Jawaban Aktivitas Kelompok Ips Kelas 9 Semester 1 Hal 5
Jawaban aktivitas kelompok ips kelas 9 semester 2
1. Jawaban aktivitas kelompok ips kelas 9 semester 2
Jawaban:
soalnya mananya~~~~~~
Jawaban:
hah
maksudnya
apaa
maaf gk tau maksudnya
2. aktivitas kelompok halaman 73 pelajaran IPS kelas 9 semester 1tolong dijawab kak pilsss
Jawaban:
mana soalnya?
...........................
3. jawaban aktivitas kelompok ips kelas 8 semester 2
Jawaban:
yang manaa woee lah gua mana tau gua kga ad bukuny:/
4. Apa jawaban aktivitas kelompok ips kelas 8 semester 2 halaman 205
1.perusahaan dagang belanda VOC
2.VOC
3.
5. Jawaban ips kls 9 hal 5 aktivitas kelompok
Jawaban:
tolong soalnya dong
Penjelasan:
T_T
6. aktivitas kelompok halaman 126 ips kelas 9
pertanyaan ini sungguh tidak jelas
7. aktivitas kelompok IPS halaman 21 kelas 9 21 kelas 9
Jawaban:
mana soalnya enggak ada tugasnya kok
8. aktivitas kelompok IPS kelas 9 halaman 14
5 Nama negara yang terdapat di Regional Eropa Utara:
Estonia. Kepulauan Faroe.Irlandia.Kerjaan Inggris Raya. Latvia.5 Nama negara yang terdapat di Regional Eropa Timur:
Polandia. Rumania. Ukraina.Moldova. Bulgaria.5 Nama negara yang terdapat di Regional Eropa Selatan:
Albania. Portugal.Italia. Serbia. Malta5 Nama negara yang terdapat di Regional Eropa Barat:
Belgia. Perancis. Jerman. Monako.BelandaPembahasanBenua Eropa atau yang sering dikenal dengan benua biru adalah benua yang berbatasan dengan Samudra Arktik, Samudra Atlantik dan Laut tengah. Benua Eropa diperkirakan memiliki luas mencapai 10.180.000 kilo meter kubik. Jika dilihat secara astronomis maka benua Eropa terletak di kawasan 35° Lintang Utara hingga 71° Lintang Utara dan 11° Bujur Barat hingga 66° Bujur Timur. Negara yang terhimpun sebagai negara dalam benua Eropa ada 50 negara dan 13 diantaranya masih dalam keadaan disengketakan. Benua Eropa merupakan benua ketiga dengan populasi terbanyak setelah Benua Asia dan Benua Afrika.
Pelajari lebih lanjut Materi tentang posis dari negara yang ada di kawasan asia tenggara https://brainly.co.id/tugas/35720074Materi tentang negara yang sangat bagus untuk peternakan domba https://brainly.co.id/tugas/42213164Materi tentang pertanyaan benua Asia https://brainly.co.id/tugas/30267670Detail JawabanKelas : IX SMP
Mapel : IPS
Materi : Bab 10 - Benua dan Samudera
Kode Kategorisasi : 9.10.10
#AyoBelajar #SPJ5
9. aktifitas kelompok mata pelajaran ips kls 7 semester 1 hal 181
Jawaban:
mmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmmzfm ul
10. jawaban aktivitas kelompok ips kelas 8 semester 2 kurikulum 2013 halaman 169
Jawabandanpenjelasanadadiatas
jikakurangmengertibisaditanyasaya
#ANASTASYA_Maaf_klok_salah :-)
11. Aktivitas individu kelas 8 semester 1 hal 83 ipsTolong jawab!!
aktivitas individu kelas 8 semester 1 hal 83 IPS
1. 6 tetangga yang mengalami mobilitas
a. Agus mengalami mobilitas horizontal
b. Rani mengalami mobilitas vertikal
c. Riyan mengalami mobilitas antar generasi
d. Wida mengalami mobilitas intragenerasi
e. Nabila mengalami mobilitas geografis
f. Nafisa mengalami mobilitas vertikal
2. Proses mobilitas sosial
a. Agus awalnya beragam katolik, namun karena ia akan menikah dengan orang islam dia berubah agama menjadi islam.
b. Rani dulunya hanya buruh cuci di lingkungannya, namun karena ketekunannya dia sekarang menjadi bos besar laudry dengan cabang dimana-mana.
c. Riyan hanyalah tukang becak, namun ia berhasil menyekolahkan anaknya hingga sukses dan sekarang taraf hidupnya naik setelah anaknya menjadi PNS.
d. Wida dulunya seorang aktivis pada era reformasi, namun sekarang ia bekerja sebagai dosen di sebuah perguruan tinggi negeri.
e. Nabila dulunya tinggal di yogyakarta,namun karena ia di tugaskan di pusat makanya ia harus berdomisili di Jakarta.
f. Nafisa berasal dari keluarga kurang mampu yang berpendidikan rendah, namun karena ketekunannya ia berhasil memperoleh beasiswa sekolah di luar negeri dan menuntaskan S2 di Perancis.
3. Faktor-faktor yang mempengaruhi mobilitas sosial
a. Faktor individu
b. Perubahan kondisi sosial
c. Berkembangnya IPTEK
d. Berkembangnya sistem pembagian kerja
e. Tingkat kelahiran dan kematian penduduk
f. Kemudahan akses untuk mendapatkan pendidikan
PembahasanHallo teman-teman BrainlyLovers!!!
Mari kita mencoba menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan pelajaran Sekolah Mengah pertama dalam mapel IPS tentang mobilitas sosial.
a. Mobilitas Horizontal
Perubahan ataupun perpindahan individu dari suatu objek sosial maupun kelompok sosial yang memiliki kesetaraan derajat.
b. Mobilitas vertikal
Perubahan ataupun perpindahan individu dalam suatu kedudukan sosial ke dalam kedudukan yang lain yang lebih tinggi ataupun yang lebih rendah/ kedudukan tidak setara.
c. Mobilitas antar generasi
Perubahan ataupun perpindahan status sosial yang terjadi dari 2 generasi atau lebih, misal dalam generasi ayah-ibu, generasi anak-anak, dan generasi cucu-cucu.
d. Mobilitas intragenerasi
Perubahan ataupun peralihan status sosial yang terjadi dalam satu periode generasi.
e. Mobilotas geografis
Perubahan ataupun perpindahan individu dari suatu tempat ke tempat lain atau ke wilayah yang berbeda.
Mungkin itu dulu sedikit penjelasan dari saya tentang pelajaran sosiologi semoga bermanfaat untuk Adik-adik semua yaa
Pelajari Lebih Lanjut:Adik-adik semua masih kepingin belajar materi IPS kan? Yuk adik-adik cek link di bawah ini yaa!!! Semoga dapat membantu adik-adik dalam belajar dan semoga membantu ya
1.Kajian tentang kejadian kronologis reformasi, cek link berikut ini ya https://brainly.co.id/tugas/13343026
2.Kajian tentang keterkaitan keadaan alam dengan persebaran dan konsentrasi penduduk di benua asia,cek link berikut ini ya https://brainly.co.id/tugas/95909#
3.Kajian tentang etnik mayoritas penduduk di benua eropa, cek link berikut ini ya https://brainly.co.id/tugas/4959987#
Detail JawabanKelas: 9
Mapel: IPS
Bab : Bab 5 - Perubahan Sosial
Kode : 9.10.2005
Kata Kunci: mobilitas sosial, 6 tetangga, faktor-faktor mobilitas sosial
Simak lebih lanjut di Brainly.co.id - https://brainly.co.id/tugas/6454933#readmore
12. IPS Kelas 8 Semester 2 Aktivitas Kelompok Hal 205.
Yang paling berkuasa menentukan harga beli kepada petani adalah perusahaan dagang Belanda VOC.
Pelajari juga tentang sejarah singkat VOC, baca di https://brainly.co.id/tugas/815222 PembahasanCengkih merupakan salah satu hasil utama masyarakat Maluku. Hasil perkebunan tersebut merupakan tanaman ekspor yang sangat dibutuhkan masyarakat Eropa. Perusahaan dagang Belanda VOC berusaha menguasai perdagangan tersebut. Rakyat hanya diperbolehkan menjual hasil perkebunan tersebut kepada VOC. Para pedagang lain tidak diperbolehkan membeli hasil perkebunan dari rakyat tersebut. VOC telah melakukan penguasaan perdagangan di Maluku, atau disebut praktik monopoli.
Siapa yang paling berkuasa menentukan harga beli kepada petani?
Jawab :
Yang paling berkuasa menentukan harga beli kepada petani adalah perusahaan dagang Belanda VOC.
______________________
Siapa yang paling menentukan harga jual kepada pedagang lain?
Jawab :
Yang paling menentukan harga jual kepada pedagang lain adalah perusahaan dagang Belanda VOC.
Pelajari juga tentang 7 hak istimewa VOC, baca di https://brainly.co.id/tugas/13444429______________________
Bagaimana nasib pedagang lain yang sama-sama ingin berdagang komoditas tersebut?
Jawab :
Nasib pedagang lain yang sama-sama ingin berdagang komoditas tersebut terpaksa harus membeli hasil perkebunan rakyat Maluku melalui perusahaan dagang Belanda VOC dengan harga yang lebih mahal karena adanya aturan bahwa yang boleh membeli hasil perkebunan dari rakyat Maluku hanya VOC.
______________________
Kesimpulan
Praktik monopoli merupakan praktik yang sangat menyengsarakan orang banyak demi menguntungkan segelintir pihak. Contoh praktik monopoli VOC yang terjadi di Indonesia menyebabkan rakyat Maluku hanya memiliki daya tawar yang rendah, hal ini dikarenakan mereka dilarang untuk menjual hasil perkebungan kepada pihak selain VOC. Selain itu, akibat monopoli ini, para pedagang lain yang ingin berdagang komoditas serupa terpaksa harus membeli sumber hasil perkebunan melalui perantara VOC. Akibat monopoli ini, VOC sangat diuntungkan karena dapat membeli sumber hasil perkebunan dengan harga serendah-rendahnya dan menjual dengan harga setinggi-tingginya.
Pelajari juga tentang 3 macam monopoli perdagangan VOC yang diterapkan pada rakyat Maluku, baca di https://brainly.co.id/tugas/3596696 Detail JawabanKelas : VIII
Mapel : Ilmu Pengetahuan Sosial
Bab : Bab 4 - Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan
Kode : 8.10.4
#AyoBelajar
13. Aktivitas kelompok IPS kelas 9 halaman 201
Jawaban:
Penilaian sikap dilakukan terhadap sikap spiritual dan sikap sosial. Format
untuk jurnal dan rubrik dari penilaian ini terdapat pada buku guru petunjuk
umum tabel 5 dan 6.
2) Penilaian Pengetahuan
a) Tes Tertulis
Penilaian pengetahuan dilakukan dengan memberikan nilai benar pada
jawaban dari pertanyaan yang diberikan secara lisan, tertulis, atau
penugasan. Adapun format dari rubrik penilaian pengetahuan telah
disampaikan di petunjuk umum buku guru.
b) Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Rubrik Penilaian terhadap Diskusi
Pernyataan
Pengungkapan Kebenaran Ketepatan dan lain
Nama gagasan yang penggunaan
konsep sebagainya
Peserta orisinal istilah
Didik
A
B
....
3) Penilaian keterampilan
a) Penilaian Kinerja
Rubrik Penilaian Kinerja
No Aspek yang Diamati Hasil
1 Berpartisipasi dalam mempersiapkan bahan diskusi.
Ilmu Pengetahuan Sosial 1
8
2 Memberikan pendapat dalam memecahkan masalah.
Memberikan komentar terhadap hasil kerja kelompok
3
lain.
4 Mengajukan pertanyaan ketika belajar di kelas.
Menulis dengan rapi dengan menggunakan bahasa yang
5
sesuai dengan EYD.
b) Penilaian Proyek
Rubrik Penilaian Projek
Kriteria dan Skor
Aspek
1 2 3 4
Persiapan Jika memuat Jika memuat Jika memuat Jika memuat
tujuan, tujuan, topik, tujuan, tujuan,
topik, dan alasan, dan topik, topik,
alasan. tempat alasan, alasan,
penelitian. tempat tempat
penelitian, penelitian,
dan responden,
responden. dan daftar
pertanyaan.
Pelaksanaan Jika data Jika data Jika data Jika data
diperoleh diperoleh diperoleh diperoleh
tidak kurang lengkap, lengkap,
lengkap, lengkap, kurang terstruktur,
tidak kurang terstruktur, dan sesuai
terstruktur, terstruktur, dan kurang tujuan.
dan tidak dan kurang sesuai
sesuai sesuai tujuan. tujuan.
tujuan.
1 Buku Guru Kelas IX SMP/MTs Edisi Revisi
9
14. Aktivitas Kelompok IPS Kelas 9 Halaman 103
Perubahan sosial budaya akibat:
Bertambah dan berkurangnya penduduk, meningkatnya jumlah pengangguran dan angka kemiskinan.Penemuan baru, memudahkan membaca berita secara online tanpa perlu membeli surat kabar.Konflik, konflik antara ojek online dan ojek pangkalan.Revolusi atau pemberontakan, Pemberontakan G30S/PKIPembahasanPerubahan sosial adalah perubahan pada unsur-unsur sosial, meliputi struktur sosial, fungsi sosial dalam masyarakat, dan juga struktur sosial. Cakupan perubahan sosial antara lain perubahan pola pikir, perilaku, dan juga alat-alat hasil penemuan. Perubahan sosial adalah bagian dari terjadinya perubahan kebudayaan.
Perubahan budaya merupakan perubahan yang terjadi pada aspek-asek kebudayaan baik yang sifatnya materi maupun non-materi. Perubahan sosial adalah bagian dari terjadinya perubahan kebudayaan.
Perubahan sosial budaya meliputi banyak hal, seperti cara berpikir, cara berpikir, cara berperilaku, dan penggunaan teknologi modern.
Adapun penyebab terjadinya perubahan sosial budaya antara lain:
Perubahan jumlah pendudukAdanya penemuan baruTerjadinya konfil, pemberontakanTerjadinya perubahan lingkungan alamAdanya pengaruh kebudayaan lainBentuk Perubahan Sosial Budaya Berdasarkan Pengaruhnya
Perubahan yang Pengaruhnya KecilPerubahan ini hanya diikuti oleh sebagian kecil masyarakat dan tidak menyebabkan perubahan pada unsur struktur sosial masyarakat. Contohnya perubahan trend atau mode pakaian, trend atau mode rambut, dan lain-lain.
Perubahan yang Pengaruhnya BesarPerubahan yang membawa pengaruh besar dalam kehidupan masyarakat. Contohnya industrialisasi yang mengubah struktur mata pencaharian masyarakat agraris menjadi masyarakat industri.
Pelajari lebih lanjutMateri tentang pengertian perubahan sosial budaya https://brainly.co.id/tugas/3785593Materi tentang bentuk perubahan sosial budaya https://braincy.co.id/tugas/3488049Materi tentang penyebab perubahan sosial budaya https://brainly.co.id/tugas/1037545----------------------------------------------------
Detail jawabanKelas: SMA
Mapel: IPS
Bab: Perubahan sosial budaya
Kode: -
#AyoBelajar #SPJ2
15. IPS halaman 121 aktivitas kelompok kelas 9
Perkembangan dari globalisasi ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang berikut.
a. Informasi dan komunikasi
Globalisasi dalam bidang informasi dan komunikasi telah memberikan dampak baik bagi kehidupan, sebelum masa modernisasi, komunikasi antar manusia dalam menyampaikan informasi hanya berpusat pada tradisional seperti pesan mulut ke mulut, surat, dan buku.
Namun, setelah era globalisasi proses komunikasi mengalami perkembangan cukup pesat, hingga masyarakat lebih mudah untuk mendapatkan informasi.
b. Ekonomi dan industri
Globalisasi sangat bermanfaat bagi bangsa Indonesia dalam bidang ekonomi, karena dengan globalisasi maka dapat membantu meningkatkan kemampuan masyarakat untuk berkompetisi.
Selan itu untuk meningkatkan kualitas produksi dalam negeri serta membantu meningkatkan pendapatan perkapita masyarakat.
c. Sosial budaya
Globalisasi telah banyak mengubah pola pikir masyarakat yang tadinya kental dengan tradisional kini berkembang menjadi lebih modern, hingga globalisasi dapat dikatakan berhasil mengubah pola kehidupan masyarakat.
Sedangkan untuk bidang budaya, globalisasi berperan serta dalam membantu memberikan wawasan dan meningkatkan kemampuan bahasa asing serta mengubah produktivitas kerja menjadi lebih baik.
d. Pendidikan
Globalisasi dalam bidang pendidikan kini sangat membantu para siswa terlebih di masa pandemi.
Dengan adanya proses globalisasi, dapat mengakses internet lebih mudah yang mana dapat menunjang kegiatan belajar siswa.
Selain itu, dalam bidang pendidikan juga sering terjadi pertukaran pelajar yang pastinya menguntungkan para pelajar dalam menimbah ilmu pengetahuan serta pengalaman.
Post a Comment for "Jawaban Aktivitas Kelompok Ips Kelas 9 Semester 1 Hal 5"