Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Agama Islam Kelas 8 Bab 14 Halaman 257


Kunci Jawaban Agama Islam Kelas 8 Bab 14 Halaman 257

Pendidikan agama islam kelas 8 bab 14 halaman 257, 258, 259 yang A dan B

1. Pendidikan agama islam kelas 8 bab 14 halaman 257, 258, 259 yang A dan B


Halal adalah segala hal dan benda yang baik untuk dikonsumsi, dilakukan dan dirawat sesuai dengan ajaran islam yang diizinkan oleh Allah dan dijelaskan pada Al Qur'an.

Pembahasan:

Pertanyaan yang ditanyakan adalah buku pendidikan agama Islam kelas 8 halaman 257, 258, 259 Bab 14, hidup sehat dengan makanan dan minuman yang halal serta bergizi

Pilihan Ganda:

رَزَقَكُمُ

1. artinya adalah…

a. Yang halal

b. Yang telah direzekikan

c. Rezeki yang halal

d. Nikmat rezeki

وَّاشْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ

2. potongan ayat di samping berisi perintah untuk…

a. Makanlah makanan yang halal

b. Menghindari makanan yang haram

c. Mersyukur kepada Allah Swt

d. berbaik sangka kepada Allah Swt

3. Maksud dari makanan yang halalan tayyiban adalah…

a. Baik dan bergizi

b. Bergizi dan mahal

c. Baik dan sederhana

d. Halal dan baik

4. Lawan kata dari bersyukur terhadap nikmat Allah adalah…

a. Menghindari nikmat Allah

b. Mengingkari nikmat Allah

c. Memburu rezeki Allah

d. Tidak mau mencari rezeki

5. Berikut ini merupakan hukum bacaan mim sukun, kecuali…

a. Izhar halqi

b. Izhar syafawi

c. Ikhfa syafawi

d. Izgam mimi

تَرْمِيْهِمْ بِحِجَارَةٍ مِّنْ سِجِّيْلٍۙ

6. Lafaz mengandung hukum bacaan…

a. Izgam bilagunnah

b. Ikhfa haqiqi

c. izhar syafawi

d. ikhfa syafawi

7. Jika terdapat mim sukun bertemu dengan mim maka hukum bacaannya adalah…

a. Idgam bilagunnah

b. Ikhfa haqiqi

c. Izhar syafawi

d. izgam mimi

فِي قُلُوبِهِم مَّرَضٞ

8. Ayat mengandung hukum bacaan…

a. Izgam mimi

b. Ikhfa haqigi

c. Izgam bilagunnah

d. Izhar syafawi

9. Disebut ikhfa syafawi apabila terdapat mim sukun bertemu dengan…

a. mim

b. Ba'

c. Ro'

d. lam

10. Contoh penerapan melaksanakan perintah untuk makan makanan yang halal dan baik adalah…

a. Orang yang sakit maag menghindari makanan pedas

b. Orang yang sedang lapar menghindari nasi putih

c. Ketika haus minum air seadanya

d. Saat berbuka puasa mendahulukan makanan yang asam

Uraian:

1. Jelaskan pengertian halalan thayyiban!

Jawab:

Makanan baik yang tidak terikat oleh hal dilarang serta menyehatkan

2. Jelaskan pengertian hukum bacaan izhar syafawi dan tulislah satu contohnya!

Jawab:

Yaitu apabila mim mati bertemu huruf selain ba' dan mim, dan dibaca jelas

Yaitu apabila mim mati bertemu huruf selain ba' dan mim, dan dibaca jelas.Contoh: َّبِكُمْ ثُم

3. Bagaimana pendapat kalian bila ada teman anti terhadap makanan haram?

Jawab:

mendukung, menjadikan teladan

4. Jelaskan manfaat makanan yang halal dan baik!

Jawab:

• mendatangkan pahala

• mendapat keberkahan dan Allah

• terhindar dari penyakit

5. Bagaimana sikapmu jika ada penjual makanan yang membahayakan kesehatan di kantin sekolah?

tidak membelinya, mengusul untuk diselidiki

Pelajari lebih lanjut:

Pengertian makanan halal

https://brainly.co.id/tugas/22713283

Contoh makanan halal

https://brainly.co.id/tugas/5040858

Bab 13 - Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan pada Masa Abbasiyah

https://brainly.co.id/tugas/27469767

Detail jawaban:

Kelas: 8

Mapel: Pendidikan Agama Islam, bahasa Arab

Bab: Bab 14 - hidup sehat dengan makanan dan minuman yang halal serta bergizi

Kode: 8.14.12

Kata Kunci: halalan tayibban, bersyukur, izhar syafawi, makanan halal

Halaman: 257, 258, 259


2. Kunci jawaban kelas 8 halaman 257 aktivitas individu


1) Perlawanan Rakyat Aceh

Tokoh : Tengku Abdul Djalil

Latar belakang : Pihak kolonial jepang membuat peraturan yang membuat rakyat aceh menderita dengan kesewenang-wenangnnya. Sehingga Tengku Abdul Djalil menentang peraturan-peraturan tersebut.

Proses : Rakyat Aceh dipimpin oleh Tengku Abdul Djalil melakukan perlawanan kepada pihak kolonial jepang pada 10 November 1942.

Akhir : Tengku Abdul Djalil ditangkap oleh jepang.

2) Perlawanan Indramayu

Tokoh : H. Madrian

Latar belakang : Jepang membuat peraturan iuran padi yang sangat tinggi sehingga membuat rakyat indramayu sengsara.

Proses : Rakyat Lohbener dan Sindang di Indramayu, Jawa Barat melakukan pemberontakan dan perlawanan terhadap jepang pada Juli 1944.

Akhir : Jepang berhasil mengatasi pemberontakan tersebut dan menangkap H.Madrian.

3) Perlawanan PETA

Tokoh : Supriyadi

Latar belakang : Penderitaan rakyat Indonesia yang sudah sangat menyedihkan akibat kesewenang-wenangan Jepang kepada rakyat Indonesia.

Proses : Supriyadi memimpin pemberontakan PETA terhadap Jepang pada tanggal 14 Februari 1945.

Akhir : Para pemberontak PETA berhasil ditangkap dan diadili oleh Jepang di mahkamah militer di Jakarta.

4) Perlawanan Singaparna

Tokoh : K.H.Zainal Mustofa

Latar belakang : Zainal Mustofa tidak mau menghormati dan menentang Seikerei (Kaisar Jepang).

Proses : Pada tanggal 24 Februari perlawanan rakyat Singaparna terhadap Jepang meletus.

Akhir : Mustofa dan para pengikutnya ditangkap lalu diadili.

semoga membantu^^


3. Kunci jawaban tabel halaman 257 kelas 8 semester 2​


Jawaban:

1) Perlawanan Rakyat Aceh

Tokoh : Tengku Abdul Djalil

Latar belakang : Pihak kolonial jepang membuat peraturan yang membuat rakyat aceh menderita dengan kesewenang-wenangnnya. Sehingga Tengku Abdul Djalil menentang peraturan-peraturan tersebut.

Proses : Rakyat Aceh dipimpin oleh Tengku Abdul Djalil melakukan perlawanan kepada pihak kolonial jepang pada 10 November 1942.

Akhir : Tengku Abdul Djalil ditangkap oleh jepang.

2) Perlawanan Indramayu

Tokoh : H. Madrian

Latar belakang : Jepang membuat peraturan iuran padi yang sangat tinggi sehingga membuat rakyat indramayu sengsara.

Proses : Rakyat Lohbener dan Sindang di Indramayu, Jawa Barat melakukan pemberontakan dan perlawanan terhadap jepang pada Juli 1944.

Akhir : Jepang berhasil mengatasi pemberontakan tersebut dan menangkap H.Madrian.

3) Perlawanan PETA

Tokoh : Supriyadi

Latar belakang : Penderitaan rakyat Indonesia yang sudah sangat menyedihkan akibat kesewenang-wenangan Jepang kepada rakyat Indonesia.

Proses : Supriyadi memimpin pemberontakan PETA terhadap Jepang pada tanggal 14 Februari 1945.

Akhir : Para pemberontak PETA berhasil ditangkap dan diadili oleh Jepang di mahkamah militer di Jakarta.

4) Perlawanan Singaparna

Tokoh : K.H.Zainal Mustofa

Latar belakang : Zainal Mustofa tidak mau menghormati dan menentang Seikerei (Kaisar Jepang).

Proses : Pada tanggal 24 Februari perlawanan rakyat Singaparna terhadap Jepang meletus.

Akhir : Mustofa dan para pengikutnya ditangkap lalu diadili.

sumber:kosingkat.id

semoga membantu^^


4. Aktivitas Individu kelas 8 halaman 257 plisss tolong dijawab yaa


Aktivitas individu kelas 8 halaman 257

tentang perlawanan bersenjata melawan penjajahan Jepang

Pembahasan

Pada masa penjajahan Jepang, perjuangan rakyat Indonesia untuk lepas dari penjajahan sangatlah besar. Selain perjuangan yang dilakukan melalui organisasi - organisasi bentukan Jepang dan gerakan bawah tanah, terjadi pula perlawanan - perlawanan bersenjata yang dilakukan oleh bangsa Indonesia.

Perlawanan bersenjata tersebut, diantaranya :

1. Perlawanan Rakyat Aceh

Nama Perlawanan : Perlawanan Rakyat Aceh

Tokoh Perlawanan : Tengku Abdul Djalil, seorang ulama yang berasal dari Cot Plieng Aceh

Latar Belakang : Masyarakat Aceh diperlakukan dengan sewenang - wenang, serta mengalami penderitaan yang cukup lama karena turut serta dalam Romusha (kerja paksa)

Proses : Terjadi dalam 3 serangan. Serangan pertama pada tanggal 10 November rakyat Aceh menyerang Jepang di Cot Plieng. Sebanyak dua kali serangan, rakyat Aceh berhasil memukul mundur Jepang hingga ke Lhokseumawe.

Akhir : Pada serangan yang ketiga, Jepang berhasil merebut Cot Plieng dan Tengku Abdul Djalil pun tewas.

2. Perlawanan di Singaparna, Jawa Barat

Nama Perlawanan : Perlawanan Singaparna

Tokoh Perlawanan : K.H Zainal Mustofa

Latar Belakang : Pada masa penjajahan Jepang, rakyat Singaparna dipaksa untuk melakukan upacara Seikeri. Seikerei merupakan upacara penghormatan terhadap kaisar Jepang, dengan cara membungkuk kepada matahari terbit. Hal tersebut menyebabkan rakyat merasa dilecehkan, dan memutuskan untuk melawan.

Proses : Pada bulan Februari 1944, rakyat Singaparna melakukan perlawanan terhadap penjajah Jepang.

Akhir : Jepang berhasil menangkap KH. Zaenal Mustofa pada tanggal 25 Februari 1944. ia ditangkap beserta beberapa pengikutnya, lalu dihukum mati.

3. Perlawanan di Indramayu, jawa Barat

Nama Perlawanan : Perlawanan Indramayu

Tokoh Perlawanan : H. Madrian

Latar Belakang : Rakyat Indramayu menolak pungutan padi yang terlalu tinggi.

Proses : Pemberontakan pertama terjadi di Desa Kaplongan pada bulan April 1944. Setelah itu, pada tanggal 30 Juli 1944 terjadilah pemberontakkan di Desa Cidempet, Loh Bener.

Akhir : Jepang berhasil mengalahkan perlawanan rakyat Indamayu.

4. Perlawanan di Blitar, Jawa Timur

Nama Perlawanan : Perlawanan PETA

Tokoh Perlawanan : Supriyadi

Latar Belakang : Keinginan rakyat Indonesia untuk merdeka

Proses : Perlawanan ini terjadi pada tanggal 14 Februari 1945 dipimpin oleh Supriyadi (komandan pleton).

Akhir : perlawanan dapat dipadamkan Jepang karena persiapan tentara PETA kurang matang. Para pelopor perlawanan ditangkap, diadili dan dijatuhi hukuman mati.

Pelajari Lebih LanjutMateri tentang alasan Jepang membentuk organisasi bagi rakyat Indonesia, https://brainly.co.id/tugas/9557119

Materi tentang gerakan 3 A dan pemimpinnya, https://brainly.co.id/tugas/9008838

Detil Jawaban

Kelas : 8

Mata Pelajaran : IPS

Bab : Perubahan Masyarakat Indonesia pad Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan

Kode : -

Kata Kunci : Perlawanan, Jepang


5. 214-257-(-14)+69 berapakah hasilnya


214 - 257 - (-14) + 69
= 214 - 257 + 14 + 69
= -43 + 14 + 69
= -29 + 69
= 40Bab Operasi Bilangan
Matematika SD Kelas IV

214 - 257 - ( -14) + 69 = 214 - 257 + 14 + 69
                                    = 214 + 14 + 69 - 257
                                    = 40

6. jawaban buku paket bahasa Indonesia kelas 7 semester 2 halaman 257​


Jawaban:

Tempat dan tanggal surat <-> Agar pembaca Taku di mana dan kapan penulis menulis surat

salam <-> menyapa pembaca surat

isi surat <-> agar pembaca surat tahu inti dari

surat

salam penutup <-> agar menimbulkan hubungan pribadi yang semakin akrab dan menyapu penerima surat untuk terakhir kan di surat tersebut

nama dan tanda tangan <-> menyajikan identitas pengiriman surat

Penjelasan:

Mapel :B.indonesiaKelas. :VII

7. berapa hasil dari 124÷8+257


124÷8+257 =
= 15,5 + 257
= 272,5124÷8+257=
15,5+257=272,5
Hasilnya 272,5
Semoga Membantu

8. Jawaban beserta pembahasan matematika kelas 7 hal 257


Jawaban:

Bagaimana kita menjawab kalo ngak ada soal


9. Soal PAI kelas 9 halaman 257 esai


Jawaban:

ada pada gambar jawabannya :)

maaf kalo kurang lengkap dsb..

Penjelasan:

4.Tabot di Bengkulu upacara tradisional masyarakat Bengkulu untuk mengenang kisah kepahlawanan dan kematian Hasan dan Husein bin Ali bin Abi Thalib, cucu Nabi Muhammad saw. Kedua cucu Rasulullah saw ini gugur dalam peperangan di Karbala, Irak pada tanggal 10 Muharam 61 Hijriah (681 M). Perayaan di Bengkulu pertama kali dilaksanakan oleh Syaikh Burhanuddin yang dikenal sebagai Imam Senggolo pada tahun 1685. Syaikh Burhanuddin menikah dengan wanita Bengkulu kemudian keturunannya disebut sebagai keluarga Tabot. Upacara ini dilaksanakan dari 1 sampai 10 Muharram (berdasar kalendar Islam) setiap tahun.

5. Sejarah Grebeg Besar di Demak Tradisi Grebeg Besar merupakan upacara tradisional yang setiap tahun dilaksanakan di Kabupaten Demak Jawa Tengah. Tradisi ini dilaksanakan pada tanggal 10 Dzulhijjah bertepatan dengan datangnya Hari raya Idul Adha atau Idul Kurban. Tradisi ini cukup menarik karena Demak merupakan pusat perjuangan walisongo dalam dakwah.

Pada awalnya Grebeg Besar dilakukan tanggal 10 Dzulhijjah tahun 1428 Caka dan dimaksudkan sekaligus untuk memperingati genap 40 hari peresmian penyempurnaan Masjid Agung Demak. Mesjid ini didirikan oleh Walisongo pada tahun 1399 Caka, bertepatan 1477 Masehi. Tahun berdirinya masjid ini tertulis pada bagian Candrasengkala “Lawang Trus Gunaning Janmo”. Pada tahun 1428 tertulis dalam Caka tersebut Sunan Giri meresmikan penyempurnaan masjid Demak. Tanpa diduga pengunjung yang hadir sangat banyak. Kesempatan ini kemudian digunakan para Wali untuk melakukan dakwah Islam. Jadi, tujuan semula Grebeg Besar adalah untuk merayakan Hari Raya Kurban dan memperingati peresmian Masjid Demak.

#semoga membantu, maaf kalo salah :)


10. jawaban ips kelas 7 halaman 257​


Menurut saya teori yang paling kuat terkait masuknya Islam ke Indonesia adalah teori Persia. Pendapat saya ini berdasar bukti-bukti yang mendukung kebenaran teori Persia lebih banyak dibandingkan teori lainnya. Teori Persia juga tidak sepenuhnya membantah teori Gujarat. Teori Persia menjelaskan alasan munculnya teori Gujarat. Maka kesimpulannya teori yang paling kuat menurut saya terkait masuknya Islam ke Indonesia adalah teori Persia.

Pembahasan

Setidaknya ada tiga teori yang muncul tentang masuknya Islam ke Indonesia yakni teori Gujarat, teori Mekkah, dan Teori Persia. Berikut ini penjelasan masing-masing teori tersebut:

1. Teori Gujarat

Teori ini mengemukakan bahwa Islam masuk ke Indoenesia pertama kali diperkenalkan oleh sekelompok pedagang Muslim yang berasal dari Gujarat, India. Bukti yang mendasari teori ini adalah ditemukannya batu nisan di Pasai, Sumatera yang mirip dengan yang ada di Gujarat.

2. Teori Mekkah

Teori ini mengemukakan bahwa Islam masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang Arab. Teori ini berdasar pada abad ke 7, setelah Rasul SAW wafat, Islam disebarkan ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Bukti dari teori ini adalah ditemukannya pemukiman orang-orang Arab di pesisir pantai utara Sumatera.

3. Teori Persia

Teori ini mengemukakan bahwa Islam masuk ke Indonesia berasal dari orang-orang Persia yang pernah singgah di Gujarat. Hal ini berdasar pada kebudayaan masyarakat Muslim di Indonesia hampir sama dengan kebudayaan Muslim di Persia. Teori ini juga didukung ajaran Syaikh Siti Jenar yang memiliki kesamaan dengan ajaran sufi Iran Al-Hallaj.

Pelajari Lebih LanjutMateri tentang teori masuknya Islam ke Indonesia https://brainly.co.id/tugas/2435379Materi tentang teori masuknya Islam ke Indonesia https://brainly.co.id/tugas/5722458Materi tentang teori masuknya Islam ke Indonesia https://brainly.co.id/tugas/5813954

Detail Jawaban

Kelas: 7

Mapel: IPS

Bab: Masuknya Islam ke Indonesia

Kode: -

#AyoBelajar

#SPJ2


11. Perlawanan rakyat pada masa pendudukan jepang nama perlawanan, tokoh perlawanan, latar belakang, proses, akhir. Sebutkan masing masing 4. Jawaban ips kelas 8 halaman 257 revisi 2017 kurikulum 2013


perlawanan rakyat singaparnaK.H.Zainul MustafaIa tidak mau melakukan saikerei yaitu memberi penghormatab kepada kaisar jepang dengan membungkukkan badan ke arah matahari terbit,karena itu menyinggung umat islamJepang mengieim utusan ke sjngaparna untuk menangkap kh.zainul mustafaa,namum utusan jepang dikeroyokvoleh masa. kemudian jepang menggempur singaparna pada tgl 25 feb 1944 setelah salat jumatkh.zainul mustafa kalah,kemudian dihulum mati

12. 214 - (257 + 14) + 69 = …


214 - (257 + 14) + 69
214 - 271 + 69
12214-271+69
-57+69
-13

13. tolong jawab yaa (Buku Paket Kelas 7 Semester 1 Halaman 257)


A.
[tex]2x - 4 = 8 \\ 2x = 8 + 4 \\ 2x = 12 \\ x = 12 \div 2 \\ x = 6[/tex]
B.
[tex] - 4 + 3s = 24 \\ 3s = 24 + 4 \\ 3s = 28 \\ s = 28 \div 3 \\ s = 9 \frac{1}{3} [/tex]
C.
[tex] - 8 - d ^{2} = 32 \\ - d ^{2} = 32 + 8 \\ - d {}^{2} = 40 \\ d = - 40 {}^{2} \\ d = 80[/tex]
D.
[tex]5(x - 2) = x - 2 \\ 5x - 10 = x - 2 \\ 5x - x = - 2 + 10 \\ 4x = 8 \\ x = 8 \div 4 \\ x = 2[/tex]
E.
[tex]2x - 1 = 5 \\ 2x = 5 + 1 \\ 2x = 6 \\ x = 6 \div 2 \\ x = 3[/tex]
Sampai E aja yg lain kerjain sendiri. Mungkin C salah, Maaf kalau emang salah.

14. Jawaban paket bahasa Indonesia kelas7 bab 7 halaman 257 semester genap


Surat pribadi adalah dokumen yang dikirimkan dari perorangan kepada orang lain atau lembaga/institusi/organisasi. Surat pribadi merupakan salah satu dari dua jenis surat dalam Bahasa Indonesia yang dibedakan berdasarkan identitas pengirimnya. Selain surat pribadi, kita juga mengenal adanya jenis surat lain yaitu surat dinas. Berbeda dengan surat pribadi, surat dinas dikirim oleh suatu lembaga/organisasi/institusi kepada lembaga lain atau perorangan.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menjabarkan fungsi dari setiap unsur yang terdapat pada surat pribadi. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

UNSUR SURAT PRIBADI DAN FUNGSI

1. Tempat dan tanggal surat

ALASAN:

Agar pembaca tahu di mana dan  kapan penulis menulis surat

2. Salam

ALASAN:

Menyapa pembaca surat

3. isi surat

ALASAN:

Agar pembaca surat tahu inti dari surat.

4. Salam penutup

ALASAN:

Agar menimbulkan hubungan pribadi yang semakin akrab dan menyapa penerima surat untuk terakhir kali di surat tersebut.

5. Nama dan tanda tangan

ALASAN:

Menyajikan identitas pengirim surat

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang surat pribadi:

https://brainly.co.id/tugas/1199445

Detil jawaban

Kelas: VIII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 1 - Sastra

Kode kategori: 8.1.1

Kata kunci: unsur, surat, pribadi, dokumen, pengirim, perorangan, lembaga, pengiriman surat, dokumen, penerima surat, unsur surat


15. pai hal 257 kurikulum 2013 kelas 8


Jawabannya

1. B. Yang telah direzekikan

2.c. bersyukur terhadap nikmat allah swt.


Video Terkait


Post a Comment for "Kunci Jawaban Agama Islam Kelas 8 Bab 14 Halaman 257"