Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Mtk Kelas 11 Semester 2


Kunci Jawaban Mtk Kelas 11 Semester 2

kunci jawaban mtk kelas 7 semester 2 ayo berlatih 5.1

1. kunci jawaban mtk kelas 7 semester 2 ayo berlatih 5.1


Ayo kita berlatih 5.1 Semester 2 Kelas 7 No.1 - 10

(Untuk lanjutan pembahasan No.7 - 10 ada pada gambar terlampir)

Pembahasan

No.1

(a). Pernyataan Anton bernilai benar.

Ukuran diameter kedua pohon

Diameter Ramin = 20 cm.  Diameter Ulin = 120 cm.

Perbandingan diameter Ramin : Ulin = 20 : 120, disederhanakan dengan dibagi 20 menjadi [tex]\boxed{~1:6}~}.[/tex]

Anton mengatakan bahwa perbandingan diameter Ramin terhadap diameter Ulin adalah 1 : 6.

Perbandingan harus ditulis berurutan sesuai obyek-obyek yang disebutkan. Anton menyebut "Ramin" terlebih dahulu sebelum menyebut "Ulin".

Jika Anton menyebut bahwa perbandingan diameter Ulin terhadap Ramin 6 : 1 maka ini juga bernilai benar.

(b). Pernyataan Ria benar, sesuai selisih tinggi kedua pohon. Ria mengatakan bahwa selisih tinggi Damar dan Gaharu adalah 25 m.

Tinggi Damar = 65 m.  Tinggi Gaharu = 40 m.  Selisih tinggi Damar dan Gaharu = 65 - 40 = 25 m.

(c). Leni mengatakan bahwa keliling Ulin sekitar ³/₄ kali keliling Damar.  Pernyataan Leni salah, seharusnya keliling Ulin sekitar ⁴/₅ kali keliling Damar.

Diameter Ulin = 120 cm.  Diameter Damar = 150 cm.

Keliling lingkaran = π x diameter

Keliling Ulin = 120Ï€ cm.  Keliling Damar = 150Ï€ cm.

[tex]\frac{Kell~Ulin}{Kell~Damar} = \frac{120 \pi}{150 \pi} = \boxed{~\frac{4}{5}~}[/tex]

Pembilang dan penyebut sama-sama dibagi 30Ï€. Berarti, keliling Ulin adalah ⁴/₅ kali keliling Damar.

No.2

Tinggi Suparwono = 2,4 m.

Perbandingan tinggi Suparwono : Damar = 2,4 : 65 = 12 : 325. Selisih mereka adalah 65 - 2,4 = 62,6 m.  Perbandingan tinggi Suparwono : Ulin = 2,4 : 50 = 12 : 325. Selisih mereka adalah 50 - 2,4 = 47,6 m.  Perbandingan tinggi Suparwono : Kayu Hitam = 2,4 : 40 = 3 : 50. Selisih mereka adalah 40 - 2,4 = 37,6 m.  

Perbandingan tinggi Suparwono dan Kayu Hitam ini tepat sama dengan perbandingan tinggi Suparwono terhadap Gaharu maupun Ramin, sebab tinggi ketiga pohon adalah sama. Selisih tinggi Suparwono dengan ketiga pohon juga sama.

No.3

Banyak siswa yang memilih Fullcream = 780 siswa.  Banyak siswa yang memilih Hi_Cal = 220 siswa.

(a). Terdapat 560 siswa lebih banyak yang memilih Fullcream daripada Hi-Cal. Sebab selisih banyak siswa yang memilih kedua jenis susu adalah 780 - 220 = 560 siswa.  

(b). Siswa yang memilih Fullcream lebih banyak daripada yang memilih Hi-Cal dengan membentuk perbandingan sebagai berikut:  

= 780 : 220  

Sederhanakan, dibagi 20

[tex]\boxed{~39:11~}[/tex]

No.4

(a). Perbandingan banyak siswa kelas VII dan VIII yang suka drama = 105 : 150 = [tex]\boxed{~7:10~}[/tex]

(b).  Total siswa kelas VII = 180, total siswa kelas VIII = 240, dan total semua siswa = 180 + 240 = 420.  

Total siswa kelas VII dan VIII yang suka action = 75 + 80 = 155.  

Pecahan yang menyatakan jumlah seluruh siswa kelas VII dan VIII yang suka action adalah [tex]\boxed{~\frac{155}{420}\rightarrow\frac{31}{84}~}[/tex]

(c).  Total siswa suka drama = 105 + 150 = 255.  

Total siswa suka action = 75 + 80 = 155.  

Perbandingan banyak siswa yang suka drama dan action = 255 : 155 = [tex]\boxed{~51:31~}[/tex]

No.5

Bagaimana cara membandingkan waktu yang dihabiskan Iqbal dalam berbagai aktivitas selama liburan?

Langkah pertama kita dapat menjumlahkan seluruh waktu aktivitas liburan Sabtu-Minggu tersebut:  

18 + 2,5 + 8 + 6 + 2 + 2 + 9,5 = 48 jam

Langkah kedua adalah membandingkan waktu yang dihabiskan Iqbal pada salah satu aktivitas tertentu terhadap waktu total, atau membandingkan waktu antara aktivitas yang satu dengan yang lain.

Contoh:

Perbandingan waktu tidur dengan rekreasi = 18 : 8, disederhanakan dengan dibagi 2, menjadi 9 : 4.

Perbandingan waktu menonton TV dengan waktu total = 6 : 48, disederhanakan dengan dibagi 6, menjadi 1 : 8.

No.6

Tentukan apakah setiap pernyataan berikut sesuai dengan tabel yang dibuat Iqbal dalam menghabiskan waktunya selama liburan.

(a). Iqbal menghabiskan ¹/₆ waktunya untuk menonton TV.

[tex]\frac{Menonton~TV}{Waktu~total}=\frac{6}{48}=\boxed{\frac{1}{8}}[/tex]

Pernyataan salah.

(b). Perbandingan lama menonton TV terhadap lama mengerjakan PR atau Soal Latihan adalah 3 : 1.

Menonton TV : mengerjakan PR = 6 : 2 = 3 : 1

Pernyataan benar.

(c). Rekreasi, SMS-an, dan menonton TV menghabiskan sekitar ¹/₃ dari waktu liburannya.

Lama rekreasi + SMS-an + menonton TV = 8 + 2 + 6 = 16 jam

[tex]\frac{16}{48}=\boxed{\frac{1}{3}}[/tex]

Pernyataan benar.  

d. Lama Iqbal mengerjakan PR hanya ¹/₅ dari lama dia menonton TV.

[tex]\frac{Mengerjakan~PR}{Menonton~TV}=\frac{2}{6}=\boxed{\frac{1}{3}}[/tex]

Pernyataan salah.

e. Tidur, makan, dan aktivitas lainnya menghabiskan waktu 12 jam lebih banyak dari total semua aktivitasnya.

Tidur + makan + lainnya = 18 + 2,5 + 9,5 = 30 jam

Selisih waktu tersebut dengan waktu total = 48 - 30 = 18 jam.

Pernyataan salah.

Catatan:Pembahasan no.7-10 pada gambar terlampir

Pelajari lebih lanjutTujuh butir soal perbandingan brainly.co.id/tugas/93278Perbandingan tiga bahan baku pembuatan sirup brainly.co.id/tugas/858632

-----------

Detil jawaban

Kelas : VII

Mapel : Matematika

Bab : Perbandingan

Kode : 8.2.9


Kata Kunci : ayo kita berlatih 5.1, semester 2, kelas 7, no.1-10, brainly


2. Kunci jawaban mtk uji kompetensi 6 kelas 7 semester 2


Kunci jawaban mtk uji kompetensi 6 kelas 7 semester 2 (Pilihan Ganda)

Saya akan menjawab soal ini dari nomor 1 - 8

Rumus :

Untung / rugi = Pendapatan - Modal

Untung / rugi = [tex]\frac{persentase\:untung\:atau\:rugi}{100}[/tex] x Modal

Kondisi untung apabila pendapatan lebih besar dari modal

Kondisi rugi apabila pendapatan lebih kecil dari modal (negatif)

Pembahasan :

1. Tentukan kondisi berikut yang manakah yang menunjukkan kondisi rugi?

Pemasukkan     Pengeluaran

       (Rp)                     (Rp)

a.  700.000           900.000

b. 1.100.000          1.100.000

c. 2.100.000         2.000.000

d. 1.650.000          1.550.000

Untuk menjawab soal ini, maka kita harus tahu dahulu kalau keadaan yang menunjukkan kondisi rugi adalah keadaan dimana pemasukkan lebih kecil daripada pengeluaran

a. Pemasukkan = 700.000          

Pengeluaran = 900.000

Kondisi ini adalah kondisi rugi, karena pengeluaran lebih besar daripada pemasukkan

Rugi = 900.000 - 700.000 = 200.000

b. Pemasukkan = 1.100.000          

Pengeluaran = 1.100.000

Apabila kondisi pemasukkan = pengeluaran maka kondisi ini dinamakan kondisi impas

c. Pemasukkan = 2.100.000        

Pengeluaran = 2.000.000

Pada kondisi ini pemasukkan lebih besar daripada pengeluaran, maka disebut kondisi untung

Untung = 2.100.000 - 2.000.000 = 100.000

d. Pemasukkan = 1.650.000          

Pengeluaran = 1.550.000

Kondisi ini dinamakan kondisi untung, karena pemasukkan lebih besar daripaad pengeluaran

Untung = 1.650.000 - 1.550.000 = 100.000

2. Seorang pedagang mengeluarkan Rp 1.500.000 untuk menjalankan usahanya. Jika pada hari itu dia mendapatkan keuntungan sebesar 10%. Maka besarnya pendapatan yang didapatkan pada hari itu adalah...

a. Rp 1.650.000          c. Rp 1.400.000

b. Rp 1.600.000          d. Rp 1.350.000

Diketahui :

Modal Rp 1.500.000

Untung = 10%

Ditanya :

Pendapatan ?

Dijawab :

Untung = [tex]\frac{10}{100}[/tex] x Rp 1.500.000 = Rp 150.000

Pendapatan = Rp 1.500.000 + Rp 150.000 = Rp 1.650.000 (A)

3. Pak Dedi membeli suatu sepeda motor bekas dengan harga Rp 5.000.000. Dalam waktu 1 minggu motor tersebut dijual kembali dengan harga 110% dari harga belinya. Tentukan keuntungan Pak Dedi?

a. Rp 500.000             c. Rp 4.500.000

b. Rp 1.000.000           d. Rp 5.500.000

Diketahui :

Modal Rp 5.000.000

Dijual kembali 110% dari harga beli

Ditanya :

Keuntungan Pak Dedi ?

Dijawab :

Harga jual = [tex]\frac{110}{100}[/tex] x Rp 5.000.000 = Rp 5.500.000

Karena harga jual lebih tinggi dari harga beli, maka kondisinya adalah untung

Keuntungan Pak Dedi = Rp 5.500.000 - Rp 5.000.000 = Rp 500.000 (A)

4. Pak Candra membeli suatu sepeda bekas dengan harga Rp 500.000. Dalam waktu 1 minggu sepeda tersebut dijual kembali dengan harga 110% dari harga beli. Tentukan keuntungan Pak Candra?

a. Rp 550.000              c. Rp 50.000

b. Rp 100.000               d. Rp 25.000

Diketahui :

Modal Rp 500.000

Harga jual 110% dari harga beli

Ditanya :

Keuntungan Pak Candra ?

Dijawab :

Harga jual = [tex]\frac{110}{100}[/tex] x Rp 500.000 = Rp 550.000

Karena harga jual lebih tinggi dari harga beli, maka kondisinya adalah untung

Keuntungan Pak Candra = Rp 550.000 - Rp 500.000 = Rp 50.000 (C)

5. Pak Edi membeli mobil dengan harga Rp 160.000.000. Setelah 6 bulan dipakai Pak Edi menjual mobil tersebut dengan harga Rp 140.000.000. Tentukan taksiran terdekat persentase kerugian yang ditanggung Pak Edi?

a. 20%          c. 15%

b. 18%           d. 12%

Diketahui :

Harga beli = Rp 160.000.000

Harga jual = Rp 140.000.000

Ditanya :

Taksiran persentase kerugian Pak Edi ?

Dijawab :

Karena harga beli lebih tinggi daripada harga jual, maka kondisi ini adalah kondisi rugi. Pertama-tama kita cari dahulu kerugian yang dialami

Rugi = Rp 160.000.000 - Rp 140.000.000 = Rp 20.000.000

Persentase kerugian = [tex]\frac{20.000.000}{160.000.000}[/tex] x 100% = 12,5%

Taksiran terdekat adalah 12% (D)

6. Pak Fandi membeli sepetak tanah dengan harga Rp 40.000.000 1 tahun kemudian, Pak Dedi menjual tanah tersebut dengan keuntungan 16%. Tentukan taksiran terdekat harga jual tanah milik Pak Fandi?

a. Rp 6.400.000 c. Rp 46.400.000

b. Rp 33.600.000 d. Rp 56.000.000

Diketahui :

Harga beli = Rp 40.000.000

untung = 16%

Ditanya :

Taksiran terdekat harga jual ?

Dijawab :

untung = [tex]\frac{16}{100}[/tex] x Rp 40.000.000 = Rp 6.400.000

Harga jual tanah = Rp 40.000.000 + Rp 6.400.000 = Rp 46.400.000 (C)

Pelajari lebih lanjut :

Soal-soal tentang Aritmatika sosial :

1. https://brainly.co.id/tugas/21432898

2. https://brainly.co.id/tugas/21335926

3. https://brainly.co.id/tugas/21318766

======================

Detail Jawaban :

Kelas : VII

Mapel : Matematika

Bab : Bab 7 - Aritmatika sosial

Kode : 7.2.7

Kata Kunci : untung, rugi, uji kompetensi 6, kelas 7 semester 2


3. kunci jawaban mtk kelas 8 hal 52 semester 1 ​


Jawaban:

Berikut adalah kunci jawaban dari soal pada buku Matematika Kelas 8 semester 1 halaman 52 soal ayo berlatih menentukan posisi sumbu X dan sumbu Y.

Buku Matematika kelas 8 adalah buku implementasi Kurikulum 2013 edisi revisi 2017.

Buku Matematika Kelas 8 SMP/MTs merupakan karya dari Abdur Rahman As’ari, Mohammad Tohir, Erik Valentino, Zainul Imron, Ibnu Taufiq.

Artikel berikut akan menjelaskan kunci jawaban soal ayo berlatih menentukan posisi sumbu X dan sumbu Y di halaman 52.

Kunci jawaban Buku Matematika Kelas 8 ini dapat ditujukan kepada orang tua atau wali untuk mengoreksi hasil belajar.

Sebelum menengok hasil kunci jawaban pastikan siswa harus terlebih dahulu menjawab soal yang disiapkan.

Baca juga: Kunci Jawaban Matematika Kelas 8 Semester 1 Halaman 12 Tentukan Persamaan Dari Suatu Baris Bilangan

Lalu gunakan artikel ini untuk mengoreksi hasil pekerjaan siswa.

Kunci jawaban Buku Matematika Kelas 8 semester 1 halaman 52.

Soal nomor 1

Soal buku matematika kelas 8 semester 1 halaman 52 (Buku Matematika kelas 8 semester 1)

Pada titik A (4, 3) dan titik B (–4, 3), memiliki jarak yang sama yaitu 3 satuan terhadap sumbu X


4. kunci jawaban prakarya kelas 7 semester 2 halaman 31 lk2 semester2


Berikut adalah identifikasi karakteristik bahan limbah lunak organik pada produk kerajinan:

1. Jenis bahan limbah : hiasan bunga dari kulit jagung.

Ciri-cirinya lunak dan mudah dilengkungkan (lentur).Bentuknya berbagai macam, tergantung desain.Ukuran kecil, menyesuaikan ukuran kulit jagung yang tersedia.Warna kuning kecokelatan dan motifnya bunga hias.Teknik pembuatannya adalah dengan cara dikeringkan dan digunting sesuai desain.

2. Jenis bahan limbah : anyaman dari jerami.

Ciri-cirinya lentur dan lunak.Bentuknya berbagai macam, tergantung desain yang ingin digunakan.Ukurannya kecil hingga sedang.Warnanya cokelat dengan motif beragam sesuai desain.Teknik pembuatannya dengan cara menganyam jerami yang sudah dikeringkan dan ditempel pada alas untuk memperkuat struktur anyaman.

3. Jenis bahan limbah : tas dari pelepah pisang.

Ciri-cirinya lentur dan lunak.Bentuknya beragam, tergantung desain.Ukurannya sedang hingga besar,Warnanya cenderung kuning dan cokelat dan motifnya beragam sesuai desain.Teknik pembuatannya adalah dengan cara mengeringkan, memotong, dan menganyam pelepah pisang.

4. Jenis bahan limbah : anting-anting dari sisik ikan.

Ciri-cirinya adalah warna-warni yang cenderung berkilauan.Bentuknya beragam, tergantung pada desain.Ukurannya kecil.Warna dan motifnya beragam.Teknik pembuatannya dengan cara membersihkan dan mengeringkan sisik ikan, sebelum kemudian diwarnai bila perlu dan dirangkai dengan senar.

5. Jenis bahan limbah : kertas jurnal dari bubur kertas bekas.

Ciri-cirinya kusam, lunak, dan rapuh.Bentuknya tipis dan lebar.Ukurannya beragam, tergantung keinginan. Biasanya seukuran setengah kertas A4.Warnanya abu-abu atau putih kusam.Teknik pembuatannya adalah dengan cara merendam kertas bekas dalam air, menghaluskannya (dibuat menjadi bubur), menyaring bubur kertas dengan cetakan kertas, mengeringkan, dan memotong sesuai ukuran yang diinginkan.

Pembahasan

Ketika limbah lunak, baik organik maupun anorganik, sudah tidak dapat digunakan kembali, proses pendaur ulangan adalah proses yang tepat untuk dilakukan untuk menanganinya. Proses ini memiliki prinsip 3R, yaitu:

Reduce, yaitu mengurangi pemakaian barang yang memiliki potensi menjadi limbah.Reuse, yaitu menggunakan ulang barang-barang sebisa mungkin untuk mengurangi produksi limbah.Recycle, yaitu mengolah barang-barang yang sudah tidak dapat digunakan kembali dengan proses tertentu (daur ulang).

Proses daur ulang sebaiknya dilakukan untuk mengolah limbah lunak untuk mengurangi jumlah sampah di lingkungan dan meminimalisir potensi pencemaran yang dapat disebabkan oleh tumpukan sampah.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang limbah lunak brainly.co.id/tugas/30101589Materi tentang limbah organik dan anorganik brainly.co.id/tugas/18128231Materi tentang hasil kerajinan dari bahan lunak anorganik brainly.co.id/tugas/22882743

Detail jawaban

Kelas: 7

Mapel: Wirausaha

Kode: 7.23

#AyoBelajar


5. kunci jawaban mtk kelas 8 semester 2 halaman 92 latihan 7.3​


Diketahui:

L = 16Ï€ cm²

Ditanyakan:

K = .... cm?

Penyelesaian:

Tentukan jari-jari

L = Ï€r²

16Ï€ = Ï€r²

16 = r²

r = √16

r = 4 cm

Hitunglah kelilingnya

Jikaπ=π

K = 2Ï€r

K = 2Ï€ × 4

K = 8Ï€ cm (B)

Jikaπ=3,14

K = 2Ï€r

K = 2 × 3,14 × 4

K = 6,28 × 4

K = 25,12 cm


6. Kunci jawaban penilaian tengah semester kelas 11 semester satu


Jawaban:

soalnya mana???!

hmmm?


7. Kunci jawaban mtk kelas 7 semester 2 hal 171 uji kompetensi 7


Kunci jawaban mtk kelas 7 semester 2 hal 171 uji kompetensi 7

Pada soal ini kita akan mempelajari tentang garis dan sudut

Ruas garis adalah garis yang memiliki 2 titik ujung

Sinar garis adalah sinar yang hanya memiliki 1 titik ujung

Garis adalah deretan titik – titik yang jumlahnya tak terhingga yang saling bersebelahan dan memanjang kedua arah

Kedudukan dua garis :

1. Dua garis Sejajar

Dua garis dikatakan sejajar apabila kedua garis terletak satu bidang dan jika diperpanjang tidak akan berpotongan

2.  Dua Garis Berpotongan

Dua garis dikatakan berpotongan apabila kedua garis itu mempunyai sebuah titik potong

3.  Dua Garis Berhimpit

Dua garis dikatakan berimpit apabila kedua garis mempunyai paling sedikit dua titik potong

4. Dua Garis Bersilangan

Dua garis dikatakan bersilangan apabila kedua garis tidak sejajar dan garis itu tidak terletak dalam satu bidang

Pembahasan :

1. Perhatikan gambar berikut :

Banyaknya sinar garis dan Ruas garis yang dapat dibuat dari gambar diatas berturut-turut adalah...

a. 6 dan 7          c. 7 dan 9

b. 6 dan 8          d. 8 dan 10

Setelah kita lihat definisi sinar garis dan ruas garis, maka kita bisa menentukan mana yang merupakan sinar garis dan mana yang merupakan ruas garis

Sinar garis :

← A← B← C← DB →C →D →E →

Ruas Garis :

ABBCCDDEACADAEBDBECE

∴ Jadi sinar garis berjumlah 8 dan ruas garis berjumlah 10 (D)

2. Pehatikan gambar berikut .

Pernyataan pasangan garis yang benar berdasarkan kondisi gambar diatas adalah...

a. Garis-garis yang sejajar adalah garis a dengan b, dan garis k dengan n

   Garis yang berpotongan adalah garis a dengan k, m dan n

b. Garis-garis yang sejajar adalah garis a dengan b, garis m dengan n

   Garis yang berpotongan adalah garis a dengan b, m dan n

c. Garis-garis yang sejajar adalah garis a dengan k, dan garis m dengan n

   Garis yang berpotongan adalah garis a dengan k dan n

d. Garis-garis yang sejajar adalah garis a dengan m, garis b dengan n

   Garis yang berpotongan adalah garis a dengan b, m dan n

Setelah kita lihat definisi dari garis yang sejajar dan berpotongan, maka kita bahas satu-satu pernyataan tersebut :

a. Garis-garis yang sejajar adalah garis a dengan b, dan garis k dengan n

   Garis yang berpotongan adalah garis a dengan k, m dan n

(Pernyataan  benar)

Kalau dilihat dari gambar memang garis yang sejajar adalah garis a//b dan garis k//n

Lalu garis a berpotongan dengan garis k, serta garis m berpotongan dengan garis n

b. Garis-garis yang sejajar adalah garis a dengan b, garis m dengan n

   Garis yang berpotongan adalah garis a dengan b, m dan n

(Pernyataan tidak benar)

Kalau dilihat dari gambar memang garis yang sejajar adalah garis a//b dan garis m tidak sejajar dengan n (berpotongan)

Lalu garis a tidak berpotongan dengan garis b (sejajar), serta garis m berpotongan dengan garis n

c. Garis-garis yang sejajar adalah garis a dengan k, dan garis m dengan n

   Garis yang berpotongan adalah garis a dengan k dan n

(Pernyataan tidak benar)

Kalau dilihat dari gambar memang garis yang sejajar adalah garis a tidak sejajar dengan garis k (berpotongan) dan garis m tidak sejajar dengan n (berpotongan)

Lalu garis a berpotongan dengan garis k, dan garis n

d. Garis-garis yang sejajar adalah garis a dengan m, garis b dengan n

   Garis yang berpotongan adalah garis a dengan b, m dan n

(Pernyataan tidak benar)

Kalau dilihat dari gambar memang garis yang sejajar adalah garis a tidak sejajar garis m (berpotongan) dan garis b tidak sejajar dengan n (berpotongan)

Lalu garis a tidak berpotongan dengan garis b (sejajar), serta garis m berpotongan dengan garis n

∴ Jadi pernyataan yang benar adalah Garis-garis yang sejajar adalah garis a dengan b, dan garis k dengan n. Garis yang berpotongan adalah garis a dengan k, m dan n (A)

Pelajari lebih lanjut :

Soal-soal tentang garis dan sudut :

1. https://brainly.co.id/tugas/22297483

2. https://brainly.co.id/tugas/1221862

====================Detail Jawaban :

Kelas : VII

Mapel : Matematika

Bab : Bab 3 - Garis dan sudut

Kode : 7.2.3

Kata kunci : uji kompetensi 7, kelas 7 semester 2, hal 171, pilihan ganda, garis, sinar garis, ruas garis


8. kunci jawaban MTK kelas 7 SMP semester 2 halaman 90 nomor 4 ​


Penjelasan dengan langkah-langkah:

baris 1

tara = 1 kg

persentase neto = 98%

persentase tara = 2%

caranya :

tara = broto - neto

= 50kg - 49kg

= 1kg

presentase neto = neto:bruto × 100%

= 0.98 = 98%

presentase tara = 100% - presentase tara

= 100% - 98% = 2%

baris 2

neto : 24.5

presentase neto : 98%

presentase tara : 2%

caranya :

neto = 25kg - 0.5kg

=24.5

presentase neto = neto ÷ bruto × 100%

24.5 ÷ 25 × 100%

= 0.98 = 98%

presentase tara = 100% - 98%

= 2%

baris 3 :

bruto : 2kg

caranya :

1.85 kg + 150gr

= 2 kg

presentase neto :92,5%

presentase tara : 7,5%

baris 4 :

neto : 5.88kg

caranya :

6kg - 120gr =

5.88kg

presentase neto :98%

presentase tara :2%

aku gk taro cara presentase baris 4 sama 5 karna sama aja caranya


9. kunci jawaban mtk semester 2 kelas 8 uji kompetensi 6 esai​


✏ Jawaban :

l

abcdabcdab

Penjelasan :

#Semoga Membantu

#No copas

____________________________

Mata Pelajaran : Kunci jawaban

Answer by : @T3G4R123

____________________________


10. Jawaban mtk kelas 8 semester 2 halaman 11 no 1​


Ayo Kita Berlatih 6.1 no 1. Gunakan teorema pythagoras untuk menentukan nilai yang belum diketahui pada masing-masing gambar berikut.

Pendahuluan

Teorama Pythagoras  

Untuk setiap segitiga siku-siku berlaku : luas persegi pada sisi miring (hipotenusa) sama dengan jumlah luas persegi pada sisi yang lain (sisi siku-sikunya).

Rumus Pythagoras

c² = a² + b²

Pembahasan

a.   x² = 12² + 15²

   x² = 144 + 225

   x² = 369

   x = √369

   x = 3√41

   x = 19,2

b.  x² = 13² - 5²

   x² = 169 - 25

   x² = 144

    x = √144

    x = 12

c.   a² = 10,6² - 5,6²

    a² = 112,36 - 31,36

    a² = 81

     a = 9

d.  a² = 10,4² - 9,6²

   a² = 108,16 - 92,16

   a² = 16

    a = 4

e.   x² = 8² - 6²

    x² = 64 - 36

    x² = 28

    x = √28

    x = 2√7

    x = 5,29

f.    c² = 9,6² + 7,2²

    c² = 92,16 + 51,84

    c² = 144

    c = 12

---------------------------------------------------------------

Pelajari Lebih lanjut tentang Teorama PythagorasDiketahui persegi panjang ABCD dan P merupakan titik di dalam persegi panjang.Jika PC = 8 cm, PD = 4 cm, dan PB = 7 cm, maka PA → brainly.co.id/tugas/13821934Panjang sisi persegi besar adalah 15 cm luas persegi kecil adaah 25cm² tentukan nilai x → brainly.co.id/tugas/13805977Tentukan jarak antara dua titik dari pasangan berikut a. (10, 20), (13, 16) → brainly.co.id/tugas/13289696Diameter bola A dan bola B berturut-turut adalah 8 dan 18. Jika jarak ujung tali l dan n pada kawat adalah 5 dan panjang tali l adalah 10, Berapakah panjang minimum tali n agar kedua tali bisa sejajar dan bola tidak saling menekan? → brainly.co.id/tugas/13822842Detil JawabanKelas        : 8 SMPMapel       : MatematikaBab           : 4 - Teorama PythagorasKode         : 8.2.4

Semoga Bermanfaat


11. Kunci jawaban mtk kelas 7 semester 2 halaman 39 nomer 7


Jawaban Ayo Kita Berlatih 5.4 halaman 39 - 40 kelas 7 semester 2.

Pendahuluan

Perbandingan senilai adalah perbandingan antara dua besaran dengan ketentuan jika yang satu diperbesar (diperkecil) maka yang kedua juga membesar (mengecil), begitu pula sebaliknya.

Hubungan perbandingan senilai berlaku :

 [tex]\displaystyle \frac{x_{1} }{x_{2} } = \frac{ y_{1} }{y_{2}}[/tex]

Rumus skala

 [tex]\boxed {Skala = \frac{Jarak ~peta}{Jarak~ sebenarnya} }[/tex]

Pembahasan  

Untuk jawaban Ayo Kita berlatih 5.4 dari no 1 sampai 5 bisa disimak https://brainly.co.id/tugas/21057771

6. Jumlah suhu badan robert dan dodi 133,2°F. saat itu robert dalam keadaan flu sehingga suhu badannya 39°C. berapa derajat celcius suhu badan dodi?  

Penyelesaian :

Robert + Dodi = 133,2° F

C = 5/9 × (°F - 32)

   = 5/9 × (133,2° - 32)

   = 5/9 × 101,2

   = 56,22° C

Robert + Dodi = 56,22° C

39° C + Dodi = 56,22° C

            Dodi = 56,22° C - 39° C

                     = 17,22° C

Jadi suhu badan Dodi adalah 17,22° C

7. Lengkapi tabel

A. Skala = 1 : 20 dan jarak sebenarnya = 1 m

Jarak peta = jarak sebenar × skala  

                 = 1 m ×  [tex]\displaystyle \frac{1}{20}[/tex]

                 = 100 cm : 20

                 = 5 cm

B. Skala = 1 : 200.000 dan jarak peta = 2 cm

Jarak sebenar = jarak peta : skala

                       = 2 cm : [tex]\displaystyle \frac{1}{200.000}[/tex]

                       = 2 cm × 200.000

                       = 400.000 cm

                       = 4 km

C. Skala = 1 : 20 dan jarak sebenarnya = 6 cm

Jarak peta = jarak sebenar × skala  

                 = 6 m × [tex]\displaystyle \frac{1}{20}[/tex]

                 = 600 cm : 20

                 = 30 cm

D. Skala = 1 : 1 dan jarak peta = 100 cm

Jarak sebenar = jarak peta : skala

                        = 100 cm : 1/1

                        = 100 cm

                        = 1 m

Untuk tabel bisa dilihat pada lampiran II

9. Menentukan tinggi pohon

Diketahui :  

tinggi pohon = t  

tinggi tongkat = 150 cm  

jarak pohon ke tongkat = 12 m = 1200 cm  

panjang bayangan tongkat = 240 cm  

Ditanya :  

tinggi pohon  

Jawab :  

Menentukan tinggi pohon

[tex]\displaystyle \frac{tinggi~ pohon}{bayangan ~pohon}}[/tex] = [tex]\displaystyle \frac{tinggi~ tongkat}{bayangan ~tongkat}[/tex]

[tex]\displaystyle \frac{t}{1200 ~cm + 240~ cm}[/tex] = [tex]\displaystyle \frac{150 ~ cm}{240~ cm}[/tex]

[tex]\displaystyle \frac{t}{1440~ cm}[/tex] = [tex]\displaystyle \frac{5}{8}[/tex]

t × 8  = 1440 cm × 5

8 t = 7200 cm

  t =  [tex]\displaystyle \frac{7200}{8}[/tex]

  t = 900 cm

  t = 9 m

Jadi tinggi pohon pada gambar adalah 9 m

----------------------------------------------------

Pelajari lebih lanjut tentang PerbandinganLuas rumah pak Danu sebenarnya → brainly.co.id/tugas/6058449Panjang dan lebar sebuah rumah adalah 25 m dan 15 m. Jika digambar dengan skala 1 : 200 maka panjang dan lebar rumah → brainly.co.id/tugas/7191140Luas sebuah lapangan pada denah berskala 1 : 600 adalah 12 cm persegi. Berapakah luas lapangan sebenarnya → brainly.co.id/tugas/6323125Luas wilayah darat dan wilayah total taman nasional komodo pada peta → brainly.co.id/tugas/1321139Detil JawabanKelas        : 7 SMPMapel       : MatematikaBab           : 5 - PerbandinganKode         : 7.2.5

Semoga bermanfaat


12. kunci jawaban kelas 8 mtk halaman 56 semester genp​


jawaban1-5aj ya1.a2.d3.c4.a5.b


13. kunci jawaban prakarya kelas 9 semester 2 halaman 11​


Jawaban:

1.bentuk:kursi

fungsi:tempat duduk

yg di kurangi/di tambah:tempat sandarannya di

kurangi/di hilangkan,kaki kursinya di kurangi 1

sehingga kursinya cuma punya 3 kaki

tekhnik:pahat

2.bentuk:mangkuk

fungsi:tempat lilin

yang di kurangi/di tambah:dalam mangkuk di

tambah model mangkuk kecil untuk tempat lilin

tekhnik:putar dan tekan

ungkapan perasaan:

kerajinan yang terlihat sederhana jika dimodifikasi/menggunakan media campuran dan di sederhana dengan cara mengurangi atau menambah bentuk nya akan menjadi lebih bagus dan modern.

SEMOGA MEMBANTU!!!!


14. kunci jawaban MTK kelas 5 semester 1 hal 35-36​


Penjelasan dengan langkah-langkah:

ngga jelas pertanyaan dek,Cb sebutin nm bukunya


15. Kunci jawaban uji kompetensi 5 semester 2 halaman 53 kelas 7 no 1 semester 2 mtk???cepat


Kunci jawaban uji kompetensi 5 semester 2 halaman 53 kelas 7. Uji Kompetensi 5 adalah kumpulan latihan soal tentang perbandingan. Berikut akan dibahas jawabnnya satu per satu.


Pembahasan Jawaban

1. D           6. A                              11. A     16. D

2. B           7. Tak ada jawaban   12. C     17. B

3. B           8. 36,4 liter                 13. C     18. B

4. 36 liter  9. D                             14. A     19. C

5. C           10. D                            15. C     20. A


Cara Penyelesaian

1) Terdapat 42 siswa yang mengikuti kelas paduan suara, 31 siswa yang mengikuti kelas paduan suara adalah perempuan. Proporsi yang digunakan untuk menentukan x yakni presentase siswa laki-laki yang mengikuti kelas paduan suara adalah

Jawab

Jumlah siswa laki-laki yang mengikuti paduan suara

= 42 siswa – 31 siswa

= 11 siswa

Persentase siswa laki-laki (11 siswa) ⇒ x% Persentase seluruh siswa (42 siswa) ⇒ 100%

Dengan perbandingan senilai diperoleh

[tex]\frac{11}{42} = \frac{x}{100} [/tex]



7) 5 ons meises cokelat dijual seharga Rp10.000,00. Di antara grafik berikut yang menunjukkan hubungan antara berat dan harga meises cokelat yang dijual adalah ...

Jawab

A. harga 5 ons = Rp20.000,00 B. harga 5 ons = Rp50.000,00 C. harga 5 ons > Rp60.000,00 D. harga setiap ons = Rp10.000,00 (harganya tetap)

Jadi tidak ada jawaban yang benar

Grafiknya seharusnya garis yang melalui (0, 0) dan (5, 10), bisa dilihat dilapiran grafiknya



9) Jamila adalah seorang perancang busana muda. Dia ingin membuka toko yang khusus menjual baju rancangannya di sebuah ruko. Dia menggambar rancangan toko seperti berikut.  Skala: ½ in = 3 meter. Lebar toko pada gambar adalah 2 in. Lebar toko sebenarnya yang  ingin dibuat Jamila adalah ... meter

Jawab

½ in ⇒ 3 m 2 in ⇒ x

Dengan perbandingan senilai, diperoleh

[tex]\frac{\frac{1}{2} \: in}{2 \: in} = \frac{3 \: m}{x} [/tex]

[tex]\frac{\frac{1}{2} \times 2}{2 \times 2} = \frac{3 \: m}{x} [/tex]

[tex]\frac{1}{4} = \frac{3 \: m}{x} [/tex]

x = 4 (3 m)

x = 12 m



15) Sebuah foto berukuran 3 cm × 4 cm. Apabila foto diperbesar dan sisi yang paling panjang menjadi 9 cm, maka panjang sisi terpendek menjadi ...

Jawab

Sisi terpanjang : 4 cm ⇒ 9 cm Sisi terpendek : 3 cm ⇒ x

Dengan perbandingan senilai, diperoleh

[tex]\frac{4}{3} = \frac{9 \: cm}{x} [/tex]

4x = 3(9 cm)

4x = 27 cm

x = 6,75 cm



16) Jika a : b = 3 : 4, maka (6a + b) : (4a + 5b) adalah ...

Jawab

a : b = 3 : 4

misal

a = 3x b = 4x

maka

(6a + b) : (4a + 5b)

= (6(3x) + 4x) : (4(3x) + 5(4x))

= (18x + 4x) : (12x + 20x)

= (22x) : (32x)

= 22 : 32

= 11 : 16



18) Jika (a + b) : (a – b) = 1 : 5, maka (a² – b²) : (a² + b²) sama dengan ....

Jawab

(a + b) : (a – b) = 1 : 5

[tex]\frac{a + b}{a - b} = \frac{1}{5}[/tex]

5(a + b) = 1(a – b)  

5a + 5b = a – b

5a – a = –b – 5b

4a = –6b

2a = –3b

a/b = –3/2

a : b = –3 : 2

misal

a = –3x b = 2x

maka

(a² – b²) : (a² + b²)

= ((–3x)² – (2x)²) : ((–3x)² + (2x)²)

= (9x² – 4x²) : (9x² + 4x²)

= 5x² : 13x²

= 5 : 13



19) Jarak antara dua kota pada peta adalah 2 cm. Jarak sebenarnya kedua kota sebenarnya adalah 80 km. Skala yang digunakan peta tersebut adalah ...

Jawab

Skala

= jarak pada peta : jarak sebenarnya

= 2 cm : 80 km

= 1 cm : 40 km

= 1 cm : 40 (100.000 cm)

= 1 cm : 4.000.000 cm

= 1 : 4.000.000



20) Di antara nilai p berikut yang memenuhi proporsi p/7 = 21/49 adalah ...

Jawab

[tex]\frac{p}{7} = \frac{21}{49}[/tex]

[tex]\frac{p}{7} = \frac{21 \div 7}{49 \div 7}[/tex]

[tex]\frac{p}{7} = \frac{3}{7}[/tex]

p = 3



Catatan

Untuk cara penyelesaian nomor 2, 3, 4, 5, 6, 8, 10, 11, 12, 13, 14, 17 bisa dilihat di link pada “pelajari lebih lanjut


Pelajari lebih lanjut  

Jawaban nomor 1, 2, 3, dan 4

https://brainly.co.id/tugas/9079901


Jawaban nomor 5 dan 6

https://brainly.co.id/tugas/9288623


Jawaban nomor 8

https://brainly.co.id/tugas/8911569


Jawaban nomor 10

https://brainly.co.id/tugas/9036832


Jawaban nomor 11

https://brainly.co.id/tugas/14032750


Jawaban nomor 12

https://brainly.co.id/tugas/8966716


Jawaban nomor 13

https://brainly.co.id/tugas/9004427


Jawaban nomor 14 dan 15

https://brainly.co.id/tugas/9062546


Jawaban nomor 17

https://brainly.co.id/tugas/9082566


------------------------------------------------


Detil Jawaban    

Kelas : 7

Mapel : Matematika

Kategori : Perbandingan

Kode : 7.2.5


Kata Kunci : Kunci jawaban uji kompetensi 5 semester 2 halaman 53 kelas 7


Video Terkait


Post a Comment for "Kunci Jawaban Mtk Kelas 11 Semester 2"