Kunci Jawaban Matematika Kls 11 Semester 2
kunci jawaban matematika kls 7 semester 2 ayo kita berlatih 7.1
1. kunci jawaban matematika kls 7 semester 2 ayo kita berlatih 7.1
Kunci jawaban matematika kls 7 semester 2 ayo kita berlatih 7.1. Soal yang dimaksud adalah soal pada buku kurikulum 2013 halaman 117 sampai 120 yang terdiri dari 14 soal uraian tentang titik, garis, bidang dan ruang dalam geometri. Disini kita akan membahas soal no 9 sampai no 14, untuk soal lainnya, jawabannya dapat dilihat di link “pelajari lebih lanjut”
Pembahasan9. Gambarlah limas segiempat ABCD.T
a) Sebutkan semua ruas garis yang saling sejajar
AB // DC AD // BCb) Sebutkan semua ruas garis yang saling berpotongan
AB dengan BC AB dengan AD AB dengan AT AB dengan BT AD dengan DC AD dengan DT DC dengan BC DC dengan CT BC dengan BT AT dengan TB AT dengan TC AT dengan TD TB dengan TC TB dengan TD TC dengan TDc) Adakah dua garis yang saling tegak lurus, jelaskan
karena alas limas adalah segiempat yang berbentuk persegi panjang, maka ada pasangan garis yang saling tegak lurus yaitu
AB dengan BC AB dengan AD CD dengan AD CD dengan BCd) Adakah dua garis yang saling bersilangan, jelaskan
Ada, yaitu dua garis yang tidak sebidang, contohnya
AB dengan TC AB dengan TD BC dengan TD BC dengan TA CD dengan TA CD dengan TB AD dengan TB AD dengan TCCatatan:
Untuk gambar limas segiempatnya dapat dilihat pada soal nomor 14
10. Perhatikan gambar berikut
a) sebutkanlah garis-garis yang sejajar
q sejajar s p sejajar mb) sebutkan garis-garis yang berpotongan
Jika garis-garis tersebut diperpanjang, maka aka nada beberapa garis yang saling berpotongan yaitu
p dengan q p dengan s p dengan r p dengan n q dengan r q dengan n q dengan m r dengan m r dengan s r dengan n s dengan m s dengan n m dengan n11. Perhatikan gambar berikut! Tuliskan semua pasangan garis yang saling sejajar
AB // DE BE // CF BE // AD AD // CF AC // DF BC // EF12. Perhatikan gambar segitiga ABC berikut. Gambar segitiga ABC diatas terdiri dari 4 buah segitiga yang sama dan sebangun. Tentukan ruas garis yang sejajar dengan
a) AB
DFb) DF
AB AE EBc) DE
CB CF FB13. Perhatikan balok ABCD.EFGH berikut. Diketahui titik P berada di tengah-tengah AB, titik Q berada di tengah-tengah BC dan titik R berada di tengah-tengah PQ. Hubungkan titik H dengan titik R. Jika HR diperpanjang, maka apakah akan memotong perpanjangan FB, jelaskan dan tunjukkan
Jawab
Ya, karena garis HR dengan garis FB masih terletak dalam satu bidang yaitu bagian bidang BDHF sehingga perpanjangan HR akan berpotongan dengan perpanjangan FB
Gambar perpotongannya dapat dilihat dilampiran
14. Perhatikan gambar limas segiempat ABCD.T berikut. Tentukanlah:
a. pasangan garis yang sejajar
AB dengan DC AD dengan BCb. pasangan garis yang berpotongan
garis yang berpotongan di titik A
AB dengan AD AB dengan AC AB dengan AT AD dengan ATgaris yang berpotongan di titik B
AB dengan BD AB dengan BC AB dengan BT BC dengan BTgaris yang berpotongan di titik C
BC dengan CD BC dengan CT BC dengan CA DC dengan CTgaris yang berpotongan di titik D
DA dengan DC DA dengan DB DA dengan DT DC dengan DTgaris yang berpotongan di titik T
TA dengan TB TA dengan TD TA dengan TC TA dengan TO TB dengan TD TB dengan TC TB dengan TO TD dengan TC TD dengan TO TO dengan TDgaris yang berpotongan di titik O
TO dengan AC TO dengan BD AC dengan BDc. garis garis horizontal
AB DC BC ADd. garis yang vertikal
TO Pelajari lebih lanjutContoh soal lain tentang garis dan sudut
Jawaban no 1, 2, 3, 4, 6, 7: https://brainly.co.id/tugas/26879689 Jawaban no 5: brainly.co.id/tugas/9488326 Jawaban no 8: brainly.co.id/tugas/9786222------------------------------------------------
Detil JawabanKelas : 7
Mapel : Matematika
Kategori : Garis dan Sudut
Kode : 7.2.4
#AyoBelajar
2. kunci jawaban matematika kls x semester 2 hal 8 pilihan ganda bab vektor
Jawaban:
jawabannya adalah Samlekommamank
3. kunci jawaban matematika kelas 7 semester 2 halaman 119 nomor 10 sama 11
Ayo Kita Berlatih 7.1 (Kelas 7 Semeter 2 Hal 119)
10. a. Garis-garis yang sejajar adalah q dengan s dan p dengan m.
b. Garis-garis yang berpotongan adalah r dengan n.
11. Pasanga garis yang saling sejajar adalah AB dengan DE, AC dengan DF, CB dengan FE, AD dengan CF, AD dengan BE, dan CF dengan BE.
PendahuluanGaris adalah suatu kumpulan titik-titik. Garis dapat terbentuk dengan adanya minimal 2 titik. Garis bisa berupa garis lurus ataupun garis lengkung. Garis memiliki beberapa hubungan yaitu:
Sejajar, apabila antar garis tidak akan memiliki perpotongan di titik manapun atau dapat dikatakan memiliki arah yang sama. Berpotongan, apabila antar garis memiliki perpotongan pada titik tertentu. Berpotongan tegak lurus, apabila antar garis memiliki perpotongan dengan sudut di antara dua garis tersebut siku-siku. Bersilangan, apabila dua garis tidak sejajar tapi berada pada bidang yang berbeda.Dari penjelasan tersebut, mari kita selesaikan permasalahan di atas!
Pembahasan10. Diketahui:
Garis m, n, p, q, r, dan s.
Ditanyakan:
a. Garis yang sejajar
b. Garis yang berpotongan
Jawab:
a. Garis yang sejajar:
Artinya kita cari garis yang tidak mungkin berpotongan jika diperpanjang sampai kapanpun, yaitu:
q dengan s p dengan mb. Garis yang berpotongan:
Artinya kita cari garis yang tidak saling sejajar, yaitu:
r dengan n11. Diketahui:
Limas segitiga ABC.DEF
Ditanyakan:
Garis yang sejajar.
Jawab:
Cari garis yang jika diperpanjang tidak akan berpotongan, yaitu:
AB dengan DE AC dengan DF CB dengan FE AD dengan CF AD dengan BE CF dengan BE Pelajari lebih lanjut: Materi tentang menentukan panjang garis pada bangun: https://brainly.co.id/tugas/27019953 Materi tentang menentukan garis yang saling sejajar: https://brainly.co.id/tugas/9564775 Materi tentang menentukan besar suatu sudut: https://brainly.co.id/tugas/14452055_______________________________________________
DETAIL JAWABANKelas: 7
Mapel: Matematika
Bab: 3 - Garis dan Sudut
Kode: 7.2.3
#AyoBelajar
4. kunci jawaban lks kls 2 mts semester 1
Jawaban:
tidak ada.........................
Jawaban:
Mon maap tidak ada jawaban
5. Kunci jawaban lks matematika kelas 5 semester 1 halaman 11
gak semua orang punya LKS yang sama
6. jawaban matematika SMP kls 7 semester 2 hal 18
Jawaban:
ada masalah opo tho ndek hidupmu kok sampe kayak gini gitulo pengen nangis aku liattnya:")
7. kunci jawaban mat hal 146 smp kls 7 semester 2
Jawaban:
Key answer for book page 146 lower secondary Class 7 semester 2
Answer key mat page 146 class 7 semester 2
8. Jawaban matematika semester 2 kls 7 hal 140
Jawaban:
mana soalnya janannanan
9. jawaban matematika semester 2 kls 8 uji kompetensi
Jawaban Uji Kompetensi 7 Matematika Kelas 8 Semester 2 PGJawaban Pendahuluan
Soal matematika di atas merupakan materi dari lingkaran.
PembahasanLingkaran adalah suatu geometri bidang atau bangun datar dimana terdapat kumpulan titik-titik yang mempunyai jarak yang bernilai sama atau tetap terhadap titik tunggal yang bersifat semu, sehingga titik-titik tersebut membentuk garis tertutup berupa lengkungan dalam satu putaran penuh secara berulang-ulang.
Pada suatu bidang lingkaran, terdapat jari-jari lingkaran (r) dan diameter lingkaran (d), sehingga bentuk persamaannya yaitu r = d/2 atau d = 2r. Rumus umum lingkaran adalah dengan menggunakan nilai konstanta pi/phi yang dinotasikan dalam π yang mempunyai nilai bilangan riil yang mendekati bilangan pecahan 22/7 dan bilangan desimal 3,14 sehingga ditulis menjadi π ≈ 22/7 ≈ 3,14.
Rumus menghitung keliling lingkaran
K = π ⋅ 2r
K = π ⋅ d
K busur = π ⋅ 2r ⋅ (m∠ / 360° )
K busur = π ⋅ d ⋅ (m∠ / 360° )
Rumus menghitung luas lingkaran
L = π ⋅ r ⋅ r = π ⋅ r²
L = π ⋅ d/2 ⋅ d/2 = π ⋅ d²/4
L juring = π ⋅ r² ⋅ (m∠ / 360° )
L juring = π ⋅ d²/4 ⋅ (m∠ / 360° )
Rumus untuk menghitung garis singgung persekutuan dua lingkaran adalah dengan menggunakan teorema Pythagoras, dimana j adalah garis singgung luar atau dalam lingkaran, p adalah jarak antara kedua titik pusat lingkaran, dan R dan r sebagai jari-jari lingkaran besar dan kecil.
Rumus garis singgung luar lingkaran
j² = p² - (R - r)²
Rumus garis singgung dalam lingkaran
j² = p² - (R + r)²
1.
Dik: Juring @ m∠ pusat = 90°, L = 78,5cm² (π = 3,14)
Dit: r=?
Jawab:
L juring = π ⋅ r² ⋅ (m∠ / 360° )
78,5cm² = 3,14 ⋅ r² ⋅ (90° / 360° )
100cm² = r²
r = 10cm ... (pilihan A)
2.
Dik: Busur @ K = 22cm, m∠ pusat = 120° (π = 22/7)
Dit: r=?
Jawab:
K busur = π ⋅ 2r ⋅ (m∠ / 360° )
22cm = 22/7 ⋅ 2r ⋅ (120° / 360° )
r = 10,5cm ... (pilihan tidak ada)
3.
Dik: Busur @ K = 16,5cm, d = 42cm (π = 22/7)
Dit: m∠ pusat=?
Jawab:
K busur = π ⋅ d ⋅ (m∠ / 360° )
16,5cm = 22/7 ⋅ 42cm ⋅ (m∠ / 360° )
m∠ = 45° ... (pilihan A)
4.
Dik: Juring @ L = 57,75cm², m∠ pusat = 60° (π = 22/7)
Dit: d=?
Jawab:
L juring = π ⋅ r² ⋅ (m∠ / 360° )
57,75cm² = 22/7 ⋅ r² ⋅ (60° / 360° )
110,25cm² = r²
r = 10,5cm ... (pilihan B)
5.
Dik: Busur @ r = 21cm, m∠ pusat = 30° (π = 22/7)
Dit: K=?
Jawab:
K busur = π ⋅ 2r ⋅ (m∠ / 360° )
K busur = 22/7 ⋅ 2(21cm) ⋅ (30° / 360° )
K busur = 11cm ... (pilihan A)
6.
Dik: Lingkaran O
Dit: m∠BAD=?
Jawab:
2 ⋅ Sudut keliling = Sudut pusat
2 ⋅ m∠BAD = 110°
m∠BAD = 55° ... (pilihan A)
7.
Dik: Lingkaran O
Dit: m∠AOB=?
Jawab:
m∠APB + m∠AQB + m∠ARB = 144°
3 ⋅ Sudut keliling = 144°
Sudut keliling = 48°
2 ⋅ Sudut keliling = Sudut pusat
2 ⋅ 48° = m∠AOB
m∠AOB = 96° ... (pilihan tidak ada)
8.
Dik: Lingkaran @ d = 0,6m
Jarak = 10000km = 10000000m
Dit: Putaran=?
Jawab:
K lingkaran * putaran = jarak
π ⋅ d * n = 10000000m
3,14 ⋅ 0,6m * n = 10000000m
n ≈ 5000000 ... (pilihan D)
9.
Dik: Persegi @ s = 26cm
2 buah 1/4 lingkaran @ r = 14cm
Dit: K arsir=?
Jawab:
K = K persegi + K lingkaran
K = 4s + 2 ⋅ 1/4 ⋅ π ⋅ 2r
K = 4(26cm) + 1/2 ⋅ 22/7 ⋅ 2(14cm)
K = 158cm ... (pilihan C)
10.
Dik: Persegi @ s = 14cm
1/2 lingkaran @ d = 14cm, r = 7cm
Dit: L arsir=?
Jawab:
L = L persegi + L lingkaran
L = s² + 1/2 ⋅ π ⋅ r²
L = (14cm)² + 1/2 ⋅ 22/7 ⋅ (7cm)²
L = 273cm² ... (pilihan C)
11.
Dik: Singgung luar
j = 12cm, rC = 7,5cm, rD = 4cm
Dit: p=?
Jawab:
p² = j² + (rC - rD)²
p² = (12cm)² + (7,5cm - 4cm)²
p = √156,25 cm²
p = 12,5cm ... (pilihan A)
12.
Dik: Singgung dalam
p = 7,5cm, rA = 2,5cm, rB = 2cm
Dit: j=?
Jawab:
j² = p² - (rA + rB)²
j² = (7,5cm)² - (2,5cm + 2cm)²
j = √36 cm²
j = 6cm ... (pilihan C)
13.
Dik: Singgung luar
R = 1,5cm, p = 2,5cm, j = 2,4cm
Dit: j=?
Jawab:
(R - r)² = p² - j²
(1,5cm - r)² = (2,5cm)² - (2,4cm)²
(1,5cm - r) ² = 0,49cm²
1,5cm - r = 0,7cm
r = 0,8cm ... (pilihan B)
14.
Dik: Singgung luar
R = 19cm, r = 10cm, j = 40cm
Dit: p=?
Jawab:
p² = j² + (R - r)²
p² = (40cm)² + (19cm - 10cm)²
p = √1681cm²
p = 41cm ... (pilihan A)
15.
Dik: Singgung luar
p = 17cm, j = 15cm
Dit: p=?
Jawab:
(R - r)² = p² - j²
(R - r)² = (17cm)² - (15cm)²
R - r = 8cm
R = 10cm dan r = 2cm ... (pilihan D)
16.
Dik: Singgung luar
p = 15cm, j = 12cm
Dit: p=?
Jawab:
(R - r)² = p² - j²
(R - r)² = (15cm)² - (12cm)²
R - r = 9cm
R = 12cm dan r = 3cm ... (pilihan B)
17.
Dik: Singgung luar
r1 = 13cm, p = 20cm, j = 16cm
Dit: r2=?
Jawab:
(R - r)² = p² - j²
(R - r)² = (20cm)² - (16cm)²
13cm - r = 12cm
r = 1cm ... (pilihan B)
18.
Dik: Singgung luar
D = 15cm, R = 7,5cm
d = 10cm, r = 5cm
p = 70cm
Dit: j=?
Jawab:
j² = p² - (R - r)²
j² = (70cm)² - (7,5cm - 5cm)²
j ≈ 69cm ... (pilihan A)
19.
Dik: Singgung dalam
j = 10cm, p = 8cm
Dit: p=?
Jawab:
(R + r)² = p² - j²
(R + r)² = (10cm)² - (8cm)²
R + r = 6cm
R = 5cm dan r = 1cm ... (pilihan B)
20.
Dik: Singgung dalam
p = 20cm, j = 16cm, r1 = 10cm
Dit: p=?
Jawab:
(r1 + r2)² = p² - j²
(10cm + r2)² = (20cm)² - (16cm)²
10cm + r2 = 12cm
r2 = 2cm ... (pilihan A)
Kesimpulan Pelajari lebih lanjut-----------------------------
Detil JawabanKelas : VIII/8 (2 SMP)
Mapel : Matematika
Bab : Bab 7 - Lingkaran
Kode : 8.2.7
Kata Kunci : lingkaran, juring, busur, sudut pusat, sudut keliling, persinggungan lingkaran
===
10. jawaban matematika halaman 77 kls 8 semester 2
Jawaban Ayo Kita Berlatih 7.2 halaman 77 kelas 8 semester 2
PendahuluanLingkaran adalah kumpulan semua titik-titik pada bidang datar yang berjarak sama terhadap suatu titik tertentu (titik pusat).
Sudut Dalam Lingkaran
Besar sudut pusat = 2 × sudut keliling, yg menghadap busur yg samaBesar sudut keliling = 1/2 × sudut pusat, yg menghadap busur yg samaPembahasan Pilihan Ganda1. Diketahui pada lingkaran o terdapat sudut pusat aob dan sudut keliling ACB jika besar sudut AOB adalah 30° maka besar sudut ACB adalah ...Jawab :
sudut keliling = 1/2 × ∠ AOB
∠ ACB = 1/2 × 30°
∠ ACB = 15°
Jadi besar sudut ACB adalah 15° (A)
2. Diketahui segitiga ABC dengan titik titik sudutnya berada pada lingkaran. Jika sisi AB melalui pusat lingkaran O, maka besar sudut BCA adalah ...Jawab :
AB merupakan diameter dan mempunyai sudut pusat 180°
sudut keliling = 1/2 × ∠ AOB
∠ BCA = 1/2 × 180°
∠ BCA = 90°
Jadi besar sudut BCA adalah 90° (C)
ESAI1. Sebuah sudut keliling dan sudut pusat menghadap busur yang sama. Jika sudut pusat berukuran 130° maka basar sudut keliling tersebut adalah ...Jawab :
Sudut keliling = 1/2 × sudut pusat
= 1/2 × 130°
= 65°
Jadi besar sudut keliling tersebut adalah 65°
2. Diketahui sudut pusat POQ dan sudut keliling PAQ sama menghadap busur PQ besar sudut PAQ adalah 80°. Tentukan besar sudut POQ.Jawab :
Sudut pusat POQ = 2 × sudut keliling PAQ
= 2 × 80°
= 160°
3. Perhatikan gambar di samping. Diketahui m∠ MAN adalah 120°. tentukan besar m∠ MONJawab :
∠ MON mayor = 2 × ∠ MAN
= 2 × 120°
= 240°
∠ MON minor = 360° - ∠ MON mayor
= 360° - 240°
= 120°
Jadi besar ∠ MON adalah 120°
4. Perhatikan segi empat PQRS di samping. Diketahui m∠ PQR = 125°, m∠ QRS = 78°. Tentukan m∠ SPQ dan m∠ RSP.Jawab :
a. ∠ QRS + ∠ SPQ = 180°
78 + ∠ SPQ = 180°
∠ SPQ = 180 - 78°
∠ SPQ = 102°
b. ∠ PQR + ∠ RSP = 180°
125 + ∠ RSP = 180°
∠ RSP = 180 - 125°
∠ RSP = 55°
5. Perhatikan lingkaran O di samping. Diketahui m∠ BAD = x + 20°, m∠ BCD = 3x. Tentukan m∠ BOD minor dan m∠ BOD mayor.Jawab :
∠ BOD minor = 2 (x + 20) = 2x + 40
∠ BOD mayor = 2 (3x) = 6x
∠ BOD minor + ∠ BOD = 360
2x + 40 + 6x = 360
2x + 6x = 360 - 40
8x = 320
x = 320/8
x = 40
a. ∠ BOD minor = 2x + 40
= 2(40) + 40
= 120°
b. ∠ BOD mayor = 6x
= 6(40)
= 240°
6. Suatu lingkaran dibagi menjadi tiga sudut pusat dengan perbandingan 3 : 5 : 10.tentukan ukuran masing-masing sudut pusat tersebut ..Jawab :
Jumlah sudut 1 putaran penuh = 360°
Jumlah perbandingan = 3 + 5 + 10 = 18
Sudut I = 3/18 × 360 = 60°
Sudut II = 5/18 × 360 = 100°
Sudut III = 10/18 × 360 = 200°
7. Sudut pusat 1, 2, dan 3 mempunyai perbandingan 2 : 3 : 4. Tentukan ukuran masing masing sudut pusat tersebut.Jawab :
Jumlah sudut 1 putaran penuh = 360°
Jumlah perbandingan = 2 + 3 + 4 = 9
Sudut I = 2/9 × 360 = 80°
Sudut II = 3/9 × 360 = 120°
Sudut III = 4/9 × 360 = 160°
Untuk gambar no 1 - 5 bisa dilihat pada lampiran
-----------------------------------------------------------------
Pelajari Lebih Lanjut tentang Sudut dalam LingkaranPada gambar berikut, besar ∠ QPR = 50° dan ∠ PQO = 35° → brainly.co.id/tugas/9580095O Adalah Pusat lingkaran dengan besar ∠ TSU = (4x - 8) dan ∠ TOU = (6x + 14) . Hitunglah nilai x → brainly.co.id/tugas/14201312Sudut segiempat tali busur. diketahui sudut BCD = 7x dan sudut BAD = 5x → brainly.co.id/tugas/21447172Diketahui segi empat tali busur ABCD dengan busur ABC = (3x + 9)°,busur BCD = (4x - 25)°, dan Busur ADC = (2x + 11)° → brainly.co.id/tugas/5569007Detil JawabanKelas : 8 SMPMapel : MatematikaBab : 7 - LingkaranKode : 8.2.7Semoga bermanfaat
11. kunci jawaban ipa kls 7 semester 2 hal 27
1. Bagian yang menyusun sel tumbuhan
• a. Nukleus (inti sel)
• B. Kromatin
• C. Nukleolus
• D. Selubung nukleus
• E. Retikulum endoplasma kasar
• F. Retikulum endoplasma halus
• G. Vakuola sentral
• H. Sitoskeleton
• i. Kloroplas •
• J. Dinding sel
• K. Membran plasma
• L. Mitokondria
• M. Peroksisom
• N. Badan golgi
2. Yang terjadi dengan sistem organ tertentu jika salah satu organ penyusunnya mengalami kerusakan adalah sistem organ tersebut tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik.
2.a. Bagian sel A atau inti sel nukleus yang menjadi penentu sel tersebut menjadi sel hidup atau sel mati.
2.b. Yang terjadi apabila organ yang ditunjuk dengan huruf (i), yaitu kloroplas pada Gambar 1.21 tidak berfungsi dengan baik adalah proses fotosintesis pada tumbuhan akan terganggu.
2.c. Bagian J yang disebut dinding sel. Sel ini memiliki dinding sel karena dinding sel berfungsi untuk melindungi organel dan bagian dalam sel tersebut, dan juga berfungsi dalam mengokohkan struktur sel dari tumbuhan tersebut.
12. Kunci jawaban bhs inggris hal 183 kls 7 semester 2
i have just learnt to how to write calligraphy
the activity i like most are drawing and painting
the most difficult activities are when we are in math class
what i need to do better is how to get 100 in every exam :)
13. kunci jawaban buku paket matematika kelas 8 semester 2 halaman 11-12 nomer 6-7
Ayo kita berlatih 6.1 no 6 dan 7 matematika semester 2 kelas 8 halaman 12, merupakan materi Teorama Pythagoras yang soalnya bisa dilihat pada lampiran I
PendahuluanTeorama Pythagoras
Untuk setiap segitiga siku-siku berlaku : luas persegi pada sisi miring (hipotenusa) sama dengan jumlah luas persegi pada sisi siku-sikunya).
Hubungan panjang sisi pada setiap segitiga siku-siku dapat dinyatakan dalam bentuk rumus berikut.
c² = a² + b²
a² = c² - b²
b² = c² - a²
PembahasanJawaban Ayo kita berlatih 6.1 no 1 - 5 bisa di simak pada https://brainly.co.id/tugas/26258812
6. Tentukan panjang AB dari gambar berikut
Perhatikan gambar yang terdapat pada lampiran II
Gambar a.Diketahui :
AD = CD = 4 cm
BC = 3 cm
Panjang AB
AB² = (AD - BC)² + CD²
= (4 - 3)² + 4²
= 1 + 16
= 17
AB = √17
Jadi panjang AB gambar a adalah √17 cm
Gambar bDiketahui :
CD = 4 cm
BC = 7 cm
AD = 6 cm
Panjang BD pada segitiga BCD
BD² = BC² + CD²
= 7² + 4²
= 49 + 16
= 65
BD = √65
Panjang AB pada Δ ABD
AB² = BD² - AD²
= (√65)² - 6²
= 65 - 36
= 29
AB = √29
Jadi panjang AB gambar b adalah √29 cm
Gambar cDiketahui :
AO = 3 cm + 1 cm = 4 cm
BO = 5 cm
Panajang AB
AB² = AO² + BO²
= 4² + 5²
= 16 + 25
= 41
AB = √41
Jadi panjang AB gambar c adalah √41 cm
7. Diketahui persegi panjang ABCD dan P merupakan titik di dalam persegi panjang. Jika PC = 8 cm, PD = 4 cm, dan PB = 7 cm, maka PA adalah ...
Penyelesaian :
Perhatikan gambar yang ada pada lampiran III. Kita tarik garis hijau yang tegak lurus melalui titik P agar terbentuk segitiga siku-siku, karena syarat pythagoras adalah salah satu sudut pada segitiga haruslah siku-siku dan kedua sisi tegak lurus. Ada 4 garis diagonal yang terdiri dari 4 segitiga siku-siku
Keempat diagonal tersebut kita masukan kedalam rumus pythagoras yaitu c² = a² + b², maka PA² = a² + b²
PD² = b² + c²
4² = b² + c²
b² = 4² - c²
PC² = c² + d²
8² = c² + d²
c² = 8² - d²
PB² = a² + d²
7² = a² + d²
a² = 7² - d²
Subtitusikan
PA² = a² + b²
PA² = (7² - d²) + (4² - c²)
PA² = 7² - d² + 4² - (8² - d²)
PA² = 7² - d² + 4² - 8² + d²
PA² = 7² + 4² - 8²
PA² = 49 + 16 - 64
PA² = 65 - 64
PA² = 1
PA = √1
PA = 1 cm
Cara cepat :
PA² + PC² = PD² + PB²
PA² + 8² = 4² + 7²
PA² = 4² + 7² - 8²
PA² = 16 + 49 - 64
PA² = 65 - 64
PA² = 1
PA = 1 cm
Jadi panjang PA adalah 1 cm
---------------------------------------------------------------------------
Pelajari lebih lanjut tentang PythagorasLimas P.ABC dengan alas segitiga ABC yang siku-siku di C. → brainly.co.id/tugas/13976071Manakah yang merupakan tripel phytagoras → brainly.co.id/tugas/21345321Trapesium KLMN sama kaki → brainly.co.id/tugas/10147270Pada segitiga PQR berikut ini, diketahui RS = 4 cm, PS = 8 cm, QS = 16 cm. Hitunglah panjang PQ → brainly.co.id/tugas/13268361Layang layang ABCD → brainly.co.id/tugas/2043254Detil JawabanKelas : 8 SMPMapel : MatematikaBab : 4 - Teorama PythagorasKode : 8.2.4Semoga Bermanfaat
14. kunci jawaban mtk kls 6 pts semester 2 2020
Jawaban:
1.D
2.A
3.A
4.C
5.B
6.B
7.D
8.C
9.A
10.A
15. Kunci jawaban ipa kls 8 halaman 110 semester 2
1. Berikut ini yang tidak termasuk alat ekskresi adalah USUS BESAR (D).
Yang termasuk alat ekskresi adalah
GinjalHatiParu-paruKulit2. Pernyataan berikut ini yang tidak berhubungan dengan sistem pengeluaran manusia adalah PANKREAS MENGHASILKAN ENZIM AMILASE (C).
3. Tempat untuk menampung urine sebelum dikeluarkan dari tubuh ditunjukkan oleh nomor 3 (C)
Gambar tersebut menunjukkan
GinjalUreterKantung kemihUretra4. Bagian yang berperan dalam proses pembentukan urine primer adalah 1 (A).
Gambar tersebut menunjukkan
Badan malphigiTubulus proksimalLengkung henleTubulus kolektivus5. Sisa penyaringan pada proses fltrasi menghasilkan urine yang masih mengandung zat yang berguna bagi tubuh. Berikut ini yang bukan merupakan zat yang terdapat pada urine hasil proses filtrasi adalah SEL DARAH MERAH (C).
Pada tahap reabsorpsi, zat yang terdapat pada urine hasil filtrasi adalah Glukosa, asam amino, ion kalium, dan zat-zat yang masih diperlukan oleh tubuh.
6. Sisa metabolisme yang dikeluarkan melalui paru-paru adalah KARBON DIOKSIDA DAN UAP AIR (D)
Urea, amonia, dan asam amino dikeluarkan dari hati.
7. Zat berikut yang tidak dihasilkan oleh hati adalah GLUKOSA (B)
Zat yang dihasilkan oleh hati adalah urea, bilirubin, asam urat, getah empedu, dan air.
Glukosa dihasilkan oleh ginjal.
8. Kulit berfungsi sebagai alat ekskresi karena MEMPUNYAI KELENJA KERINGAT (B).
9. Adanya batu ginjal di dalam rongga ginjal dapat menimbulkan HEMATURIA (B)
Nefritis adalah penyakit rusaknya nefron, terutama pada bagian-bagian glomerulus ginjal yang disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus.
Hematuria adalah penyakit yang ditandai dengan adanya sel-sel darah merah pada urine yang disebabkan penyakit pada saluran kemih akibat gesekan dengan batu ginjal.
Hidronefrosis adalah pembengkakan ginjal yang diakibatkan oleh penumpukan urine.
Diabetes insipidus adalah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan hormon ADH atau hormon antidiuretik sehingga tubuh tidak dapat menyerap air yang masuk ke dalam tubuh.
10. Bila kadar glukosa dalam urine 1,5%, kemungkinan orang tersebut menderita PENYAKIT DIABETES MELLITUS (B).
----------------------------
Detil jawaban
Kelas: VIII
Mapel: IPA
Bab: Sistem Ekskresi Manusia (Bab 9)
KOde: 8.4.9
Kata kunci: halaman 110 kelas 8 IPA, sistem ekskresi manusia
Post a Comment for "Kunci Jawaban Matematika Kls 11 Semester 2"