Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Soal B Jawa Kelas 10 Semester 2


Soal B Jawa Kelas 10 Semester 2

nyuji nemampuan reflektif kalian cobaberikan jawaban soal-soal melengkapi berikut ini dengan cepat dantepat!1. DIO berasal dari Jawa Tengah, Nilam berasal dari Yogyakarta, danSiska berasal dari Jakarta. Mereka bertiga memiliki perbedaanberupa2. Meskipun berbeda jenis kelamin, kita harus saling 03. Menghina teman yang berbeda suku termasuk perbuatan yang4. Perhatikan kalimat berikut!"Hai Ayu, sahabatku yang murah senyumYang merupakan kata sapaan adalah5. Kata sapaan biasanya digunakan saat menyapa seseorang secara6. Satu per dua disebut juga7. Siswa kelas 2 berjumlah 20 anak. Terdiri dari 10 laki-laki dan 10perempuan. Jadi jumlah laki-laki kelas 2 adalahbagianPerhatikan gambar berikut!Bagian yang diwarnai pada gambar berikut adalah9. Agar menarik, saat menari tari Merak diiringi dengan10. Melatih keseimbangan statis dengan caraC. Untuk mengasah cara berpikir kalian secara rasional, logis, kritisdan analistis, coba berikan jawaban soal-soal essay berikut inidengan kemampuan berpikir kalian sendiri!1. Mengapa kita harus hidup rukun terhadap teman yang berbeda suku?Jawab:2. Berilah 2 (dua) contoh perbuatan yang bisa merusak kerukunan disekolah!Jawab:3 Arsirlah gambar berikut yang menyatakanb.dual gerakan yang dilakukan ketika mempraktikkan tanJawab:4. Sebutkan 2 (dua) gerakan yang dilakukanMerak!Jawab:15. Sebutkan contoh gerakan keseimbangan staJawab:Buku Siswa Kelas 2 SD/MI semester Genap​

Daftar Isi

1. nyuji nemampuan reflektif kalian cobaberikan jawaban soal-soal melengkapi berikut ini dengan cepat dantepat!1. DIO berasal dari Jawa Tengah, Nilam berasal dari Yogyakarta, danSiska berasal dari Jakarta. Mereka bertiga memiliki perbedaanberupa2. Meskipun berbeda jenis kelamin, kita harus saling 03. Menghina teman yang berbeda suku termasuk perbuatan yang4. Perhatikan kalimat berikut!"Hai Ayu, sahabatku yang murah senyumYang merupakan kata sapaan adalah5. Kata sapaan biasanya digunakan saat menyapa seseorang secara6. Satu per dua disebut juga7. Siswa kelas 2 berjumlah 20 anak. Terdiri dari 10 laki-laki dan 10perempuan. Jadi jumlah laki-laki kelas 2 adalahbagianPerhatikan gambar berikut!Bagian yang diwarnai pada gambar berikut adalah9. Agar menarik, saat menari tari Merak diiringi dengan10. Melatih keseimbangan statis dengan caraC. Untuk mengasah cara berpikir kalian secara rasional, logis, kritisdan analistis, coba berikan jawaban soal-soal essay berikut inidengan kemampuan berpikir kalian sendiri!1. Mengapa kita harus hidup rukun terhadap teman yang berbeda suku?Jawab:2. Berilah 2 (dua) contoh perbuatan yang bisa merusak kerukunan disekolah!Jawab:3 Arsirlah gambar berikut yang menyatakanb.dual gerakan yang dilakukan ketika mempraktikkan tanJawab:4. Sebutkan 2 (dua) gerakan yang dilakukanMerak!Jawab:15. Sebutkan contoh gerakan keseimbangan staJawab:Buku Siswa Kelas 2 SD/MI semester Genap​


Jawaban:

1.suku yang berbeda

2.mnghormati

3.tidak baik

4.hai,ayu

5.langsung

6.setengah

7.10 anak

8.-

9.properti tari

10.-

11.karena kita sama hidup di indonesia tetapi hanya berbeda suku,ras,budaya,agama,dll jadi kita hrs menghormati sesama bangsa ind.

12.


2. PEMERINTAH KABUPATEN GARUTDINAS PENDIDIKAN KECAMATAN LELESSD NEGERI 3 MARGALUYUPENILAIAN TENGAH SEMESTER (PTS) KELAS 4 SEMESTER 1TEMA 1 DAN 2NAMA AFLS !2tNilai9. Salah satu cara menghemat penggunaan airadalahA membuang-buang air saat mencuci mobilB. membuka keran air secara berlebihanmandi menggunakan gayung di bak mandiD. tidak membiarkan keran air hidup selamamencuci tangan10. Perilaku hemat energy agar menciptakansuasana yang sejuk yaituA. menutupseluruh ventilasi udaraB. menyalakan ACC. menyalakan kipas anginD. memperbanyak tanaman di rumahsosedeoikiranIPS TEMA 1Kerjakan soal-soal berikut!1. Salah satu tarian terkenal yang berasal dariSulawesi Selatan adalah....A. tari piringB. tari jaipongC. tari samanB tari kipas2. Hal-hal berikut ini yang tidak harusdiperhatikan dalam pembuatan poster yaituA. isi poster mempengaruhi pembacaB. informasi yang dijelaskan singkat, padat,dan jelasC. teks menarik perhatianD, gambar bertentangan dengan tema3. Sikap yang benar ketika ada dua teman yangbermusuhan adalah...A. mendamaikan merekaB. menegur mereka berduaC. memusuhi salah satu temanD. tidak peduli4. Bangsa Indonesia harus...agar Indonesiamenjadi bangsa yang kuat.A. PeduliB. BersatuC. Terpecah-belahD. Sombong dengan daerah asalnya5. Ketika kita melakukan kesalahan kepada teman,kita harus....A. menyalahkan teman yang lainII. Isilah titik-titik di bawah ini !11. Saat berbicara dengan teman sebaiknya...12. Makanan tradisional khas Jawa Barat yaitu..13. Sikap yang sebaiknya dilakukan ketika adagotong royong membersihkan kelas adalah...14. Manfaat kerja sama adalah15. Tujuan dibangunnya kenampakan buatanwaduk, yaitu...16. Penghematan energi sebaiknya dimulai darilingkungan....17. Manfaat penghematan energi yaitu....18. Makhluk sosial adalah....19. Kita berjanji kepada teman, sebaiknya kitatidak lupa untuk...20. Rencong adalah senjata tradisional daridaerah............B. berpura-pura tidak tahuC. berani minta maafD. memusuhi teman yang lain6. Sikap yang tidak menunjukkan kerja samayaitu....A. membersihkan halamanB. piket kelasC. mencontek saat ulanganD. lomba madding antar kelas7. Berikut ini yang bukan merupakan hal-hal yangdapat memupuk kerja sama adalah...A. Peran dan tanggung jawab yang jelasB. Ingin berbagi ide dan pikiranC. Berburuk sangka kepada orang lainD. Keinginan untuk mencapai tujuan8. contoh kenampakan buatan, yaitu.A. gunungB. lahan pertanianC. sungaiawawe​


Jawaban:

9.c

10.d

ips

1.A

2.b

3.A

4.B

5.MEMINTAMAAF

A.

11.HARUSSOPAN

12.KAREDOK

13.IKUTMEMBANTU

14.AGARCEPATSELESAIDANAGARKERJAANYASEMAKINRINGAN

15.AGARMENCEGAHBANJIR

16.DISEKITARTEMPATTINGGAL

17AGARMENJAGABUMI

18ADANYA2PLAKUINTRAKSI

19MENEPATI

20SUKUACEH


3. 4Satwa liar hampir punah karenaa diselundupkan ke luar negerib tidak dirawal dengan baikC dilepas di alam bebasK diburu manusia dengan semena-menaBerita tersebut adalah berita yang disampaikanmelaluix televisib. media massac media cetakd radioThe Gibbon Foundation merupakan lembagaswadaya masyarakat yang mengurusi masalah10. Perhatikan ilustrasi berikut!Sebuah LSM lingkungan hidup mengajakmasyarakat menanam pohon pada hutanqundul dengan tujuan untuk meningkatkankepedulian masyarakat dan mencegahkerusakan lingkungan alamSlogan yang tepat sesuai dengan ilustrasitersebut adalaha. Alamku alammu alam kita, mariselamatkan bersama.b Alamku berseri, besok anak cucubernyanyi sampai pagic Hutanku, kita manfaatkan bersama demikelestarian hidup.d Hutanku berseri, alam pun akan menantipara petani11. Perhatikan iklan berikut!Ayo hemat energi!Matikan lampu dan peralatan listrik jika tidakdigunakan6Hemat energiLanjutan kalimat yang tepat untuk melengkapiiklan tersebut adalaha boros biayab. hemat biayacbumi meranad. manusia menderita12, Perhatikan gambar iklan berikut!Cuci tanganmuAYO pakai sabuna pendidikanb. tumbuh-tumbuhanc lingkungan* satwa liarPusat Penyelamatan Satwa Cikananga beradadiNa Kampung Cikananga, Desa Cisitu,Kecamatan Nyalindung, Kota Sukabumib DKI Jakartac Jawa Tengahd Jawa TimurBacalah teks berita berikut untuk menjawabsoal nomor 8-9!(1) Menurut Wapres, kelalaian penangananTKL ilegal merupakan kesalahan komulatif(tertimbun) dan harus segera dibenahi (2)Namun, bukan berarti selama ini pemerintah tidakserius menangani masalah TKI. (3) Terutamapersyaratan pemulangan TKI seperti yang terjadidi Nunukan8 Kesimpulan berita tersebut adalah ..a. Selama ini pemerintah tidak seriusmenanggulangi masalah TKIb. Pemerintah tidak pernah lalai dalampenanganan TKIc. Wapres mengakui bahwa kelalaianpenanganan TKI adalah kesalahanbersama dan akan segera dibenahi.d. Pemulangan besar-besaran TKI ilegalmerepotkan pemerintah.Unsur yang terkandung di dalam teks tersebutadalaha. siapab kapancmengapad. di manaGambar tersebut termasuka posterC sloganb ikland. spanduk13 Kalimat poster yang menarik untuk anjuranmenjaga kebersihan kelas adalaha Jagalah selalu kebersihan kelas kitab Bersih kelasku, jernih pikirankuC. Bersihkanlah kelas kita setiap harid Kalau kelas bersih, senang belajar36Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII Semester 1 - SKRtolong kakak semua bantu aku...​


Jawaban:

4.D

Maaf hanya tau itusnssbssb


4. PTS KELAS VIII SMP NEGERI 58 SURABAYA SEMESTER GENAP TP. 2020... (P58 8AB PPKN (DWI SAGITARINI W)) MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (PKn) KELAS : VIII (DELAPAN) HARI / TANGGAL : Rabu, 3 Maret 2021 WAKTU : 07.00 - 08.30 (90 menit) JUMLAH SOAL : 25 soal Tata Tertib Peserta Penilaian Tengah Semester Berbasis Daring : 1. Siswa hanya bisa mengerjakan sebanyak satu kali 2. Nama yang muncul dalam database adalah nama pemilik akun 4. Selama Penilaian Tengah Semester Berbasis Daring berlangsung peserta dilarang: a. Menanyakan jawaban soal kepada siapapun b. Bekerja sama dengan peserta lain c. Memberi atau menerima bantuan dalam menjawab soal d. Memperlihatkan pekerjaan sendiri kepada peserta lain atau melihat pekerjaan peserta lain e. Menggantikan atau digantikan oleh orang lain. Hai ALEXANDRA, ketika Anda mengirim formulir ini, pemilik dapat melihat nama dan alamat email Anda. Wajib diisi 1.NAMA LENGKAP Alexandra Wahyudi 2.NO ABSEN 04 3.KELAS 8 A 8 B 8 C 8 D 8 E 8 F 8 G 8 H 8 I 8 J 4.Setiap warga negara memiliki hak, kewajiban, dan kedudukan yang sama di depan hukum. Contohnya adalah hak mengeluarkan pendapat, kebebasan beragama, perlindungan dan kepastian hukum, serta bebas dari perlakuan tidak manusiawi. Hal tersebut merupakan contoh perwujudan sikap positif yang berkaitan dengan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 pada nilai .... (4 Poin) A. Kemanusiaan B. Kesamaan Derajat C. Ketaatan hukum D. Keseimbangan 5.Organisasi pemuda yang merupakan organisasi nasional pertama meletakkan semangat kebangkitan nasional bagi perjuangan bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan merupakan ujung tombak awalnya kebangkitan nasional. Oragnisasi Pemuda yang pertama kali berdiri pada masa pergerakan nasional adalah …. (4 Poin) A. Jong Java B. Jong Minahasa C. Budi Utomo D. Trikoro Darmo 6.Sebagai wujud rasa bangga kita pada Indonesia, maka memajukan bangsa Indonesia bagi seorang pelajar dimulai dengan belajar. Apa yang telah diperjuangkan dan ditorehkan para pemuda dalam mendorong Kebangkitan Nasional 1908 akan makin berarti apabila kita sebagai generasi penerus bangsa mampu bersikap .... (4 Poin) A. Mau bekerja keras B. Menorehkan prestasi diberbagai bidang C. Tidak mengenal putus asa D. Sekolah setinggi-tingginya 7.Perhatikanlah nama-nama tokoh berikut ini! 1. Wahidin Sudirohusodo. 2. Sutomo. 3. Suwardi Suryaningrat. 4. Cipto Mangunkusumo. Siapakah tokoh-tokoh perintis Kebangkitan Nasional dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia…. (4 Poin) A. 1, 2, dan 3 B. 2, 3, dan 4 C. 1, 3, dan 4 D. 1, 2, dan 4 8.Sebagai pemuda Indonesia sudah seharusnya memiliki penghayatan sikap kebangkitan nasional. Berikut ini yang BUKAN merupakan penghayatan kebangkitan nasional untuk generasi muda ialah…. (4 Poin) A. Meskipun keluarganya tidak mampu menyekolahkannya, Toni tidak patah semangat dan berusaha mencari beasiswa sehingga dia sekarang bisa sekolah. B. Tuti begitu senang dengan budaya dari negara Korea, bahkan pakaian dan logat bicaranya identik dengan budaya negara Korea. C. Danu sangat tertarik dan ingin mengembangkan padi yang tahan hama karena tanaman padi milik ayahnya sering diserang berbagai macam hama. D. Rani dan Nia sangat suka memasak, bahkan mereka mengikuti kursus memasak pada sore hari sepulang sekolah. 9.Perhatikanlah pernyataan dibawah ini! 1. Mempelajari tarian daerah yang sesuai minat sebagai upaya untuk melestarikannya. 2. Menggunakan produksi luar negeri karena kualitasnya terjamin. 3. Menjaga kelestarian alam Indonesia. 4. Menjunjung tinggi nama baik bangsa dan negara, dimana pun kita berada. Dari pernyataan diatas, perilaku yang menggambarkan rasa bangga sebagai bangsa Indonesia ditunjukkan pada nomor…. (4 Poin) A. 1, 2, dan 3 B. 1, 3, dan 4 C. 2, 3, dan 4 D. 1, 2, dan 4 10.Perjuangan melawan penjajah dipimpin ulama atau kaum bangsawan, yaitu Sultan Hasanuddin di Sulawesi Selatan, Sultan Ageng Tirtayasa di Banten, Tuanku Imam Bonjol di Sumatera Barat, Pangeran Diponegoro di Jawa Tengah. Namun perjuangan rakyat untuk mengusir penjajah belum berhasil dikarenakan oleh... (4 Poin) A. peralatan yang digunakan masih sanggat sederhana B. bersifat nasionalisme dan teroganisasi dengan baik C. peralatan perang yang digunakan kalah modern dengan musuh D. bersifat kedaerahan dan belum terorganisasi secara modern


Jawaban:maaf klo salah

Penjelasan:

1.a

2.d

3.b

4.b

5.a

6.a

7.d

8.c

9.d

10.d


5. ULANGAN HARIAN 2 BAHASA SUNDA KELAS 5 SEMESTER II 2020/2021 Nama : ...................Kelas : 5 ....Hari/Tgl. : ...................Cakra (x) salah sahiji huruf a, b, c atawa d dina jawaban anu pangbenerna!Pikeun soal nomor 1-2 titènan sajak di handap ieu!MunMun, gunung-gunung geus jadi lemburPasawahan jadi perumahan Walungan kari ngagulaanPakebon jadi gedong sigrongMangka langit bakal pinuh polusiAnginna nebar sakarat Naraka keur pangeusinaSawarga nyingkah teuing kamana (Naha generasi kuring bèt dibeungbeuratan ku karuksakan nu terus diruksak?) Kènging: Kang Tètèn has FB-Bandung 1. Kayaan gunung-gunung nu digambarkeun dina sajak "Mun" geus robah jadi ....a. lemburb. kebonc. pasird. leuweung2. Amanat nu hayang katepikeun ku sajak "Mun" nyaèta ....a. kawajiban ngaraksa lingkunganb. kudu loba nyieun gedongc. kudu getol digawé di lemburd. kudu nambahan polusi3. Dialog paling saeutik dilakukeun ku ....a. 5 urangb. 4 urangc. 3 urangd. 2 urang4. Upacara tèh dilaksanakeun di ....a. kebonb. alun-alun b. pasirc. gunung5. Jelema anu iklas ngorbankeun jiwa ragana pikeun ngabèla kabeneran disebutna ....a. dèrmawanb. hartawanc. pahlawand. seniman6. Ka kolot urang kudu ....a. hèwab. patuhc. ngabentakd. ngalawan 7. Carita pondok nyaèta caritaan anu nyaritakeun hiji tokoh dina hiji waktu. Tokoh dina carpon disebutna ....a. palakub. panata acarac. pangarangd. sutradara8. Cara maènkeun suling nyaèta ....a. ditepakb. dipencètc. ditiupd. ditakol9. Tulisan dèskripsi ngagambarkeun hal kalawan ....a. basajanb. bohongc. tètèlad. disumputkeun10. Dina gaul jeung babaturan urang teu meunang ....a. bageurb. somèahc. sirikd. darèhdèh11. Sajak nulisna digunduk-gunduk anu istilahna pada, dina basa Indonesiamah disebutna ....a. baitb. kalimatc. barisd. suku kata12. Ludeung sarua hartina jeung ....a. boranganb. wanic. sieund. poèk13. Dina waktu ngalakukeun dialog atawa ngobrol urang kudu ....a. tarikb. sopan c. ngagorowokd. molotot14. Lauk anu sok diingu dina Balong nyaèta ....a. mas kokib. mujaèrc. lohand. cupang15. Dina carita pondok aya tempat kejadian anu istilahna ....a. alurb. palakuc. sutradarad. latar16. Indung tunggul rahayu, bapa ... darajat.a. akarb. daunc. tangkald. kembang17. Ngajaga kaèndahan lingkungan sabuderan imah bisa dilaksanakeun ku cara ....a. nèmbok buruanb. mager sakuriling imahc. teu kudu disapuand. pepelakan diburuan 18. Pahlawan anu asalna ti Jawa Barat nyaèta ....a. Dewi Sartikab. Radèn Ajeng Kartinic. Cut Nya Diènd. Hèrlina Èfèndi19. Barudak keur arulin di buruan imah.Kecap arulin makè rarangkèn tengah ....a. alb. inc. umd. ar20. Ciri tulisan deskripsi diantarana, iwal ....a. sistématisb. ngawincikc. ngagunakeun kecap nu mernahd. ngagunakeun bahasa nu alus.​


Jawaban:

Brainly pernah berpesan tidak boleh membantu orang yg sedang ulangan atau ujian dll...

Penjelasan:

Btw thanks ya poin nya walau g banyak

@janganlupafollow

@jadikanjawabantercerdas


6. SOAL PH BAHASA SUNDA KELAS 5 SEMESTER 2 Nama: . .................... Kls 5..... No absen : ..... Kerjakan dengan menuliskan jawaban nya saja di kertas HVS Gunung Tangkuban Parahu Ieu Gunung aya di Provinsi Jawa Barat. Parenahna di kalereun kota Bandung. Jangkungna kira-kira 2.084 meter. Asal-usul Gunung Tangkuban Parahu dipalikeun kana Legenda “Sangkuriang”, nu nyaritakeun anak bogoh ka Indungna, Dayang Sumbi. Sangkuriang teu bias nedunan pamenta Indungna, nyaeta nyieun Talaga jeung parahu dina waktu sapeuting, atuh kacida ambekna. Parahu ditajong tepi ka nangkubna. Eta parahu robah jadi Gunung nu ayeuna disebut Gunung Tangkuban Parahu. 1. Di Provinsi mana ayana Gunung Tangkuban Parahu teh ? a. Sulawesi c. Jawa Timur b. Jawa Barat d. Jawa Tengah 2. Sakumaha kira-kira jangkungna Gunung Tangkuban Parahu ? a. 7.567 meter c. 2.408 b. 2.804 meter d. 2.084 3. Dipalikeun tina Legenda naon ari Gunung Tangkuban Parahu teh ? a. Dayang Sumbi c. sangkuriang b. Jawa barat d. gunung tangkuban parahu 4. Nyaritakeun naon legenda sangkuriang teh ? a. Gunung tangkuban parahu c. sangkuriang b. Anak nu bogoh ka indungna d. jawa barat 5. Saha ngaran Indungna Sangkuriang nu di bogohan ku sangkuriang ? a. Dayang sumbi c. sri mulyani b. Dayang d. parahu robah 6. Parahu anu di tajong ku sangkuriang robah jadi naon ? a. Kayu c. gunung b. Legenda d. taneuh 7. Cipanas Garut teh mangrupa hiji tempat mandi nu kakoncara. Rarangken ka-an atawa pa-an nu tepat pikeun nyampurnakeun kecap mandi nyata …. a. kamandian c. kamandipan b. pamandikan d. pamandian 8. Unggal malem jum’at di imah Pak Sukur sok aya aneh. Rarangken ka-an atawa pa-an nu tepat pikeun nyampurnakeun kecap aneh nyata …. a. Paanehan c. kaanehan b. kaanehkan d. paanehkan 9. Di Kalimantan mah loba pangungsi nu ngalaman sangsara. Rarangken ka-an atawa pa-an nu tepat pikeun nyampurnakeun kecap sangsara nyata …. a. Kasangsaraan c. pasangsaraan b. Kasangsarakan d. pasangsarakan 10. Kuring sedih lantaran waktu Bapa kuring maot ku kuring teu tungkul. Rarangken ka-an atawa pa-an nu tepat pikeun nyampurnakeun kecap tungkul nyata …. a. Patungkulan c. katungkulan b. Patungkulkan d. nungkulan Jieun kalimah anu make kecap-kecap dihandap ieu anu make basa kadelon! 1. maju kahareup kalimahna :……………………………………………………………………………. 2. mundur katukang kalimahna :……………………………………………………………………………. 3. naek ka luhur kalimahna :……………………………………………………………………………. 4. turun ka handap kalimahna :……………………………………………………………………………. 5. rieut sirah kalimahna :……………………………………………………………………………. 6. mules beuteung kalimahna :……………………………………………………………………………. 7. leungeun kengkong kalimahna :……………………………………………………………………………. 8. suku pinced kalimahna :……………………………………………………………………………. 9. asup ka jero kalimahna :……………………………………………………………………………. 10. mundur ka lebak kalimahna :…………………………………………………………………………….


Jawaban:

a. Sulawesi

d. 2.084

c. sangkuriang

a.Gunung ta

a. Dayang sumbi

c. gunungngkuban parahu


7. Pelajaran: LKS Basa Jawa Kelas 5 semester 2 Halaman:30-32 Peringatan: 1. Ngak bole ngasal jawabannya 2. Ada 10 soal ngak boleh jawab setangah setengah 3. Kalo mau jawab mohon berdo'a terlebih dahulu Untuk kakak kakak atau adik adik yang telah menjawab kan soal soal ini terimakasih 4. Sing diutus nggawe trowongan yaiku... a. Nakula b. Kanana c. Dewi Khunti d. Sadewa 5. Sing diutus ngobong Bale Sigala-gala yaiku... a. Patih sengkuni b. Kurawa c. Pandhawa d. Purucana 6. Nalika kobong, Ibu Khunti lan Pandhawa kabeh padha... a. Turu kepati b. Jagongan c. Menyang Ngastina d. Uwal saka negarane 7. Sing njalari Pandhawa tangi yaiku... a. Hawa adhem lan beluk kandel b. Angin gumdhe c. Hawa panas lan beluk kandel d. Udan lan gumleger kilat 8. Paraga wayang sung ana ing crita kasebut yaiku... a. Yawa Widura, Ibu Khunti, Pandhawa, Pandhu Dewanata, Kurawa, Patih Sengkuni, Purucana b. Yama Widhura, Ibu Khunti, Pendhawa, Kanana, Kurawa, Patih Sengkuni, Prabu Dhesrarastra c. Yama Widhura, Ibu Khunti, Pandhawa, Kanana, Kurawa, Patih Sengkuni, Purucana d. Yama Widhura, Ibu Khunti, Pandhawa, Bengawan Abiyasa, Kurawa, Patih Sengkuni, Purucana 9. Bima enggal nggendhong Nakula lan Sadewa, dene Arjuna yaiku... a. Golek dalan kanggo uwal saka geni b. Nggandheng Ibu Khunti c. Nggendhong Ibu Khunti d. Golek bantuan supaya bisa slamet 10. Puntadewa sing... a. Golek dalan kanggo uwal saka geni b. Nggandheng Ibu Khunti c. Nggendhong Ibu Khunti d. Golek bantuan supaya bisa slamet 11. Wayang asalae saka tembung... a. Yang/hyang b. Waya c. Ayang d. Wayang 12. Wiwitan anane wayang iku dadi sarana kanggo... a. Nguri-uri kabudayan b. Muji syukur, nalakake rasa panuwun marang Gusti Kang Maha kuwasa c. Nikelake paseduluran tumrap babrayan jawa d. Tansa nenganake rukun warga 13. Cempala/keprak yaiku... a. Piranti kanggo nancepake wayang b. Piranti sing digawe saka kayu, dhithuthukake ing khotak wayang dening Ki Dhalang c. Piranti kanggo pepadhange kelir d. Piranti sing wujude wilahan tipis, cacahe 3-4 lapis kanthi cara dijejeg utawa dithuthuk dening Ki Dhalang saya bertirimakasih bagi orang yang menjawab pertanyaan pertanyaan saya :'}


Jawaban :

1. B. Kanana

2. A. Patih Sengkuni Atau B. Kurawa. (Sebabe Sing diutus ngobong Bale Sigala-gala yaiku Patih Sengkuni lan Para Kurawa.

3. D. Uwal saka negarane

4. A. Hawa adhem lan beluk kandel

5. A. Yawa Widura, Ibu Khunti, Pandhawa, Pandhu Dewanata, Kurawa, Patih Sengkuni, Purucana

6. C. Nggendhong Ibu Khunti

7. D. Golek bantuan supaya bisa slamet

8. B. Muji syukur, nalakake rasa panuwun marang Gusti Kang Maha kuwasa

9. B. Piranti sing digawe saka kayu, dhithuthukake ing khotak wayang dening Ki Dhalang

Penjelasan :Pangertosan Pandhawa

Pandhawa yaiku istilah ing basa Sanskerta, sing secara harfiah tegese putrane Pandu, yaiku Raja Hastinapura ing epos Mahabharata. Pandhawa kalebu limang wong: Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula lan Sadewa. Dheweke dadi protagonis ing Mahabharata, dene sing dadi antagonis yaiku Kauravas, yaiku putra-putra Dretarastra, sedulur Pandu. Ing Mahabarata, limang Pandhawa nikah karo Draupadi sing gelut ing kontes ing Kerajaan Panchala, lan saben anggota Pandawa duwe putra saka dheweke. Pandawa minangka tokoh utama ing bagean penting saka epos Mahabharata, yaiku perang gedhe ing daratan Kurukshetra; perang Pandhawa nglawan Kauravia lan sekutune. Crita iki minangka crita penting ing epik Mahabarata, saliyane crita Pandawa lan Kurawa main dadu.

5 Tokoh Pandhawa

1.Yudhistira

Yudhisthira duwe jeneng asma, Puntadewa. Dheweke paling tuwa saka limang Pandhawa, utawa putra Pandu lan Dewi Kunti. Dheweke dadi inkarnasi Lord Yama. Yudhisthira mrentah ing Kerajaan Amarta. Watake: Dheweke wicaksana banget, ora duwe mungsuh, meh ora bisa ngapusi. Nduwe moral sing luhur banget, seneng ngapura lan seneng ngapura mungsuh sing wis nyerah. Karakteristik liyane sing pinunjul yaiku keadilan, sabar, jujur, manut karo piwulang agama, kebak rasa percaya diri, lan wani mbahas.

2.Bima

Bima kanthi jejuluk Sena. Bima yaiku putra nomer loro saka Pandu lan Dewi Kunti. Dheweke dadi inkarnasi Dewa Bayu saengga duwe jejuluk Bayusutha. Bima kuwat banget, tangane dawa, dhuwure, lan duwe pasuryan sing paling medeni ing antarane sedulur-sedulure. Sanajan ngono, dheweke duwe ati sing apikan. Bagus main senjata gada. Gaman klub kasebut diarani Rujakpala. Bima uga dijuluki Werkudara. Ing pewayangan Jawa, Bima duwe anak, yaiku Gatotkaca, Antareja lan Antasena. Watake: Bima duwe ciri lan ciri; gagah, mantep, kuwat, mantep, manut lan jujur.

3.Arjuna

Arjuna kanthi jeneng asma Permadi. Arjuna minangka putra paling enom saka Dewi Kunti lan Pandu. Dheweke minangka inkarnasi saka Lord Indra, dewa perang. Dheweke minangka ksatria sing cerdas lan seneng ngumbara, seneng tapa lan sinau sinau. Arjuna ahli ing panahan lan dianggep satriya. Keahliane ing perang nggawe dheweke dadi dhasar Pandhawa supaya bisa menang nalika perang nglawan Kauravia. Arjuna uga dikenal kanthi jeneng Janaka. Dheweke mimpin kerajaan ing Madukara Watake: Arjuna duwe watak sing cerdas, sepi, alus, tliti, sopan, wani lan protèktif kanggo wong sing ringkih.

4.Nakula

Nakula karo jejulukan Pinten. Nakula minangka salah sawijining putra kembar Dewi Madrim lan Pandu. Dheweke minangka inkarnasi dewa kembar sing jenenge Aswin, dewa obat. Nakula pinter main senjata pedhang. Nakula minangka wong sing paling tampan ing jagad iki lan ksatria sing kuwat nganggo pedhang. Watake: jujur, setya, manut karo wong tuwa lan ngerti mbalekake lan bisa ndhelik.

5.Sadewa

Sadewa kanthi jejuluk Tangsen. Sadewa minangka salah sawijining putra kembare Dewi Madri lan Pandu. Dheweke minangka inkarnasi dewa kembar sing jenenge Aswin, dewa obat. Sadewa pancen sregep lan wicaksana. Sadewa uga wong sing ahli ing ilmu falak. Watake: jujur, setya, manut karo wong tuwa lan ngerti mbalekake lan bisa ndhelik


8. PENILAIAN HARIAN 2 BAHASA JAWA KELAS 7 semester 1 Tahun Pelajaran 2021-2022 Wajib diisi WANGSULANA PITAKON ING NGISOR IKI KANTHI MILIH WANGSULAN SING PALING BENER! 4. soal nomer 1 ing ngisor iki kalebu tegese teks profil tokoh, yaiku...(10 Poin) a. teks sing nggambarake obyek kanthi gamblang lan rinci b. teks sing nggambarake tokoh lan prastawa apa wae sing tau dialami dening kulawarganec. teks sing nggambarake tokoh lan prastawa apa wae sing tau dialami dening tokoh kasebut d. teks sing isine nuduhake ciri. barang, tandha, lan sapiturute 5. soal nomer 2 babagan sing kudu dijingglengi sajrone teks profil tokoh, kaya kang kapacak ing ngisor iki kejaba.... (10 Poin) a. nerangake panggonan, uwong, barang, lan kahanan nganggo pancadriyo b. irah-irahan/ judhul c. babagan sing narik kawigaten sing tau dialami dening tokoh d. tindak-tanduk, gagasan sing bisa dituladha 6. soal nomer 3 Raden Ajeng Kartini miyos tanggal 21 April 1879 ing Jepara, Jawa Tengah. Panjenengane isih klebu golongan kaum bangsawan, jalaran Raden Ajeng Kartini putrane bupati Jepara kang asma Raden Mas Adipati Ario Sosrodiningrat lan ibune asma M.A Ngasirah. Raden Ajeng Kartini kuwi putra pambarep, kagungan adhi loro yaiku Raden Ajeng Kardinah lan Raden Ajeng Rukmini. cuplikan teks profil tokoh kasebut kalebu strukture.... (10 Poin) a. prastawa b. orientasi c. reorientasi d. klasifikasi 7. soal nomer 4 Struktur teks profil tokoh kaya kang kapacak ing ngisor iki, kejaba.... (10 Poin) a. orientasi b. klasifikasi c. prastawa d. reorientasi 8. soal nomer 5 Struktur teks profil tokoh bagean panutup lan ngandharake pandhangan lan pamawase panulis marang tokoh sing dicritakake, yaiku.... (10 Poin) a. Orientasi b. Idhentifikasi c. Klasifikasi d. Reorientasi 9. soal nomer 6 Struktur teks profil tokoh sing nerangake bagean sing ngandharake kahanan, prastawa, masalah sing tau dialami nanging sing menjila lan duwe kesan mirunggan kang bisa didadekake tepa-tuladha. diarani... (10 Poin) a. reorientasi b. prastawa c. klasifikasi d. orientasi 10. soal nomor 7 Struktur teks profil tokoh sing nerangake bagean teks sing isine ngenalake tokoh, umume ngandharake jeneng, papan kelairan, lan kulawargane. diarani.... (10 Poin) a. orientasi b. dheskripsi bagean c. klasifikasi d. reorientasi 11. soal nomor 8 Raden Ajeng Kartini sekolah ana ing ELS (Europese Lagere School). Ing pasinaon piyambake klebu murid sing sregep. Sasuwene sinau ing ELS uga nyinaoni basa Walanda, mula Raden Ajeng Kartini bisa nguwasani basa Walanda kanthi becik. cuplikan teks profil tokoh kasebut kalebu strukture .... (10 Poin) a. orientasi b. reorientasi c. prastawa d. idhentifikasi 12. soal nomor 9 Sasedane Raden Ajeng Kartini, Mr. J.H Abendanon nglumpukake surat-surat sing tau dikirimake RA Kartini marang kancakancane sing ana ing Eropa lan didadekake buku. Buku kasebut diwenehi irahirahan ”Door Duisternis Tot Light” sing tegese ”Habis Gelap Terbitlah Terang”. cuplikan teks kasebut kalebu tuladhane struktur.... (10 Poin) a. prastawa b. klasifikasi c. reorientasi d. orientasi 13. soal nomer 10 Para wanita Indonesia wis padha maju, pendhidhikane akeh sing dhuwur, pegaweane bisa sajajar karo para priya. Kabeh mau ora liya amarga kena daya semangate Raden Ajeng Kartini. Ide-ide , gegayuhan, lan semangate Raden Ajeng Kartini didadekake inspirasi, dituladha dening para wanita Indonesia supaya dadi wong pinter, pinunjul, nanging ora ninggalake kodrat kadidene wanita. cuplikan teks profil tokoh kasebut kalebu struktur.... (10 Poin) a. reorientasi b. dheskripsi bagean c. orientasi d. idhentifikasi ​


ABCC

semoga membantu ya


9. Soal Seni Budaya Seni Rupa SMPKelas 7 Semester 1Tahun Pelajaran 2020/2021I. Pilihlah jawaban yang paling tepat!1. Ditinjau dari kegunaannya, karya seni rupa dapat digolongkan menjadi dua, yaitu…..A. Seni rupa dan seni kriya B. Seni rupa daerah dan seni kontemporerC. Seni murni dan seni terapanD. Seni kriya dan seni pakai2. Berikut ini manakah yang merupakan salah satu contoh karya seni rupa terapan kecuali..A. Sepeda Motor C. Lukisan B. Gedung D. Mobil3. Karya seni yang memiliki nilai estetis (keindahan) dan nilai fungsi (kegunaan), yaitu;A. Lukisan pemandangan C. Kursi jati ukiran B. Patung kuda D. Lukisan kaligrafi4. Tema ragam hias motif batik di samping yaitu…. A. Fauna C. Flora dan faunaB. Flora D. Serangga5. Dalam pembuatan karya seni tekstil bahan pewarna yang digunakan ada yang berasal dari alam dan pewarna buatan. Pewarna dari alam biasanya berupa ...A.Tinta warna C. NaptolB.Akar – akaran D. Lilin / malam6. Teknik menggambar ragam hias dapat dilakukan dengan cara stilasi. Maksud dari stilasi adalah A. Memberi latar belakang C. Pemberian teksturB. Memberi gelap terang D. Penggayaan / pengembangan7. Di Indramayu terkenal pula sebagai penghasil karya seni terapan Batik. Tepatnya di daerah….. A. Parean C. TerisiB. Paoman D. Losarang 8. Kota Jepara di Jawa Tengah terkenal dengan hasil karya seni terapan daerah yaitu …..A. Keramik C. Ukiran kayuB. Batik D. Patung kayu9. Penerapan ragam hias pada bahan tekstil dilakukan dengan teknik yang berbeda – beda. Dibawah ini manakah yang merupakan teknik dalam ragam hias berbahan tekstil ...A. Tempa C. SongketB. Ukir D. Butsir 10.Jenis bahan tekstil yang mempunyai sifat menyerap air, mudah kusut, lentur dan dapat disetrika dalam temperatur yang panas disebut ...A. Katun C. SuteraB. Wol D. Polyester dan nilon​


Jawaban:

1. C

2. C

3. C

4.

5. B

6. D

7.

8. C

9.

10.


10. DINAS PENDIDIKAN TEMUDA DAN OLAHRAGASEKOLAH MENEGAH KEJURUAN NEGERI 2 WAINGAPUJL. IKAN HIU KM 5WAINGAPUSOAL UJIAN SEMESTERMATA PELAJARANKELAS: SEJARAHX (TKR KIJJ): 2020/2021C. Masa kristianiC. KalimantanC.Cina dan IndiaC. Selat malakaHARI / TANGGALTAHUN PELAJARAN1 Pada masa pujangga dijaman hindu budha dinamakan pada masa ?A. Masa klasikB. Masa islamD. Masa ModerenE. Masa perunggu2. Situs Penemuan manusia purba yang sangat terkenal pertama kali di Indonesia adalah...A. SundaB. SangiranD. BaliE. Papua3. Peradapan besar yang membawa pengaruh besar di kepulauan Indonesia adalah ?A. BelandaB. InggrisD. RusiaE. Jepang4. Pusat perdagangan pertama kali di Indonesia yang mempunyai peranan penting adalah ?A. Selat SundaB. Selat BaliD. BengkuluE. Jawa5. Perdagangan yang dilakukan oleh para pedagang dari cina adalah...C. Kain sutraA. BatikB. SelendangD. CendanaE. Wol6. Kerajaan yang terdapat di sumatera yang bekerjaA. KutaiB. GoaD. SriwijayaE. Majapahit7. Integrasi nusantara berkembang melalaui penguasaaan?C. UdaraA. DaratB. LautD. MengembaraE. Sosialisasi8. Pusat integrasi perdagangan nusantara berlangsung melalui Jalur.......A. Penguasaan laut B. Penguasaan daratanD. Penguasaan udara E. Peternakan9. Jalur perdagangan nusantara pada masa Hinzu Budha ditentukan oleh kepentingan?C. Kepentingan rasA Kopentingan ekonomi D. Aepentingan pribadiD. Kepentingan indiv.comE. Kepentingan agama.10. Dua kekuatan super power yang membawa pengaruh besar untuk peradapan bangsaIndonesia pada jaman Hindu Budha adalah ?A. BelandaB. InggrisC. Cina dan Indiasama dengan pedagang cina adalah.....C. ternatec. Pertanian​


jawaban:

1.d.masamoderen2.b.sagiran3.a.belanda4.b.selatbali5.d.cendana6.b.goa7.a.darat8.b.penguasadaratan9.a.kepentinganekonomi10.c.cinadanindiapenjelasan:semogamembantujanganlupadijadikanyangterbaik,semogabermanfaat

11. PEMERINTAH KABUPATEN TOBADINASPENDIDIKANSMP NEGERI 4 BALIGEILN.KARTINI SOPOSURUNG BALIGE KAB.TOBA TELP. (0432)21612 KP 22312SOAL PENILAIAN AKHIR SEMESTERMataPelajaran: PPKnKelas: 7(VIDSemesterGenapTA2020/20211.PILIHAN GANDA1.a.6.Petunjuk : Pilihlah salah satu jawaban yang benarSuatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang perbedaantersebut dalam hal suku bangsa, ras, agama, kebudayaan, keyakinan, sosial budaya disebut...a. Keberagamanc. Perbedaan kondisialamb. Kebudayaand. Sejarah bangsa2. Manusia diciptakan dalam kelompok ras yang berbeda-beda, karena merupakan hak mutlak TuhanYang Maha Esa, istilah ras berasal daribahasa...2. Yunanib. Belandac.Inggrisd. Sansekerta3.Ciri-ciri pokok yang membedakan suku bangsa yang satu dengan suku bangsa lain di Indonesiaadalah...Warna kulitb. Kebudayaanc.Bentukrarnbut d. Agama yang dianut4. Ras adalah golongan bangsa berdasarkan ciri-ciri fisik dan garis keturunan Undang-undang yangmengatur tentang penghapusan diskriminasi ras dan etnisadalah...a. UU no.40 tahun2 008 b. UU no 10 tahun 2004 c. UU no.39 tahun 1999 d. UU no.6 tahun 19965.Sikapsalingmenghargai dan menghormati antara individu atau kelompok didalam masyarakat terdapatperbedaan di dalamnya baik perbedaan pendapat, pandangan, agama, budaya danperbedaanlaiinnyadisebut...a. Keberagamanb. Toleransic. Gotong-royongd. MusyawarahSetiapwarga negara Indonesia diwajibkanmemeluksatu agama yangdiakui di Indonesia,ketentuantersebutsesuai salah satunilai Pancasila sebagaidasar negara dan pandanganhidupbangsaIndonesia yaitu...a. Nilai Kebangsaan b. Nilai Kerakyatan c. Nilai Religius d. Nilai Moral7. Yang menjadilan dasan atau dasar hukum dari Kerjasama dalam bidang kehidupan social politikmasyarakat di Indonesia adalah...a. Pancasila silakeduac. Pancasila silakelimab. Pancasila silaketigad. Pancasila silakeempat8.Perilaku yang dapat ditunjukkan oleh seseorang pelajar menyikapi budaya asing adalah...a. Menirubudayaluar yang dianggap modern c. Menyaringbudayausingb. Menguasaibeberapabudayaasingd. Memperdalambudayaasing9. Suku atau etnis merupakan sekelompok manusia yang memiliki kesatuan budaya dan terikat oleh kesadarandan identitas tersebut seperti bahasa, budaya, adat - istiadat, kesenian daerah dan tempat asal. Suku yangterdapat di Sumateraadalah...a Asmat dan Danic. Aceh, Gayo, Alas, Batak, Minang Kabau, Melayub. Ambon, Sangir,Talaud, Dayak d. Jawa, Sunda, Bugis10.Dalam mengembangkan sikap kerjasama diberbagai kehidupan masyarakat setiap warga negaraharusmenghindarisikaptidakterpuji yang merasasukunyalebihbesar, mengangung-agungkansukunya secara berlebihan disebut...a. Sikapprimordialismec. Sikapekslusivismeb. Sikapfanatiksempitd.Sikapinduvidualisme11. Dalam mengembangkan sikap kerjasama diberbagai kehidupan masyarakat setiap warga negara barusmenghindari sikap tidakterpuji yangsukun yalebih besar, mengangungagungkansukunyasecaraberlebihandisebut...a. Sikap primordialisme b. Sikapfanatiksempit c.Sikapekslusivisme d.Sikapinduvidualisme12. Tiap-tiapwarga negara berhak dan wajibikutsertadalamusahapertahar an dan keamanan negarasesuaidengan Undang-Undang Dasar 1945 pasal...Pasal 29 Ayat 1 UUD 1945 c. Pasal 32 UUD 1945Pasal 31 UUD 1945d. Pasal 30 Ayat 1 UUD 1945merasa​


Jawaban:

1. a keberagaman

2. c Inggris

3. a warna kulit

4. a UU no 40 tahun 2008

5. b toleransi

6. c nilai religius

7. d pancasila keempat

8. d memperdalam budaya asing

9. c aceh, alas, gayo,batak, Minangkabau, melayu

10. b sikap fanatik sempit

11. b sikap fanatik sempit

12. d pasal 30 ayat 1 UUD 1945

Penjelasan:

maaf jika ada yang salah


12. 1. Berikut yang merupakan ragam hias pada bahan tekstil yang banyak dijumpai diIndonesiaA. DekorasiB. FaunaC. DiametralD. Benda spiritual2. Di bawah ini yang bukan merupakan cara menerapkan ragam hias pada bahan tekstilA. MelukisB. MembatikC. MenenunD. Sablon3. Jenis tekstil dapat diketahui dari perbedaan jenisA. Benang dan permukaan teksturnyaB. Kualitas pembuatannyaC. Kualitas penenunnyaD. Jenis tekstil yang digemari4. Benang katun terbuat dariA. Tumbuhan menjalarB. Bulu dombaC. Kepompong ulat suteraD. Kapas5. Menyerap air, mudah kusut, lentur, dan dapat disetrika pada temperatur yang tinggimerupakan sifat bahan tekstil yang berupaA. KatunB. WolC. SuteraD. Polyester6. lentur, tidak mudah kusut, dapat menahan panas, dan apabila dipanaskan akanmenjadi lebih lunak merupakan sifat bahan tekstil yang berupaA. katunB. wolC. suteraD. polyester7. tidak tahan panas, tidak mudah kusut, tidak perlu disetrika, dan jika dicuci akancepat kering merupakan sifat bahan tekstil yang berupaA. katunB. wolC. suteraD. polyester8. Di bawah ini yang merupakan jenis pewarna buatanA. SogaB. KesumbaC. PemutihD. Indigosol9. Bahan pewarna buatan memiliki sifatA. Mudah lunturB. Mudah gosongC. Tidak mudah lunturBaca JugaSoal PPPK Tahun 2021 Terbaru dan TerlengkapModul BDR Kelas 6 Tema 6 Kurikulum 2013 Terbaru (Pembelajaran Tematik SD)Soal dan Jawaban PTS Bahasa Jawa Kelas 8 Semester 2 Tahun 2021D. Tidak tahan sinar matahari10. Bahan pewarna buatan memiliki sifatA. Mudah lunturB. Mudah gosongC. Tidak mudah lunturD. Tidak tahan sinar matahari11. Lagu yang dinyanyikan oleh dua atau lebih kelompok penyanyi dengan melodi salingkejar disebut dengan laguA. AkapelaB. NasyidC. KanonD. Pop12. Teknik vokal yang baik tentu saja harus dilatih dengan cara olah vokal danmenerapkan teknik pernapasan....A. kerongkonganB. diafragmaC. perutD. sedang, panjang, dan menengah13. Di bawah ini merupakan kunci keberhasilan dalam menyanyikan lagu secara vokalgrup, kecualiA. Saling memujiB. Peduli pada sesamaC. Bertanggung jawabD. Menghargai teman14. Penentu kualitas suara dan penampilan dalam bernyanyi adalahA. Teknik dalam bernyanyiB. MotivasiC. Dorongan hatiD. Faktor bawaan seperti bakat dalam bernyanyi15. Vokal grup biasanya terdiri atasA. 3 sampai 12 anggotaB. 12 sampai 28 anggotaC. Lebih dari 28 anggotaD. Lebih dari 30 anggota16. Jumlah penyanyi antara 12 sampai dengan 28 anggota adalahA. Vokal grupB. Paduan suara kecilC. Paduan suara besarD. Paduan suara internasional17. Jumlah penyanyi yang lebih dari 28 anggota adalahA. Vokal grupB. Paduan suara kecilC. Paduan suara besarD. Paduan suara internasional18. Arti kata nasyid adalahA. Olah vokalB. MusikC. LaguD. Bersenandung19. Bentuk vokal grup tanpa alat musik pengiring disebut denganA. NasyidB. Paduan suaraC. SeriosaD. Akapela20. Lagu yang sering ditampilkan pada kegiatan kepramukaan adalahA. KanonB. Lagu marsC. Lagu semangatD. Lagu festivaltolong di jawab ya ​


Jawaban:

Jenis tekstil dapat diketahui dari perbedaan jenis A. Benang dan permukaan teksturnya

Penjelasan:

1. Berikut yang merupakan ragam hias pada bahan tekstil yang banyak dijumpai di  Indonesia B. Fauna

2. Di bawah ini yang bukan merupakan cara menerapkan ragam hias pada bahan tekstil A. Melukis

3. Jenis tekstil dapat diketahui dari perbedaan jenis A. Benang dan permukaan teksturnya

4. Benang katun terbuat dari D. Kapas

5. Menyerap air, mudah kusut, lentur, dan dapat disetrika pada temperatur yang tinggi  merupakan sifat bahan tekstil yang berupa A. Katun

6. lentur, tidak mudah kusut, dapat menahan panas, dan apabila dipanaskan akan nmenjadi lebih lunak merupakan sifat bahan tekstil yang berupa B. wol

7. tidak tahan panas, tidak mudah kusut, tidak perlu disetrika, dan jika dicuci akan  cepat kering merupakan sifat bahan tekstil yang berupa D. polyester

8. Di bawah ini yang merupakan jenis pewarna buatan D. Indigosol

9. Bahan pewarna buatan memiliki sifat D. warna tidak luntur dan tahan dengan sinar matahari

10. Bahan pewarna buatan memiliki sifat A. Mudah luntur

11. Lagu yang dinyanyikan oleh dua atau lebih kelompok penyanyi dengan melodi saling  kejar disebut dengan lagu C. Kanon

12. Teknik vokal yang baik tentu saja harus dilatih dengan cara olah vokal dan  menerapkan teknik pernapasan....  B. diafragma

13. Di bawah ini merupakan kunci keberhasilan dalam menyanyikan lagu secara vokal  grup, kecuali C. Bertanggung jawab

14. Penentu kualitas suara dan penampilan dalam bernyanyi adalah C. Dorongan hati

15. Vokal grup biasanya terdiri atas A. 3 sampai 12 anggota

16. Jumlah penyanyi antara 12 sampai dengan 28 anggota adalah B. Paduan suara kecil

17. Jumlah penyanyi yang lebih dari 28 anggota adalah  C. Paduan suara besar

18. Arti kata nasyid adalah D. Bersenandung

19. Bentuk vokal grup tanpa alat musik pengiring disebut dengan D. Akapela​

20. Lagu yang sering ditampilkan pada kegiatan kepramukaan adalah B. Lagu mars

Pelajari lebih lanjut tentang materi: katun https://brainly.co.id/tugas/29449628 tekstil https://brainly.co.id/tugas/30066222 Modus https://brainly.co.id/tugas/14934393

Detail Jawaban

Kelas : 10

Mapel : Wirausaha

Kategori :  pewarna buatan, sifat bahan tekstil  

Kata kunci : vokal  

Kode : 10.23

#BelajarBersamaBrainly


13. PENILAIAN AKHIR SEMESTER GENAPSDN BATU AMPAR 10 PAGITAHUN PELAJARAN 2019/2020Tema / Sesi7/1KelasWaktuII (Dua)60 menitNamaHari/TanggalPetunjuk1. Berdoalah sebelum mengerjakan soal2. Tulis namamu pada tempat yang tersedia3. Tulisan hendaknya bersih, jelas, tidak banyak coretan.4. Periksa lagi pekerjaanmu sebelum diserahian ke guruL Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B dan C didepan jawaban yang benar!1. Dina berasal dari Jawa Tengah, Bayu berasal dari Yogyakarta dan Siska berasal dariJakarta. Mereka bertiga memiliki perbedaan berupa -a. Agamanyab. Daerah asalnyac kesukaannya2. Setiap tanggal 25 Desember Dinda dan keluarganya merayakan natal, hal itu karenaDinda dan keluarganya beragama2. Budhab. Hinduc Kristen3. Dani dan Eko mempunyai jenis buah kesukaan yang berbeda. Dani sula Apel dan Ekosuka mangga. Dani mengejek Eko karena suka mangga silap Dani tersebut sebaiknya2. Dicontohb. Tidak dilupakanc Tidak ditiru4. Teman Rani ada yang berkulit putih, ada yang berkulit coldat, dan ada pula yang berkulithitam. Sikap Rani sebaiknya adalaha. Menghargai semuanyab. Memilih satu teman sajac Tidak mau berteman5. Contoh cerita yang termasuk fabel adalaha. Cerita Candi Prambanan b. Cerita Kancil dan Buaya c Cerita Legenda6. Tempat wisata Batu Secret Zoo berada di kotab. Belcasic Bengkulu7. Memberi sapaan kepada teman sebaiknya dengan kata-kata yangb. Burukc. Sopan8. Riska: "Kamu mau kemana, temanku?Dinda: "Aku mau pergi ke perpustakaan Ris."Kata sapaan yang diucapkan Riska kepada Dinda di atas adalaha. Remanab. Temankuc. Kamu9. Kata sapaan di bawah ini yang baik diucapkan kepada teman adalaha. "Hai Rudi, temanla yang suka marah-marahb. "Hai Dina, sahabat yang murah senyum"Hai Ayuk, sahabatku yang gendut10. Kata sapaan yang buruk bisa membuat hati seseorang menjadib. SenangTertawaa. Batua kasara. SedihIL Isilah titik - di bawah ini dengan jawaban yang tepat11. Kebersamaan bisa memperkuat tali12. Desta adalah teman Budi yang beragama Budha. Desta biasa beribadah dengankeluarganya di13."Hei Ikan, apakah kau menginginkan biji-bijian ini ? kata Burung,"Benar, tetapi aku tidak punya sayap sepertimu sehingga tidak bisa terbangmendapatkan biji-bijian itu," jawab silkanKata sapaan yang terdapat pada teks percakapan diatas adalah​


Jawaban:

1. b

2.c

3. c

4. a

5.b

6. batu

7. c

8.b

9. b

10. b

11. persaudaraan

12. wihara

13. hei


14. Kelas : VIII (2 SMP) Mapel : Seni BudayaSemester : 1 (Ganjil) BAB 2 : LAGU DAERAH DAN MUSIK TRADISIONALSoal Terdapat di Buku LKS Halaman 29 - 30Pertanyaan :Uji Kompetensi Bab 2Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling benar! 1. Lagu daerah yang berjudul Tondok Kadadingku berasal dari daerah ....a. Jawa Tengahb. Jawa Baratc. Jawa Timurd. Kalimantan Selatan2. Lagu yang dinyanyikan secara turun-temurun dan merupakan budaya bangsa yaitu lagu ....a. daerahb. popc. modernd. religi3. Gending yang digunakan pada acara temu panggih dalam prosesi pernikahan adat Jawa adalah gending ....a. Kebo Girob. Katoneng-Katonengc. Dodoyd. Siak4. Lagu Katoneng-Katoneng dinyanyikan dalam upacara ....a. kematianb. pernikahanc. mengasuh anakd. selamatan5. Nyanyian Ketoneng-Katoneng berasal dari suku ...a. Sundab. Malukuc. Dayakd. Karo6. Satu teknik bernyanyi pada grup vokal yang dilakukan tanpa adanya iringan alat musik disebut ....a. akapelab. nasyidc. paduan suarad. kanon7. Seseorang yang bernyanyi dengan menirukan suara alat musik dinamakan ....a. akapelab. nasyidc. paduan suarad. kanon8. Menyanyi lagu nasyid biasanya menggunakan bunyi dari alat musik ....a. rebanab. gendangc. drumd. tamborin9. Fungsi madihin, yaitu ....a. pertunjukan untuk menyambut tamu agungb. sarana untuk upacara adatc. sarana untuk menghibur para rajad. pertunjukan upacara pernikahan10. Berikut lagu yang dibawakan dengan teknik kanon, kecuali ....a. Potong Bebek Angsab. Anak Kambing Sayac. Gelang Sipaku Gelangd. Naik-naik Ke Puncak Gunung11. Teknik yang paling umum dipakai dalam bermain angklung adalah ....a. kulurungb. cengkokc. tangkepd. sentak12. Teknik sentak dalam bermain angklung disebut teknik ....a. getarb. centokc. tengkepd. kurulung13. Tahap awal dalam bermain angklung disebut teknik ....a. mempersiapkan unit angklung sesuai aransemennyab. mempelajari laguc. menghafal notd. pilih lagu dengan aransemennya14. Angklung kanekes sering dikenal sebagaia. Baduib. Melayuc. BatakD. Sunda15. Angklung gubrag digunakan untuk ....a. upacara kematianb. upacara kelahiran bayic. menghormati Dewi Padid. hiburan semata16. Gaya yang merupakan tipologi karakteristik zaman tertentu, yang kemudian akan menyebabkan perbedaan gaya musik dengan zaman lainnya disebut gaya ....a. solob. individualc. lokald. periodikal17. Uni artinya ....a. duab. tigac. satud. empat18. Sono artinya ....a. gayab. suarac. satu suarad. satu19. Musik tradisional Nusantara asal Betawi, yaitu ....a. gambang kromongb. keroncongc. gong luangd. santi swara dan lawas madya20. Musik keroncong merupakan musik yang berasal dari ....a. Melayub. Amerikac. Portugisd. Arab​


Pendahuluan

Musik rakyat adalah genre musik yang mencakup musik rakyat tradisional dan genre kontemporer yang berkembang dari yang pertama selama kebangkitan rakyat abad ke-20. Beberapa jenis musik rakyat dapat disebut musik dunia.

Jawaban

UjiKompetensiBab2

Berilahtandasilang(x)padahurufa,b,c,atauddidepanjawabanyangpalingbenar!

1. Lagu daerah yang berjudul Tondok Kadadingku berasal dari daerah JawaTengah(Opsi a)

2. Lagu yang dinyanyikan secara turun-temurun dan merupakan budaya bangsa yaitu lagu daerah(Opsi a)

3. Gending yang digunakan pada acara temu panggih dalam prosesi pernikahan adat Jawa adalah gending KeboGiro(Opsi a)

4. Lagu Katoneng-Katoneng dinyanyikan dalam upacara kematian(Opsi a)

5. Nyanyian Katoneng-Katoneng berasal dari suku Karo(Opsi d)

6. Satu teknik bernyanyi dalam grup vokal yang dilakukan tanpa adanya iringan alat musik disebut akapela(Opsi a)

7. Seseorang yang bernyanyi dengan menirukan suara alat musik dinamakan akapela(Opsi a)

8. Menyanyi lagu nasyid biasanya menggunakan bunyi dari alat musik gendang(Opsi b)

9. Fungsi madihin, yaitu pertunjukanupacarapernikahan(Opsi d)

10. Berikut lagu yang dibawakan dengan teknik kanon, kecuali GelangSipakuGelang(Opsi c)

11. Teknik yang paling umum dipakai dalam bermain angklung adalah kurulung(Opsi a)

12. Teknik sentak dalam bermain angklung disebut teknik centok(Opsi b)

13. Tahap awal dalam berlatih angklung adalah pilihlagudenganaransemennya(Opsi d)

14. Angklung kanekes sering dikenal sebagai angklung Badui(Opsi a)

15. Angklung gubrag digunakan untuk menghormatiDewiPadi(Opsi c)

16. Gaya yang merupakan tipologi karakteristik zaman tertentu, yang kemudian akan menyebabkan perbedaan gaya musik dengan zaman lainnya disebut gaya periodikal(Opsi d)

17. Uni artinya satu(Opsi c)

18. Sono artinya suara(Opsi b)

19. Musik tradisional Nusantara asal Betawi, yaitu gambangkromong(Opsi a)

20. Musik keroncong merupakan musik yang berasal dari Portugis(Opsi c)

Pembahasan

34 Daftar Lagu Daerah di Indonesia beserta Asalnya

Setiap daerah yang yang tersebar dari Sabang sampai Merauke tentunya mempunyai keunikan tersendiri. Karena itu tidak heran jika lagu daerah menjadi sebuah ciri khas dari daerah tersebut.

Lagu daerah ini bisanya dinyanyikan oleh masyarakat daerah. Ciri khasnya menggunakan bahasa daerah dan alat musik tradisional masing-masing.

Namun, lagu daerah pada umumnya tidak begitu diketahui dengan jelas siapa penciptanya.

Untuk menjaga eksistensi dan melestarikan lagu-lagu daerah dari berbagai wilayah Indonesia, kita harus mengetahui lagu-lagu tersebut.

Berikut kumpulan lagu-lagu daerah dari 34 Provinsi di Indonesia dirangkum dari berbagai sumber:

1. Bungong Jempa (Aceh)

2. Butet (Sumatera Utara)

3. Ayam Den Lapeh (Sumatera Barat)

4. Soleram (Riau)

5. Dendang Nelayan (Kepulauan Riau)

6. Selandang Mayang (Jambi)

7. Sayang Selayak (Sumatera Selatan)

8. La Berage (Kepulauan Bangka Belitung)

9. Yo Botoi Botoi (Bengkulu)

10. Tepui Tepui (Lampung)

11. Kicir Kicir (DKI Jakarta)

12. Tong Sarakah (Banten)

13. Es Lilin (Jawa Barat)

14. Gambang Suling (Jawa Tengah)

15. Suwe Ora Jamu (Daerah Istimewa Yogyakarta)

16. Rek Ayo Rek (Jawa Timur)

17. Ratu Anom (Bali)

18. Moree (Nusa Tenggara Barat)

19. Oli Gailaru Marada (Nusa Tenggara Timur)

20. Aek Kapus (Kalimantan Barat)

21. Naluya (Kalimantan Tengah)

22. Ampar Ampar Pisang (Kalimantan Selatan)

23. Indung Indung (Kalimantan Timur)

24. Bebilin (Kalimantan Utara)

25. Manesel (Sulawesi Utara)

26. Hulonthalo Lipu'u (Gorontalo)

27. Posisani (Sulawesi Tengah)

28. Tenggang Tenggang Lopi (Sulawesi Barat)

29. Ana' Kakung (Sulawesi Selatan)

30. Peia Tawa Tawa (Sulawesi Tenggara)

31. Nona Manis Siapa yang Punya (Maluku)

32. Borero (Maluku Utara)

33. Yamko Rambe Yamko (Papua)

34. Sajojo (Papua Barat)

(Contoh Gambar Musik ada pada bagian lampiran)

Pelajari Lebih Lanjut

LAGUDAERAHDANMUSIKTRADISIONAL

https://brainly.co.id/tugas/23119526https://brainly.co.id/tugas/35441542https://brainly.co.id/tugas/34506376

Detail Jawaban

Kelas:VIII (2 SMP) Mapel:Seni BudayaBab:BAB 2 - LAGU DAERAH DAN MUSIK TRADISIONALHalaman:29 - 30 di Buku LKSKodeSoal:2

Jawaban:

1.d.kalimatan selatan

2.a.daerah

3.a.kebo Giro

4.a.kematian

5.d.karo

6.a.akapela

7.a.akapela

8.a.rebana

9.d.upacara pernikahan

10.c.gelang sipaku gelang

11.a.kulurung

12.b.cengkok

13.d.pilih lagu dengan aransemennya

14.a.badui

15.c.menghormati Dewi padi

16.d.periodikal

17.a.dua

18.b.suara

19.a.gamabang Kromong

20.c.portugis

Penjelasan:

maaf kalo salah


15. PS Latihan Soal Bahasa Indonesia43 soal PGPilihlah A, B, C, dan D sebagai jawaban yang paling benar !PengumumanDiumumkan kepada seluruh siswa SDN Ketabang I bahwa batas akhir pendaftaran lomba membaca puisi pendaftaran lomba membaca puisi adalah tanggal 10 Maret 2013 siswa. Siswa yang belum diharap segera mendaftarkan diri kepada wali kelas masing – masing .1. Isi pengumuman tersebut adalah ….A. Pemberitahuan cara pendaftaran lomba membaca puisiB. Pengumuman pemenang lomba membaca puisiC. Informasi mengenai batas akhir pendaftaran membaca puisiD. Penetapan pelaksanaan lomba membaca puisiCuplikan teks drama berikut untuk soal No. 2-4.Riko : Ayah, Aku mau ikut Kak Soni nonton sepak bola di lapangan ( Riko memegang tangan ayahnya sambil menatap )Ayah : Naik apa ke sana? ( Ayah mengelus – elus kepala Riko )Riko : Naik sepeda motor, Yah!Soni : Ya Ayah, adik merengek – rengek ingin ikut nonton sepakbola ( Soni keluar rumah sambil mendorong sepeda )Ayah : Ya sudah, pergilah bersama Kak Soni, pamit sama Ibu dulu.Riko : ( Raut muka senang ) Baik Yah.Ayah : Hati – hatilah, patuhi rambu – rambu lalu lintas jangan ngebut dan kenakan helm!.2. Tokoh utamanya dalam kutipan drama tersebut adalah ….A. AyahB. IbuC. SoniD. Riko3. Latar yang tepat berdasarkan kutipan drama tersebut adalah ….A. di rumahB. di jalanC. di lapanganD. di sawah4. Amanat yang terkandung dalam penggalan drama tersebut adalah …A. Kita harus menaati perintah orang tua.B. Pengendara sepeda motor harus mematuhi rambu – rambu lalu lintas.C. Kita harus pamit pada Ayah setiap keluar rumah.D. Apabila keluar rumah, harus memakai sepeda motor.5. Udara di Malang sangat dingin. Termometer yang ada di ruang tamu tepat menunjuk pada angka tujuh belas derajat Celcius. Meskipun jam dinding menunjuk pukul sembilan, udara terasa seperti pukul enam pagi. Matahari juga masih bersembunyi di balik awan.Kalimat utama paragraf di atas adalah …A. Termometer yang ada di ruang tamu tepat menunjuk pada angka tujuhbelas derajat Celcius.B. Meskipun jam dinding menunjuk pukul sembilan, udara terasa pukul enam lagi.C. Udara di Malang sangat dingin.D. Matahari juga masih bersembunyi.6. Madona : “ Lia, pernahkah kamu pergi ke Museum Satwa di Batu? “ Dahlia : “ Pernah. Aku sudah dua kali ke sana. Memangnya ada apa?” Madona : “ Besok kalau liburan semester kami sekeluarga akan mengunjungi Museum Satwa di Batu.” Dahlia : “ Wah, itu ide yang bagus. “Simpulan percakapan di atas adalah …A. Dahlia pernah mengunjungi Museum Satwa di Batu.B. Madona belum pernah mengunjungi Museum Satwa di Batu.C. Dahlia dan keluarganya akan mengunjungi Museum Satwa di Batu.D. Liburan semester, Madona dan keluarganya akan mengunjungi Museum Satwa di Batu.7. Status Gunung Raung di Banyuwangi, Jawa Timur meningkat dari “ Waspada” menjadi “ Siaga“ . Untuk itu, Kepala Seksi Gunung Raung Balai Penelitian dan Pengembangan Tekhnologi Kegunungan ( BPPTK ) berpesan kepada seluruh masyarakat khususnya yang tinggal di lereng Gunung Raung tidak panik, namun tetap waspada.Makna yang terkandung pada teks tersebut adalah ….A. Status Gunung Raung meningkat dari”Waspada”menjadi ” Siaga“B. Aktivitas Gunung Raung di Banyuwangi, Jawa Timur.C. Seluruh masyarakat tidak panik.D. Seluruh masyarakat lereng Raung tetap waspada.8. Seluruh masyarakat, khususnya yang tinggal di Lereng Gunung Raung diharap tetap waspada. Arti kata waspada pada kalimat di atas adalah ….A. tenangB. panikC. berhati-hatiD. aman9. Sebaiknya kita tidak panik dalam menyelesaikan masalah. Antonim katapanik pada kalimat di atas adalah ….A. gembiraB. nyamanC. tenangD. aman10. Pahami ilustrasi berikut!Andre sering mengoceh. Hal – hal yang tidak pentingpun sering dia bahas seperti orang pintar. Dia sering bicara tanpa ada manfaatnya.Peribahasa yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ….A. Siapa menebar angin akan menuai badaiB. Tong kosong nyaring bunyinyaC. Berakit – rakit ke hulu berenang – renang ke tepianD. Air jernih ikannya jinak ​


Jawaban:

CDAACDBCCB

Penjelasan:

maaf klo salah

Jawaban:

1. c

2. d

3. a

4. a

5. c

6. d

7. b

8. c

9. c

10. b

Penjelasan:

semoga bermanfaat


Video Terkait


Post a Comment for "Soal B Jawa Kelas 10 Semester 2"