Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Uji Kompetensi 10 Matematika Kelas 8 Semester 2


Uji Kompetensi 10 Matematika Kelas 8 Semester 2

matematika kelas 8 semester 2 hal 302 uji kompetensi 10​

1. matematika kelas 8 semester 2 hal 302 uji kompetensi 10​


7. Peluang empirik kemunculan mata dadu "selain 2" dalam percobaan tersebut adalah [tex]\frac{31}{36}[/tex]. Maka jawaban yang benar adalah A.

8. Peluang empirik muncul mata dadu dua pada data tersebut adalah [tex]\frac{1}{6}[/tex]. Maka jawaban yang benar adalah A.

9. Jika dilakukan pelemparan sebanyak 18 kali lagi, taksiran terbaik muncul mata dadu 2 menjadi sebanyak 9 kali. Maka jawaban yang benar adalah B.

Simak pembahasan berikut.

Pembahasan

7. Diketahui pada pelemparan sebuah dadu:

frekuensi total = x + 5 + 7 + 6 + 7 + 5

frekuensi total = x + 30

Kemunculan mata dadu 1 = x

Peluang empirik muncul mata dadu "1" = [tex]\frac{1}{6}[/tex]

Ditanya: Peluang empirik kemunculan mata dadu "selain 2"

Jawab:

Misalkan A adalah kejadian kemunculan mata dadu "1", maka peluang empirik A dirumuskan sebagai berikut:

P(A) = [tex]\frac{n(A)}{N}[/tex]

dengan n(A) = banyak anggota A

N = total frekuensi

Karena peluang empirik mata dadu "1" diketahui, maka diperoleh persamaan berikut:

P(A) = [tex]\frac{n(A)}{N}[/tex]

[tex]\frac{1}{6}[/tex] = [tex]\frac{x}{30+x}[/tex]

1(30 + x) = 6x

30 + x = 6x

30 = 6x - x

30 = 5x

x =  [tex]\frac{30}{5}[/tex]

x = 6

Maka frekuensi kemunculan mata dadu "1" adalah 6.

Misal B adalah kejadian muncul mata dadu " selain 2", maka banyak anggota B adalah

n(B) = 6 + 7 + 6 + 7 + 5

n(B) = 31

N = 30 + x

N = 30 + 6

N = 36

Maka peluang empirik kejadian B adalah

P(B) = [tex]\frac{n(B)}{N}[/tex]

P(B) = [tex]\frac{31}{36}[/tex]

∴ Jadi peluang empirik muncul mata dadu " selain 2" adalah [tex]\frac{31}{36}[/tex]

8. Diketahui pada pelemparan sebuah dadu:

Frekuensi total = 5 + 6 + 8 + 7 + 6 + 4

Frekuensi total = 36

Frekuensi muncul mata dadu 2 = 6

Ditanya: peluang empirik muncul mata dadu 2

Jawab:

Misal A adalah kejadian muncul mata dadu 2 maka peluang empirik A adalah

P(A) = [tex]\frac{n(A)}{N}[/tex]

P(A) = [tex]\frac{6}{36}[/tex]

P(A) = [tex]\frac{1}{6}[/tex]

∴ Jadi peluang empirik muncul mata dadu 2 adalah [tex]\frac{1}{6}[/tex].

9. Diketahui pada sebuah pelemparan dadu

Frekuensi muncul mata dadu 2 = 6 kali

Ditanya: taksiran terbaik muncul mata dadu 2 jika dilakukan pelemparan 18 kali lagi

Jawab:

Karena dadu bermata 6, maka jika dilakukan pelemparan 18 kali lagi, frekuensi harapan yang muncul dirumuskan sebagai berikut:

F(A) = P(A) × N

dengan P(A) adalah peluang kejadian A dan N adalah frekuensi pelemparan.

Jika A  adalah kejadian muncul mata dadu 2, maka banyak anggota A pada pelemparan sebuah dadu adalah:

n(A) = 1

Dan karena pelemparan sebuah dadu bermata 6, maka banyak anggota ruang sampel adalah

n(S) = 6

Sehingga, peluang kejadian A adalah:

P(A) = [tex]\frac{n(A)}{n(S)}[/tex]

P(A) = [tex]\frac{1}{6}[/tex]

Frekunsi harapan muncul mata dadu 2 jika dilakukan pelemparan 18 kali adalah:

F(A) = P(A) × N

F(A) = [tex]\frac{1}{6}[/tex] × 18

F(A) = 3

Maka taksiran terbaik muncul mata dadu dua adalah:

muncul mata dadu 2 = frekuensi muncul mata dadu 2 + frekuensi harapan muncul mata dadu 2

muncul mata dadu 2 = 6 + 3

muncul mata dadu 2 = 9

∴ Jadi taksiran terbaik muncul mata dadu 2 jika dilakukan pelemparan 18 kali lagi adalah 9.

Pelajari lebih lanjutMenghitung peluang empirik pada pengambilan kelereng https://brainly.co.id/tugas/22600646Menghitung peluang empirik pada pelemparan dadu https://brainly.co.id/tugas/22639692----------------------------------------------------------Detil jawaban

Kelas: 8

Mapel: Matematika

Bab: Peluang

Kode: 8.2.10

Kata kunci: peluang empirik, mata dadu, frekuensi harapan, peluang, frekuensi


2. Uji kompetensi 7 matematika kelas 8 semester 2​


1. Jari - jari lingkarannya adalah 10 cm

2. Jari - jari lingkarannya adalah 10,5 cm

3. Sudut pusatnya adalah 45°

4. Jari - jari lingkarannya adalah 10,5 cm

Lingkaran adalah himpunan semua titik di bidang datar yang berjarak sama dari suatu titik tetap di bidang tersebut.

Juring lingkaran adalah potongan atau bagian dari luas lingkaran jadi juring adalah luasan yang dibatasi busur dengan dua buah jari - jari. Juring adalah potongan dari luas lingkaran.

Busur lingkaran adalah garis berbentuk lengkung pada tepian lingkaran. Busur adalah potongan dari keliling lingkaran.

PEMBAHASAN :

1. Diketahui suatu juring lingkaran dengan ukuran sudut pusat 90°. Jika luas juring tersebut adalah 78,5 cm², maka sebelum kita menentukan panjang jari - jari lingkaran tersebut, kita akan menghitung luas lingkaran penuhnya karena luas juring adalah seperbagian dari luas lingkaran.

Sudut pusat juring = 90°. Dan sudut lingkaran penuh adalah 360°. Sehingga untuk mengubah luas juring ke luas lingkaran penuh, luas juring tersebut harus dikali :

360° ÷ 90° = 4 karena 90° adalah ¼ dari 360°.

Maka, luas lingkaran penuhnya adalah : 4 × luas juring

= 4 × 78,5 cm²

= 314 cm²

Sedangkan luas lingkaran dihitung dengan : π × r².

Jadi, luas lingkaran = π × r²

314 = 3,14 × r²

r² = 314 ÷ 3,14

r² = 100

r = √100

r = jari - jari lingkarannya = 10 cm

2. Diketahui panjang busur suatu lingkaran adalah 22 cm. Jika sudut pusat yang menghadap busur tersebut berukuran 120°, maka sebelum menghitung jari - jari lingkarannya, kita akan menghitung lingkaran penuhnya karena panjang busur merupakan seperbagian dari keliling lingkaran.

Sudut pusat yang menghadap busur = 120°. Sedangkan sudut lingkaran penuh = 360°. Maka, untuk mengetahui keliling lingkaran penuhnya, kita harus mengalikan panjang busur tersebut sebanyak :

360° ÷ 120° = 3 kali karena 120° adalah ⅓ dari sudut lingkaran penuh. Sehingga keliling lingkaran penuhnya adalah :

3 × 22 cm = 66 cm. Sedangkan keliling lingkaran dihitung dengan rumus : 2 × π × r.

Jadi, keliling lingkaran = 2 × π × r

66 cm = 2 × 22/7 × r.

r = 66 ÷ 44/7

r = (66 × 7) ÷ 44

r = jari - jari lingkarannya = 10,5 cm

3. Diketahui panjang busur suatu lingkaran adalah 16,5 cm. Jika panjang diameter lingkaran tersebut adalah 42 cm, maka sebelum kita menentukan sudut pusat yang menghadap busur tersebut, terlebih dahulu kita hitung keliling lingkaran penuhnya.

Keliling lingkaran = π × d

= 22/7 × 42

= 132 cm.

Sudut pusat yang menghadap ke suatu busur dapat dihitung dengan membandingkan panjang busur dan keliling lingkaran kemudian dikali 360°. Sehingga,

16,5 / 132 × 360°

= 45°

4. Diketahui suatu juring lingkaran memiliki luas 57,75 cm². Jika besar sudut pusat yang bersesuaian dengan juring tersebut adalah 60°, maka sebelum kita menghitung jari - jari lingkarannya, kita akan hitung luas lingkaran penuhnya terlebih dahulu.

Sudut yang bersesuaian dengan juring = 60°, sedangkan sudut lingkaran penuh = 360°. Maka, luas lingkaran penuhnya adalah hasil dari luas juring dikali :

360° ÷ 60° = 6, karena 60° adalah 1/6 dari 360°.

Luas lingkaran penuh = 6 × 57,75 cm²

= 346,5 cm².

Sedangkan, luas lingkaran dihitung dengan : π × r².

Jadi, luas lingkaran = π × r²

346,5 cm² = 22/7 × r²

r² = 346,5 ÷ 22/7

r² = 346,5 × 7/22

r² = 110,25

r = √110,25

r = 10,5 cm

Pelajari lebih lanjut :

Tentang menghitung jari - jari dari luas juring

https://brainly.co.id/tugas/14818153

https://brainly.co.id/tugas/14833557

Tentang menghitung jari - jari dari panjang busur

https://brainly.co.id/tugas/15170404

https://brainly.co.id/tugas/14279733

Tentang menentukan sudut pusat juring

https://brainly.co.id/tugas/14633331

https://brainly.co.id/tugas/14829909

DETAIL JAWABAN

MAPEL : MATEMATIKA

KELAS : VIII

MATERI : LINGKARAN

KATA KUNCI : JURING LINGKARAN, PANJANG. USUR, KELILING LINGKARAN, LUAS LINGKARAN, JARI - JARI LINGKARAN, SUDUT PUSAT JURING, SUDUT LINGKARAN PENUH

KODE SOAL : 2

KODE KATEGORISASI : 8.2.7


3. matematika kelas 8 uji kompetensi semester 1


Mencari Persamaan Garis Lurus

10). Gradien garis yang melalui titik (1,2) dan titik (3,4) adalah

untuk mencari gradien dua titik, kita menggunakan persamaan :

m = (y₂-y₁)/(x₂-x₁)

dimana : x₁ = 1, x₂ = 3

              y₁ = 2, y₂ = 4

m = (y₂-y₁)/(x₂-x₁)

   = (4-2)/(3-1)

   = 2/2 = 1

Jadi gradien garis yang melalui kedua titik tersebut adalah 1

Jawaban : A

11). Persamaan suatu garis yang melalui titik (1,2) dan titik (3,4) adalah :

maka x₁ = 1, x₂ = 3

         y₁= 2, y₂ = 4

untuk mencari persamaan garis yang melalui dua titik dapat digunakan persamaan berikut :

(y-y₁)/(y₂-y₁) = (x-x₁)/(x₂-x₁)

(y-2)/(4-2) = (x-1)/(3-1)

(y-2)/2 = (x-1)/2

2y - 4 = 2x -2

2y = 2x -2 +4

2y = 2x + 2 atau y = x +1

Jawaban : D

12). Persamaan garis yang melalui titik (3,6)  dan sejajar dengan garis 2x + 2y = 3 adalah :

Langkah pertama yang dilakukan adalah mencari gradien garis yang diketahui dengan mengubah persamaan menjadi y = mx+c

2x + 2y = 3

2y = 3 - 2x

y = 3/2 - x

jadi gradien garis yang diketahui adalah m = -1

Dua garis yang sejajar memiliki gradien yang sama, sehingga kita bisa mencari persamaan garis yang melalui titik (3,6) dapat dicari dengan persamaan :

y-y₁ = m(x-x₁)

y-6 = -1 (x-3)

y = -x+3+6

y = -x + 9

Jawaban : A

13). Persamaan garis yang melalui titik (-3,6) dan sejajar dengan garis 4y - 3x = 5 adalah

Mari kita ubah persamaan garis 4y-3x = 5 dalam bentuk y = mx + c untuk mencari gradien dari garis tersebut

4y - 3x = 5

4y = 5+3x

 y = 5/4 +3/4x

jadi gradien garis tersebut adalah m = 3/4

kedua garis yang sejajar mempunyai gradien yang sama, jadi persamaan garis yang melalui titik (-3,6) dapat dicari dengan persamaan berikut :

y-y₁ = m(x-x₁)

y-6 = 3/4(x+3)

y = 3/4x +9/4+6

4y = 3x +9 + 24

4y = 3x + 33

Jawaban : A atau D

14. Persamaan garis yang melalui titik (4,-3) dan tegak lurus dengan garis 4y -6x +10 = 0

Langkah pertama yaitu mengubah persamaan garis yang diketahui menjadi bentuk y = mx + c, sehingga diketahui gradien garis tersebut.

4y-6x + 10 = 0

4y = 6x -10

 y = 6/4x - 10/4

Jadi gradien garis tersebut adalah 6/4 atau 3/2.

Untuk mencari persamaan garis yang melalui titik (4,-3) dapat dicari dengan persamaan :

y-y₁ = (-1/m) (x-x₁)

y+3 = (-1/3/2)(x-4)

y+3 = -2/3(x-4) kalikan bagian kiri dan kanan dengan 3

3(y+3) = -2(x-4)

3y + 9 = -2x + 8

3y = -2x + 8 -9

3y = -2x -1

Jawaban : Tidak ada pilihan yang tepat, kemungkinan ada kesalahan pada soal.

Pelajari Lebih Lanjut

Untuk belajar lebih lanjut mengenai sistm persamaan, silakan kunjungi tautan berikut ini :

https://brainly.co.id/tugas/4342296

https://brainly.co.id/tugas/12610321

https://brainly.co.id/tugas/4641386

----------------------------------------------------

Detil tambahan

Kelas        : VIII

Pelajaran   : Matematika

Kategori     : Persamaan Garis Lurus

Kode : 8.2.3

Kata Kunci : tegak lurus, sejajar, melalui titik


4. uji kompetensi 7 jawaban matematika kelas 8 semester 2 halaman 113-114


Jawaban Uji Kompetensi 7 Matematika Kelas 8 Semester 2 PG

Jawaban Pendahuluan

Soal matematika di atas merupakan materi dari lingkaran.

Pembahasan

Lingkaran adalah suatu geometri bidang atau bangun datar dimana terdapat kumpulan titik-titik yang mempunyai jarak yang bernilai sama atau tetap terhadap titik tunggal yang bersifat semu, sehingga titik-titik tersebut membentuk garis tertutup berupa lengkungan dalam satu putaran penuh secara berulang-ulang.

Pada suatu bidang lingkaran, terdapat jari-jari lingkaran (r) dan diameter lingkaran (d), sehingga bentuk persamaannya yaitu r = d/2 atau d = 2r. Rumus umum lingkaran adalah dengan menggunakan nilai konstanta pi/phi yang dinotasikan dalam π yang mempunyai nilai bilangan riil yang mendekati bilangan pecahan 22/7 dan bilangan desimal 3,14 sehingga ditulis menjadi π ≈ 22/7 ≈ 3,14.

Rumus menghitung keliling lingkaran

K = π ⋅ 2r

K = π ⋅ d

K busur = π ⋅ 2r ⋅ (m∠ / 360° )

K busur = π ⋅ d  ⋅ (m∠ / 360° )

Rumus menghitung luas lingkaran

L = π ⋅ r ⋅ r = π ⋅ r²

L = π ⋅ d/2 ⋅ d/2 = π ⋅ d²/4

L juring = π ⋅ r²  ⋅ (m∠ / 360° )

L juring = π ⋅ d²/4  ⋅ (m∠ / 360° )

Rumus untuk menghitung garis singgung persekutuan dua lingkaran adalah dengan menggunakan teorema Pythagoras, dimana j adalah garis singgung luar atau dalam lingkaran, p adalah jarak antara kedua titik pusat lingkaran, dan R dan r sebagai jari-jari lingkaran besar dan kecil.

Rumus garis singgung luar lingkaran

j² = p² - (R - r)²

Rumus garis singgung dalam lingkaran

j² = p² - (R + r)²

1.

Dik: Juring @ m∠ pusat = 90°, L = 78,5cm² (π = 3,14)

Dit: r=?

Jawab:

L juring = π ⋅ r²  ⋅ (m∠ / 360° )

78,5cm² = 3,14 ⋅ r²  ⋅ (90°  / 360° )

100cm²  = r²

r = 10cm ... (pilihan A)

2.

Dik: Busur @ K = 22cm, m∠ pusat = 120° (π = 22/7)

Dit: r=?

Jawab:

K busur = π ⋅ 2r ⋅ (m∠ / 360° )

22cm = 22/7 ⋅ 2r ⋅ (120° / 360° )

r = 10,5cm ... (pilihan tidak ada)

3.

Dik: Busur @ K = 16,5cm, d = 42cm (π = 22/7)

Dit: m∠ pusat=?

Jawab:

K busur = π ⋅ d ⋅ (m∠ / 360° )

16,5cm = 22/7 ⋅ 42cm ⋅ (m∠ / 360° )

m∠ = 45°  ... (pilihan A)

4.

Dik: Juring @ L = 57,75cm², m∠ pusat = 60°  (π = 22/7)

Dit: d=?

Jawab:

L juring = π ⋅ r²  ⋅ (m∠ / 360° )

57,75cm² = 22/7 ⋅ r²  ⋅ (60°  / 360° )

110,25cm² = r²

r = 10,5cm  ... (pilihan B)

5.

Dik: Busur @ r = 21cm, m∠ pusat = 30°  (π = 22/7)

Dit: K=?

Jawab:

K busur = π ⋅ 2r ⋅ (m∠ / 360° )

K busur = 22/7 ⋅ 2(21cm) ⋅ (30° / 360° )

K busur = 11cm  ... (pilihan A)

6.

Dik: Lingkaran O

Dit: m∠BAD=?

Jawab:

2 ⋅ Sudut keliling = Sudut pusat

2 ⋅ m∠BAD = 110°

m∠BAD = 55° ... (pilihan A)

7.

Dik: Lingkaran O

Dit: m∠AOB=?

Jawab:

m∠APB + m∠AQB + m∠ARB = 144°

3 ⋅ Sudut keliling = 144°

Sudut keliling = 48°

2 ⋅ Sudut keliling = Sudut pusat

2 ⋅ 48° = m∠AOB

m∠AOB = 96°  ... (pilihan tidak ada)

8.

Dik: Lingkaran @ d = 0,6m

Jarak = 10000km = 10000000m

Dit: Putaran=?

Jawab:

K lingkaran * putaran = jarak

π ⋅ d * n  = 10000000m

3,14 ⋅ 0,6m * n  = 10000000m

n ≈ 5000000  ... (pilihan D)

9.

Dik: Persegi @ s = 26cm

2 buah 1/4 lingkaran @ r = 14cm

Dit: K arsir=?

Jawab:

K = K persegi + K lingkaran

K = 4s + 2 ⋅ 1/4 ⋅ π ⋅ 2r

K = 4(26cm) + 1/2 ⋅ 22/7 ⋅ 2(14cm)

K = 158cm ... (pilihan C)

10.

Dik: Persegi @ s = 14cm

1/2 lingkaran @ d = 14cm, r = 7cm

Dit: L arsir=?

Jawab:

L = L persegi + L lingkaran

L = s²  + 1/2 ⋅ π ⋅ r²

L = (14cm)² + 1/2 ⋅ 22/7 ⋅ (7cm)²

L = 273cm² ... (pilihan C)

11.

Dik: Singgung luar

j = 12cm, rC = 7,5cm, rD = 4cm

Dit: p=?

Jawab:

p² = j² + (rC - rD)²

p² = (12cm)² + (7,5cm - 4cm)²

p = √156,25 cm²

p = 12,5cm ... (pilihan A)

12.

Dik: Singgung dalam

p = 7,5cm, rA = 2,5cm, rB = 2cm

Dit: j=?

Jawab:

j² = p² - (rA + rB)²

j² = (7,5cm)² - (2,5cm + 2cm)²

j = √36 cm²

j = 6cm ... (pilihan C)

13.

Dik: Singgung luar

R = 1,5cm, p = 2,5cm, j = 2,4cm

Dit: j=?

Jawab:

(R - r)² = p² -  j²

(1,5cm - r)²  = (2,5cm)² - (2,4cm)²

(1,5cm - r) ²  = 0,49cm²

1,5cm - r  = 0,7cm

r = 0,8cm ... (pilihan B)

14.

Dik: Singgung luar

R = 19cm, r = 10cm, j = 40cm

Dit: p=?

Jawab:

p² = j² + (R - r)²

p² = (40cm)² + (19cm - 10cm)²

p = √1681cm²

p = 41cm ... (pilihan A)

15.

Dik: Singgung luar

p = 17cm, j = 15cm

Dit: p=?

Jawab:

(R - r)² = p² -  j²

(R - r)²  = (17cm)² - (15cm)²

R - r = 8cm

R = 10cm dan r = 2cm ... (pilihan D)

16.

Dik: Singgung luar

p = 15cm, j = 12cm

Dit: p=?

Jawab:

(R - r)² = p² -  j²

(R - r)²  = (15cm)² - (12cm)²

R - r = 9cm

R = 12cm dan r = 3cm ... (pilihan B)

17.

Dik: Singgung luar

r1 = 13cm, p = 20cm, j = 16cm

Dit: r2=?

Jawab:

(R - r)² = p² -  j²

(R - r)²  = (20cm)² - (16cm)²

13cm - r = 12cm

r = 1cm ... (pilihan B)

18.

Dik: Singgung luar

D = 15cm, R = 7,5cm

d = 10cm, r = 5cm

p = 70cm

Dit: j=?

Jawab:

j² = p² - (R - r)²

j² = (70cm)² - (7,5cm - 5cm)²

j ≈ 69cm ... (pilihan A)

19.

Dik: Singgung dalam

j = 10cm, p = 8cm

Dit: p=?

Jawab:

(R + r)² = p² -  j²

(R + r)²  = (10cm)² - (8cm)²

R + r  = 6cm

R = 5cm dan r = 1cm ... (pilihan B)

20.

Dik: Singgung dalam

p = 20cm, j = 16cm, r1 = 10cm

Dit: p=?

Jawab:

(r1 + r2)² = p² -  j²

(10cm + r2)²  = (20cm)² - (16cm)²

10cm + r2  = 12cm

r2 = 2cm ... (pilihan A)

Kesimpulan

Pelajari lebih lanjut

-----------------------------

Detil Jawaban

Kelas : VIII/8 (2 SMP)

Mapel : Matematika

Bab : Bab 7 - Lingkaran

Kode : 8.2.7

Kata Kunci : lingkaran, juring, busur, sudut pusat, sudut keliling, persinggungan lingkaran

===


5. Matematika uji kompetensi 7 kelas 9 semester 2


Kategori soal : matematika - peluang
Kelas : 9 SMP
Pembahasan : soal dan jawaban terlampir

6. kunci jawaban halaman 66 matematika uji kompetensi 2 kelas 8 semester 1​


Kunci jawaban halaman 66 matematika uji kompetensi 2 kelas 8 semester 1. Disini saya akan menjawab 20 soal pilihan ganda dalam uji kompetensi 2.

Pembahasan

1. Diketahui titik A(3, 1), B(3, 5), C(–2, 5). Jika ketiga titik tersebut dihubungkan akan membentuk …

C. Segitiga siku-siku

(gambarnya dapat dilihat di lampiran, segitiga tersebut siku-siku di titik B)

2. Diketahui dalam koordinat kartesius, terdapat titik P, Q dan R. P(4, 6) dan Q(7, 1). Jika titik P, Q dan R dihubungkan akan membentuk segitiga siku-siku, maka koordinat titik R adalah …

D. (4, 1)

(Caranya ada di link berikut: https://brainly.co.id/tugas/12005066)

3. Koordinat titik A adalah …

C. (7, 5)

Karena x = 7 dan y = 5

4. Koordinat titik C adalah …

B. (–4, 4)

Karena x = –4 dan y = 4

5. Koordinat titik F adalah …

D. (–8, –6)

Karena x = –8 dan y = –6

6. Koordinat titik H adalah …

C. (6, –5)

Karena x = 6 dan y = –5

7. Titik-titik yang berjarak 3 satuan terhadap sumbu X adalah …

C. titik B dan E

Karena titik B dan E berturut-turut memiliki ordinat: y = 3 dan y = –3

8. Titik-titik yang berjarak 4 satuan terhadap sumbu Y adalah …

A. titik B dan C

Karena titik B dan C berturut-turut memiliki absis: x = 4 dan x = –4

9. Titik-titik yang ada di kuadran II adalah ...

B. titik C dan D

Karena titik C dan D memiliki x negatif dan y positif

10. Titik-titik yang ada di kuadran IV adalah …

D. titik G dan H

Karena titik G dan H memiliki x negatif dan y negatif

11. Garis-garis yang sejajar dengan sumbu X adalah …

D. Garis k dan l

Karena garis k dan l berturut-turut memiliki persamaan y = 3 dan y = –6

12.  Garis-garis yang sejajar dengan sumbu Y adalah …

A. garis m dan n

Karena garis m dan n berturut-turut memiliki persamaan x = –5 dan x = 2

13. Garis m dan n adalah dua garis yang …

D. Sejajar

Karena kedua garis tersebut sejajar sumbu Y

14. Garis n dan k adalah dua garis yang …

C. berpotongan

Karena memiliki titik persekutuan yaitu di titik (2, 3)

15. Garis yang berada di sebelah kanan sumbu Y adalah …

B. garis n

Karena persamaan garis n adalah x = 2

16. Garis yang berada di bawah sumbu X adalah …

D. garis l

Karena persamaan garis l adalah y = –6

17. Jarak garis m terhadap sumbu Y adalah …

D. 5 satuan

Karena persamaan garis m adalah x = –5

18. Jarak garis k terhadap sumbu X adalah …

B. 3 satuan

Karena persamaan garis k adalah y = 3

19. Koordinat titik potong garis m dan l adalah …

C. (–5, –6)

Karena persamaan garis m dan l berturut-turut adalah x = –5 dan y = –6  

20. Koordinat titik potong garis n dan l adalah …

D. (2, –6)

Karena persamaan garis n dan l berturut-turut adalah x = 2 dan y = –6

Pelajari lebih lanjut      

Contoh soal lain tentang koordinat

Jelaskan apa yang dimaksud dengan koordinat relatif!: brainly.co.id/tugas/552137 Koordinat pada bangun datar: brainly.co.id/tugas/8826902 Letak kuadran suatu titik: brainly.co.id/tugas/16884973

------------------------------------------------    

Detil Jawaban      

Kelas : 8

Mapel : Matematika  

Kategori : Bilangan Koordinat

Kode : 8.2.3

#AyoBelajar


7. jawaban uji kompetensi 7 matematika kelas 8 semester 2 PG


Jawaban Uji Kompetensi 7 Matematika Kelas 8 Semester 2 PG

Jawaban Pendahuluan

Soal matematika di atas merupakan materi dari lingkaran.

Pembahasan

Lingkaran adalah suatu geometri bidang atau bangun datar dimana terdapat kumpulan titik-titik yang mempunyai jarak yang bernilai sama atau tetap terhadap titik tunggal yang bersifat semu, sehingga titik-titik tersebut membentuk garis tertutup berupa lengkungan dalam satu putaran penuh secara berulang-ulang.

Pada suatu bidang lingkaran, terdapat jari-jari lingkaran (r) dan diameter lingkaran (d), sehingga bentuk persamaannya yaitu r = d/2 atau d = 2r. Rumus umum lingkaran adalah dengan menggunakan nilai konstanta pi/phi yang dinotasikan dalam π yang mempunyai nilai bilangan riil yang mendekati bilangan pecahan 22/7 dan bilangan desimal 3,14 sehingga ditulis menjadi π ≈ 22/7 ≈ 3,14.

Rumus menghitung keliling lingkaran

K = π ⋅ 2r

K = π ⋅ d

K busur = π ⋅ 2r ⋅ (m∠ / 360° )

K busur = π ⋅ d  ⋅ (m∠ / 360° )

Rumus menghitung luas lingkaran

L = π ⋅ r ⋅ r = π ⋅ r²

L = π ⋅ d/2 ⋅ d/2 = π ⋅ d²/4

L juring = π ⋅ r²  ⋅ (m∠ / 360° )

L juring = π ⋅ d²/4  ⋅ (m∠ / 360° )

Rumus untuk menghitung garis singgung persekutuan dua lingkaran adalah dengan menggunakan teorema Pythagoras, dimana j adalah garis singgung luar atau dalam lingkaran, p adalah jarak antara kedua titik pusat lingkaran, dan R dan r sebagai jari-jari lingkaran besar dan kecil.

Rumus garis singgung luar lingkaran

j² = p² - (R - r)²

Rumus garis singgung dalam lingkaran

j² = p² - (R + r)²

1.

Dik: Juring @ m∠ pusat = 90°, L = 78,5cm² (π = 3,14)

Dit: r=?

Jawab:

L juring = π ⋅ r²  ⋅ (m∠ / 360° )

78,5cm² = 3,14 ⋅ r²  ⋅ (90°  / 360° )

100cm²  = r²

r = 10cm ... (pilihan A)

2.

Dik: Busur @ K = 22cm, m∠ pusat = 120° (π = 22/7)

Dit: r=?

Jawab:

K busur = π ⋅ 2r ⋅ (m∠ / 360° )

22cm = 22/7 ⋅ 2r ⋅ (120° / 360° )

r = 10,5cm ... (pilihan tidak ada)

3.

Dik: Busur @ K = 16,5cm, d = 42cm (π = 22/7)

Dit: m∠ pusat=?

Jawab:

K busur = π ⋅ d ⋅ (m∠ / 360° )

16,5cm = 22/7 ⋅ 42cm ⋅ (m∠ / 360° )

m∠ = 45°  ... (pilihan A)

4.

Dik: Juring @ L = 57,75cm², m∠ pusat = 60°  (π = 22/7)

Dit: d=?

Jawab:

L juring = π ⋅ r²  ⋅ (m∠ / 360° )

57,75cm² = 22/7 ⋅ r²  ⋅ (60°  / 360° )

110,25cm² = r²

r = 10,5cm  ... (pilihan B)

5.

Dik: Busur @ r = 21cm, m∠ pusat = 30°  (π = 22/7)

Dit: K=?

Jawab:

K busur = π ⋅ 2r ⋅ (m∠ / 360° )

K busur = 22/7 ⋅ 2(21cm) ⋅ (30° / 360° )

K busur = 11cm  ... (pilihan A)

6.

Dik: Lingkaran O

Dit: m∠BAD=?

Jawab:

2 ⋅ Sudut keliling = Sudut pusat

2 ⋅ m∠BAD = 110°

m∠BAD = 55° ... (pilihan A)

7.

Dik: Lingkaran O

Dit: m∠AOB=?

Jawab:

m∠APB + m∠AQB + m∠ARB = 144°

3 ⋅ Sudut keliling = 144°

Sudut keliling = 48°

2 ⋅ Sudut keliling = Sudut pusat

2 ⋅ 48° = m∠AOB

m∠AOB = 96°  ... (pilihan tidak ada)

8.

Dik: Lingkaran @ d = 0,6m

Jarak = 10000km = 10000000m

Dit: Putaran=?

Jawab:

K lingkaran * putaran = jarak

π ⋅ d * n  = 10000000m

3,14 ⋅ 0,6m * n  = 10000000m

n ≈ 5000000  ... (pilihan D)

9.

Dik: Persegi @ s = 26cm

2 buah 1/4 lingkaran @ r = 14cm

Dit: K arsir=?

Jawab:

K = K persegi + K lingkaran

K = 4s + 2 ⋅ 1/4 ⋅ π ⋅ 2r

K = 4(26cm) + 1/2 ⋅ 22/7 ⋅ 2(14cm)

K = 158cm ... (pilihan C)

10.

Dik: Persegi @ s = 14cm

1/2 lingkaran @ d = 14cm, r = 7cm

Dit: L arsir=?

Jawab:

L = L persegi + L lingkaran

L = s²  + 1/2 ⋅ π ⋅ r²

L = (14cm)² + 1/2 ⋅ 22/7 ⋅ (7cm)²

L = 273cm² ... (pilihan C)

11.

Dik: Singgung luar

j = 12cm, rC = 7,5cm, rD = 4cm

Dit: p=?

Jawab:

p² = j² + (rC - rD)²

p² = (12cm)² + (7,5cm - 4cm)²

p = √156,25 cm²

p = 12,5cm ... (pilihan A)

12.

Dik: Singgung dalam

p = 7,5cm, rA = 2,5cm, rB = 2cm

Dit: j=?

Jawab:

j² = p² - (rA + rB)²

j² = (7,5cm)² - (2,5cm + 2cm)²

j = √36 cm²

j = 6cm ... (pilihan C)

13.

Dik: Singgung luar

R = 1,5cm, p = 2,5cm, j = 2,4cm

Dit: j=?

Jawab:

(R - r)² = p² -  j²

(1,5cm - r)²  = (2,5cm)² - (2,4cm)²

(1,5cm - r) ²  = 0,49cm²

1,5cm - r  = 0,7cm

r = 0,8cm ... (pilihan B)

14.

Dik: Singgung luar

R = 19cm, r = 10cm, j = 40cm

Dit: p=?

Jawab:

p² = j² + (R - r)²

p² = (40cm)² + (19cm - 10cm)²

p = √1681cm²

p = 41cm ... (pilihan A)

15.

Dik: Singgung luar

p = 17cm, j = 15cm

Dit: p=?

Jawab:

(R - r)² = p² -  j²

(R - r)²  = (17cm)² - (15cm)²

R - r = 8cm

R = 10cm dan r = 2cm ... (pilihan D)

16.

Dik: Singgung luar

p = 15cm, j = 12cm

Dit: p=?

Jawab:

(R - r)² = p² -  j²

(R - r)²  = (15cm)² - (12cm)²

R - r = 9cm

R = 12cm dan r = 3cm ... (pilihan B)

17.

Dik: Singgung luar

r1 = 13cm, p = 20cm, j = 16cm

Dit: r2=?

Jawab:

(R - r)² = p² -  j²

(R - r)²  = (20cm)² - (16cm)²

13cm - r = 12cm

r = 1cm ... (pilihan B)

18.

Dik: Singgung luar

D = 15cm, R = 7,5cm

d = 10cm, r = 5cm

p = 70cm

Dit: j=?

Jawab:

j² = p² - (R - r)²

j² = (70cm)² - (7,5cm - 5cm)²

j ≈ 69cm ... (pilihan A)

19.

Dik: Singgung dalam

j = 10cm, p = 8cm

Dit: p=?

Jawab:

(R + r)² = p² -  j²

(R + r)²  = (10cm)² - (8cm)²

R + r  = 6cm

R = 5cm dan r = 1cm ... (pilihan B)

20.

Dik: Singgung dalam

p = 20cm, j = 16cm, r1 = 10cm

Dit: p=?

Jawab:

(r1 + r2)² = p² -  j²

(10cm + r2)²  = (20cm)² - (16cm)²

10cm + r2  = 12cm

r2 = 2cm ... (pilihan A)

Kesimpulan

Pelajari lebih lanjut

-----------------------------

Detil Jawaban

Kelas : VIII/8 (2 SMP)

Mapel : Matematika

Bab : Bab 7 - Lingkaran

Kode : 8.2.7

Kata Kunci : lingkaran, juring, busur, sudut pusat, sudut keliling, persinggungan lingkaran

===


8. matematika kelas 7 semester 2 uji kompetensi 5 nomor 7 dan 8


Jadi Pak Bambang menghabiskan 36,4 liter dari Medan sampai Padang

Pembahasan

Jarak Hari pertama = 358 km

Volume Hari pertama = 358/20

Volume Hari pertama = 17,9  Liter


Jarak Hari kedua = 370 km

Volume Hari kedua = 370/20

Volume Hari kedua = 18,5 liter


Total Volume = 36,4 Liter


Jadi Pak Bambang menghabiskan 36,4 liter dari Medan sampai Padang


Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang  contoh soal  bilangan sejenis brainly.co.id/tugas/15691989

2.  Materi mengurutkan bilangan https://brainly.co.id/tugas/1376412

3. Contoh soal tentang bilangan sejenis https://brainly.co.id/tugas/20272232

 ----------------------------

Detil Jawaban

Kelas : 7  

Mapel : Matematika

 Bab : Bab 2 - Bilangan

 Kode : 7.2.2  

Kata Kunci: jarak, volume



9. jawaban matematika uji kompetensi 6 kelas 8 semester 2 hal 46​


Jawaban matematika uji kompetensi 6 kelas 8 semester 2 hal 46. Soal yang disajikan untuk halaman 46 adalah soal nomor 5, 6 dan 7, yaitu tentang jarak antara dua titik. Rumus jarak antara titik (x₁, y₁) dan (x₂, y₂) adalah [tex]\sqrt{(x_{2} - x_{1})^{2} + (y_{2} - y_{1})^{2}}[/tex].

Pada segitiga siku-siku dengan sisi miringnya (sisi terpanjang) adalah c dan dua sisi lainnya adalah a dan b, maka berlaku rumus:

c² = a² + b²

Pembahasan

5. Diketahui

Layang-layang KLMN dengan koordinat

K(–5 , 0) L(0, 12) M(16, 0) N(0, –12)

Ditanyakan

Keliling layang-layang KLMN

Jawaban

Layang-layang memiliki 2 pasang sisi yang sama panjang, sehingga kelilingnya adalah

K = 2(a + b)

Panjang sisi KL

= [tex]\sqrt{(x_{L} - x_{K})^{2} + (y_{L} - y_{K})^{2}}[/tex]

= [tex]\sqrt{(0 - (-5))^{2} + (12 - 0)^{2}}[/tex]

= [tex]\sqrt{5^{2} + 12^{2}}[/tex]

= [tex]\sqrt{25 + 144}[/tex]

= [tex]\sqrt{169}[/tex]

= 13

Panjang sisi LM

= [tex]\sqrt{(x_{M} - x_{L})^{2} + (y_{M} - y_{L})^{2}}[/tex]

= [tex]\sqrt{(16 - 0)^{2} + (0 - 12)^{2}}[/tex]

= [tex]\sqrt{16^{2} + (-12)^{2}}[/tex]

= [tex]\sqrt{256 + 144}[/tex]

= [tex]\sqrt{400}[/tex]

= 20

Jadi keliling layang-layang KLMN adalah

= 2(KL + LM)

= 2(13 + 20) satuan

= 2(33) satuan

= 66 satuan

Jawaban C

6. Diketahui

Panjang sisi siku-siku pada segitiga siku-siku PQR adalah

4 dm 6 dm

Ditanyakan

Panjang hipotenusanya = …. ?

Jawab

Panjang hipotenusa (sisi miringnya) adalah

= [tex]\sqrt{4^{2} + 6^{2}}[/tex] dm

= [tex]\sqrt{16 + 36}[/tex] dm

= [tex]\sqrt{52}[/tex] dm

= [tex]\sqrt{4 \times 13}[/tex] dm

= [tex]2\sqrt{13}[/tex] dm

Jawaban C

7. Bangunan yang berjarak √40 adalah:

A. Taman Kota (–6, 0) dan Stadion (–2, 3), berjarak:

= [tex]\sqrt{(-2 - (-6))^{2} + (3 - 0)^{2}}[/tex]

= [tex]\sqrt{4^{2} + 3^{2}}[/tex]

= [tex]\sqrt{16 + 9}[/tex]

= [tex]\sqrt{25}[/tex]

= 5

B. Pusat Kota (0, 0) dan Museum (6, 1), berjarak

= [tex]\sqrt{(6 - 0)^{2} + (1 - 0)^{2}}[/tex]

= [tex]\sqrt{6^{2} + 1^{2}}[/tex]

= [tex]\sqrt{36 + 1}[/tex]

= [tex]\sqrt{37}[/tex]

C. Rumah sakit (–6, –4) dan Museum (6, 1), berjarak

= [tex]\sqrt{(6 - (-6))^{2} + (1 - (-4))^{2}}[/tex]

= [tex]\sqrt{12^{2} + 5^{2}}[/tex]

= [tex]\sqrt{144 + 25}[/tex]

= [tex]\sqrt{169}[/tex]

= 13

D. Penampungan hewan (6, –2) dan Kantor polisi (0, –4), berjarak

= [tex]\sqrt{(0 - 6)^{2} + (-4 - (-2))^{2}}[/tex]

= [tex]\sqrt{(-6)^{2} + (-2)^{2}}[/tex]

= [tex]\sqrt{36 + 4}[/tex]

= [tex]\sqrt{40}[/tex]

Jadi bangunan yang berjarak √40 adalah Penampungan hewan dan Kantor polisi

(Jawaban D)

Pelajari lebih lanjut  

Contoh soal lain tentang teorema pythagoras

Hubungan sisi pada segitiga siku-siku: https://brainly.co.id/tugas/14660375 Jarak antara dua kapal: https://brainly.co.id/tugas/15504720 Menentukan panjang sisi segitiga siku-siku: https://brainly.co.id/tugas/259167

------------------------------------------------

Detil Jawaban  

Kelas : 8

Mapel : Matematika  

Kategori : Teorema Pythagoras

Kode : 8.2.4


10. jawaban uji kompetensi 9 matematika kelas 8 semester 2 hal 263​


Oke jawaban untuk soal uji kompetensi 9 matematika kelas 8 semester 2 revisi 2017 halaman 263 adalah yang kakak lampirkan di gambar di bawah ya! Tapi kakak kerjain yang pilihan gandanya aja, semangat adik-adik semua!

Pembahasan

Halo teman-teman! Balik lagi di Brainly!! Masih semangat untuk belajar kan! Kali ini kita akan membahas materi mengenai statistika tetapi kali ini kakak kasih penjelasan singkatnya tentang mean atau rata-rata dan median ya. Salah satu hal yang paling penting dalam menggambarkan distribusi dari suatu data adalah melalui nilai pusat data pengamatan (Central Tendency). Untuk setiap pengukuran aritmatika yang ditujukan untuk menggambarkan suatu nilai yang mewakili nilai pusat atau nilai sentral dari suatu gugus data (himpunan pengamatan) dikenal sebagai ukuran pemusatan data atau tendensi sentral. Terdapat tiga ukuran pemusatan data yang sering digunakan, yaitu: mean atau rata-rata hitung / rata-rata aritmatika, median, dan modus. Kemudian rata-rata hitung atau rata-rata aritmatika atau sering disebut dengan istilah mean saja dihitung dengan menjumlahkan semua nilai data pengamatan kemudian dibagi dengan banyaknya data. Nah kalau median itu artinya nilai dari data tengah, dan modus sendiri adalah nilai yang paling sering muncul. Oke! Langsung aja yuk kita lihat penjelasan dari jawaban soal di atas yang sudah kakak lampirkan di bawah ya! Semangat! Semoga membantu adik-adik semua!

Pelajari Lebih Lanjut

Adik-adik semua masih kepingin belajar dan memperdalam materi di atas? Yuk cek aja link-link yang ada di bawah ini ya! Semangat!

Contoh soal mencari simpangan kuartil : https://brainly.co.id/tugas/1203389 Contoh soal mencari jangkauan data mula-mula : https://brainly.co.id/tugas/15027349 Contoh soal mencari nilai rata-rata yang tidak mungkin : https://brainly.co.id/tugas/15064512

Detail Jawaban

Kelas : 7 SMP

Mapel : Matematika

Bab : 9 - Statistika

Kode : 7.2.2009

Kata Kunci : Rata-Rata, Mean, Median, Data Tengah, Kuartil Bawah, Kuartil Atas, Statistika, Modus.


11. Uji kompetensi 5, hal 240, matematika kelas 8 semester 1, nomor 6-10​


jawabannya kak

6.b

7.c

8.b

9.c

10.a


12. jawaban uji kompetensi 6 matematika kelas 8 semester 2 hal 45


Jawaban uji kompetensi 6 matematika kelas 8 semester 2 hal 45

Teorama Pythagoras adalah rumus untuk mencari sisi-sisi pada segitiga siku-siku

Bunyi Teorema Pythagoras adalah Kuadrat sisi miring sama dengan jumlah kuadrat kedua sisi penyikunya

Sisi miring / Hipotenusa biasanya sisi yang terpanjang diantara sisi-sisi lainnya

Pembahasan :

1. Diketahui segitiga KLM dengan panjang sisi-sisinya k, l, dan m.

Pernyataan berikut yang benar dari segitiga KLM adalah ....

a. Jika m² = l² + k², besar ∠K = 90°

b. Jika m² = l² − k², besar ∠M = 90°

c. Jika m² = k² − l², besar ∠L = 90°

d. Jika k² = l² + m², besar ∠K = 90° (Benar)

Diketahui :

Segitiga KLM dengan panjang sisi k, l dan m

Ditanya :

Pernyataan yang benar ?

Dijawab :

Lihat gambar ilustrasi

a. Jika m² = l² + k², besar ∠K = 90°

Apabila ∠K = 90° maka sisi miring adalah sisi k

maka menurut Rumus Pythagoras :

k² = l² + m² (Pernyataan salah)

b. Jika m² = l² − k², besar ∠M = 90°

Apabila ∠M = 90° maka sisi miring adalah sisi m

maka menurut Rumus Pythagoras :

m² = k² + l² (Pernyataan salah)

c. Jika m² = k² − l², besar ∠L = 90°

Apabila ∠L = 90° maka sisi miring adalah sisi l

maka menurut Rumus Pythagoras :

l² = k² + m² (Pernyataan salah)

D. Jika k² = l² + m², besar ∠K = 90°

Apabila ∠K = 90° maka sisi miring adalah sisi k

maka menurut Rumus Pythagoras :

k² = l² + m² (Pernyataan benar)


2. Perhatikan gambar berikut. Panjang sisi PQ = ... cm.

a. 10      c. 13

b. 12      d. 14

Diketahui :

PR = 26cm

QR = 24cm

Ditanya :

PQ ?

Dijawab :

PQ² + QR² = PR²

PQ² + 24² = 26²

PQ² + 576 = 676

PQ² = 676 - 576

PQ = √100 = 10 cm (A)


3. Diketahui kelompok tiga bilangan berikut.

(i) 3, 4, 5          (iii) 7, 24, 25

(ii) 5, 13, 14      (iv) 20, 21, 29

Kelompok bilangan di atas yang merupakan tripel Pythagoras adalah ....

a. (i), (ii), dan (iii)          c. (ii) dan (iv)

b. (i) dan (iii)                  d. (i), (ii), (iii), dan (iv)

Diketahui :

kelompok tiga bilangan berikut.

(i) 3, 4, 5         (iii) 7, 24, 25

(ii) 5, 13, 14     (iv) 20, 21, 29

Ditanya :

Kelompok bilangan diatas yang merupakan Triple Pythagoras ?

Dijawab :

(i) 3, 4, 5    

sisi miring = 5

5² = 3² + 4²

25 = 9 + 16

25 = 25 (Terbukti)    

(ii) 5, 13, 14  

Sisi miring = 14

14² = 5² + 13²

196 = 25 + 169

196 ≠ 194 (Tidak terbukti)

(iii) 7, 24, 25

Sisi miring = 25

25² = 7² + 24²

625 = 49 + 576

625 = 625 (Terbukti)

(iv) 20, 21, 29

Sisi miring = 29

29² = 20² + 21²

841 = 400 + 441

841 = 841 (Terbukti)

Jadi yang merupakan triple pythagoras adalah (i), (III) dan (iv) (B)


4. (i) 3 cm, 5 cm, 6 cm       (iii) 16 cm, 24 cm, 32 cm  

(ii) 5 cm, 12 cm, 13 cm       (iv) 20 cm, 30 cm, 34 cm

Ukuran sisi yang membentuk segitiga lancip ditunjukkan oleh ....

a. (i) dan (ii)         c. (ii) dan (iii)

b. (i) dan (iii)        d. (iii) dan (iv)

Diketahui :

(i) 3 cm, 5 cm, 6 cm          (iii) 16 cm, 24 cm, 32 cm  

(ii) 5 cm, 12 cm, 13 cm       (iv) 20 cm, 30 cm, 34 cm

Ditanya :

Ukuran sisi yang merupakan segitiga lancip adalah ?

Dijawab :

Persamaan sisi segitiga :

c = sisi miring

c² > a² + b² (Segitiga tumpul)

c² = a² + b² (Segitiga siku-siku)

c² < a² + b² (Segitiga lancip)

(i).   3 cm , 5 cm, 6 cm

c = 6cm

6² > 3² + 5²

36 > 9 + 25

36 > 34  

segitiga tumpul, karena c² > a² + b²

(ii).  5 cm , 12 cm, 13 cm

c = 13cm

13²  = 5² + 12²

169 = 25 + 144

169 = 169

Segitiga siku-siku, karena c² = a² + b²

(iii).  16 cm , 24 cm, 32 cm

c = 32cm

32² > 16² + 24²

1024 > 256 + 576

1024 > 832

Segitiga tumpul, karena c² > a² + b²

(iv).  20 cm , 30 cm, 34 cm

c = 34cm

34² < 20² + 30²

1156 < 400 + 900

1156 < 1300

Segitiga lancip, karena c² < a² + b²

Yang merupakan segitiga lancip adalah (iv) (Tidak ada jawaban)


Pelajari lebih lanjut :

Soal tentang Teorema Pythagoras :

1. brainly.co.id/tugas/21164772

2. brainly.co.id/tugas/21043142

3. brainly.co.id/tugas/21094843

==========================

Detail Jawaban :

Kelas : VIII

Mapel : Matematika

Bab : Bab 4 - Teorema Pythagoras

Kode : 8.2.4


Kata kunci : Uji kompetensi 6, kelas 8 semester 2, hal 45, teori Pythagoras



13. matematika kelas 8 semester 2 uji kompetensi 6 (nomor 20)​


Jawaban:

c. 90 cm²

Penjelasan dengan langkah-langkah:

semoga membantu


14. Kunci jawaban Matematika kelas 7 semester 2 Hal. 10 Uji kompetensi 5.1


Kunci jawaban Matematika kelas 7 semester 2 Hal. 10 Uji kompetensi 5.1. Latihan soal halaman 10 matematika kelas 7 adalah “Ayo kita berlatih 5.1” yang terdiri dari 10 soal tentang perbandingan. Karena pertanyaannya terlalu banyak (tidak sesuai dengan poin yang diberikan), maka disini kita akan membahas 3 soal saja yaitu no 1, 3 dan 4. Namun adik tidak perlu khawatir, untuk jawaban yang lain, bisa adik lihat di link yang diberikan pada “pelajari lebih lanjut


Pembahasan
Nomor 1

Kalian dapat menjelaskan ukuran sebuah pohon dengan

membandingkannya terhadap pohon lain atau benda yang lain


a) Anton mengatakan bahwa perbandingan diameter ramin terhadap diameter ulin adalah 1 : 6. Apakah pernyataan Anton benar? jelaskan!

Jawab

diameter Ramin : diameter Ulin

= 20 : 120

= (20 ÷ 20) : (120 ÷ 20)

= 1 : 6

Jadi pernyataaan Anton adalah Benar


b) Ria mengatakan bahwa selisih tinggi damar dan gaharu adalah 25 m. Apakah benar? Jelaskan!

Jawab

Selisih adalah perbedaan nilai antara dua bilangan dengan operasi hitung pengurangan nilai yang besar dengan nilai yang kecil  

= Tinggi Damar – Tinggi Gaharu

= 65 m – 40 m

= 25 m

Jadi pernyataan Ria adalah Benar


c) Leni mengatakan bahwa keliling ulin sekitar 3 per 4 kali keliling damar, apakah benar? jelaskan!

Jawab

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita gunakan perbandingan antara keliling Ulin dan Keliling Damar

[tex]\frac{Keliling \: Ulin}{Keliling \: Damar} = \frac{\pi d_{Ulin}}{\pi d_{Damar}} [/tex]

[tex]\frac{Keliling \: Ulin}{Keliling \: Damar} = \frac{d_{Ulin}}{d_{Damar}} [/tex]

[tex]\frac{Keliling \: Ulin}{Keliling \: Damar} = \frac{120}{150} [/tex]

[tex]\frac{Keliling \: Ulin}{Keliling \: Damar} = \frac{120 \div 30}{150 \div 30} [/tex]

[tex]\frac{Keliling \: Ulin}{Keliling \: Damar} = \frac{4}{5} [/tex]

5 Kelilling Ulin = 4 Keliling Damar

Keliling Ulin = [tex]\frac{4}{5} [/tex] Keliling Damar

Jadi pernyataan Leni adalah salah, seharusnya keliling Ulin itu sekitar 4 per 5 kali keliling Damar




Nomor 3

Dalam tes menguji rasa dua jenis susu kotak, 780 siswa memilih

Fullcream. Hanya 220 siswa yang memilih Hi-Cal. Lengkapi setiap

pernyataan berikut


a. Terdapat ... siswa lebih banyak yang memilih Fullcream.

Jawab

Selisih siswa yang memilih fullcream dan Hi-cal

= 780 – 220

= 560

Jadi terdapat 560 siswa lebih banyak yang memilih Fullcream.


b. Siswa yang memilih Fulcream lebih banyak daripada yang

memilih Hi-Cal dengan rasio ... : ....

Jawab

Fullcream : Hi-cal

= 780 : 220

= (780 ÷ 20) : (220 ÷ 20)

= 39 : 11




Nomor 4

Kelas VIID di SMP Mandala mengumpulkan data berbagai jenis film

yang disukai oleh siswa kelas VII dan VIII


a) Perbandingan banyak siswa kelas VII yang memilih film drama terhadap banyak siswa kelas VIII yang memilih drama

Jawab

= 105 : 150

= (105 ÷ 15) : (150 ÷ 15)

= 7 : 10


b) Pecahan yang menyatakan jumlah seluruh siwa (kelas VII dan kelas VIII) yang memilih film action

Jawab

Ada kesalahan hitung dalam soal yaitu jumlah seluruh kelas VIII seharusnya = (80 + 150) siswa = 230 siswa (bukan 240 siswa), sehingga jumlah seluruh siswa adalah = (180 + 230) siswa = 410 siswa

Jadi pecahan yang menyatakan jumlah seluruh siwa (kelas VII dan kelas VIII) yang memilih film action

= [tex]\frac{jumlah \: siswa \: yang \: memilih \: film \: action}{jumlah \: seluruh \: siswa}[/tex]

= [tex]\frac{80 + 75}{410}[/tex]

= [tex]\frac{155}{410}[/tex]

= [tex]\frac{155 \div 5}{410 \div 5}[/tex]

= [tex]\frac{31}{82}[/tex]


c) Perbandingan banyak siswa (kelas VII dan kelas VIII) yang memilih film drama terhadap banyak siswa (kelas VII dan kelas VIII) yang memilih film action

Jawab

= (105 + 150) : (75 + 80)

= 255 : 155

= (255 ÷ 5) : (155 ÷ 5)

= 51 : 31



Pelajari lebih lanjut  

Jawaban soal no 2

https://brainly.co.id/tugas/1400489


Jawaban soal no 4 jika ada ralat siswa kelas VIII yang menyukai Action adalah 90 orang

https://brainly.co.id/tugas/8992914


Jawaban soal no 5

https://brainly.co.id/tugas/4465336


Jawaban soal no 6

https://brainly.co.id/tugas/9000937


Jawaban soal no 7

https://brainly.co.id/tugas/1188997


Jawaban soal no 8

https://brainly.co.id/tugas/1134587


Jawaban soal no 9

https://brainly.co.id/tugas/1126663


Jawaban soal no 10

https://brainly.co.id/tugas/1344786


------------------------------------------------


Detil Jawaban    

Kelas : 7

Mapel : Matematika

Kategori : Perbandingan

Kode : 7.2.5


Kata Kunci : Kunci jawaban Matematika kelas 7 semester 2 Hal. 10 Uji kompetensi 5.1


15. Jawaban uji kompetensi 7 matematika kelas 8 semester 2 kurtilas


Jawaban Uji Kompetensi 7 Matematika Kelas 8 Semester 2 PG

Jawaban Pendahuluan

Soal matematika di atas merupakan materi dari lingkaran.

Pembahasan

Lingkaran adalah suatu geometri bidang atau bangun datar dimana terdapat kumpulan titik-titik yang mempunyai jarak yang bernilai sama atau tetap terhadap titik tunggal yang bersifat semu, sehingga titik-titik tersebut membentuk garis tertutup berupa lengkungan dalam satu putaran penuh secara berulang-ulang.

Pada suatu bidang lingkaran, terdapat jari-jari lingkaran (r) dan diameter lingkaran (d), sehingga bentuk persamaannya yaitu r = d/2 atau d = 2r. Rumus umum lingkaran adalah dengan menggunakan nilai konstanta pi/phi yang dinotasikan dalam π yang mempunyai nilai bilangan riil yang mendekati bilangan pecahan 22/7 dan bilangan desimal 3,14 sehingga ditulis menjadi π ≈ 22/7 ≈ 3,14.

Rumus menghitung keliling lingkaran

K = π ⋅ 2r

K = π ⋅ d

K busur = π ⋅ 2r ⋅ (m∠ / 360° )

K busur = π ⋅ d  ⋅ (m∠ / 360° )

Rumus menghitung luas lingkaran

L = π ⋅ r ⋅ r = π ⋅ r²

L = π ⋅ d/2 ⋅ d/2 = π ⋅ d²/4

L juring = π ⋅ r²  ⋅ (m∠ / 360° )

L juring = π ⋅ d²/4  ⋅ (m∠ / 360° )

Rumus untuk menghitung garis singgung persekutuan dua lingkaran adalah dengan menggunakan teorema Pythagoras, dimana j adalah garis singgung luar atau dalam lingkaran, p adalah jarak antara kedua titik pusat lingkaran, dan R dan r sebagai jari-jari lingkaran besar dan kecil.

Rumus garis singgung luar lingkaran

j² = p² - (R - r)²

Rumus garis singgung dalam lingkaran

j² = p² - (R + r)²

1.

Dik: Juring @ m∠ pusat = 90°, L = 78,5cm² (π = 3,14)

Dit: r=?

Jawab:

L juring = π ⋅ r²  ⋅ (m∠ / 360° )

78,5cm² = 3,14 ⋅ r²  ⋅ (90°  / 360° )

100cm²  = r²

r = 10cm ... (pilihan A)

2.

Dik: Busur @ K = 22cm, m∠ pusat = 120° (π = 22/7)

Dit: r=?

Jawab:

K busur = π ⋅ 2r ⋅ (m∠ / 360° )

22cm = 22/7 ⋅ 2r ⋅ (120° / 360° )

r = 10,5cm ... (pilihan tidak ada)

3.

Dik: Busur @ K = 16,5cm, d = 42cm (π = 22/7)

Dit: m∠ pusat=?

Jawab:

K busur = π ⋅ d ⋅ (m∠ / 360° )

16,5cm = 22/7 ⋅ 42cm ⋅ (m∠ / 360° )

m∠ = 45°  ... (pilihan A)

4.

Dik: Juring @ L = 57,75cm², m∠ pusat = 60°  (π = 22/7)

Dit: d=?

Jawab:

L juring = π ⋅ r²  ⋅ (m∠ / 360° )

57,75cm² = 22/7 ⋅ r²  ⋅ (60°  / 360° )

110,25cm² = r²

r = 10,5cm  ... (pilihan B)

5.

Dik: Busur @ r = 21cm, m∠ pusat = 30°  (π = 22/7)

Dit: K=?

Jawab:

K busur = π ⋅ 2r ⋅ (m∠ / 360° )

K busur = 22/7 ⋅ 2(21cm) ⋅ (30° / 360° )

K busur = 11cm  ... (pilihan A)

6.

Dik: Lingkaran O

Dit: m∠BAD=?

Jawab:

2 ⋅ Sudut keliling = Sudut pusat

2 ⋅ m∠BAD = 110°

m∠BAD = 55° ... (pilihan A)

7.

Dik: Lingkaran O

Dit: m∠AOB=?

Jawab:

m∠APB + m∠AQB + m∠ARB = 144°

3 ⋅ Sudut keliling = 144°

Sudut keliling = 48°

2 ⋅ Sudut keliling = Sudut pusat

2 ⋅ 48° = m∠AOB

m∠AOB = 96°  ... (pilihan tidak ada)

8.

Dik: Lingkaran @ d = 0,6m

Jarak = 10000km = 10000000m

Dit: Putaran=?

Jawab:

K lingkaran * putaran = jarak

π ⋅ d * n  = 10000000m

3,14 ⋅ 0,6m * n  = 10000000m

n ≈ 5000000  ... (pilihan D)

9.

Dik: Persegi @ s = 26cm

2 buah 1/4 lingkaran @ r = 14cm

Dit: K arsir=?

Jawab:

K = K persegi + K lingkaran

K = 4s + 2 ⋅ 1/4 ⋅ π ⋅ 2r

K = 4(26cm) + 1/2 ⋅ 22/7 ⋅ 2(14cm)

K = 158cm ... (pilihan C)

10.

Dik: Persegi @ s = 14cm

1/2 lingkaran @ d = 14cm, r = 7cm

Dit: L arsir=?

Jawab:

L = L persegi + L lingkaran

L = s²  + 1/2 ⋅ π ⋅ r²

L = (14cm)² + 1/2 ⋅ 22/7 ⋅ (7cm)²

L = 273cm² ... (pilihan C)

11.

Dik: Singgung luar

j = 12cm, rC = 7,5cm, rD = 4cm

Dit: p=?

Jawab:

p² = j² + (rC - rD)²

p² = (12cm)² + (7,5cm - 4cm)²

p = √156,25 cm²

p = 12,5cm ... (pilihan A)

12.

Dik: Singgung dalam

p = 7,5cm, rA = 2,5cm, rB = 2cm

Dit: j=?

Jawab:

j² = p² - (rA + rB)²

j² = (7,5cm)² - (2,5cm + 2cm)²

j = √36 cm²

j = 6cm ... (pilihan C)

13.

Dik: Singgung luar

R = 1,5cm, p = 2,5cm, j = 2,4cm

Dit: j=?

Jawab:

(R - r)² = p² -  j²

(1,5cm - r)²  = (2,5cm)² - (2,4cm)²

(1,5cm - r) ²  = 0,49cm²

1,5cm - r  = 0,7cm

r = 0,8cm ... (pilihan B)

14.

Dik: Singgung luar

R = 19cm, r = 10cm, j = 40cm

Dit: p=?

Jawab:

p² = j² + (R - r)²

p² = (40cm)² + (19cm - 10cm)²

p = √1681cm²

p = 41cm ... (pilihan A)

15.

Dik: Singgung luar

p = 17cm, j = 15cm

Dit: p=?

Jawab:

(R - r)² = p² -  j²

(R - r)²  = (17cm)² - (15cm)²

R - r = 8cm

R = 10cm dan r = 2cm ... (pilihan D)

16.

Dik: Singgung luar

p = 15cm, j = 12cm

Dit: p=?

Jawab:

(R - r)² = p² -  j²

(R - r)²  = (15cm)² - (12cm)²

R - r = 9cm

R = 12cm dan r = 3cm ... (pilihan B)

17.

Dik: Singgung luar

r1 = 13cm, p = 20cm, j = 16cm

Dit: r2=?

Jawab:

(R - r)² = p² -  j²

(R - r)²  = (20cm)² - (16cm)²

13cm - r = 12cm

r = 1cm ... (pilihan B)

18.

Dik: Singgung luar

D = 15cm, R = 7,5cm

d = 10cm, r = 5cm

p = 70cm

Dit: j=?

Jawab:

j² = p² - (R - r)²

j² = (70cm)² - (7,5cm - 5cm)²

j ≈ 69cm ... (pilihan A)

19.

Dik: Singgung dalam

j = 10cm, p = 8cm

Dit: p=?

Jawab:

(R + r)² = p² -  j²

(R + r)²  = (10cm)² - (8cm)²

R + r  = 6cm

R = 5cm dan r = 1cm ... (pilihan B)

20.

Dik: Singgung dalam

p = 20cm, j = 16cm, r1 = 10cm

Dit: p=?

Jawab:

(r1 + r2)² = p² -  j²

(10cm + r2)²  = (20cm)² - (16cm)²

10cm + r2  = 12cm

r2 = 2cm ... (pilihan A)

Kesimpulan

Pelajari lebih lanjut

-----------------------------

Detil Jawaban

Kelas : VIII/8 (2 SMP)

Mapel : Matematika

Bab : Bab 7 - Lingkaran

Kode : 8.2.7

Kata Kunci : lingkaran, juring, busur, sudut pusat, sudut keliling, persinggungan lingkaran

===


Video Terkait


Post a Comment for "Uji Kompetensi 10 Matematika Kelas 8 Semester 2"