Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Matematika Wajib Kelas 11 Semester 2


Kunci Jawaban Matematika Wajib Kelas 11 Semester 2

kunci jawaban matematika kelas 7 semester 2 halaman 119 nomor 10 sama 11​

1. kunci jawaban matematika kelas 7 semester 2 halaman 119 nomor 10 sama 11​


Ayo Kita Berlatih 7.1 (Kelas 7 Semeter 2 Hal 119)

10. a. Garis-garis yang sejajar adalah q dengan s dan p dengan m.

b. Garis-garis yang berpotongan adalah r dengan n.

11. Pasanga  garis yang saling sejajar adalah AB dengan DE, AC dengan DF, CB dengan FE, AD dengan CF, AD dengan BE, dan CF dengan BE.

Pendahuluan

Garis adalah suatu kumpulan titik-titik. Garis dapat terbentuk dengan adanya minimal 2 titik. Garis bisa berupa garis lurus ataupun garis lengkung. Garis memiliki beberapa hubungan yaitu:

Sejajar, apabila antar garis tidak akan memiliki perpotongan di titik manapun atau dapat dikatakan memiliki arah yang sama. Berpotongan, apabila antar garis memiliki perpotongan pada titik tertentu. Berpotongan tegak lurus, apabila antar garis memiliki perpotongan dengan sudut di antara dua garis tersebut siku-siku. Bersilangan, apabila dua garis tidak sejajar tapi berada pada bidang yang berbeda.

Dari penjelasan tersebut, mari kita selesaikan permasalahan di atas!

Pembahasan

10. Diketahui:

Garis m, n, p, q, r, dan s.

Ditanyakan:

a. Garis yang sejajar

b. Garis yang berpotongan

Jawab:

a. Garis yang sejajar:

Artinya kita cari garis yang tidak mungkin berpotongan jika diperpanjang sampai kapanpun, yaitu:

q dengan s p dengan m

b. Garis yang berpotongan:

Artinya kita cari garis yang tidak saling sejajar, yaitu:

r dengan n

11. Diketahui:

Limas segitiga ABC.DEF

Ditanyakan:

Garis yang sejajar.

Jawab:

Cari garis yang jika diperpanjang tidak akan berpotongan, yaitu:

AB dengan DE AC dengan DF CB dengan FE AD dengan CF AD dengan BE CF dengan BE

Pelajari lebih lanjut: Materi tentang menentukan panjang garis pada bangun: https://brainly.co.id/tugas/27019953 Materi tentang menentukan garis yang saling sejajar: https://brainly.co.id/tugas/9564775 Materi tentang menentukan besar suatu sudut: https://brainly.co.id/tugas/14452055

_______________________________________________

DETAIL JAWABAN

Kelas: 7

Mapel: Matematika

Bab: 3 - Garis dan Sudut

Kode: 7.2.3

#AyoBelajar


2. Kunci jawaban lks matematika kelas 5 semester 1 halaman 11


gak semua orang punya LKS yang sama


3. Materi matematika wajib kelas 11 semester 1


Jawaban:

1.Logika Matematika

2.Induksi Matematika

3.Pertidaksamaan Linear Dua variabel

4.Program Linear Dua variabel

5.Matriks

6.Barisan dan deret

7.Limit fungsi aljabar


4. kunci jawaban matematika kelas 7 semester 2 halaman 28​


Kunci jawaban matematika kelas 7 semester 2 halaman 28. Soal yang dimaksud adalah soal “Ayo kita berlatih 5.3” tentang perbandingan senilai, terdiri dari 10 soal, tetapi untuk halaman 28 adalah soal no 1 dan 2. Disini saya akan menjawab no 1, 2 dan 8. Untuk soal lainnya dapat dilihat di link pelajari lebih lanjut  

Bentuk perbandingan senilai adalah:

a ⇒ p b ⇒ q

maka

[tex] \frac{a}{b} = \frac{p}{q} [/tex]

Pembahasan

1. Tentukan apakah tiap tabel berikut menunjukkan perbandingan senilai. Jika ia jelaskan!

Jawab

a) x₁ = 2, x₂ = 3, x₃ = 8, y₁ = 8, y₂ = 12, y₃ = 24

[tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{2}{8} = \frac{1}{4} [/tex] [tex] \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{3}{12} = \frac{1}{4} [/tex] [tex] \frac{x_{3}}{y_{3}} = \frac{8}{24} = \frac{1}{3} [/tex]

Karena [tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{x_{2}}{y_{2}} \rlap{/}{=} \frac{x_{3}}{y_{3}} [/tex] maka tabel tersebut tidak menunjukkan perbandingan senilai

b) x₁ = 6, x₂ = 10, x₃ = 14, y₁ = 18, y₂ = 30, y₃ = 42

[tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{6}{18} = \frac{1}{3} [/tex] [tex] \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{10}{30} = \frac{1}{3} [/tex] [tex] \frac{x_{3}}{y_{3}} = \frac{14}{42} = \frac{1}{3} [/tex]

Karena [tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{x_{3}}{y_{3}} [/tex] maka tabel tersebut menunjukkan perbandingan senilai

c) x₁ = 2, x₂ = 4, x₃ = 6, y₁ = 12, y₂ = 24, y₃ = 36

[tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{2}{12} = \frac{1}{6} [/tex] [tex] \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{4}{24} = \frac{1}{6} [/tex] [tex] \frac{x_{3}}{y_{3}} = \frac{6}{36} = \frac{1}{6} [/tex]

Karena [tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{x_{3}}{y_{3}} [/tex] maka tabel tersebut menunjukkan perbandingan senilai

d) x₁ = 1, x₂ = 3, x₃ = 4, y₁ = 1, y₂ = 9, y₃ = 16

[tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{1}{1} = 1 [/tex] [tex] \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{3}{9} = \frac{1}{3} [/tex] [tex] \frac{x_{3}}{y_{3}} = \frac{4}{16} = \frac{1}{4} [/tex]

Karena [tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} \rlap{/}{=} \frac{x_{2}}{y_{2}} \rlap{/}{=} \frac{x_{3}}{y_{3}} [/tex] maka tabel tersebut tidak menunjukkan perbandingan senilai

Jadi dari keempat tabel tersebut, yang menunjukkan perbandingan senilai adalah tabel b dan tabel c

2) Manakah grafik berikut ini yang bukan menunjukkan grafik perbandingan senilai. Jelaskan alasanmu!

Jawab

a) Grafik tersebut melalui titik (–1, –3) dan (1, 3), sehingga

[tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{-1}{-3} = \frac{1}{3} [/tex] [tex] \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{1}{3} [/tex]

Karena [tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{x_{2}}{y_{2}}[/tex] maka grafik tersebut menunjukkan perbandingan senilai

b) Grafik tersebut melalui titik (–2, 4), (–1, 1), (1, 1) dan (2, 4), sehingga

[tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{-2}{4} = -\frac{1}{2} [/tex] [tex] \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{-1}{1} = -1 [/tex] [tex] \frac{x_{3}}{y_{3}} = \frac{1}{1} = 1 [/tex] [tex] \frac{x_{4}}{y_{4}} = \frac{2}{4} = \frac{1}{2} [/tex]

Karena [tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} \rlap{/}{=} \frac{x_{2}}{y_{2}} \rlap{/}{=} \frac{x_{3}}{y_{3}} \rlap{/}{=} \frac{x_{4}}{y_{4}} [/tex] maka grafik tersebut tidak menunjukkan perbandingan senilai

c) Grafik tersebut melalui titik (–4, –2), (–2, –1), (2, 1) dan (4, 2), sehingga

[tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{-4}{-2} = 2 [/tex] [tex] \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{-2}{-1} = 2 [/tex] [tex] \frac{x_{3}}{y_{3}} = \frac{2}{1} = 2 [/tex]

Karena [tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{x_{3}}{y_{3}}[/tex] maka grafik tersebut menunjukkan perbandingan senilai

d) Grafik tersebut melalui titik (–3, –3), (–1, –1), (1, 1) dan (3, 3), sehingga

[tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{-3}{-3} = 1 [/tex] [tex] \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{-1}{-1} = 1 [/tex] [tex] \frac{x_{3}}{y_{3}} = \frac{1}{1} = 1 [/tex]

Karena [tex] \frac{x_{1}}{y_{1}} = \frac{x_{2}}{y_{2}} = \frac{x_{3}}{y_{3}}[/tex] maka grafik tersebut menunjukkan perbandingan senilai

Jadi grafik yang tidak menunjukkan perbandingan senilai adalah grafik b

8. Rafi mencatat bahwa 60% dari teman sekelasnya adalah perempuan dan dia menyimpulkan bahwa perbandingan perempuan terhadap laki-laki adalah 3 : 5. Apakah kesimpulannya benar. Jelaskan

Jawab

Menurut Rafi, persentase perempuan di kelas tersebut adalah 60% sehingga persentase laki-lakinya adalah

= 100% – 60%  

= 40%

Jadi perbandingan perempuan terhadap laki-laki dikelas tersebut adalah

= 60% : 40%

= 60 : 40

= 6 : 4

= 3 : 2

Jadi kesimpulan yang disampaikan oleh Rafi adalah salah, seharusnya perbandingan perempuan terhadap laki-laki adalah 3 : 2

Pelajari lebih lanjut  

Berikut jawaban soal lainnya

No 3: https://brainly.co.id/tugas/5702118 No. 4: https://brainly.co.id/tugas/9052734 No. 5: https://brainly.co.id/tugas/1222046 No. 6: https://brainly.co.id/tugas/1521107 No. 7: https://brainly.co.id/tugas/1509503 No. 9: https://brainly.co.id/tugas/9019864 No. 10: https://brainly.co.id/tugas/2677103

------------------------------------------------

Detil Jawaban  

Kelas : 7

Mapel : Matematika  

Kategori : Perbandingan  

Kode : 7.2.5


5. halo minta bantuan buat matematika wajib kelas 11 semester 1 dong​


Jawab:

Penjelasan dengan langkah-langkah:

[tex]\cos x. \tan x = \sin x\\ \\ \cos x.\frac{\sin x}{\cos x} = \sin x\\ \\\sin x = \sin x \ (terbukti)[/tex]

[tex]\frac{\cos^2A}{1-\sin A}=1+\sin A\\ \\ \frac{1-\sin^2 A}{1-\sin A}=1+\sin A\\ \\\frac{(1+\sin A)(1-\sin A)}{1-\sin A}=1+\sin A \\ \\1+\sin A = 1+\sin A[/tex]

2.a siku-siku di L,

LM² = KM²-KL²

LM² = 13² - 5² = 169 - 25 = 144

LM = 12

[tex]\sin K = \frac{de}{mi} = \frac{12}{13}\\ \\\cos K = \frac{sa}{mi} = \frac{5}{13}\\ \\ \tan K = \frac{de}{sa} = \frac{12}{5}[/tex]


6. kunci jawaban matematika kelas 7 semester 2 hal.18​


Semoga kamu terbantu atas jawaban saya^_^


7. Kunci jawaban matematika kelas 8 semester 2 halaman 22


jawaban:

a. Titik (10, 20) dan (13, 16)

= Jarak √{(20-16)² + (10-13)²}

= √{4² + (-3)²}

= √(16+9)

= √25

= 5 satuan

b. Titik (15, 37) dan (42, 73)

= Jarak √{(73-37)² + (42-15)²}

= √(36² + 27)²

= √(1296+729)

= √2025

= 45 satuan

c. Titik (-19, -16) dan (-2, 14)

= Jarak √{(14-(-16))² + (-2-(-19))²}

= √(30² + 17)²

= √(900+289)

= √1189

= 34, 5 satuan.

Penjelasan:

semoga membantuuu


8. Kunci jawaban matematika kelas 8 semester 2 hal 132


Kunci jawaban matematika kelas 8 semester 2 hal 132. Soal yang dimaksud adalah soal latihan “Ayo Kita Berlatih 8.1” tentang bangun ruang kubus dan balok. Untuk halaman 132, hanya terdiri dari 2 soal yaitu nomor 1 dan 2, tetapi disini kita akan mencoba membahas dari nomor 1 sampai 5

Pembahasan

1. Akan dibuat model kerangka balok berukuran 30 cm × 20 cm × 10 cm dari kawat sepanjang 10 m

Jawab

a) Banyak kerangka balok yang dapat dibuat

Panjang kerangka balok

= 4(p + l + t)

= 4(30 cm + 20 cm + 10 cm)

= 4(60 cm)

= 240 cm

Panjang kawat yang tersedia

= 10 m

= 1000 cm

Banyak kerangka balok yang dapat dibuat

= 1000 cm  ÷ 240 cm

= 4,17

4 kerangka balok

b) Sisa kawat yang telah digunakan untuk membuat kerangka balok

= panjang kawat – 4 × panjang kerangka balok

= 1000 cm – 4 × 240 cm

= 1000 cm – 960 cm

= 40 cm

2. Mana diantara bentuk-bentuk berikut ini yang dapat dilipat untuk membentuk kubus yang memenuhi aturan bahwa jumlah titik pada sisi-sisi yang berhadapan adalah 7

Jawab

Bentuk I: tidak memenuhi karena ada sisi-sisi yang berhadapan yang jumlah titiknya tidak sama dengan 7 yaitu

1 dengan 5 ⇒ 1 + 5 ≠ 7 2 dengan 6 ⇒ 2 + 6 ≠ 7

Bentuk II: ya, memenuhikarena titik pada sisi-sisi yang berhadapannya berjumlah 7 yaitu

4 dengan 3 ⇒ 4 + 3 = 7 5 dengan 2 ⇒ 5 + 2 = 7 1 dengan 6 ⇒ 1 + 6 = 7

Bentuk III: ya, memenuhi karena titik pada sisi-sisi yang berhadapannya berjumlah 7 yaitu

3 dengan 4 ⇒ 3 + 4 = 7 1 dengan 6 ⇒ 1 + 6 = 7 5 dengan 2 ⇒ 5 + 2 = 7

Bentuk IV: tidak memenuhi karena ada sisi-sisi yang berhadapan yang jumlah titiknya tidak sama dengan 7 yaitu

1 dengan 3 ⇒ 1 + 3 ≠ 7 4 dengan 6 ⇒ 6 + 6 ≠ 7

3. Terdapat 3 dadu disusun ke atas. Bagian atas dadu 1 adalah 4. Tentukan jumlah titik pada sisi dadu yang tidak dapat kalian lihat.

Jawab

Bagian bawah pada dadu 1 = 7 – atas = 7 – 4 = 3 Bagian atas dan bagian bawah pada dadu 2 adalah berjumlah 7 (karena saling berhadapan, jadi tidak perlu kita cari banyak titiknya ada berapa) Bagian atas dan bagian bawah pada dadu 3 adalah berjumlah 7 (karena saling berhadapan, jadi tidak perlu kita cari banyak titiknya ada berapa)

Jadi jumlah titik pada sisi dadu yang tidak dapat kalian lihat adalah

= 3 + 7 + 7

= 17 titik

4. Agar terbentuk jaring-jaring balok, bidang yang harus dihilangkan adalah bernomor ...

Jawab

C. 1, 4, 9. Untuk gambarnya dapat dilihat di lampiran

5. Suatu balok memiliki luas permukaan 188 cm². Jika lebar dan tinggi balok masing-masing 8 cm dan 6 cm. Tentukan panjang balok tersebut

Jawab

Lp = 188  

2(pl + pt + lt) = 188  

pl + pt + lt = [tex]\frac{188}{2}[/tex]  

p × 8 + p × 6 + 8 × 6 = 94  

8p + 6p + 48 = 94

14p = 94 – 48

14p = 46

p = [tex]\frac{46}{14}[/tex]

p = [tex]\frac{23}{7}[/tex]

p = [tex]3\frac{2}{7}[/tex]

p = 3,28 cm

Pelajari lebih lanjut

Contoh soal lain tentang bangun ruang

Banyak titik sudut pada kubus: brainly.co.id/tugas/18409387 Perbedaan kubus dan balok: brainly.co.id/tugas/186267 Volume kubus dan balok: brainly.co.id/tugas/15348661

------------------------------------------------

Detil Jawaban    

Kelas : 8

Mapel : Matematika  

Kategori : Bangun Ruang

Kode : 8.2.8

#AyoBelajar


9. matematika kelas 11 semester 2Tolong jawabkan pakai penjelasan​


Jawaban:

Jika ada bagian yg krang paham bisa pm ya


10. kunci jawaban buku paket matematika kelas 8 semester 2 halaman 11-12 nomer 6-7​


Ayo kita berlatih 6.1 no 6 dan 7 matematika semester 2 kelas 8 halaman 12, merupakan materi Teorama Pythagoras yang soalnya bisa dilihat pada lampiran I

Pendahuluan

Teorama Pythagoras  

Untuk setiap segitiga siku-siku berlaku : luas persegi pada sisi miring (hipotenusa) sama dengan jumlah luas persegi pada sisi siku-sikunya).

Hubungan panjang sisi pada setiap segitiga siku-siku dapat dinyatakan dalam bentuk rumus berikut.

c² = a² + b²

a² = c² - b²

b² = c² - a²

Pembahasan

Jawaban Ayo kita berlatih 6.1 no 1 - 5 bisa di simak pada https://brainly.co.id/tugas/26258812

6. Tentukan panjang AB dari gambar berikut

Perhatikan gambar yang terdapat pada lampiran II

Gambar a.

Diketahui :

AD = CD = 4 cm

BC = 3 cm

Panjang AB

AB² = (AD - BC)² + CD²

       = (4 - 3)² + 4²

       = 1 + 16

       = 17

AB = √17

Jadi panjang AB gambar a adalah √17 cm

Gambar b

Diketahui :

CD = 4 cm

BC = 7 cm

AD = 6 cm

Panjang BD pada segitiga BCD

BD² = BC² + CD²

       = 7² + 4²

       = 49 + 16

       = 65

BD = √65

Panjang AB pada Δ ABD

AB² = BD² - AD²

      = (√65)² - 6²

      = 65 - 36

      = 29

AB = √29

Jadi panjang AB gambar b adalah √29 cm

Gambar c

Diketahui :

AO = 3 cm + 1 cm = 4 cm

BO = 5 cm

Panajang AB

AB² = AO² + BO²

       = 4² + 5²

       = 16 + 25

       = 41

AB = √41

Jadi panjang AB gambar c adalah √41 cm

7. Diketahui persegi panjang ABCD dan P merupakan titik di dalam persegi panjang. Jika PC = 8 cm, PD = 4 cm, dan PB = 7 cm, maka PA adalah ...

Penyelesaian :

Perhatikan gambar yang ada pada lampiran III. Kita tarik garis hijau yang tegak lurus melalui titik P agar terbentuk segitiga siku-siku, karena syarat pythagoras adalah salah satu sudut pada segitiga haruslah siku-siku dan kedua sisi tegak lurus. Ada 4 garis diagonal yang terdiri dari 4 segitiga siku-siku 

Keempat diagonal tersebut kita masukan kedalam rumus pythagoras yaitu c² = a² + b², maka PA² = a² + b²

PD² = b² + c²

  4² = b² + c²

  b² = 4² - c²

PC² = c² + d²

 8² = c² + d²

 c² = 8² - d²

PB² = a² + d²

 7² = a² + d²

 a² = 7² - d²

Subtitusikan

PA² = a² + b²

PA² = (7² - d²) + (4² - c²)

PA² = 7² - d² + 4² - (8² - d²)

PA² = 7² - d² + 4² - 8² + d²

PA² = 7² + 4² - 8² 

PA² = 49 + 16 - 64

PA² = 65 - 64

PA² = 1

PA = √1

PA = 1 cm

Cara cepat :

PA² + PC² = PD² + PB²

PA² + 8² = 4² + 7²

       PA² = 4² + 7² - 8²

       PA² = 16 + 49 - 64

       PA² = 65 - 64

       PA² = 1

       PA = 1 cm

Jadi panjang PA adalah 1 cm

---------------------------------------------------------------------------

Pelajari lebih lanjut tentang PythagorasLimas P.ABC dengan alas segitiga ABC yang siku-siku di C. → brainly.co.id/tugas/13976071Manakah yang merupakan tripel phytagoras → brainly.co.id/tugas/21345321Trapesium KLMN sama kaki → brainly.co.id/tugas/10147270Pada segitiga PQR berikut ini, diketahui RS = 4 cm, PS = 8 cm, QS = 16 cm. Hitunglah panjang PQ → brainly.co.id/tugas/13268361Layang layang ABCD → brainly.co.id/tugas/2043254Detil JawabanKelas        : 8 SMPMapel       : MatematikaBab           : 4 - Teorama PythagorasKode         : 8.2.4

Semoga Bermanfaat


11. Kunci jawaban buku matematika kelas 7 semester 2 8.1


Kunci jawaban buku matematika kelas 7 semester 2 8.1 Kakak ambil dari buku Matematika kelas 7 semester 2 Kurikulum 2013 revisi 2016 ya! Jawabannya adalah yang sudah kakak sertakan di lampiran di bawah! Semangat adik-adik semua!

Pembahasan

Halo adik-adik! Balik lagi di Brainly!! Gimana, masih semangat belajar kah? Nah untuk pertanyaan di atas itu sedikit masuk ke materi tentang bangun datar. Oke langsung aja yukkkkk kita bahas. Nah adik-adik sebenarnya pada bagun datar ini dibagi menjadi sua jenis yaitu segitiga dan segiempat. Kemudian pada segiempat terdapat beberapa jenis segiempat yaitu persegi, persegi panjang, jajargenjang, trapesium, layang-layang, dan belah ketupat. Oke langsung aja yuk kita lihat penjelasan dari jawaban soal di atas yang sudah kakak lampirkan di bawah ya! Semangat! Semoga membantu adik-adik semua!

Pelajari Lebih Lanjut

Adik-adik semua masih kepingin belajar dan memperdalam materi di atas? Yuk cek aja link-link yang ada di bawah ini ya! Semangat!

Contoh soal memisahkan suatu bangun menjadi 4 bagian yang jika 4 bagian tersebut digabungkan bisa membentuk sebuah persegi : https://brainly.co.id/tugas/10234835 Contoh soal menentukan banyaknya segitiga sama sisi : https://brainly.co.id/tugas/8929799 Contoh soal menentukan banyaknya layang-layang yang diperlukan : https://brainly.co.id/tugas/10056153

Detail Jawaban

Kelas : 7 SMP

Mapel : Matematika

Bab : 4 – Segiempat dan Segitiga

Kode : 7.2.2004

Kata Kunci : Bangun Datar, Segiempat, Layang-layang, Segitiga, Persegi, Persegi Panjang.


12. kunci jawaban matematika kelas 8 semester 2 halaman 12​


kunci jawaban matematika kelas 8 semester 2 halaman 12​ merupakan materi Teorama Pythagoras yang soalnya bisa dilihat pada lampiran I

Pendahuluan

Teorama Pythagoras  

Untuk setiap segitiga siku-siku berlaku : luas persegi pada sisi miring (hipotenusa) sama dengan jumlah luas persegi pada sisi siku-sikunya).

Hubungan panjang sisi pada setiap segitiga siku-siku dapat dinyatakan dalam bentuk rumus berikut.

c² = a² + b²

a² = c² - b²

b² = c² - a²

Pembahasan

Jawaban Ayo kita berlatih 6.1 no 1 - 5 bisa di simak pada brainly.co.id/tugas/26258812

6. Tentukan panjang AB dari gambar berikut

Perhatikan gambar yang terdapat pada lampiran II

Gambar a.

Diketahui :

AD = CD = 4 cm

BC = 3 cm

Panjang AB

AB² = (AD - BC)² + CD²

      = (4 - 3)² + 4²

      = 1 + 16

      = 17

AB = √17

Jadi panjang AB gambar a adalah √17 cm

Gambar b

Diketahui :

CD = 4 cm

BC = 7 cm

AD = 6 cm

Panjang BD pada segitiga BCD

BD² = BC² + CD²

      = 7² + 4²

      = 49 + 16

      = 65

BD = √65

Panjang AB pada Δ ABD

AB² = BD² - AD²

     = (√65)² - 6²

     = 65 - 36

     = 29

AB = √29

Jadi panjang AB gambar b adalah √29 cm

Gambar c

Diketahui :

AO = 3 cm + 1 cm = 4 cm

BO = 5 cm

Panajang AB

AB² = AO² + BO²

      = 4² + 5²

      = 16 + 25

      = 41

AB = √41

Jadi panjang AB gambar c adalah √41 cm

7. Diketahui persegi panjang ABCD dan P merupakan titik di dalam persegi panjang. Jika PC = 8 cm, PD = 4 cm, dan PB = 7 cm, maka PA adalah ...

Penyelesaian :

Perhatikan gambar yang ada pada lampiran III. Kita tarik garis hijau yang tegak lurus melalui titik P agar terbentuk segitiga siku-siku, karena syarat pythagoras adalah salah satu sudut pada segitiga haruslah siku-siku dan kedua sisi tegak lurus. Ada 4 garis diagonal yang terdiri dari 4 segitiga siku-siku

Keempat diagonal tersebut kita masukan kedalam rumus pythagoras yaitu c² = a² + b², maka PA² = a² + b²

PD² = b² + c²

 4² = b² + c²

 b² = 4² - c²

PC² = c² + d²

 8² = c² + d²

 c² = 8² - d²

PB² = a² + d²

 7² = a² + d²

 a² = 7² - d²

Subtitusikan

PA² = a² + b²

PA² = (7² - d²) + (4² - c²)

PA² = 7² - d² + 4² - (8² - d²)

PA² = 7² - d² + 4² - 8² + d²

PA² = 7² + 4² - 8² 

PA² = 49 + 16 - 64

PA² = 65 - 64

PA² = 1

PA = √1

PA = 1 cm

Cara cepat :

PA² + PC² = PD² + PB²

PA² + 8² = 4² + 7²

      PA² = 4² + 7² - 8²

      PA² = 16 + 49 - 64

      PA² = 65 - 64

      PA² = 1

      PA = 1 cm

Jadi panjang PA adalah 1 cm

9. Panjang sisi persegi besar adalah 15 cm luas persegi kecil adaah 25 cm² Tentukan nilai x

Penyelesaian :

Garis x merupakan hipetenusa dari dua sisi siku-siku yaitu sisi AB dan BC.

L persegi kecil = 25 cm²

                   L = s²

                   s = √L

                    s = √25

                    s = 5 cm

Jadi panjang sisi persegi kecil = 5 cm

Untuk mencari nilai x kita menggunakan pythagoras

x² = AB² + BC²

x² = 15² + (15 + 5)²

x² = 15² + 20²

x² = 225 + 400

x² = 625

 x = √625

 x = 25 cm

Jadi nilai x aadalah 25 cm

No. 10 https://brainly.co.id/tugas/4558600

---------------------------------------------------------------------------

Pelajari lebih lanjut tentang PythagorasLimas P.ABC dengan alas segitiga ABC yang siku-siku di C. → brainly.co.id/tugas/13976071Manakah yang merupakan tripel phytagoras → brainly.co.id/tugas/21345321Trapesium KLMN sama kaki → brainly.co.id/tugas/10147270Pada segitiga PQR berikut ini, diketahui RS = 4 cm, PS = 8 cm, QS = 16 cm. Hitunglah panjang PQ → brainly.co.id/tugas/13268361Layang layang ABCD → brainly.co.id/tugas/2043254Detil JawabanKelas        : 8 SMPMapel       : MatematikaBab           : 4 - Teorama PythagorasKode         : 8.2.4

Semoga Bermanfaat


13. Matematika kelas 11 semester 2 pakai penjelasannya​


Jawaban:

d. 8 anak

Penjelasan dengan langkah-langkah:

nilai rata-rata = 6

3+4+5+6+7+8+9 = 42 : 7 = 6

nilai rendah = 4+5+8 = 17 anak

tinggi = 10+6+4+3 = 25 anak

selisih = 25-17 = 8 anak

semoga membantu, semangat dan sukses!


14. kunci jawaban buku matematika kelas 7 semester 2 hal 84​


Ayo Kita Menalar (Kelas 7 Semester 2 halaman 84)

Seorang pedagang membeli mangga sebanyak 50 kg dengan harga Rp.7.500,00 per kg. Kemudian 30 kg dijual dengan harga Rp.9.000,00 per kg, dan sisanya dijual dengan harga Rp.7.000,00 per kg.

Maka:

a. Harga pembelian dan harga penjualan adalah Rp.375.000,00 dan Rp.390.000,00.

b. Besarnya untung dari hasil penjualan tersebut adalah Rp.15.000,00.

Pendahuluan

Aritmetika sosial adalah materi matematika mengenai hal-hal yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya seperti tabungan, perdagangan, bruto, netto, bunga, dan lain-lain. Pada permasalahan kali ini, kita akan membahas persoalan mengenai perdagangan. Beberapa hal yang perlu dipahami adalah sebagai berikut:

Perdangan akan mengalami untung jika harga jual > harga beli. Perdangan akan mengalami rugi jika harga jual < harga beli.

Dari penjelasan tersebut, mari kita selesaikan permasalahan di atas!

Pembahasan

Diketahui:

Banyak mangga = 50 kg Harga Beli = Rp.7.500,00/ kg Harga Jual (20 kg) = Rp.9.000,00/ kg Harga Jual (sisa) = Rp.7.000,00/ kg

Ditanyakan:

a. Harga pembelian dan harga penjualan.

b. Besarnya untung atau rugi dari hasil penjualan tersebut.

Jawab:

a. Harga pembelian dan harga penjualan.

Untuk menentukan harga beli:

[tex] Harga \ Beli = 50 \ kg \times Rp.7.500.00/ kg \\ Harga \ Beli = Rp.375.000,00 [/tex]

Jadi harga pembelian mangga seluruhnya adalah Rp.375.000,00.

Untuk menentukan harga jual:

[tex] Harga \ Jual = (20 \ kg \times Rp.9.000,00/kg) + ((50 \ kg \ - \ 20 \ kg) \times Rp.7.000,00/kg) \\ Harga \ Jual = Rp.180.000,00 \ + \ (30 \ kg \times Rp.7.000,00) \\ Harga \ Jual = Rp.180.000,00 \ + \ Rp.210.000,00 \\ Harga \ Jual = Rp.390.000,00 [/tex]

Jadi, harga penjualan mangga seluruhnya adalah Rp.390.000,00.

b. Besarnya untung atau rugi dari hasil penjualan tersebut.

Dari harga pembelian dam harga penjualan, kita dapat melihat bahwa harga jual > harga beli. Maka pedagang itu mendapatkan keuntungan.  

[tex] Keuntungan = Harga \ Jual \ - \ Harga \ Beli \\ Keuntungan = Rp.390.000,00 \ - \ Rp.375.000,00 \\ Keuntungan = Rp.15.000,00 [/tex]

Jadi, keuntungan yang didapatkan pedagang tersebut adalah Rp.15.000,00.

Pelajari lebih lanjut: Materi tentang menentukan harga jual dalam suatu perdagangan agar tidak mengalami kerugian: https://brainly.co.id/tugas/26529955 Materi tentang menentukan keuntungan dalam suatu perdagangan: https://brainly.co.id/tugas/2211022 Materi tentang menentukan persentase keuntungan suatu perdagangan: https://brainly.co.id/tugas/26233731

_______________________________________________

DETAIL JAWABAN

Kelas: 7

Mapel: Matematika

Bab: 7 - Aritmetika Sosial

Kode: 7.2.7


15. Kunci jawaban matematika kelas 7 semester 2 halaman 13


Jawaban:

maaf ya kak saya tidak bisa bantu


Video Terkait


Post a Comment for "Kunci Jawaban Matematika Wajib Kelas 11 Semester 2"