnya seni, kita dapat mengenal seni budaya suku lain dan dapat dipelajari oleh kita

Penjelasan:

semoga bermamfaat

jadikan jawaban terbaik

follow aku ya


7. tidaBupena Jilid 6A untuk SD/MI Kelas VIAyo BerlatihMenuliskan hak anak di rumah, sekolah, dan masyarakatMenceritakan penggunaan hak yang diperoleh dan faktor yang memengaruhinyanadKerjakan soal-soal berikut!1. Apa yang kamu ketahui tentang hak?2. Tuliskan masing-masing dua hak anak di lingkungan:a. rumah,b. sekolah,c. masyarakat.3. Apakah penggunaan hak-hak berikut sudah benar?a. Edo berhak menonton bola kesukaannya sampai larut malam.b. Dani berhak bersekolah dengan mengendarai sepeda melalui jalan raya yangramai kendaraan.C. Adi berhak membantu warga yang sedang bergotong royong membersihkantaman bermain.4. Ceritakan pengalamanmu saat memperoleh hak menikmati lingkungan rumah yangbersih beserta faktor yang memengaruhi penggunaan hak tersebut!Tolong Jawab ya! ​


Jawaban:

1. Hak adalah sesuatu yang harus kita dapatkan baik setelah kita melakukan perbuatan maupun tidak

2. Hak anak

a. Rumah

- Mendapatkan perlakuan dan kasih sayang yang seimbang/sama dari orang tua

- Mendapatkan fasilitas hidup yang sesuai dan sama

b. Sekolah

- Mendapatkan pendidikan yang baik dan seimbang

- Mendapatkan fasilitas dan perlindungan sekolah

c. Masyarakat

- Mendapatkan keamanan yang sama

- mendapatkan perlakuan atas ketentuan atau peraturan kemasyarakatan yang sama

3. a. Tidak, Karena pemberian hak boleh diberikan asal tidak berlebihan dan tidak sampai merusak diri maupun masa depan,kalau menonton bola sampai larut malam,sama saja sudah merusak dirinya,dan itu bukan pemberian hak

b. Ya berhak

c. Ya berhak


8. tidaBupena Jilid 6A untuk SD/MI Kelas VIAyo BerlatihMenuliskan hak anak di rumah, sekolah, dan masyarakatMenceritakan penggunaan hak yang diperoleh dan faktor yang memengaruhinyanadKerjakan soal-soal berikut!1. Apa yang kamu ketahui tentang hak?2. Tuliskan masing-masing dua hak anak di lingkungan:a. rumah,b. sekolah,c. masyarakat.3. Apakah penggunaan hak-hak berikut sudah benar?a. Edo berhak menonton bola kesukaannya sampai larut malam.b. Dani berhak bersekolah dengan mengendarai sepeda melalui jalan raya yangramai kendaraan.C. Adi berhak membantu warga yang sedang bergotong royong membersihkantaman bermain.4. Ceritakan pengalamanmu saat memperoleh hak menikmati lingkungan rumah yangbersih beserta faktor yang memengaruhi penggunaan hak tersebut!Tolong Jawab ya! ​


Jawaban:

1.Hak Adalah Sesuatu Yang Sudah Kita Peroleh.

2.Rumah:-Disayangi Orang Tua Dan

Dicukupi Kebutuhannya

Sekolah:-Mendapatkan Pendidikan/Pengajaran

-Mendapatkan Perilaku Yang Baik

Masyarakat:-Berteman Dengan Sesama Lingkunganya

-Mendapatkan Pengetahuan Moral

3.A.Tidak

B.Tidak

C.Iya

4.Saat memperoleh hak maka selayaknya kita memberikan kewajiban dengan menjaga kebersihan dan memeliharanya

Maaf Kalau Salah Terutama No 4 Agak Ga Paham


9. Analisis KasusPak Edi mengajar Matematika di kelas 4 SD Suka Mulya. Beliau akan mengajarkanmateri pecahan. Setelah memberikan penjelasan di papan tulis, Pak Edi memberikantugas kepada siswanya untuk mengerjakan soal-soal latihan yang ada di buku cetakMatematika. Setelah waktu yang diberikan untuk soal telah habis, siswa dimintamengumpulkan tugasnya. Ternyata setelah tugas diperiksa, sebagian besar siswabelum selesai mengerjakan soal dan nilai yang diperoleh masih banyak yang belummencapai KKM (70).Pertanyaan:1. Identifikasi empat peristiwa penting yang terjadi dalam kasus pembelajaran yangdikelola oleh pak Edi yang dapat mengakibatkan timbulnya masalah.2. Bagaimana anda mengatasi masalah gagalnya anak-anak menjawab soalpecahan? Susunlah satu rencana perbaikan yang mencakup:a. Identifikasi masalah.b. Analisis penyebab masalah.c. Mengembangkan alternatif pemecahan masalah.d. Menganalisis kekuatan dan kelemahan setiap alternative.e. Memilih alternative yang dianggap paling efektif.f. Menysun dan menuliskan jawaban dari masalah/kasus tersebut.​


Jawaban:

bingung

Penjelasan:

saya juga tidak tahu


Video Terkait


Post a Comment for "Soal Latihan Menulis Kelas 1 Sd"