Jawaban Matematika Kelas 5 Halaman 8
kunci jawaban Matematika kelas 5 halaman 8 buku
1. kunci jawaban Matematika kelas 5 halaman 8 buku
Kunci jawaban Matematika kelas 5 halaman 8. Disini saya akan membahas soal matematika kelas 5 halaman 8 pada buku Senang Belajar Matematika
Tetapi jika yang dimaksud adalah Evaluasi Diri 1 pada buku Mari Belajar Matematika, maka jawabannya dapat di lihat di link berikut
https://brainly.co.id/tugas/30330231 PembahasanPada buku “Senang Belajar Matematika” kelas V halaman 8, terdiri dari 7 soal operasi hitung bilangan pecahan
Jawabanmu cocokkan pada pecahan yang ada di sebelah kanan, kemudian huruf-huruf tersebut disusun sesuai nomor jawaban di petak bawahnya, sehingga membentuk kata
1) [tex]\frac{1}{3} + \frac{3}{5} [/tex]
[tex]= \frac{1 \times 5 \: + \: 3 \times 3}{3 \times 5}[/tex]
[tex]= \frac{5 \: + \: 9}{15}[/tex]
[tex]= \frac{14}{15}[/tex]
Jawaban M. [tex] \frac{14}{15}[/tex]
2) [tex]\frac{2}{3} + \frac{3}{4} [/tex]
[tex]= \frac{2 \times 4 \: + \: 3 \times 3}{3 \times 4}[/tex]
[tex]= \frac{8 \: + \: 9}{12}[/tex]
[tex]= \frac{17}{12}[/tex]
Jawaban A. [tex] \frac{17}{12}[/tex]
3) [tex]\frac{3}{7} + \frac{1}{5} [/tex]
[tex]= \frac{3 \times 5 \: + \: 1 \times 7}{7 \times 5}[/tex]
[tex]= \frac{15 \: + \: 7}{35}[/tex]
[tex]= \frac{22}{35}[/tex]
Jawaban N. [tex] \frac{22}{35}[/tex]
4) [tex]\frac{5}{6} - \frac{1}{5} [/tex]
[tex]= \frac{5 \times 5 \: - \: 1 \times 6}{6 \times 5}[/tex]
[tex]= \frac{25 \: - \: 6}{30}[/tex]
[tex]= \frac{19}{30}[/tex]
Jawaban D. [tex] \frac{19}{30}[/tex]
5) [tex]\frac{5}{7} - \frac{1}{4} [/tex]
[tex]= \frac{5 \times 4 \: - \: 1 \times 7}{7 \times 4}[/tex]
[tex]= \frac{20 \: - \: 7}{28}[/tex]
[tex]= \frac{13}{28}[/tex]
Jawaban I. [tex] \frac{13}{28}[/tex]
6) [tex]\frac{3}{5} - \frac{1}{7} [/tex]
[tex]= \frac{3 \times 7 \: - \: 1 \times 5}{5 \times 7}[/tex]
[tex]= \frac{21 \: - \: 5}{35}[/tex]
[tex]= \frac{16}{35}[/tex]
Jawaban R. [tex] \frac{16}{35}[/tex]
7) [tex]\frac{5}{8} - \frac{1}{6} [/tex]
[tex]= \frac{5 \times 6 \: - \: 1 \times 8}{8 \times 6}[/tex]
[tex]= \frac{30 \: - \: 8}{48}[/tex]
[tex]= \frac{22}{48}[/tex]
[tex]= \frac{22 \: \div \: 2}{48 \: \div \: 2}[/tex]
[tex]= \frac{11}{24}[/tex]
Jawaban I. [tex] \frac{11}{24}[/tex]
Kata yang terbentuk adalah MANDIRI
Pelajari lebih lanjutContoh soal lain tentang pecahan
Kunci jawaban Evaluasi Diri 1 kelas 5: https://brainly.co.id/tugas/30330231 Pecahan yang senilai dengan ¼: brainly.co.id/tugas/12767272 Lengkapilah pecahan pecahan senilai di bawah ini: brainly.co.id/tugas/30268746------------------------------------------------
Detil JawabanKelas : 5
Mapel : Matematika
Kategori : Pecahan
Kode : 5.2.5
#AyoBelajar
2. Soal dan jawaban matematika kelas 5 kegiatan 8 halaman 143
Jawaban:
maaf ngga semua buku sama setiap sekolahnya
3. kunci jawaban Bunda ceria matematika kelas 5 halaman 8
Jawaban:
mana soal nya
Penjelasan dengan langkah-langkah:
maaf kalo beda lks
4. Kak bantu Jawab ya jangan ngasal matematika halaman 64 kelas 8 semester 1 yang dikerjain nomor 5 aja sama nomor 6
Jawaban:
5.a) Kedua garis saling berpotongan karena garis l dan garis m berpotongan di titik (0,2).
b) Kedua garis saling sejajar karena apabila garis l dan garis m diperpanjangan tidak akan berpotongan karena memiliki arah yang sama.
6.Dengan melihat titik-titik pada setiap garis tersebut kita akan melihat pola koordinat.
Garis : 1, 2, 3, 4
Posisi x : 1, 3, 6, 10 (Mengikuti pola Sn)
Posisi y : 0, 0, 0, 0 (Akan Selalu 0)
Sn = n/2 x (2a + (n-1)b
S10 = 10/2 x (2(1) + (10 - 1)(1))
= 5 x (11)
= 55
Jadi, koordinat titik J pada garis l10 adalah (55,0).
5. Kunci jawaban matematika buku paket kelas 8 kurtilas halaman 113 uji kompetensi 7 soal pilihan ganda 1-5 dan esai nomer 4 materi lingkaran
Jawaban Uji Kompetensi 7 Matematika Kelas 8 Semester 2 PGJawaban Pendahuluan
Soal matematika di atas merupakan materi dari lingkaran.
PembahasanLingkaran adalah suatu geometri bidang atau bangun datar dimana terdapat kumpulan titik-titik yang mempunyai jarak yang bernilai sama atau tetap terhadap titik tunggal yang bersifat semu, sehingga titik-titik tersebut membentuk garis tertutup berupa lengkungan dalam satu putaran penuh secara berulang-ulang.
Pada suatu bidang lingkaran, terdapat jari-jari lingkaran (r) dan diameter lingkaran (d), sehingga bentuk persamaannya yaitu r = d/2 atau d = 2r. Rumus umum lingkaran adalah dengan menggunakan nilai konstanta pi/phi yang dinotasikan dalam π yang mempunyai nilai bilangan riil yang mendekati bilangan pecahan 22/7 dan bilangan desimal 3,14 sehingga ditulis menjadi π ≈ 22/7 ≈ 3,14.
Rumus menghitung keliling lingkaran
K = π ⋅ 2r
K = π ⋅ d
K busur = π ⋅ 2r ⋅ (m∠ / 360° )
K busur = π ⋅ d ⋅ (m∠ / 360° )
Rumus menghitung luas lingkaran
L = π ⋅ r ⋅ r = π ⋅ r²
L = π ⋅ d/2 ⋅ d/2 = π ⋅ d²/4
L juring = π ⋅ r² ⋅ (m∠ / 360° )
L juring = π ⋅ d²/4 ⋅ (m∠ / 360° )
Rumus untuk menghitung garis singgung persekutuan dua lingkaran adalah dengan menggunakan teorema Pythagoras, dimana j adalah garis singgung luar atau dalam lingkaran, p adalah jarak antara kedua titik pusat lingkaran, dan R dan r sebagai jari-jari lingkaran besar dan kecil.
Rumus garis singgung luar lingkaran
j² = p² - (R - r)²
Rumus garis singgung dalam lingkaran
j² = p² - (R + r)²
1.
Dik: Juring @ m∠ pusat = 90°, L = 78,5cm² (π = 3,14)
Dit: r=?
Jawab:
L juring = π ⋅ r² ⋅ (m∠ / 360° )
78,5cm² = 3,14 ⋅ r² ⋅ (90° / 360° )
100cm² = r²
r = 10cm ... (pilihan A)
2.
Dik: Busur @ K = 22cm, m∠ pusat = 120° (π = 22/7)
Dit: r=?
Jawab:
K busur = π ⋅ 2r ⋅ (m∠ / 360° )
22cm = 22/7 ⋅ 2r ⋅ (120° / 360° )
r = 10,5cm ... (pilihan tidak ada)
3.
Dik: Busur @ K = 16,5cm, d = 42cm (π = 22/7)
Dit: m∠ pusat=?
Jawab:
K busur = π ⋅ d ⋅ (m∠ / 360° )
16,5cm = 22/7 ⋅ 42cm ⋅ (m∠ / 360° )
m∠ = 45° ... (pilihan A)
4.
Dik: Juring @ L = 57,75cm², m∠ pusat = 60° (π = 22/7)
Dit: d=?
Jawab:
L juring = π ⋅ r² ⋅ (m∠ / 360° )
57,75cm² = 22/7 ⋅ r² ⋅ (60° / 360° )
110,25cm² = r²
r = 10,5cm ... (pilihan B)
5.
Dik: Busur @ r = 21cm, m∠ pusat = 30° (π = 22/7)
Dit: K=?
Jawab:
K busur = π ⋅ 2r ⋅ (m∠ / 360° )
K busur = 22/7 ⋅ 2(21cm) ⋅ (30° / 360° )
K busur = 11cm ... (pilihan A)
6.
Dik: Lingkaran O
Dit: m∠BAD=?
Jawab:
2 ⋅ Sudut keliling = Sudut pusat
2 ⋅ m∠BAD = 110°
m∠BAD = 55° ... (pilihan A)
7.
Dik: Lingkaran O
Dit: m∠AOB=?
Jawab:
m∠APB + m∠AQB + m∠ARB = 144°
3 ⋅ Sudut keliling = 144°
Sudut keliling = 48°
2 ⋅ Sudut keliling = Sudut pusat
2 ⋅ 48° = m∠AOB
m∠AOB = 96° ... (pilihan tidak ada)
8.
Dik: Lingkaran @ d = 0,6m
Jarak = 10000km = 10000000m
Dit: Putaran=?
Jawab:
K lingkaran * putaran = jarak
π ⋅ d * n = 10000000m
3,14 ⋅ 0,6m * n = 10000000m
n ≈ 5000000 ... (pilihan D)
9.
Dik: Persegi @ s = 26cm
2 buah 1/4 lingkaran @ r = 14cm
Dit: K arsir=?
Jawab:
K = K persegi + K lingkaran
K = 4s + 2 ⋅ 1/4 ⋅ π ⋅ 2r
K = 4(26cm) + 1/2 ⋅ 22/7 ⋅ 2(14cm)
K = 158cm ... (pilihan C)
10.
Dik: Persegi @ s = 14cm
1/2 lingkaran @ d = 14cm, r = 7cm
Dit: L arsir=?
Jawab:
L = L persegi + L lingkaran
L = s² + 1/2 ⋅ π ⋅ r²
L = (14cm)² + 1/2 ⋅ 22/7 ⋅ (7cm)²
L = 273cm² ... (pilihan C)
11.
Dik: Singgung luar
j = 12cm, rC = 7,5cm, rD = 4cm
Dit: p=?
Jawab:
p² = j² + (rC - rD)²
p² = (12cm)² + (7,5cm - 4cm)²
p = √156,25 cm²
p = 12,5cm ... (pilihan A)
12.
Dik: Singgung dalam
p = 7,5cm, rA = 2,5cm, rB = 2cm
Dit: j=?
Jawab:
j² = p² - (rA + rB)²
j² = (7,5cm)² - (2,5cm + 2cm)²
j = √36 cm²
j = 6cm ... (pilihan C)
13.
Dik: Singgung luar
R = 1,5cm, p = 2,5cm, j = 2,4cm
Dit: j=?
Jawab:
(R - r)² = p² - j²
(1,5cm - r)² = (2,5cm)² - (2,4cm)²
(1,5cm - r) ² = 0,49cm²
1,5cm - r = 0,7cm
r = 0,8cm ... (pilihan B)
14.
Dik: Singgung luar
R = 19cm, r = 10cm, j = 40cm
Dit: p=?
Jawab:
p² = j² + (R - r)²
p² = (40cm)² + (19cm - 10cm)²
p = √1681cm²
p = 41cm ... (pilihan A)
15.
Dik: Singgung luar
p = 17cm, j = 15cm
Dit: p=?
Jawab:
(R - r)² = p² - j²
(R - r)² = (17cm)² - (15cm)²
R - r = 8cm
R = 10cm dan r = 2cm ... (pilihan D)
16.
Dik: Singgung luar
p = 15cm, j = 12cm
Dit: p=?
Jawab:
(R - r)² = p² - j²
(R - r)² = (15cm)² - (12cm)²
R - r = 9cm
R = 12cm dan r = 3cm ... (pilihan B)
17.
Dik: Singgung luar
r1 = 13cm, p = 20cm, j = 16cm
Dit: r2=?
Jawab:
(R - r)² = p² - j²
(R - r)² = (20cm)² - (16cm)²
13cm - r = 12cm
r = 1cm ... (pilihan B)
18.
Dik: Singgung luar
D = 15cm, R = 7,5cm
d = 10cm, r = 5cm
p = 70cm
Dit: j=?
Jawab:
j² = p² - (R - r)²
j² = (70cm)² - (7,5cm - 5cm)²
j ≈ 69cm ... (pilihan A)
19.
Dik: Singgung dalam
j = 10cm, p = 8cm
Dit: p=?
Jawab:
(R + r)² = p² - j²
(R + r)² = (10cm)² - (8cm)²
R + r = 6cm
R = 5cm dan r = 1cm ... (pilihan B)
20.
Dik: Singgung dalam
p = 20cm, j = 16cm, r1 = 10cm
Dit: p=?
Jawab:
(r1 + r2)² = p² - j²
(10cm + r2)² = (20cm)² - (16cm)²
10cm + r2 = 12cm
r2 = 2cm ... (pilihan A)
Kesimpulan Pelajari lebih lanjut-----------------------------
Detil JawabanKelas : VIII/8 (2 SMP)
Mapel : Matematika
Bab : Bab 7 - Lingkaran
Kode : 8.2.7
Kata Kunci : lingkaran, juring, busur, sudut pusat, sudut keliling, persinggungan lingkaran
===
6. Kunci jawaban paket matematika kelas 8 semester 2 halaman 41 nomer 5 dan 6
Kunci jawaban paket matematika kelas 8 semester 2 halaman 41 nomer 5 dan 6. Soal yang disajikan adalah soal tentang teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku yang memiliki sudut 30⁰ dan 60⁰. Pada segitiga tersebut, berlaku perbandingan:
Sisi yang berhadapan sudut 30⁰ = a Sisi yang berhadapan sudut 60⁰ = a√3 Sisi yang berhadapan sudut 90⁰ (sisi miring) = 2aJadi perbandingan sisi-sisi pada segitiga tersebut adalah
= a : a√3 : 2a
= 1 : √3 : 2
Pembahasan5. Tentukan luas persegi panjang KLMN berikut
Jawab
Perhatikan segitiga siku-siku KLN dengan
NL = 8 cm dan ∠L = 30⁰, maka ∠N = 60⁰
KN = a (sisi dihadapan sudut 30⁰) KL = a√3 (sisi dihadapan sudut 60⁰) NL = 2a (sisi miring)Jadi
NL = 8 cm
2a = 8 cm
a = [tex]\frac{8}{2}[/tex] cm
a = 4 cm
Sehingga diperoleh
KL = a√3 = 4√3 cm KN = a = 4 cmLuas persegi panjang KLMN adalah
L = panjang × lebar
L = KL × KN
L = 4√3 cm × 4 cm
L = 16√3 cm²
6. Perhatikan gambar segitiga siku-siku ABC di bawah. Tentukan
a) Keliling segitiga ABC
b) Luas segitiga ABC
Jawab
Perhatikan segitiga siku-siku ABC dengan ∠B = 30⁰ maka ∠A = 60⁰
Perhatikan segitiga siku-siku ADC
∠A = 60⁰ maka ∠C = 30⁰, sehingga
AD = a (sisi dihadapan sudut 30⁰) DC = a√3 (sisi dihadapan sudut 60⁰) AC = 2a (sisi miring)Karena AD = 8 cm ⇒ a = 8 cm maka diperoleh
DC = a√3 = 8√3 cm AC = 2a = 2 × 8 cm = 16 cmPerhatikan segitiga ABC
AC = x (sisi dihadapan sudut 30⁰) BC = x√3 (sisi dihadapan sudut 60⁰) AB = 2x (sisi miring)Karena AC = 16 cm ⇒ x = 16 cm maka diperoleh
BC = x√3 = 16√3 cm AB = 2x = 2(16 cm) = 32 cmJadi
a) Keliling segitiga ABC
K = AB + BC + AC
K = 32 cm + 16√3 cm + 16 cm
K = (48 + 16√3) cm
K = 16(3 + √3) cm
b) Luas segitiga ABC
L = ½ × alas × tinggi
L = ½ × AC × BC
L = ½ × 16 cm × 16√3 cm
L = 8 cm × 16√3 cm
L = 128√3 cm²
Pelajari lebih lanjutContoh soal lain tentang teorema pythagoras
Triple pythagoras: brainly.co.id/tugas/21315993 Tinggi menara: brainly.co.id/tugas/14893560 Panjang diagonal bidang sisi kubus: brainly.co.id/tugas/17143640------------------------------------------------
Detil JawabanKelas : 8
Mapel : Matematika
Kategori : Teorema Pythagoras
Kode : 8.2.4
7. jawaban soal Matematika kelas 8 semester 2 halaman 124....klo ada yang bisa jawapan semua aku kasih bintang⭐ 5 sama Terima kasih
Jawaban:
Volume Piramida
= ⅓ × 9 × 9 × 17
= 459cm³
8. kunci jawaban matematika kelas 8 semester 2 halaman 45 paket uji kompetensi 6 (5-20)
Kunci jawaban matematika kelas 8 semester 2 halaman 45 paket uji kompetensi 6 (5 – 20). Soal yang disajikan adalah soal tentang teorema pytagoras. Disini saya akan menjawab nomor 8 sampai 19, untuk
nomor 5, 6, 7 dan 20 dapat dilihat di link pelajari lebih lanjut
Pembahasan8. Yang membentuk segitiga siku-siku adalah A. 10 cm, 24 cm, 26 cm, karena
10² + 24² = 26²
100 + 576 = 676
676 = 676
9. Panjang sisi tegak yang lain adalah
= [tex]\sqrt{17^{2} - 15^{2}}[/tex]
= [tex]\sqrt{289 - 225}[/tex]
= [tex]\sqrt{64}[/tex]
= 8 cm (B)
10. Alas segitiga
= [tex]\sqrt{25^{2} - 24^{2}}[/tex]
= [tex]\sqrt{625 - 576}[/tex]
= [tex]\sqrt{49}[/tex]
= 7 cm
Keliling segitiga
= (25 + 24 + 7) cm
= 56 cm (B)
11. (4a)² + (3a)² = 70²
16a² + 9a² = 4.900
25a² = 4.900
a² = 196
a = [tex]\sqrt{196}[/tex]
a = 14
Keliling segitiga
= (4a + 3a + 70) cm
= (7a + 70) cm
= (7(14) + 70) cm
= (98 + 70) cm
= 168 cm (C)
12. Jarak kapal dari titik awal ke titik akhir
= [tex]\sqrt{11^{2} + 9^{2}}[/tex]
= [tex]\sqrt{121 + 81}[/tex]
= [tex]\sqrt{202}[/tex] km (C)
13. Tinggi trapesium
= [tex]\sqrt{13^{2} - 5^{2}}[/tex]
= [tex]\sqrt{169 - 25}[/tex]
= [tex]\sqrt{144}[/tex]
= 12 inci
Sisi sejajar trapesium adalah
a = 18 inci b = (18 + 5 + 5) inci = 28 inciJadi luas trapesium tersebut adalah
= ½ × (a + b) × t
= ½ × (18 + 28) × 12
= ½ × 46 × 12
= 276 inci² (C)
14. Panjang KM
= [tex]\sqrt{KL^{2} + LM^{2}}[/tex]
= [tex]\sqrt{13^{2} + 13^{2}}[/tex]
= [tex]\sqrt{169 + 169}[/tex]
= [tex]\sqrt{338}[/tex]
= [tex]\sqrt{169 \times 2}[/tex]
= [tex]13\sqrt{2}[/tex] cm (B)
15. Perhatikan segitiga siku-siku sebelah kanan, jika t adalah tinggi segitiga, maka
t² + 15² = 17²
t² + 225 = 289
t² = 289 – 225
t² = 64
Perhatikan segitiga siku-siku sebelah kiri
(3x – 5)² = 6² + t²
(3x – 5)² = 36 + 64
(3x – 5)² = 100
(3x – 5)² = 10²
3x – 5 = 10
3x = 15
x = 5 (A)
16. Panjang diagonal sisi depan balok
= [tex]\sqrt{p^{2} + t^{2}}[/tex]
= [tex]\sqrt{40^{2} + 30^{2}}[/tex]
= [tex]\sqrt{1600 + 900}[/tex]
= [tex]\sqrt{2500}[/tex]
= 50 cm
Luas daerah yang diarsir
= d × l
= 50 cm × 10 cm
= 5 dm × 1 dm
= 5 dm² (A)
17. OE = ½ AB = ½ (14 cm) = 7 cm
Panjang TE
= [tex]\sqrt{TO^{2} + OE^{2}}[/tex]
= [tex]\sqrt{24^{2} + 7^{2}}[/tex]
= [tex]\sqrt{576 + 49}[/tex]
= [tex]\sqrt{625}[/tex]
= 25 cm (A)
18. AB = BC, maka
AB² + BC² = AC²
AB² + AB² = 24²
2AB² = 576
AB² = 288
AB = [tex]\sqrt{288}[/tex]
AB = [tex]\sqrt{144 \times 2}[/tex]
AB = [tex]12\sqrt{2}[/tex] cm (B)
19. Perhatikan ∆PQS
SQ : PS : PQ = 1 : √3 : 2 = a : a√3 : 2a
SQ = a dan PS = a√3Karena SQ = 3 ⇒ a = 3, maka
PS = a√3 = 3√3
Perhatikan ∆QSR
SR : SQ : RQ = 1 : √3 : 2 = x : x√3 : 2x
SQ = x√3 dan SR = xKarena SQ = 3 maka
x√3 = 3 ===> kedua ruas kali √3
x√3 . √3 = 3 .√3
3x = 3√3
x = √3
SR = √3
Jadi panjang PR adalah
= PS + SR
= 3√3 + √3
= 4√3 cm (C)
Pelajari lebih lanjutContoh soal lain tentang teorema pythagoras
Jawaban no 5 sampai no 7: https://brainly.co.id/tugas/26539412 Jawaban no 20: https://brainly.co.id/tugas/13971522 Menentukan panjang sisi segitiga siku-siku: https://brainly.co.id/tugas/259167------------------------------------------------
Detil JawabanKelas : 8
Mapel : Matematika
Kategori : Teorema Pythagoras
Kode : 8.2.4
9. jawaban buku paket matematika kelas 8 kegiatan 1.2 halaman 21-22no 1 2 4 5 6
Jawaban:
maaf kak aku ga bisa bantu jawab
Jawaban:
Latihan 1.2 perkalian pada perpangkatan
10. jawaban soal matematika kelas 8 semester 1 halaman 23, nomor 5 dan 6 hanya a-d
Jawaban nomor 5 dan 6 hanya a - d halaman 23 yang merupakan pola bilangan.
1. Bilangan 100100100100100... diteruskan
a. Angka ke-100 adalah 1b. Angka ke-1000 adalah 1c. Angka ke-3000 adalah 0d. Angka ke-2016 adalah 02. Bilangan 133464133464133464 ... diteruskan
a. Angka ke-100 adalah 4b. Angka ke-1000 adalah 4c. Angka ke-3000 adalah 4d. Angka ke-2016 adalah 4Penjelasan dengan langkah-langkahDiketahui :
Bilangan 100100100100100Bilangan 133464133464133464Ditanya :
Angka tersebut diteruskan dengan pola yang sama tentukan :
a. Angka ke-100 b. Angka ke-1000 c. Angka ke-3000 d. Angka ke-2016Jawab :
1. Bilangan 100100100100100 ...
Bilangan tersebut mempunyai pola angka berulang setelah 3 angka.
Jadi untuk menentukan pola angka ke-n, banyak angka dibagi 3 dan hitung sisa urutan angkanya.
a. Angka ke-100100 : 3 = 33 sisa 1
Karena sisa 1, maka urutan ke-1 dari bilangan 100100... adalah angka 1
b. Angka ke-10001000 : 3 = 333 sisa 1
Karena sisa 1, maka urutan ke-1 dari bilangan 100100... adalah angka 1
c. Angka ke-30003000 : 3 = 1000 sisa 0
Karena sisa 0, maka urutan ke-3 dari bilangan 100100... adalah angka 0
d. Angka ke-20162016 : 3 = 672 sisa 0
Karena sisa 0, maka urutan ke-3 dari bilangan 100100... adalah angka 0
2. Bilangan 133464 133464 133464 ...
Bilangan tersebut mempunyai pola angka berulang setelah 6 angka.
Jadi untuk menentukan pola angka ke-n, banyak angka dibagi 6 dan hitung sisa urutan angkanya.
a. Angka ke-100100 : 6 = 16 sisa 4
Karena sisa 4, maka urutan ke-4 dari bilangan 100100... adalah angka 4
b. Angka ke-10001000 : 6 = 166 sisa 4
Karena sisa 4, maka urutan ke-4 dari bilangan 100100... adalah angka 4
c. Angka ke-30003000 : 6 = 500 sisa 0
Karena sisa 0, maka urutan ke-6 dari bilangan 100100... adalah angka 4
d. Angka ke-20162016 : 6 = 336 sisa 0
Karena sisa 0, maka urutan ke-6 dari bilangan 100100... adalah angka 4
Pelajari lebih lanjutMateri tentang pola angka satuan pada bilangan berpangkat → brainly.co.id/tugas/11188847
#BelajarBersamaBrainly #SPJ1
11. jawaban matematika kelas 8 halaman 141 tabel 8.2 nomor 4 dan 5tolong jawab:(
Tabel 8.2 Luas Permukaan Prisma
4. Luas permukaan prisma segitiga = (2 × luas segitiga) + (keliling segitiga × tinggi prisma)5. Luas permukaan prisma segiempat = (2 × luas segiempat) + (keliling segiempat × tinggi prisma)Penjelasan dengan langkah-langkah:Prisma adalah bangun ruang yang dibatasi oleh dua bidang berhadapan yang kongruen (sama dan sebangun), dan saling sejajar, serta bidang-bidang lain yang berpotongan menurut rusuk-rusuk yang sejajar.
Diketahui :
Gambar jaring-jaring prisma.
Ditanya :
Luas permukaan prisma.
Penyelesaian :
Menentukan luas permukaan prisma segitiga siku-sikuPerhatikan gambar jaring-jaring prisma no 4 yang alasnya berbentuk segitiga siku-siku.
Luas = (2 × L I) + L II + L III + L IV
= [2 × (1/2 × a × b)] + (b × t) + (c × t) + (a × t)
= [2 × (1/2 × a × b)] + [(a + b + c) × t]
= (2 × luas segitiga) + (keliling segitiga × tinggi)
Menentukan luas permukaan prisma segiempatPerhatikan gambar jaring-jaring prisma no 5 yang alasnya berbentuk segiempat.
Luas = (2 × L I) + L II + L III + L IV + L V
= [2 × (p × l)] + (l × t) + (p × t) + (l × t) + (p × t)
= 2 × (p × l) + (2p × 2l) × t
= (2 × luas segiempat) + (keliling segiempat) × tinggi
Kesimpulan :
Berdasarkan uraian diatas, secara umum dapat disimpulkan rumus luas permukaan prisma adalah Luas permukaan prisma = 2 × luas alas + keliling alas × tinggi prisma.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------
Pelari lebih lanjutMenentukan luas selimut prisma tegak segitiga → brainly.co.id/tugas/5967842Luas permukaan limas segi enam beraturan → brainly.co.id/tugas/14610929Luas bidang tegak yang diketahui luas limas dan tinggi → brainly.co.id/tugas/14863887Detail JawabanKelas : 8
Mapel : Matematika
Bab : 8 - Bangun Ruang Sisi Datar
Kode : 8.2.8
#AyoBelajar
12. Tolongin jawabkan soal matematika dong!ini soal kelas 8 SMP ya!kalian semua pasti ingat ya!mau dikumpul langsung ini!nomor 5 saja ya!matematika buku paket kelas 8 SMP HALAMAN 186!!!!!!YANGSEMESTER1YA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!jawabannya harus terverifikasi ahli ya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
Jawab: iv, ii, i, ii
Penjelasan dengan langkah-langkah:
Jika y = 0, maka x = 3/2 (ada pada grafik ii)
Jika x = 0, maka y = 3 (ada pada grafik ii)
Sehingga grafik ii mencukupi persamaan iv
Titik potong y artinya x = 0, sehingga y = 3 (0,3) (c.i)
Kemiringan yaitu ∆x/∆y = 2/4 = 1/2 (b.ii)
13. Matematika kelas 7. Semester 2. Halaman 160. Ayo kita berlatih 7.4 nomor 5 dan nomor 8. Tolong dijawab pake cara ya kak^-^
Matematika kelas 7. Semester 2. Halaman 160. Ayo kita berlatih 7.4 nomor 5 dan nomor 8. Untuk nomor 5 sampai dengan nomor 8 terdapat pada halaman 61 tentang menentukan besar suatu sudut
Pembahasan5. Perhatikan posisi setiap pasangan sudut pada gambar di samping. Nilai x adalah …
Jawab
Sudut 124⁰ dengan sudut ABC adalah sudut pelurus, maka
124⁰ + ∠ABC = 180⁰
∠ABC = 180⁰ – 124⁰
∠ABC = 56⁰
Karena segitiga ABC adalah segitiga sama kaki maka
∠ABC = ∠BCA = 56⁰
Sudut BCA dengan sudut CAE adalah sudut dalam bersebrangan, maka
∠CAE = ∠BCA
2x⁰ = 56⁰
x⁰ = [tex]\frac{56^{o}}{2}[/tex]
x⁰ = 28⁰
x = 28
6. Selidiki benar tidaknya pernyataan berikut ini “Ukuran suatu sudut lancip sama dengan selisih pelurusnya dengan dua kali penyikunya”
Jawab
Misal besar sudut lancip tersebut adalah a, maka
Pelurus dari a = 180⁰ – a Penyiku dari a = 90⁰ – aKita akan membuktikan bahwa “ukuran suatu sudut lancip sama dengan selisih pelurusnya dengan dua kali penyikunya”
a = (180⁰ – a) – 2(90⁰ – a)
a = 180⁰ – a – 180⁰ + 2a
a = – a + 2a
a = a
Jadi benar bahwa “ukuran suatu sudut lancip sama dengan selisih pelurusnya dengan dua kali penyikunya”
7. Salinlah gambar berikut ini, kemudian tentukanlah besar sudut yang belum diketahui! Tentukanlah besar sudut:
Jawab
a. ∠ABC
∠ABC dengan ∠ABD adalah sudut lurus, maka
∠ABC + ∠ABD = 180⁰
∠ABC + 120⁰ = 180⁰
∠ABC = 180⁰ – 120⁰
∠ABC = 60⁰
b. ∠ACB
∠ACB, ∠ABC dan ∠CAB adalah sudut-sudut dalam segitiga, maka
∠ACB + ∠ABC + ∠CAB = 180⁰
∠ACB + 60⁰ + 55⁰ = 180⁰
∠ACB + 115⁰ = 180⁰
∠ACB = 180⁰ – 115⁰
∠ACB = 65⁰
c. ∠ACG
∠ACG dengan ∠ACB adalah sudut lurus, maka
∠ACG + ∠ACB = 180⁰
∠ACG + 65⁰ = 180⁰
∠ACG = 180⁰ – 65⁰
∠ACG = 115⁰
d. ∠FCG
∠FCG dengan ∠ACB adalah sudut saling bertolak belakang, maka
∠FCG = ∠ACB
∠FCG = 65⁰
8. Perhatikan gambar berikut! Besar sudut nomor 1 adalah 95⁰ dan besar sudut nomor 2 adalah 110⁰. Besar sudut nomor 3 adalah .…
Jawab
Sudut nomor 1 dengan sudut nomor 5 adalah sudut dalam bersebrangan, maka
Besar sudut nomor 1 = besar sudut nomor 5 = 95⁰Sudut nomor 2 dengan sudut nomor 6 adalah sudut lurus, maka
Sudut nomor 2 + sudut nomor 6 = 180⁰
110⁰ + sudut nomor 6 = 180⁰
Sudut nomor 6 = 180⁰ – 110⁰
Sudut nomor 6 = 70⁰
Sudut nomor 6, sudut nomor 5 dan sudut nomor 3 adalah sudut-sudut dalam segitiga, sehingga
Sudut nomor 6 + sudut nomor 5 + sudut nomor 3 = 180⁰
70⁰ + 95⁰ + sudut nomor 3 = 180⁰
165⁰ + sudut nomor 3 = 180⁰
Sudut nomor 3 = 180⁰ – 165⁰
Besar sudut nomor 3 = 15⁰
Pelajari lebih lanjutContoh soal lain tentang sudut
Besar sudut sepihak: brainly.co.id/tugas/15598 Sudut pada segitiga: brainly.co.id/tugas/10099014 Sudut bertolak belakang: brainly.co.id/tugas/27180942------------------------------------------------
Detil JawabanKelas : 7
Mapel : Matematika
Kategori : Garis dan Sudut
Kode : 7.2.3
#AyoBelajar
14. Jawaban soal matematika kelas 8 halaman 12 semester 2 nomor 5
gambar foto nya mana ya
ko GK ada si
15. jawaban paket matematika kelas 8 semester 2 halaman 103 nomor 5
Jawaban:
semoga membantu ya ! !!!!
Post a Comment for "Jawaban Matematika Kelas 5 Halaman 8"