Kunci Jawaban Matematika Wajib Kelas 10 Semester 2
Kunci jawaban Matematika kelas 7 semester 2 Hal. 10 Uji kompetensi 5.1
1. Kunci jawaban Matematika kelas 7 semester 2 Hal. 10 Uji kompetensi 5.1
Kunci jawaban Matematika kelas 7 semester 2 Hal. 10 Uji kompetensi 5.1. Latihan soal halaman 10 matematika kelas 7 adalah “Ayo kita berlatih 5.1” yang terdiri dari 10 soal tentang perbandingan. Karena pertanyaannya terlalu banyak (tidak sesuai dengan poin yang diberikan), maka disini kita akan membahas 3 soal saja yaitu no 1, 3 dan 4. Namun adik tidak perlu khawatir, untuk jawaban yang lain, bisa adik lihat di link yang diberikan pada “pelajari lebih lanjut”
Pembahasan
Nomor 1
Kalian dapat menjelaskan ukuran sebuah pohon dengan
membandingkannya terhadap pohon lain atau benda yang lain
a) Anton mengatakan bahwa perbandingan diameter ramin terhadap diameter ulin adalah 1 : 6. Apakah pernyataan Anton benar? jelaskan!
Jawab
diameter Ramin : diameter Ulin
= 20 : 120
= (20 ÷ 20) : (120 ÷ 20)
= 1 : 6
Jadi pernyataaan Anton adalah Benar
b) Ria mengatakan bahwa selisih tinggi damar dan gaharu adalah 25 m. Apakah benar? Jelaskan!
Jawab
Selisih adalah perbedaan nilai antara dua bilangan dengan operasi hitung pengurangan nilai yang besar dengan nilai yang kecil
= Tinggi Damar – Tinggi Gaharu
= 65 m – 40 m
= 25 m
Jadi pernyataan Ria adalah Benar
c) Leni mengatakan bahwa keliling ulin sekitar 3 per 4 kali keliling damar, apakah benar? jelaskan!
Jawab
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita gunakan perbandingan antara keliling Ulin dan Keliling Damar
[tex]\frac{Keliling \: Ulin}{Keliling \: Damar} = \frac{\pi d_{Ulin}}{\pi d_{Damar}} [/tex]
[tex]\frac{Keliling \: Ulin}{Keliling \: Damar} = \frac{d_{Ulin}}{d_{Damar}} [/tex]
[tex]\frac{Keliling \: Ulin}{Keliling \: Damar} = \frac{120}{150} [/tex]
[tex]\frac{Keliling \: Ulin}{Keliling \: Damar} = \frac{120 \div 30}{150 \div 30} [/tex]
[tex]\frac{Keliling \: Ulin}{Keliling \: Damar} = \frac{4}{5} [/tex]
5 Kelilling Ulin = 4 Keliling Damar
Keliling Ulin = [tex]\frac{4}{5} [/tex] Keliling Damar
Jadi pernyataan Leni adalah salah, seharusnya keliling Ulin itu sekitar 4 per 5 kali keliling Damar
Nomor 3
Dalam tes menguji rasa dua jenis susu kotak, 780 siswa memilih
Fullcream. Hanya 220 siswa yang memilih Hi-Cal. Lengkapi setiap
pernyataan berikut
a. Terdapat ... siswa lebih banyak yang memilih Fullcream.
Jawab
Selisih siswa yang memilih fullcream dan Hi-cal
= 780 – 220
= 560
Jadi terdapat 560 siswa lebih banyak yang memilih Fullcream.
b. Siswa yang memilih Fulcream lebih banyak daripada yang
memilih Hi-Cal dengan rasio ... : ....
Jawab
Fullcream : Hi-cal
= 780 : 220
= (780 ÷ 20) : (220 ÷ 20)
= 39 : 11
Nomor 4
Kelas VIID di SMP Mandala mengumpulkan data berbagai jenis film
yang disukai oleh siswa kelas VII dan VIII
a) Perbandingan banyak siswa kelas VII yang memilih film drama terhadap banyak siswa kelas VIII yang memilih drama
Jawab
= 105 : 150
= (105 ÷ 15) : (150 ÷ 15)
= 7 : 10
b) Pecahan yang menyatakan jumlah seluruh siwa (kelas VII dan kelas VIII) yang memilih film action
Jawab
Ada kesalahan hitung dalam soal yaitu jumlah seluruh kelas VIII seharusnya = (80 + 150) siswa = 230 siswa (bukan 240 siswa), sehingga jumlah seluruh siswa adalah = (180 + 230) siswa = 410 siswa
Jadi pecahan yang menyatakan jumlah seluruh siwa (kelas VII dan kelas VIII) yang memilih film action
= [tex]\frac{jumlah \: siswa \: yang \: memilih \: film \: action}{jumlah \: seluruh \: siswa}[/tex]
= [tex]\frac{80 + 75}{410}[/tex]
= [tex]\frac{155}{410}[/tex]
= [tex]\frac{155 \div 5}{410 \div 5}[/tex]
= [tex]\frac{31}{82}[/tex]
c) Perbandingan banyak siswa (kelas VII dan kelas VIII) yang memilih film drama terhadap banyak siswa (kelas VII dan kelas VIII) yang memilih film action
Jawab
= (105 + 150) : (75 + 80)
= 255 : 155
= (255 ÷ 5) : (155 ÷ 5)
= 51 : 31
Pelajari lebih lanjut
Jawaban soal no 2
https://brainly.co.id/tugas/1400489
Jawaban soal no 4 jika ada ralat siswa kelas VIII yang menyukai Action adalah 90 orang
https://brainly.co.id/tugas/8992914
Jawaban soal no 5
https://brainly.co.id/tugas/4465336
Jawaban soal no 6
https://brainly.co.id/tugas/9000937
Jawaban soal no 7
https://brainly.co.id/tugas/1188997
Jawaban soal no 8
https://brainly.co.id/tugas/1134587
Jawaban soal no 9
https://brainly.co.id/tugas/1126663
Jawaban soal no 10
https://brainly.co.id/tugas/1344786
------------------------------------------------
Detil Jawaban
Kelas : 7
Mapel : Matematika
Kategori : Perbandingan
Kode : 7.2.5
Kata Kunci : Kunci jawaban Matematika kelas 7 semester 2 Hal. 10 Uji kompetensi 5.1
2. kunci jawaban matematika kelas 7 semester 2 halaman 119 nomor 10 sama 11
Ayo Kita Berlatih 7.1 (Kelas 7 Semeter 2 Hal 119)
10. a. Garis-garis yang sejajar adalah q dengan s dan p dengan m.
b. Garis-garis yang berpotongan adalah r dengan n.
11. Pasanga garis yang saling sejajar adalah AB dengan DE, AC dengan DF, CB dengan FE, AD dengan CF, AD dengan BE, dan CF dengan BE.
PendahuluanGaris adalah suatu kumpulan titik-titik. Garis dapat terbentuk dengan adanya minimal 2 titik. Garis bisa berupa garis lurus ataupun garis lengkung. Garis memiliki beberapa hubungan yaitu:
Sejajar, apabila antar garis tidak akan memiliki perpotongan di titik manapun atau dapat dikatakan memiliki arah yang sama. Berpotongan, apabila antar garis memiliki perpotongan pada titik tertentu. Berpotongan tegak lurus, apabila antar garis memiliki perpotongan dengan sudut di antara dua garis tersebut siku-siku. Bersilangan, apabila dua garis tidak sejajar tapi berada pada bidang yang berbeda.Dari penjelasan tersebut, mari kita selesaikan permasalahan di atas!
Pembahasan10. Diketahui:
Garis m, n, p, q, r, dan s.
Ditanyakan:
a. Garis yang sejajar
b. Garis yang berpotongan
Jawab:
a. Garis yang sejajar:
Artinya kita cari garis yang tidak mungkin berpotongan jika diperpanjang sampai kapanpun, yaitu:
q dengan s p dengan mb. Garis yang berpotongan:
Artinya kita cari garis yang tidak saling sejajar, yaitu:
r dengan n11. Diketahui:
Limas segitiga ABC.DEF
Ditanyakan:
Garis yang sejajar.
Jawab:
Cari garis yang jika diperpanjang tidak akan berpotongan, yaitu:
AB dengan DE AC dengan DF CB dengan FE AD dengan CF AD dengan BE CF dengan BE Pelajari lebih lanjut: Materi tentang menentukan panjang garis pada bangun: https://brainly.co.id/tugas/27019953 Materi tentang menentukan garis yang saling sejajar: https://brainly.co.id/tugas/9564775 Materi tentang menentukan besar suatu sudut: https://brainly.co.id/tugas/14452055_______________________________________________
DETAIL JAWABANKelas: 7
Mapel: Matematika
Bab: 3 - Garis dan Sudut
Kode: 7.2.3
#AyoBelajar
3. kunci jawaban matematika kelas 7 semester 2 hal.18
Semoga kamu terbantu atas jawaban saya^_^
4. Kunci jawaban buku matematika kelas 7 semester 2 8.1
Kunci jawaban buku matematika kelas 7 semester 2 8.1 Kakak ambil dari buku Matematika kelas 7 semester 2 Kurikulum 2013 revisi 2016 ya! Jawabannya adalah yang sudah kakak sertakan di lampiran di bawah! Semangat adik-adik semua!
PembahasanHalo adik-adik! Balik lagi di Brainly!! Gimana, masih semangat belajar kah? Nah untuk pertanyaan di atas itu sedikit masuk ke materi tentang bangun datar. Oke langsung aja yukkkkk kita bahas. Nah adik-adik sebenarnya pada bagun datar ini dibagi menjadi sua jenis yaitu segitiga dan segiempat. Kemudian pada segiempat terdapat beberapa jenis segiempat yaitu persegi, persegi panjang, jajargenjang, trapesium, layang-layang, dan belah ketupat. Oke langsung aja yuk kita lihat penjelasan dari jawaban soal di atas yang sudah kakak lampirkan di bawah ya! Semangat! Semoga membantu adik-adik semua!
Pelajari Lebih LanjutAdik-adik semua masih kepingin belajar dan memperdalam materi di atas? Yuk cek aja link-link yang ada di bawah ini ya! Semangat!
Contoh soal memisahkan suatu bangun menjadi 4 bagian yang jika 4 bagian tersebut digabungkan bisa membentuk sebuah persegi : https://brainly.co.id/tugas/10234835 Contoh soal menentukan banyaknya segitiga sama sisi : https://brainly.co.id/tugas/8929799 Contoh soal menentukan banyaknya layang-layang yang diperlukan : https://brainly.co.id/tugas/10056153 Detail JawabanKelas : 7 SMP
Mapel : Matematika
Bab : 4 – Segiempat dan Segitiga
Kode : 7.2.2004
Kata Kunci : Bangun Datar, Segiempat, Layang-layang, Segitiga, Persegi, Persegi Panjang.
5. kunci jawaban matematika kelas 8 semester 2 halaman 12
kunci jawaban matematika kelas 8 semester 2 halaman 12 merupakan materi Teorama Pythagoras yang soalnya bisa dilihat pada lampiran I
PendahuluanTeorama Pythagoras
Untuk setiap segitiga siku-siku berlaku : luas persegi pada sisi miring (hipotenusa) sama dengan jumlah luas persegi pada sisi siku-sikunya).
Hubungan panjang sisi pada setiap segitiga siku-siku dapat dinyatakan dalam bentuk rumus berikut.
c² = a² + b²
a² = c² - b²
b² = c² - a²
PembahasanJawaban Ayo kita berlatih 6.1 no 1 - 5 bisa di simak pada brainly.co.id/tugas/26258812
6. Tentukan panjang AB dari gambar berikut
Perhatikan gambar yang terdapat pada lampiran II
Gambar a.Diketahui :
AD = CD = 4 cm
BC = 3 cm
Panjang AB
AB² = (AD - BC)² + CD²
= (4 - 3)² + 4²
= 1 + 16
= 17
AB = √17
Jadi panjang AB gambar a adalah √17 cm
Gambar bDiketahui :
CD = 4 cm
BC = 7 cm
AD = 6 cm
Panjang BD pada segitiga BCD
BD² = BC² + CD²
= 7² + 4²
= 49 + 16
= 65
BD = √65
Panjang AB pada Δ ABD
AB² = BD² - AD²
= (√65)² - 6²
= 65 - 36
= 29
AB = √29
Jadi panjang AB gambar b adalah √29 cm
Gambar cDiketahui :
AO = 3 cm + 1 cm = 4 cm
BO = 5 cm
Panajang AB
AB² = AO² + BO²
= 4² + 5²
= 16 + 25
= 41
AB = √41
Jadi panjang AB gambar c adalah √41 cm
7. Diketahui persegi panjang ABCD dan P merupakan titik di dalam persegi panjang. Jika PC = 8 cm, PD = 4 cm, dan PB = 7 cm, maka PA adalah ...
Penyelesaian :
Perhatikan gambar yang ada pada lampiran III. Kita tarik garis hijau yang tegak lurus melalui titik P agar terbentuk segitiga siku-siku, karena syarat pythagoras adalah salah satu sudut pada segitiga haruslah siku-siku dan kedua sisi tegak lurus. Ada 4 garis diagonal yang terdiri dari 4 segitiga siku-siku
Keempat diagonal tersebut kita masukan kedalam rumus pythagoras yaitu c² = a² + b², maka PA² = a² + b²
PD² = b² + c²
4² = b² + c²
b² = 4² - c²
PC² = c² + d²
8² = c² + d²
c² = 8² - d²
PB² = a² + d²
7² = a² + d²
a² = 7² - d²
Subtitusikan
PA² = a² + b²
PA² = (7² - d²) + (4² - c²)
PA² = 7² - d² + 4² - (8² - d²)
PA² = 7² - d² + 4² - 8² + d²
PA² = 7² + 4² - 8²
PA² = 49 + 16 - 64
PA² = 65 - 64
PA² = 1
PA = √1
PA = 1 cm
Cara cepat :
PA² + PC² = PD² + PB²
PA² + 8² = 4² + 7²
PA² = 4² + 7² - 8²
PA² = 16 + 49 - 64
PA² = 65 - 64
PA² = 1
PA = 1 cm
Jadi panjang PA adalah 1 cm
9. Panjang sisi persegi besar adalah 15 cm luas persegi kecil adaah 25 cm² Tentukan nilai x
Penyelesaian :
Garis x merupakan hipetenusa dari dua sisi siku-siku yaitu sisi AB dan BC.
L persegi kecil = 25 cm²
L = s²
s = √L
s = √25
s = 5 cm
Jadi panjang sisi persegi kecil = 5 cm
Untuk mencari nilai x kita menggunakan pythagoras
x² = AB² + BC²
x² = 15² + (15 + 5)²
x² = 15² + 20²
x² = 225 + 400
x² = 625
x = √625
x = 25 cm
Jadi nilai x aadalah 25 cm
No. 10 https://brainly.co.id/tugas/4558600
---------------------------------------------------------------------------
Pelajari lebih lanjut tentang PythagorasLimas P.ABC dengan alas segitiga ABC yang siku-siku di C. → brainly.co.id/tugas/13976071Manakah yang merupakan tripel phytagoras → brainly.co.id/tugas/21345321Trapesium KLMN sama kaki → brainly.co.id/tugas/10147270Pada segitiga PQR berikut ini, diketahui RS = 4 cm, PS = 8 cm, QS = 16 cm. Hitunglah panjang PQ → brainly.co.id/tugas/13268361Layang layang ABCD → brainly.co.id/tugas/2043254Detil JawabanKelas : 8 SMPMapel : MatematikaBab : 4 - Teorama PythagorasKode : 8.2.4Semoga Bermanfaat
6. kunci jawaban buku paket matematika semester 2 kelas 7 hal 75
Kunci jawaban buku paket matematika semester 2 kelas 7 hal 75. Soal yang dimaksud adalah soal pada “Ayo Kita Berlatih 6.1” tentang keuntungan dan kerugian yang pada halaman 75 tersebut terdiri dari 5 soal uraian. Untuk penyelesaiannya dapat dilihat di pembahasan
Pembahasan1. Tentukan kondisi berikut yang menunjukkan kondisi untung, rugi atau impas
Jawab
a) merupakan kondisi untung karena pemasukan > pengeluaran, yaitu sebesar
Untung = Rp1.000.000,00 – Rp900.000,00 = Rp100.000,00b) merupakan kondisi rugi, karena pemasukan < pengeluaran, yaitu sebesar
Rugi = Rp1.200.000,00 – Rp1.000.000,00 = Rp200.000,00c) merupakan kondisi impas, karena pemasukan = pengeluaran yaitu sebesar
Rp2.000.000,00d) merupakan kondisi rugi, karena pemasukan < pengeluaran yaitu sebesar
Rugi = Rp1.550.000,00 – Rp1.500.000,00 = Rp50.000,00e) merupakan kondisi untung karena pemasukan > pengeluaran yaitu sebesar
Untung = Rp1.000.000,00 – Rp800.000,00 = Rp200.000,002. Diketahui
Modal yang dikeluarkan = Rp1.000.000,00
Kerugian yang ditanggung = Rp250.000,00
Ditanyakan
Pendapatan yang diperoleh = … ?
Jawab
Pendapatan yang diperoleh pada hari tersebut adalah
= Modal – Rugi
= Rp1.000.000,00 – Rp250.000,00
= Rp750.000,00
3. Diketahui
Modal yang dikeluarkan = Rp1.500.000,00
Keuntungan yang diperoleh = Rp200.000,00
Ditanyakan
Pendapatan yang diperoleh = … ?
Jawab
Pendapatan yang diperoleh pada hari tersebut adalah
= Modal + Untung
= Rp1.500.000,00 + Rp200.000,00
= Rp1.700.000,00
4. Diketahui
Modal penjual kerupuk = Rp1.000.000,00
Harga kerupuk per bungkus = Rp6.000,00
Ditanyakan
Banyak minimal kemasan kerupuk agar diperoleh keuntungan Rp2.000.000,00
Jawab
Agar mendapatkan keuntungan sebesar Rp200.000,00 maka pendapatan yang harus diperoleh yaitu sebesar
= Modal + Untung
= Rp1.000.000,00 + Rp200.000,00
= Rp1.200.000,00
Berarti banyak kemasan kerupuk yang harus dibuat
= (Rp1.200.000,00 ÷ Rp6.000,00) bungkus
= 200 bungkus
5. Diketahui
Modal penjual bakso = Rp1.000.000,00
Harga bakso per porsi = Rp8.000,00
Ditanyakan
Banyak porsi bakso yang harus dibuat agar mendapat untung Rp250.000,00
Jawab
Agar mendapatkan keuntungan sebesar Rp250.000,00 maka pendapatan yang harus diperoleh yaitu sebesar
= Modal + Untung
= Rp1.000.000,00 + Rp250.000,00
= Rp1.250.000,00
Berarti banyak porsi bakso minimal yang harus dibuat
= (Rp1.250.000,00 ÷ Rp8.000,00) porsi
= 156,25 porsi
≈ 157 porsi
Jadi porsi bakso yang harus dibuat minimal sebanyak 157 porsi, karena jika hanya membuat 156 porsi, pendapatan yang diperoleh hanya mendapat
= Rp8.000,00 × 156
= Rp1.248.000,00
Kurang Rp2.000,00 lagi dari target yang diinginkan
Pelajari lebih lanjutContoh soal lain tentang aritmatika sosial
Harga jual jika mengalami keuntungan 20%: brainly.co.id/tugas/9171492 Persentase keuntungan: brainly.co.id/tugas/2071750 Menentukan harga jual dan harga beli: brainly.co.id/tugas/60746------------------------------------------------
Detil JawabanKelas : 7
Mapel : Matematika
Kategori : Aritmatika Sosial
Kode : 7.2.7
7. kunci jawaban matematika kelas 7 semester 2 halaman 42-46
بِسْـــمِ اللَّهِ الرَّحْمَــنِ الرَّحِيْمِ
<PQS dan <SQR merupakan sudut berpelurus yang besarnya 180°.
180 = <PQS + <SQR
180 = 5x + 4x + 9
180 = 9x + 9
9x = 180 - 9
9x = 171
x = 171/9
x = 19°
Pelurus <SQR = <PQS
= 5x
= 5 × 19
= 95°
Jawaban Cوَاللَّهُ عَالَمُ بِاالصَّوَافَ
8. soal dan jawaban pph matematika wajib semester ganjil kelas 10
Jawaban:
PPh itu apa...
soal nya saya ngga tau ...
saya bukan peramal
dan saya masih kelas 9
9. kunci jawaban matematika kelas 7 semester 2 halaman 28
Kunci jawaban matematika kelas 7 semester 2 halaman 28. Soal yang dimaksud adalah soal “Ayo kita berlatih 5.3” tentang perbandingan senilai, terdiri dari 10 soal, tetapi untuk halaman 28 adalah soal no 1 dan 2. Disini saya akan menjawab no 1, 2 dan 8. Untuk soal lainnya dapat dilihat di link pelajari lebih lanjut
Bentuk perbandingan senilai adalah:
a ⇒ p b ⇒ qmaka
[tex] \frac{a}{b} = \frac{p}{q} [/tex]Pembahasan1. Tentukan apakah tiap tabel berikut menunjukkan perbandingan senilai. Jika ia jelaskan!
Jawab
a) x₁ = 2, x₂ = 3, x₃ = 8, y₁ = 8, y₂ = 12, y₃ = 24
[tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{2}{8} = \frac{1}{4} [/tex] [tex] \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{3}{12} = \frac{1}{4} [/tex] [tex] \frac{x_{3}}{y_{3}} = \frac{8}{24} = \frac{1}{3} [/tex]Karena [tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{x_{2}}{y_{2}} \rlap{/}{=} \frac{x_{3}}{y_{3}} [/tex] maka tabel tersebut tidak menunjukkan perbandingan senilai
b) x₁ = 6, x₂ = 10, x₃ = 14, y₁ = 18, y₂ = 30, y₃ = 42
[tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{6}{18} = \frac{1}{3} [/tex] [tex] \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{10}{30} = \frac{1}{3} [/tex] [tex] \frac{x_{3}}{y_{3}} = \frac{14}{42} = \frac{1}{3} [/tex]Karena [tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{x_{3}}{y_{3}} [/tex] maka tabel tersebut menunjukkan perbandingan senilai
c) x₁ = 2, x₂ = 4, x₃ = 6, y₁ = 12, y₂ = 24, y₃ = 36
[tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{2}{12} = \frac{1}{6} [/tex] [tex] \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{4}{24} = \frac{1}{6} [/tex] [tex] \frac{x_{3}}{y_{3}} = \frac{6}{36} = \frac{1}{6} [/tex]Karena [tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{x_{3}}{y_{3}} [/tex] maka tabel tersebut menunjukkan perbandingan senilai
d) x₁ = 1, x₂ = 3, x₃ = 4, y₁ = 1, y₂ = 9, y₃ = 16
[tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{1}{1} = 1 [/tex] [tex] \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{3}{9} = \frac{1}{3} [/tex] [tex] \frac{x_{3}}{y_{3}} = \frac{4}{16} = \frac{1}{4} [/tex]Karena [tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} \rlap{/}{=} \frac{x_{2}}{y_{2}} \rlap{/}{=} \frac{x_{3}}{y_{3}} [/tex] maka tabel tersebut tidak menunjukkan perbandingan senilai
Jadi dari keempat tabel tersebut, yang menunjukkan perbandingan senilai adalah tabel b dan tabel c
2) Manakah grafik berikut ini yang bukan menunjukkan grafik perbandingan senilai. Jelaskan alasanmu!
Jawab
a) Grafik tersebut melalui titik (–1, –3) dan (1, 3), sehingga
[tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{-1}{-3} = \frac{1}{3} [/tex] [tex] \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{1}{3} [/tex]Karena [tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{x_{2}}{y_{2}}[/tex] maka grafik tersebut menunjukkan perbandingan senilai
b) Grafik tersebut melalui titik (–2, 4), (–1, 1), (1, 1) dan (2, 4), sehingga
[tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{-2}{4} = -\frac{1}{2} [/tex] [tex] \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{-1}{1} = -1 [/tex] [tex] \frac{x_{3}}{y_{3}} = \frac{1}{1} = 1 [/tex] [tex] \frac{x_{4}}{y_{4}} = \frac{2}{4} = \frac{1}{2} [/tex]Karena [tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} \rlap{/}{=} \frac{x_{2}}{y_{2}} \rlap{/}{=} \frac{x_{3}}{y_{3}} \rlap{/}{=} \frac{x_{4}}{y_{4}} [/tex] maka grafik tersebut tidak menunjukkan perbandingan senilai
c) Grafik tersebut melalui titik (–4, –2), (–2, –1), (2, 1) dan (4, 2), sehingga
[tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{-4}{-2} = 2 [/tex] [tex] \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{-2}{-1} = 2 [/tex] [tex] \frac{x_{3}}{y_{3}} = \frac{2}{1} = 2 [/tex]Karena [tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{x_{3}}{y_{3}}[/tex] maka grafik tersebut menunjukkan perbandingan senilai
d) Grafik tersebut melalui titik (–3, –3), (–1, –1), (1, 1) dan (3, 3), sehingga
[tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{-3}{-3} = 1 [/tex] [tex] \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{-1}{-1} = 1 [/tex] [tex] \frac{x_{3}}{y_{3}} = \frac{1}{1} = 1 [/tex]Karena [tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{x_{3}}{y_{3}}[/tex] maka grafik tersebut menunjukkan perbandingan senilai
Jadi grafik yang tidak menunjukkan perbandingan senilai adalah grafik b
8. Rafi mencatat bahwa 60% dari teman sekelasnya adalah perempuan dan dia menyimpulkan bahwa perbandingan perempuan terhadap laki-laki adalah 3 : 5. Apakah kesimpulannya benar. Jelaskan
Jawab
Menurut Rafi, persentase perempuan di kelas tersebut adalah 60% sehingga persentase laki-lakinya adalah
= 100% – 60%
= 40%
Jadi perbandingan perempuan terhadap laki-laki dikelas tersebut adalah
= 60% : 40%
= 60 : 40
= 6 : 4
= 3 : 2
Jadi kesimpulan yang disampaikan oleh Rafi adalah salah, seharusnya perbandingan perempuan terhadap laki-laki adalah 3 : 2
Pelajari lebih lanjutBerikut jawaban soal lainnya
No 3: https://brainly.co.id/tugas/5702118 No. 4: https://brainly.co.id/tugas/9052734 No. 5: https://brainly.co.id/tugas/1222046 No. 6: https://brainly.co.id/tugas/1521107 No. 7: https://brainly.co.id/tugas/1509503 No. 9: https://brainly.co.id/tugas/9019864 No. 10: https://brainly.co.id/tugas/2677103------------------------------------------------
Detil JawabanKelas : 7
Mapel : Matematika
Kategori : Perbandingan
Kode : 7.2.5
10. matematika wajib kelas 10 semester 1
Jawaban:
tulisan nya gk keliatan kk
11. Kunci jawaban matematika kelas 7 semester 2 halaman 13
Jawaban:
maaf ya kak saya tidak bisa bantu
12. kunci jawaban matematika halaman 117-120 semester 2 kelas 7
Kunci Jawaban Matematika Kelas 7 Halaman 117 - 120 Ayo Kita Berlatih 7.1
Jawaban:
1. Keberadaan titik dengan garis :
- titik terletak di luar garis
- titik terletak pada garis
Keberadaan titik dengan bidang :
- titik terletak di luar bidang
- titik terletak pada bidang
Keberadaan garis dengan bidang:
- garis seluruhnya terletak pada bidang (berimpitan)
- garis terletak di luar bidang
- garis memotong bidang
2. d. himpunan kosong
3. b. garis
4. a) Iya, karena titk C merupakan bagian dari garis AB.
b) Titik R tidak terletak pada garis AB, karena titk R berada diluar garis PQ. Sedangkan titik S terletak pada garis PQ karena karena titk S berhimpitan dengan garis PQ.
c) Titik M tidak terletak pada sinar garis KL, karena titk M tidak berada di luar bagian sinar garis KL tetapi titik P terletak pada sinar garis KL karena sinar garis KL terus berlanjut sampai takhingga. Sedangkan titik N dan O terletak pada sinar garis KL karena karena kedua titk tersebut merupakan bagian dari sinar garis KL.
5. a) Benar, karena garis adalah sekumpulan titik - titik yang berderet.
b) Tidak benar, karena bidang adalah himpunan dari garis - garis.
c) Benar, karena bidang adalah himpunan dari garis - garis.
d) Tidak benar, karena ruang adalah sekumpulan titik - titik yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi yang terus mengembang tidak terbatas.
6. Tidak ada, karena semua pernyataan Benar
7. A. 3 yaitu ruas garis AB, BC, AC
8. a) Pasangan garis sejajar : garis xy dengan garis wz
b) Garis-garis berpotongan:
- garis mv dengan garis xy dan garis wz
- garis nv dengan garis xy dan garis wz
- garis mv dengan garis nv
9. a) Ruas garis yang saling sejajar :
- AB dengan CD
- BC dengan AD
b) Ruas garis yang saling berpotongan :
- garis AB dengan garis AT dan garis BT
- garis BC dengan garis BT dan garis CT
- garis CD dengan garis CT dan garis DT
- garis AD dengan garis AT dan garis DT
c) Ada, karena kedua garis membentuk sudut siku-siku yaitu :
- garis AB dengan garis BC
- garis BC dengan garis CD
- garis CD dengan garis AD
- garis AD dengan garis AB
d) Tidak Ada, karena dua garis tidak terletak pada satu bidang datar dan tidak mempunyai titik potong.
10.a) Garis yang saling sejajar :
- garis p dengan garis m
- garis s dengan garis q
b) Garis yang saling berpotongan :
- garis p dengan garis s, garis r, dan garis q
- garis n dengan garis m, garis q, garis r, garis s dan garis p
- garis m dengan garis m, garis q, garis r, dan garis s
11. - garis AD dengan garis BE
- garis AD dengan garis CF
- garis BE dengan garis CF
- garis BC dengan garis EF
- garis AC dengan garis DF
12. a) ruas garis AB dengan ruas garis DF
b) ruas garis DF dengan ruas garis AE, EB, dan AB
c) ruas garis DE dengan ruas garis CF, FB dan BC
13.Ya, Karena kedua gafis tersebut barada dalam 1 bidang yaitu bidang BDHF.
14.a) Garis yang saling sejajar :
- garis AB dengan CD
- garis AD dengan BC
b) Garis yang saling berpotongan :
- garis AB dengan AD, AC, AT, BC, BD, AT, dan BT
- garis CD dengan CB, CA, DA, DB, DT, dan CT
- garis AC dengan BD, dan MT
- garis MT dengan AC, BD, AT, BT, CT, dan DT
c) Garis yang horisontal : garis AB, DC, AD, dan BC
d) Garis vertikal : garis MT
13. kunci jawaban buku matematika kelas 7 semester 2 hal 84
Ayo Kita Menalar (Kelas 7 Semester 2 halaman 84)
Seorang pedagang membeli mangga sebanyak 50 kg dengan harga Rp.7.500,00 per kg. Kemudian 30 kg dijual dengan harga Rp.9.000,00 per kg, dan sisanya dijual dengan harga Rp.7.000,00 per kg.
Maka:
a. Harga pembelian dan harga penjualan adalah Rp.375.000,00 dan Rp.390.000,00.
b. Besarnya untung dari hasil penjualan tersebut adalah Rp.15.000,00.
PendahuluanAritmetika sosial adalah materi matematika mengenai hal-hal yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya seperti tabungan, perdagangan, bruto, netto, bunga, dan lain-lain. Pada permasalahan kali ini, kita akan membahas persoalan mengenai perdagangan. Beberapa hal yang perlu dipahami adalah sebagai berikut:
Perdangan akan mengalami untung jika harga jual > harga beli. Perdangan akan mengalami rugi jika harga jual < harga beli.Dari penjelasan tersebut, mari kita selesaikan permasalahan di atas!
PembahasanDiketahui:
Banyak mangga = 50 kg Harga Beli = Rp.7.500,00/ kg Harga Jual (20 kg) = Rp.9.000,00/ kg Harga Jual (sisa) = Rp.7.000,00/ kgDitanyakan:
a. Harga pembelian dan harga penjualan.
b. Besarnya untung atau rugi dari hasil penjualan tersebut.
Jawab:
a. Harga pembelian dan harga penjualan.
Untuk menentukan harga beli:[tex] Harga \ Beli = 50 \ kg \times Rp.7.500.00/ kg \\ Harga \ Beli = Rp.375.000,00 [/tex]
Jadi harga pembelian mangga seluruhnya adalah Rp.375.000,00.
Untuk menentukan harga jual:[tex] Harga \ Jual = (20 \ kg \times Rp.9.000,00/kg) + ((50 \ kg \ - \ 20 \ kg) \times Rp.7.000,00/kg) \\ Harga \ Jual = Rp.180.000,00 \ + \ (30 \ kg \times Rp.7.000,00) \\ Harga \ Jual = Rp.180.000,00 \ + \ Rp.210.000,00 \\ Harga \ Jual = Rp.390.000,00 [/tex]
Jadi, harga penjualan mangga seluruhnya adalah Rp.390.000,00.
b. Besarnya untung atau rugi dari hasil penjualan tersebut.
Dari harga pembelian dam harga penjualan, kita dapat melihat bahwa harga jual > harga beli. Maka pedagang itu mendapatkan keuntungan.
[tex] Keuntungan = Harga \ Jual \ - \ Harga \ Beli \\ Keuntungan = Rp.390.000,00 \ - \ Rp.375.000,00 \\ Keuntungan = Rp.15.000,00 [/tex]
Jadi, keuntungan yang didapatkan pedagang tersebut adalah Rp.15.000,00.
Pelajari lebih lanjut: Materi tentang menentukan harga jual dalam suatu perdagangan agar tidak mengalami kerugian: https://brainly.co.id/tugas/26529955 Materi tentang menentukan keuntungan dalam suatu perdagangan: https://brainly.co.id/tugas/2211022 Materi tentang menentukan persentase keuntungan suatu perdagangan: https://brainly.co.id/tugas/26233731_______________________________________________
DETAIL JAWABANKelas: 7
Mapel: Matematika
Bab: 7 - Aritmetika Sosial
Kode: 7.2.7
14. Kunci jawaban matematika kelas 8 semester 2 hal 132
Kunci jawaban matematika kelas 8 semester 2 hal 132. Soal yang dimaksud adalah soal latihan “Ayo Kita Berlatih 8.1” tentang bangun ruang kubus dan balok. Untuk halaman 132, hanya terdiri dari 2 soal yaitu nomor 1 dan 2, tetapi disini kita akan mencoba membahas dari nomor 1 sampai 5
Pembahasan1. Akan dibuat model kerangka balok berukuran 30 cm × 20 cm × 10 cm dari kawat sepanjang 10 m
Jawab
a) Banyak kerangka balok yang dapat dibuat
Panjang kerangka balok
= 4(p + l + t)
= 4(30 cm + 20 cm + 10 cm)
= 4(60 cm)
= 240 cm
Panjang kawat yang tersedia
= 10 m
= 1000 cm
Banyak kerangka balok yang dapat dibuat
= 1000 cm ÷ 240 cm
= 4,17
≈ 4 kerangka balok
b) Sisa kawat yang telah digunakan untuk membuat kerangka balok
= panjang kawat – 4 × panjang kerangka balok
= 1000 cm – 4 × 240 cm
= 1000 cm – 960 cm
= 40 cm
2. Mana diantara bentuk-bentuk berikut ini yang dapat dilipat untuk membentuk kubus yang memenuhi aturan bahwa jumlah titik pada sisi-sisi yang berhadapan adalah 7
Jawab
Bentuk I: tidak memenuhi karena ada sisi-sisi yang berhadapan yang jumlah titiknya tidak sama dengan 7 yaitu
1 dengan 5 ⇒ 1 + 5 ≠ 7 2 dengan 6 ⇒ 2 + 6 ≠ 7Bentuk II: ya, memenuhikarena titik pada sisi-sisi yang berhadapannya berjumlah 7 yaitu
4 dengan 3 ⇒ 4 + 3 = 7 5 dengan 2 ⇒ 5 + 2 = 7 1 dengan 6 ⇒ 1 + 6 = 7Bentuk III: ya, memenuhi karena titik pada sisi-sisi yang berhadapannya berjumlah 7 yaitu
3 dengan 4 ⇒ 3 + 4 = 7 1 dengan 6 ⇒ 1 + 6 = 7 5 dengan 2 ⇒ 5 + 2 = 7Bentuk IV: tidak memenuhi karena ada sisi-sisi yang berhadapan yang jumlah titiknya tidak sama dengan 7 yaitu
1 dengan 3 ⇒ 1 + 3 ≠ 7 4 dengan 6 ⇒ 6 + 6 ≠ 73. Terdapat 3 dadu disusun ke atas. Bagian atas dadu 1 adalah 4. Tentukan jumlah titik pada sisi dadu yang tidak dapat kalian lihat.
Jawab
Bagian bawah pada dadu 1 = 7 – atas = 7 – 4 = 3 Bagian atas dan bagian bawah pada dadu 2 adalah berjumlah 7 (karena saling berhadapan, jadi tidak perlu kita cari banyak titiknya ada berapa) Bagian atas dan bagian bawah pada dadu 3 adalah berjumlah 7 (karena saling berhadapan, jadi tidak perlu kita cari banyak titiknya ada berapa)Jadi jumlah titik pada sisi dadu yang tidak dapat kalian lihat adalah
= 3 + 7 + 7
= 17 titik
4. Agar terbentuk jaring-jaring balok, bidang yang harus dihilangkan adalah bernomor ...
Jawab
C. 1, 4, 9. Untuk gambarnya dapat dilihat di lampiran
5. Suatu balok memiliki luas permukaan 188 cm². Jika lebar dan tinggi balok masing-masing 8 cm dan 6 cm. Tentukan panjang balok tersebut
Jawab
Lp = 188
2(pl + pt + lt) = 188
pl + pt + lt = [tex]\frac{188}{2}[/tex]
p × 8 + p × 6 + 8 × 6 = 94
8p + 6p + 48 = 94
14p = 94 – 48
14p = 46
p = [tex]\frac{46}{14}[/tex]
p = [tex]\frac{23}{7}[/tex]
p = [tex]3\frac{2}{7}[/tex]
p = 3,28 cm
Pelajari lebih lanjutContoh soal lain tentang bangun ruang
Banyak titik sudut pada kubus: brainly.co.id/tugas/18409387 Perbedaan kubus dan balok: brainly.co.id/tugas/186267 Volume kubus dan balok: brainly.co.id/tugas/15348661------------------------------------------------
Detil JawabanKelas : 8
Mapel : Matematika
Kategori : Bangun Ruang
Kode : 8.2.8
#AyoBelajar
15. Kunci jawaban matematika kelas 8 semester 2 halaman 22
jawaban:
a. Titik (10, 20) dan (13, 16)
= Jarak √{(20-16)² + (10-13)²}
= √{4² + (-3)²}
= √(16+9)
= √25
= 5 satuan
b. Titik (15, 37) dan (42, 73)
= Jarak √{(73-37)² + (42-15)²}
= √(36² + 27)²
= √(1296+729)
= √2025
= 45 satuan
c. Titik (-19, -16) dan (-2, 14)
= Jarak √{(14-(-16))² + (-2-(-19))²}
= √(30² + 17)²
= √(900+289)
= √1189
= 34, 5 satuan.
Penjelasan:
semoga membantuuu
Post a Comment for "Kunci Jawaban Matematika Wajib Kelas 10 Semester 2"