Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 6


Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 6

jawaban-jawaban isian bahasa Indonesia halaman 6 kelas 7​

Daftar Isi

1. jawaban-jawaban isian bahasa Indonesia halaman 6 kelas 7​


Jawaban:

Catat saja Soal nya gw juga ga tau


2. Kunci jawaban bahasa Indonesia kelas 7 SMP halaman 6​ dan 7


1. Objek atau hal yang dideskripsikan dari teks deskripsi tersebut adalah:

A. Teks 1: Pantai Parangtritis

B. Teks 2: Ayah penulis

C. Teks 3: Ibu penulis

D. Teks 4: Kelinci penulis

2. Tujuan dari teks deskripsi yaitu untuk menggambarkan objek-objek tertentu dengan melalui cara-cara yang subjektif melalui sudut pandang seorang penulis.

3. A. Teks 1: Menggambarkan dan mendeskripsikan tentang Pantai Parangtritis yang indah dan menarik.

B. Teks 2: Menggambarkan tentang seorang sosok ayah yang menjadi panutan dari penulis.

C. Teks 3: Menggambarkan tentang sosok Ibu yang menjadi inspirasi dari penulis.

D. Teks 4: Menggambarkan tentang hewan peliharaan dari penulis yaitu kelinci.

Pembahasan

Teks deskripsi yaitu merupakan bentuk dari karangan yang melukiskan tentang sesuatu yang sesuai keadaan sebenarnya. Sehingga para pembaca bisa melihat, mendengar, mencium, dan ikut merasakan apa yang dilukiskan sesuai dengan gambaran dari si penulis.

Pelajari lebih lanjut

Materi penjelasan tentang teks deskripsi pada link

https://brainly.co.id/tugas/7783680

Materi penjelasan tentang contoh teks deskripsi yaitu pada link

https://brainly.co.id/tugas/2847288

Detil Jawaban

Kelas     : SMP/SMA

Mapel    : Bahasa Indonesia

Bab        : -

Kode     : -

#TingkatkanPrestasimu


3. kunci jawaban bahasa Indonesia kelas 7 SMP halaman 6​


Bahasa Indonesia kelas 7 halaman 6 merupakan mengidentifikasi ciri objek, tujuan, dan isi teks deksripsi yang telah diberikan sebelumnya. Pada tugas ini, siswa diminta untuk menuliskan objek yang terdapat pada keempat teks sebelumnya dan menuliskan tujuan dari keempat teks tersebut.

Pembahasan

Objek/hal yang dideskripsikan

Teks 1: Pantai Parangtritis

Teks 2: Ayah penulis

Teks 3: Ibu penulis

Teks 4: Kelinci penulis

Pada teks nomor 2 dan nomor 3, penting ditulis kata "penulis" karena pada kedua teks ini objek khusus yang dideskripsikan adalah ibu dan ayah dari seseorang.

Tujuan teks deskripsi adalah menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut pandang penulis.

Teks 1: menggambarkan keindahan Pantai Parangtritis.

Teks 2: menggambarkan sosok ayah yang menjadi panutan penulis.

Teks 3: menggambarkan sosok ibu yang menjadi inspirasi penulis

Teks 4: menggambarkan kelinci yang menjadi peliharaan penulis.

Pelajari lebih lanjut

Pengertian teks deskripsi pada https://brainly.co.id/tugas/11663611

Contoh kata umum dan kata khusus pada teks deskripsi pada brainly.co.id/tugas/6698428

Struktur teks deskripsi pada https://brainly.co.id/tugas/421463

-----------------------------------

Detail jawaban

Kelas: VII

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Belajar Mendeskripsikan (bab 1)

Kode: 7.1.1

#AyoBelajar


4. Jawab:B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!1. Apa akibatnya jika kita tidak menerapkan sikap bersatu dengan teman? (PPKn KD 3.1)Lisa melihat Dini sedang memungut sampah-sampah yang berserakan di halaman sekolah.Bagaimanakah seharusnya sikap Lisa? (PPKn KD 3.1)Jawab:3. Apakah keuntungan melakukan kegiatan dengan gotong-royong? (PPKn KD 3.1)2.Jawab:4. Jelaskan yang dimaksud pidato orasi! (Bahasa Indonesia KD 3.3)Jawab:5. Apakah kelemahan metode impromtu dalam berpidato? (Bahasa Indonesia KD 3.3)Jawab:65Kelas 6 - Tema 7 - Kepemimpinan - KIF​


1. Apa akibatnya jika kita tidak menerapkan sikap bersatu dengan teman?

Jawaban:

Pertengkaran dan saling mengejek

2. Lisa melihat Dini sedang memungut sampah-sampah yang berserakan di halaman sekolah.

Bagaimanakah seharusnya sikap Lisa?

Jawaban:

Ikut membantunya

3. Apakah keuntungan melakukan kegiatan dengan gotong-royong?

Jawaban:

Pekerjaan akan dengan cepat selesai, menumbuhkan sikap saling tolong menolong, dapat mempererat tali persaudaraan, meningkatkan rasa solidaritas

4. Jelaskan yang dimaksud pidato orasi!

Jawaban:

Adalah sebuah pidato formal, atau komunikasi oral formal yang disampaikan kepada khalayak ramai.

5. Apakah kelemahan metode impromtu dalam berpidato?

Jawaban:

Materi yang disampaikan tidak secara urut/sistematis dan kemungkinan ada hal-hal yang terlupa karena sifatnya mendadak tanpa persiapan.

Penjelasan:

Semoga membantu:)

Jadikanjawabanterbaik:)

Dan jangan lupa follow:)


5. Kelas : VIII (2 SMP) Mapel : Bahasa IndonesiaSemester : 1 (Ganjil) [tex]• \: Menentukan \: Struktur \: dan \: Kaidah \: Benda \\ \ \textless \ br /\ \textgreater \ • \: Menyampaikan \: Informasi \: dalam \: Bentuk \: Benda[/tex]Soal Terdapat di Buku LKS Halaman 6 - 7Pertanyaan :Tugas KognitifJawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar! 1. Mengapa berita harus menggunakan bahasa baku? Jawab :2. Jelaskan pengertian kepala berita! Jawab :3. Tuliskan struktur teks berita! Jawab :4. Sebutkan kaidah kebahasaan teks berita! Jawab :5. Terangkan pengertian kata kerja mental! Jawab :​


Pendahuluan

[tex]Menentukan \: Struktur \: dan \: Kaidah \: Berita[/tex]

Teks berita adalah teks yang menyiarkan atau melaporkan suatu kejadian, peristiwa dan informasi yang sedang, bahkan sudah terjadi. Tidak dilaporkan melalui teks, berita juga bisa disampaikan melalui lisan, seperti di radio dan televisi. Sementara teks berita biasanya diwartakan lewat koran, media daring dan lain sebagainya.

[tex]Menyampaikan \: Informasi \: dalam \: Bentuk \: Berita[/tex]

Menyampaikan informasi dalam bentuk berita, harus memperhatikan ketetapan struktur dan kaidah kebahasaan berita.

1. Berita pentingnya: banyak manfaat yang dapat diperoleh setelah membaca berita

2. Penyampaian berita:

disamping sebagai pendengar/pembaca, dalam berbagai kesempatan dalam berbagai kesempatan, dihadapkan

pada keharusan untuk menyampaikan kembali informasi

3. Berita penyuntingan: kalau masih ditemukan kekeliruan berita yang dibuat.

Jawaban

[tex]• \: Menentukan \: Struktur \: dan \: Kaidah \: Berita

• \: Menyampaikan \: Informasi \: dalam \: Bentuk \: Berita[/tex]

TugasKognitif

Jawablahpertanyaan-pertanyaanberikutdenganbenar!

1.Mengapaberitaharusmenggunakanbahasabaku?

Jawab:Bahasa baku menjadi jembatan pemahaman banyak kalangan karena bahwa standar lebih mudah dipahami oleh masyarakat umum.

2.Jelaskanpengertiankepalaberita!

Jawab: Kepala berita adalah bagian yang mengawali berita dengan memberikan gambaran singkat peristiwa yang diberitakan.

3.Tuliskanstrukturteksberita!

Jawab:Kepala Berita (Lead), Tuas Berita, dan Ekor Berita.

4.Sebutkankaidahkebahasaanteksberita!

Jawab:Bahasa baku, kalimat langsung, konjungsi bahwa, konjungsi temporal, kronologis, keterangan waktu, dan kata kerja mental.

5.Terangkanpengertiankatakerjamental!

Jawab:Kata kerja mental adalah jenis kata kerja yang mengekspresikan sikap atau respon seseorang terhadap suatu tindakan, pengalaman, atau keberadaan.

Pembahasan

[tex]Menyampaikan \: Informasi \: dalam \: Bentuk \: Berita[/tex]

Menyampaikan informasi dalam bentuk berita, harus memperhatikan ketetapan struktur dan kaidah kebahasaan berita.

1. Berita pentingnya: banyak manfaat yang

dapat diperoleh setelah membaca berita

2. Penyampaian berita:

disamping sebagai pendengar/pembaca, dalam berbagai kesempatan dalam berbagai kesempatan, dihadapkan

pada keharusan untuk menyampaikan kembali informasi

3. Berita penyuntingan: kalau masih ditemukan kekeliruan berita yang dibuat.

Pelajari Lebih Lanjut

Menentukan Struktur dan Kaidah Berita

https://brainly.co.id/tugas/23355119https://brainly.co.id/tugas/31071715

Menyampaikan Informasi dalam Bentuk Berita

https://brainly.co.id/tugas/31484905https://brainly.co.id/tugas/42545898https://brainly.co.id/tugas/42556760https://brainly.co.id/tugas/30729567

Detail Jawaban

Kelas : VIII (2 SMP) Mapel : Bahasa IndonesiaBab : Bab 1 - Berita Struktur IndonesiaHalaman : 6 - 7 di Buku LKSKode Soal : 1.3.4

6. Ada yang tahu jawaban buku bahasa Indonesia kelas 7 (kurikulum 2013) halaman 5-6


penerbitnya platinum ngga?? trus soalnya 'Mengidentifikasi Stuktur Teks Hasil Observasi" (kolom) ngga?? klo iya
kolom satu : Judul & Definisi Terasering
kolom dua : deskripsi tentang lahan, tujuan, cara
kolom tiga : deskripsi pengertian lain & fungsi terasering ^_^

7. Perhatikan kutipan teks pidato berikut!Selamat pagi,Yang terhormat_________warga Desa Erlangga._______________bagi kita semua.»Pertanyaana. Lengkapilah kutipan teks pidato rumpang tersebut!b. Apa bagian dari kutipan teks pidato tersebut?c. Siapa yang menjadi audiensi?..................................................................................Kelas : 6Mapel : Bahasa IndonesiaBab : Tema 7 Subtema 1Buku : Buku BupenaHalaman : 121 no 5nt : tolong bantu jawab secepatnya y mau kumpul, kalo ga bisa jawab ga usah di jawab ​


Jawaban:

A.Selamat pagi,

Yang terhormat kepada warga Desa Erlangga.

Salam Sejahterabagi kita semua.

B.Salam Pembuka

C.Warga Desa Erlangga

Nt:kalo butuh sesuatu tanya aja sama saya.gakmaksa

maaf kalo lama jawabannya.atauudah di kumpul tugas nya


8. Di bawah ini yang bukan manfaat interaksi sosial adalah . . . . * 6 poin A.meningkatkan rasa tolong-menolong B. terciptanya persatuan C. tumbuhnya perpecahan D. tumbuhnya tanggung jawab 3. Berikut ini yang bukan bentuk interaksi manusia menyesuaikan dengan alam adalah . . . * 6 poin A. membuat hujan buatan B. membuat tambak pada pesisir pantai C. bercocok tanam di lahan subur D. menanam padi pada musim hujan 4. Kegiatan di bawah ini yang merupakan wujud interaksi antara manusia dan lingkungan alam di sekolah adalah . . . . * 6 poin A. siswa kelas 5 bermain sepak bola di halaman sekolah B. siswa membeli makanan sehat di kantin sekolah C. siswa menyiram bunga yang di tanam di lingkungan sekolah D. seorang guru menjelaskan cara mencangkok tanaman 5. Upacara adat Ngaben yang dilakukan masyarakat Bali merupakan aktivitas yang berkaitan dalam upaya pembangunan sosial . . . . * 6 poin A. budaya B. teknologi C. politik D. kesehatan 6. Berikut ini yang merupakan upaya pembangunan sosial adalah . . . . * 6 poin A. kaum wanita menuntut ilmu dibatasi sampai jenjang SMA B. penggunaan bahasa Indonesia diganti dengan bahasa asing C. kegiatan seni yang bertujuan melestarikan budaya nasional D. bangga dapat menggunakan produk impor 7. Saat Indonesia dalam masa penjajahan, tidak semua orang dapat mengenyam pendidikan, terutama bagi kaum wanita. Pada masa modern ini, kaum wanita diberi kesempatan untuk bersekolah dan menuntut ilmu setinggi mungkin. Hal tersebut menunjukkan adanya pembangunan sosial di bidang . . . . A. teknologi B. pendidikan C. ekonomi D. budaya Petani menjual hasil kebunnya ke pasar. Berdasarkan hal tersebut maka interaksi sosial yang terjadi dikarenakan adanya kepentingan dalam bidang . . . . A. budaya B. hukum C. ekonomi D. pendidikan Salah satu bentuk pembangunan sosial adalah dengan membangun kawasan industri. Namun, pembangunan kawasan industri yang tidak ramah lingkungan dapat menyebabkan . . . . . . . A. permukiman kumuh B. kepadatan penduduk C. kesenjangan sosial D. pencemaran lingkungan Berikut ini yang bukan manfaat keberagaman sosial budaya bagi masyarakat adalah . . . . A. mempererat tali persaudaraanB. memecah belah rasa persatuan dan kesatuan C.menarik minat para wisatawan asing dan dalam negeri untuk berkunjung D. memperluas wawasan masyarakat tentang keanekaragaman sosial budaya​


Jawaban:

1b

2c

3a

4d

Penjelasan:

kasih jawaban terpintar


9. C. Berikut terdapat kalinat slogan yang rumpang. Lengkapilah kalimat tersebut agar terbentuk sebuah kalimat slogan yang menarik!1. Kita harus memilah sampah sebab ....2. Kita harus menghemat listrik sebab .... 3. Kita harus menghemat air sebab .... 4. Kita harus menggunakan kendaraan umum sebab ....5. Kita harus cinta bumi dan alamnya sebab ....6. Kita harus mengurangi pemakaian kantong plastik sebab ....7. Kita harus menanam dan memelihara pohon sebab ....8. Kita harus menghemat tisu dan kertas sebab .... 9. Kita harus menjaga kelestarian hewan langka sebab .... 10. Kita harus menanam kembali hutan yang gundul sebab ....Buku : Piawai Berbahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VIIIBab 2 : Kenalkan ProdukmuHalaman : 48Isilah jawaban yang benar!​


Slogan adalah kalimat pendek yang menarik, singkat, dan mudah diingat untuk memberitahukan atau menjelaskan tujuan suatu kegiatan. berikut adalah lengkapan dari slogan yang rumpang tersebut

Kita harus memilah sampah sebab Agar mudah di daur ulangKita harus menghemat listrik sebab untuk masa depan yang lebih baikKita harus menghemat air sebab dengan menghemat kita juga akan mengarah pada penghematan energi dan mengurangi jejak karbon AndaKita harus menggunakan kendaraan umum sebab untuk mengurangi polusiKita harus cinta bumi dan alamnya sebab Bumi kita semakin rusakKita harus mengurangi pemakaian kantong plastik sebab Plastik menyebabkan pencemaranKita harus menanam dan memelihara pohon sebab pohon dapat mencegah pemanasan globalKita harus menghemat tisu dan kertas sebab cadangan pohon kita semakin sedikitKita harus menjaga kelestarian hewan langka sebab untuk warisan anak cucu kitaKita harus menanam kembali hutan yang gundul sebab hutan gundul menyebabkan banyak bencana

Pembahasan

Menurut KBBI, slogan juga bisa berarti perkataan atau kalimat pendek yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menjelaskan tujuan suatu ideologi golongan, organisasi, partai politik, dan sebagainya.

Serupa dengan teks berita dan teks iklan, tujuan slogan yang biasanya dapat kamu lihat dan rasakan adalah:

Menyadarkan masyarakat.Menyampaikan informasi.Menghimbau orang lain.Memengaruhi orang lain.Memotivasi orang lain

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang Slogan pada

https://brainly.co.id/tugas/2595065

---------------------------------------------------------------------------------------------------------

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1


10. buku paket kur halaman 73 kelas 8 JAWAB SEMUANYA SO POINTNYA DAH GEDE, TOLONG DONG, KRENA INI DIKUMPULKAN DLAM JANGKA 1 HARI YAITU BESOK, TOLONG DONG KRNA INI BUAT PERSIAPAN UAS Susi Susanti: Legenda Bulu Tangkis Putri Indonesia dan Dunia 2. Teks biografi memiliki struktur teks yang khusus. Identifikasilah struktur teks biografi “Susi Susanti” di atas! 3. Teks biografi juga memiliki konjungsi yang khusus. Coba cari dan tuliskan konjungsi yang digunakan di dalam teks biografi “Susi Susanti” di atas! 4. Jelaskan juga fungsi dan makna konjungsi yang kamu temukan itu! 5. Setelah kamu mengidentifikasi struktur dan unsur kebahasaan yang ada di dalam teks biografi “Susi Susanti” di atas, identifikasilah kata dan istilah yang tidak kamu pahami yang ada di dalam teks biografi tersebut. Kemudian, temukan makna kata dan istilah tersebut di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Untuk menambah pengayaan kosakatamu, terangkanlah makna kata dan istilah berikut! 1) legenda 2) merajai 3) ajang 4) pengantin olimpiade 5) kancah internasional 6. Untuk mengetahui pemahamanmu tentang kalimat, buatkan kalimat tunggal dan majemuk dengan menggunakan kelima kata dan istilah yang ada pada soal nomor 5 (DIATAS)! 7. Untuk menambah pengayaan kosakatamu, carilah bentuk antonim atau kata yang maknanya berlawanan dan bentuk sinonim yang maknanya mirip atau sama dengan kata-kata berikut! No. Kata Kata antonim Kata Sinonim 1 menang ___________________ ___________________ 2 junior ___________________ ___________________ 3 kenyataan ___________________ ___________________ 4 internasional ___________________ ___________________ 5 sombong ___________________ ___________________ 6 rutin ___________________ ___________________ 7 emosi ___________________ ___________________ 8 bahagia ___________________ ___________________


2.
Orientasi:                paragraf 1
Peristiwa/masalah: paragraf 2 - 5
reorientasi:             paragraf 6

3.
- Ia menyukai permainan bulu tangkis sejak duduk di bangku sekolah dasar.
- Setelah berlatih selama tujuh tahun dan memenangkan kejuaraan bulu
  tangkis tingkat junior, ia pindah ke Jakarta pada tahun 1985.
- Ia selalu mematuhi aturan yang diberikan pelatihnya dan rela berkorban agar 
  cita-citanya menjadi atlet bulu tangkis terkenal tercapai.
- Walaupun telah puluhan gelar tingkat internasional ia raih, ada satu sikap
  yang tidak pernah hilang dari diri Susi Susanti.

4.
Sejak: Majemuk bertingkat hubungan waktu
Setelah: Majemuk bertingkat hubungan waktu
Dan: Majemuk Setara
Agar: Majemuk bertingkat hubungan tujuan
Walaupun: Majemuk bertingkat hubungan konsesif

5.
Legenda: Cerita rakyat pada zaman dahulu yang ada hubungannya dengan
                peristiwa sejarah
Merajai: menguasai
Ajang: tempat
Pengantin Olimpiade: sepasang atlet yang memenangkan lomba
Kancah internasional: dunia internasional

6.
Susi Susanti telah menjadi legenda dan merajai dunia bulu tangkis.
Susi Susanti sering menjadi pengantin olimpiade dalam kancah internasional karena telah memenangkan berbagai ajang pertandingan bulu tangkis. 

7.
Antonim:
Menang >< kalah
junior >< senior
kenyataan >< khayalan/mimpi
internasional >< nasional
sombong >< rendah hati
rutin >< jarang
emosi >< sabar
bahagia >< sedih

Sinonim:
Menang = unggul
Junior = lebih muda
Kenyataan = realita/hal sebenarnya
internasional = luar negeri
sombong = tinggi hati
rutin = teratur
emosi = marah
bahagia = senang/gembira


11. Salin soal dibawah ini dan kerjakan dibukse latihan Prakarya. Dan unmenjawab soal, baca terlebih dahulu buku paket Prakarya kelas VII dari halam6-17 Bab I "KERAJINAN SERAT", semua jawaban ada dibuku pakel.1. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia serat adalah?2. Negara yang pertama kali mengolah serat adalah? ...3. Jelaskan apa yang dimaksud dengan bahan serat alam!4. Jenis dan karakteristik bahan serat dapat dibedakan menjadi dua, yaitu?5. Tuliskan 4 klarifikasi serat dari tumbuhan serta contohnya!6. Sebutkan dan jelaskan 2 penggolongan serat dari hewan!7. Sebutkan 4 pengolahan bahan serat!8. Apa yang dimaksud dengan teknik dasar kerajinan tekstil? ...9. Apa yang dimaksud dengan menjahit?10. Tuliskan dan jelaskan 5 syarat perancangan benda kerajinan! ...​


Jawaban:

1.Serat adalah suatu jenis bahan berupa potongan-potongan komponen yang membentuk jaringan memanjang yang utuh.

2.Negara China

3.Bahan Serat Yang Terbuat dari alam

4.Serat Alami dan serat buatan

5.Batang : henep,jute,kenaf,sunn

daun : abaca (manila),henequen,sisal

buah : serat serabut kelapa

biji : serat kapas dan kapuk

6. Serat sutera adalah serat yang berasal dari kepompong ulat sutera.

Serat wol adalah serat yang berasal dari bulu hewan domba.

7.pemintalan

penggulungan

pencelupan

penenunan

8.sebuah karya seni yang dibuat dengan bahan tekstil

9.menjahit adalah pekerjaan menyambung kain, bulu, kulit binatang, pepagan, dan bahan-bahan lain yang bisa dilewati jarum jahit dan benang.

10.Identifikasi kebutuhan: menentukan alat dan bahan

2. Menentukan karya yang akan dibuat: lebih tepatnya memilih bahan utama yang akan digunakan misalnya kulit jagung

3. Menggali ide:mencari ide dari berbagai sumber seperti Internet, majalah, dll

4. Membuat sketsa:merancang sketsa karya kemudian dipilih yang paling bagus

5. Memperhatikan 5 aspek kerajinan: keamanan, kenyamanan,keluwesan,keseimbangan,satu lagi lupa


12. Kelas : VIII (2 SMP) Mapel : Bahasa IndonesiaSemester : 1 (Ganjil) Bab 1 : Berita Seputar Indonesia[tex]• \: Menentukan \: Struktur \: dan \: Kaidah \: Berita \\ \ \textless \ br /\ \textgreater \ • \: Menyampaikan \: Informasi \: dalam \: Bentuk \: Berita[/tex]Soal Terdapat di Buku LKS Halaman 6 - 7Pertanyaan :Tugas KognitifJawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar! 1. Apakah semua peristiwa dapat atau layak untuk dijadikan sebuah berita? Jawab :2. Sebutkan langkah menyajikan informasi dalam teks berita! Jawab :3. Apa yang maksud menulis berita? Jawab :4. Mengapa teks berita sangat penting? Jawab :5. Uraikan tentang mendatangi sumber berita! Jawab :​


Pendahuluan

[tex]Menentukan \: Struktur \: dan \: Kaidah \: Berita[/tex]

Teks berita adalah teks yang menyiarkan atau melaporkan suatu kejadian, peristiwa dan informasi yang sedang, bahkan sudah terjadi. Tidak dilaporkan melalui teks, berita juga bisa disampaikan melalui lisan, seperti di radio dan televisi. Sementara teks berita biasanya diwartakan lewat koran, media daring dan lain sebagainya.

[tex]Menyampaikan \: Informasi \: dalam \: Bentuk \: Berita[/tex]

Menyampaikan informasi dalam bentuk berita, harus memperhatikan ketetapan struktur dan kaidah kebahasaan berita.

1. Berita pentingnya: banyak manfaat yang dapat diperoleh setelah membaca berita

2. Penyampaian berita:

disamping sebagai pendengar/pembaca, dalam berbagai kesempatan dalam berbagai kesempatan, dihadapkan

pada keharusan untuk menyampaikan kembali informasi

3. Berita penyuntingan: kalau masih ditemukan kekeliruan berita yang dibuat.

Jawaban

[tex]• \: Menentukan \: Struktur \: dan \: Kaidah \: Berita \\

• \: Menyampaikan \: Informasi \: dalam \: Bentuk \: Berita[/tex]

TugasKognitif

Jawablahpertanyaan-pertanyaanberikutdenganbenar!

1.Apakahsemuaperistiwadapatataulayakuntukdijadikansebuahberita?

Jawab:Tidak semua peristiwa atau kejadian bisa dijadikan berita." Hal-hal yang menentukan suatu peristiwa atau kejadian layak ditulis sebagai berita inilah yang disebut sebagai nilai berita.

2.Sebutkanlangkahmenyajikaninformasidalamteksberita!

Jawab:

Mengidentifikasi kejadianMewawancarai narasumber terkaitMencari sumber berita lainMenyusun data pokokMenulis teksMenyampaikan berita

3.Apayangmaksudmenulisberita?

Jawab:Menulis berita adalah merupakan suatu upaya menyampaikan sebuah informasi maupun kata yang mengenai sesuatu kejadian atau hal dalam bentuk tertulis. Hal tersebut bertujuan agar apa yang dituliskan benar-benar bermanfaat bagi masyarakat maupun orang pembaca berita.

4.Mengapateksberitasangatpenting?

Jawab:Karena teks berita atau berita dapat membantu menyebar informasi.

5.Uraikantentangmendatangisumberberita!

Jawab:Mendatangi sumber berita, yakni dengan mengamati langsung dan mewawancarai orang berhubungan dengan peristiwa itu.

Pembahasan

[tex]Menyampaikan \: Informasi \: dalam \: Bentuk \: Berita[/tex]

Menyampaikan informasi dalam bentuk berita, harus memperhatikan ketetapan struktur dan kaidah kebahasaan berita.

1. Berita pentingnya: banyak manfaat yang

dapat diperoleh setelah membaca berita

2. Penyampaian berita:

disamping sebagai pendengar/pembaca, dalam berbagai kesempatan dalam berbagai kesempatan, dihadapkan

pada keharusan untuk menyampaikan kembali informasi

3. Berita penyuntingan: kalau masih ditemukan kekeliruan berita yang dibuat.

Pelajari Lebih Lanjut

Menentukan Struktur dan Kaidah Berita

https://brainly.co.id/tugas/23355119https://brainly.co.id/tugas/31071715

Menyampaikan Informasi dalam Bentuk Berita

https://brainly.co.id/tugas/31484905https://brainly.co.id/tugas/42545898https://brainly.co.id/tugas/42556760https://brainly.co.id/tugas/30729567

Detail Jawaban

Kelas : VIII (2 SMP) Mapel : Bahasa IndonesiaBab : Bab 1 - Berita Struktur IndonesiaHalaman : 6 - 7 di Buku LKSKode Soal : 1.3.4

13. 1.Siapakah Sudirman? 2.Bagaimanakah karakter Sudirman? 3.Sebutkan jasa yang dilakukan oleh Jenderal Sudirman! 4.Bagaimanakah Sudirman mendapat gelar Jenderal? 5.Sebutkan ciri dari tulisan biografi itu! 6.Bagaimana Jenderal Sudirman mengakhiri hidupnya? 7.Sebutkan sumber yang dijadikan penguat tulisan di atas! Buku LKS EKSIS Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII halaman 47 Tolong dijawab ya? Besok ini dikumpul!


sudirman adalah pahlawan proklamasi dan jendral pertama d.indonesia..

14. Bacalah Hikayat Si Miskin halaman 141 s.d.144 Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan hikayat tsb. 1. Siapakah sebenarnya si Miskin itu? 2. Penderitaan apa yg dialami si Miskin? 3. Apa yg didapati si Miskin di tempat sampah? 4. Setelah mengalami penderitaan, adakah orang2 yg kasihan kepada si Miskin? Jika ada, siapa mereka? 5. Buah apa saja yg diinginkan istri si Miskin saat hamil? 6. Bagaimanakah akhir cerita Hikayat Si Miskin? Jelaskan. 7. Hikmah/pelajaran apa saja yg kita dapatkan dari Hikayat Si Miskin? 8. Karakteristik apa saja yg ada di hikayat tsb.? Tulislah kalimatnya. ( Satu karakterikstik, satu saja contoh kalimatnya) mengerjakan tugas. TOLONG BANTU JAWAB YA HIKAYATNYA ADA DI LINK INI https://id.scribd.com/document/405432878/Buku-Siswa-Bahasa-Indonesia-Kelas-10-Revisi-2017-pdf Mohon maaf ya aku gk bisa kirim gambarnya soalnya gk bisa kirim gambar lebih dari satu​


Jawaban:

1. Maharaja Indera Angkasa (Si Miskin

2. Karena sumpah Batara Indera, seorang raja keinderaan beserta permaisurinya bibuang dari keinderaan sehingga sengsara hidupnya. Itulah sebabnya kemudian ia dikenal sebagai si Miskin.(Pada paragraph 1)

Sepanjang perjalanan menangislah si Miskin berdua itu dengan sangat lapar dan dahaganya. Waktu malam tidur di hutan, siangnya berjalan mencari rezeki. (Paragraf 2)

Ramalan palsu para ahli nujum itu menyedihkan hati Maharaja Indera Angkasa. Maka, dengan hati yang berat dan amat terharu disuruhnya pergi selama-lamanya putra-putrinya itu.(Paragraf 9)


15. 1.kesetaraan peran laki-laki maupun perempuan dalam membangun bangsa merupakan perilaku yang mencerminkan Pancasila sila ke.....a.1 b.2. c.3. d.42.meskipun berbeda suku,siswa kelas 4 SDN cerdas bangsa tetap bersahabat dan tidak saling.....a.membantu. b.menjaga. c.meledek. d.menyayangi 3.perhatikan potongan cerita berikut !seperti mendiang ayahnya,dokter Rana menjadi anak yang dicintai warga desa ia menjadi teladan melalui dedikasi,tanggung jawab,dan kerendah-hatinya dalam menolong warga apabila aku besar nanti,aku ingin seperti dokter Rana akan kukejar cita-citaku menjadi guru,dan aku akan kembali untuk membangun kampung halamankusikap kepahlawanan yang ingin ditiru penulis dari dokter Rana adalah....a.menyayangi ayahnya. b.menjadi seorang dokter c.dicintai oleh warga desa. d.membangun kampung halaman4.salah satu wujud toleransi antarumat beragama adalah.....a.bergaul tanpa membedakan agamanya b.menghina dan menjelek-jelekkan agama lain. c.mencegah teman untuk melaksanakan ibadah. d.ikut merayakan hari besar keagamaan umat lain 5.rumah balai Batak Toba berasal dari daerah....a.sumatera Utara b.sulawesi selatan. c.jawa timur d.bali 6.berikut contoh pengalaman nilai-nilai Pancasila sila ke-3, kecuali....a.mendahulukan kepentingan pribadi diatas kepentingan bersama b.bangga menggunakan bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. c.rela berkorban demi persatuan dan kesatuan negara dan bangsa. d.cinta tanah air dan saling menyayangi sesama putra bangsa7.meskipun materi pelajaran semakin menantang, kita harus tetap....a.mudah menyerah b.bekerja keras c.malas belajar d.patah semangat8.zahra aktif mengeluarkan pendapat dalam musyawarah, hal tersebut merupakan......Zahra sebagai peserta musyawarah.a.hak. b.kewajiban c.tanggung jawab d.keharusan9.banyak daerah di Indonesia dilanda kekeringan akibat kemarau panjang, sehingga masyarakat berwajiban untuk menghemat......a.listrik. b.bahan bakar. c.air. d.waktu​


Jawaban:

1 A

2 B

3 D

4 C

5A

6 D

7 B

8C

9D

10 A


Video Terkait


Post a Comment for "Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 7 Halaman 6"