Kunci Jawaban Buku Mandiri Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013
OK Google kunci jawaban untuk kelas 8 buku mandiri bahasa Inggris kurikulum 2013 halaman 106 1practice 2
1. OK Google kunci jawaban untuk kelas 8 buku mandiri bahasa Inggris kurikulum 2013 halaman 106 1practice 2
Change the verbs in brackets into their past form.
Choosing the appropriate word to fill the blanks is not too difficult if we've known the meaning of each given words.
Based on the text, it is talking about the last school vacation and we will complete the text with the form of past tense.
The simple past tense, sometimes called the preterite, is used to talk about a completed action in a time before now. The time of the action can be in the recent past or the distant past and action duration is not important.
We always use the simple past when we say when something happened, so it is associated with certain past time expressions.
To understand more, let's discuss it.
PEMBAHASAN :Aldo and his family VISITED Karimun Jawa on the last school vacation. It was a short visit. Early in the morning, they WENT snorkeling. A guide HELPED the family enjoy the activities. They ENJOYED the beautiful reef and the fish in the water. After that they visited the shark-breeding pool. They HAD a chance to swim with the sharks. It was scary. Aldo TREMBLED with fear when he WATCHED the sharks swimming around him and his family. Then, soon he LEFT the shark pool and enjoyed playing with other sea creatures, such as blowfish, starfish, and turtles. The blowfish PUFFED itself up when Ivan HELD it on his hand.
Pelajari lebih lanjut :Tentang soal - soal sejenisnya
https://brainly.co.id/tugas/26719524
https://brainly.co.id/tugas/22727599
https://brainly.co.id/tugas/14716672
DETAIL JAWABANMAPEL : BAHASA INGGRIS
KELAS : VIII
MATERI : TELLING STORY IN THE PAST
KODE SOAL : 5
KODE KATEGORISASI : 8.5.10
2. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013 kegiatan1.2
Berita adalah salah satu cara menyampaikan informasi kepada masyarakat umum. Berita dapat dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan media penyampaiannya yaitu berita elektronik dan cetak.
PembahasanPada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menentukan berita pendidikan dari daftar berita yang disajikan. Beriktu kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.
Jenis berita
Peralatan praktikum sekolah itu ada yang mencuri tadi malam. -> Bukan (Berita kriminal)Penyelenggara lomba menulis cerpen oleh dinas kabupaten pada awal bulan depan. -> Ya (Berita pendidikan)Bapak kepala sekolalh kami baru saja menghadiri undangan pernikahan keluarganya di balai kelurahan. -> Bukan (Berita sosial)Bahan bangunan untuk pendirian sekolah itu berasal dari kabupaten lain. -> Ya (Berita pendidikan)Seminar bahaya narkoba sering diselenggarakan di sekolah-sekolah akhir-akhir ini. -> Ya (Berita pendidikan)Pelajari lebih lanjut
Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang berita:
https://brainly.co.id/tugas/6358884
Detil jawabanKelas: VII
Mata pelajaran: Bahasa Indonesia
Bab: Bab 3 - Berita
Kode kategori: 7.1.3
Kata kunci: berita pendidikan
3. Kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013
Jawaban:
jhcjifgjifhucjuh ini8
4. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 8 semester 1 kurikulum 2013 lks lks halaman 50
Jawaban:
Kunci jawaban bahasa Indonesia kelas VIII halaman 50 adalah mengenai kaidah kebahasaan dalam suatu iklan.
Iklan Dunia Indah Tanpa Narkoba: tidak mengandung unsur persuasif atau ajakan, tidak terdapat kata imperatif, tidak berirama, berkesan positif, dan ringkas.
Iklan Satukan Hati Wujudkan Cita-Citanya: tidak mengandung unsur persuasif, terdapat kata imperatif (satukan), tidak berirama, berkesan positif, dan ringkas.
Iklan Ayo Cuci Tanganmu Pakai Sabun: mengandung unsur persuasif, terdapat kata imperatif (ayo), tidak berirama, berkesan positif, dan ringkas.
Penjelasan:
kaidah kebahasaan suatu iklan terdiri dari persuasif, imperatif, berirama, terkesan positif, dan ringkas.
Pelajari lebih lanjut materi isi suatu iklan pada https://brainly.co.id/tugas/15437479
#BelajarBersamaBrainly
5. kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2018 halaman 37 Dan 38
Jawaban:
Kunci jawaban bahasa Indonesia kelas IX halama 37 adalah
EmosiLogikaEtikaKunci jawaban bahasa Indonesia kelas IX halaman 38 adalah
Etika: Menanam pohon adalah suatu wujud rasa syukur kita kepada Tuhan yang telah memberikan kita segalanya. Kita pun harus menyadari bahwa manusialah yang seharusnya bertindak bijaksana dalam mengelolanya.Emosi: Kenapa kita tidak pernah memikirkan apa dampaknya baik anak cucu kita kelak apabila tidak ada satu pun tanaman di bumi ini? Apakah mereka dapat hidup dengan oksigen buatan?Logika: Seharusnya kita benar-benar peduli akan lingkungan, terutama dengan penanaman pohon. Meski tampaknya sederhana, tetapi mungkin sukar bagi kita untuk melakukannya.Penjelasan:
Cara memersuasi ada tiga, yaitu
Dengan etika, yaitu menggunakan pendekatan etika.Dengan emosi, yaitu dengan menggugah perasaan audiensi.Dengan logika, yaitu dengan memberikan pernyataan yang masuk akal.Pelajari lebih lanjut materi contoh etika, emosi, dan logika mengenai penanaman pohon pada https://brainly.co.id/tugas/11923944
#BelajarBersamaBrainly
6. Contoh soal bahasa inggris kelas 8 kurikulum 2013 beserta kunci jawabannya
Please Don't Leave me
7. kunci jawaban buku prima penilaian harian kurikulum 2013 kelas 5 hal 55, 56,&57 bahasa Indonesia.
Jawaban:
Maksudnya ap njirrr kok kunci jawaban
8. kunci jawaban buku mandiri bahasa indonesia kelas 8 hal 32
karang taruna antara RT yaitu no 67 semoga bermanfaat ya dek atw
9. kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 7 kurikulum 2013 hal 169 tabel kata berirama pada pantun
Kata beriman pd pantun
bayam ayam
kanung sekampung
tidak tidak
benang dikenang
berang orang
kiri diri
selasih kasih
taman zaman
#mf klo slh
#smg mmbnt
10. Pernahkah kamu membuat sesuatu melalui cara tertentu? (buku bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013)
penah. seperti memasak misalnya.
11. jawaban pada buku paket bahasa indonesia halaman 167 kurikulum 2013 kelas 8
Teks ulasan adalah sebuah teks yang menyajikan penilaian tentang suatu karya, baik karya sastra atau pertunjukan, untuk memberikan wawasan dan dasar bagi masyarakat untuk memutuskan apakah mereka akan membaca atau menonton karya tersebut.
Pembahasan
Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan jawaban atas pertanyaan pada halaman 167 buku Bahasa Indonesia kelas VIII. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut satu per satu.
PERTANYAAN
A. 1. Baca kembali teks ulasan untuk novel Atheis!
2. Secara berdiskusi, jelaskanlah bagian-bagian dari struktur teks tersebut
secara jelas!
JAWABAN
IDENTITAS KARYA
Judul : Atheis
Pengarang : Achdiat K. Mihardja
Penerbit : Balai Pustaka
Tahun terbit : 1949 (cetakan pertama)
Tebal halaman : 232 halaman
ORIENTASI
Atheis merupakan salah satu novel terbaik yang memperoleh hadiah tahunan Pemerintah RI tahun 1969. R.J. Maguire menerjemahkan novel ini ke bahasa Inggris tahun 1972. Sementara itu, Sjuman Djaya mengangkatnya ke layar perak tahun 1974 dengan judul yang sama.
SINOPSIS
Novel ini menceritakan perjalanan hidup tokoh Hasan. Dari kecil ia dididik menjadi anak yang saleh. Ia begitu taat beribadah. Begitu juga dengan orang tuanya adalah pemeluk Islam yang fanatik. Orang tua Hasan menyekolahkan di MULO. Di sekolah itu dia bertemu dengan seorang gadis cantik yang bernama Rukmini. Hubungan keduanya semakin akrab. Mereka saling jatuh cinta. Rupanya kisah cinta mereka tidak bisa berlangsung lama. Oleh orang tuanya, Rukmini disuruh kembali ke Jakarta. Ia akan dipinang oleh seorang saudagar kaya. Ia menuruti nasihat orang tuanya dengan menerima pinangan saudagar kaya tersebut meski pernikahan itu tidak disertai rasa cinta.
Kejadian itu membuat hati Hasan hancur. Ia menjadi frustrasi. Untuk menghilangkan bayangan Rukmini dari hidupnya, ia mengikuti aliran tarekat seperti yang telah lama dianut orang tuanya. Ia semakin taat beribadah. Akan tetapi, kehidupannya berubah ketika dia bertemu teman lamanya, yaitu Rusli.
Temannya itu datang bersama seorang wanita cantik bernama Kartini. Ia adalah perempuan modern dan pergaulannya bebas. Ia juga seorang janda. Ternyata sejak perjumpaan itu, Hasan menaruh hati pada Kartini. Alasannya, Kartini memiliki karakter yang hampir sama dengan Rukmini.
Semenjak Hasan mencintai Kartini, dia pun juga bergaul dengan temanteman Kartini. Hasan mencoba untuk menyadarkan Kartini dan Rusli dengan memberikan ceramah-ceramahnya. Akan tetapi, karena Rusli juga pandai bicara, kemudian dialah yang berbalik memengaruhi Hasan. Tanpa disadari, pemikiranpemikiran Rusli melekat di kepala Hasan. Mulanya, Hasan tidak terpengaruh. Namun, keyakinannya mulai goyah ketika dia dikenalkan dengan seorang yang tidak percaya Tuhan, yaitu Anwar. Pengetahuan Anwar tentang ketuhanan begitu luas.
...
ANALISIS
Novel ini banyak memberikan pelajaran kepada pembacanya. Kita harus pandai bergaul dengan orang lain. Jangan sampai salah pergaulan hingga pada akhirnya kita malah tersesat, bahkan sampai mengingkari ajaran agama. Kita harus senantiasa berpegang teguh pada agama dan selalu meyakini keberadaan Tuhan.
Nilai moral yang kedua adalah hendaknya kita mau memaakan kesalahan orang lain yang sudah bertobat. Jangan seperti tokoh ayah Hasan yang tidak mau memaakan kesalahan anaknya bahkan sampai ajal menjemputnya. Manusia adalah tempat salah dan lupa. Setiap manusia pasti mempunyai kesalahan, tetapi suatu saat juga akan kembali ke jalan yang benar. Jika Tuhan Maha Pengampun,
Pengasih, dan Penyayang, mengapa manusia tidak bisa, apalagi demi memaakan anaknya sendiri. Bahasa novel ini lugas dan mudah dipahami.
EVALUASI
Sayangnya, novel ini sudah sangat langka sehinga sulit diperoleh.
B. 1. Bahasa novel ini lancar dan mudah dipahami -> Analisis
2. Novel memberikan banyak pelajaran pada pembacanya antara lain bahwa kita harus pandai bergaul dengan orang lain. -> Evaluasi
3. Atheis merupakan salah satu novel terbaik yang memperoleh hadiah tahunan Pemerintah RI tahun 1969. -> Orientasi
4. Judul : Atheis
Pengarang : Achdiat K. Mihardja. -> Identitas
5. Novel ini menceritakan perjalanan hidup tokoh Hasan. -> Sinopsis
Pelajari lebih lanjut
Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang teks ulasan:
brainly.co.id/tugas/14215924
Detil jawaban
Kelas: VIII
Mata pelajaran: Bahasa Indonesia
Bab: Bab 1 - Sastra
Kode kategori: 8.1.1
kata kunci: teks ulasan, atheis
12. kunci jwban bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013 kegiatan 6.4 yang c hal 163
Kalimat adalah kesatuan linguistik yang terdiri dari setidaknya satu klausa. Untuk dapat membangun satu klausa yang utuh, kita membutuhkan setidaknya dua unsur. Kedua unsur tersebut masing-masing mencakup satu subyek dan satu predikat. Subyek dapat dimaknai sebagai pihak yang melakukan tindakan seperti yang diterangkan oleh kata kerja atau verba dalam predikat. Adapun predikat merupakan bagian dalam kalimat yang mengandung kat akerja atau verba yang menjelaskan tindakan yang dilakukan oleh subyek.
Pembahasan
Pada kesempatan ini, soal menyajikan kita dengan beberapa kalimat. Kemudian, kita diminta untuk menganalisis masing-masing kalimat, mencari kesalahannya, kemudian melakukan perbaikan jika ditemukan kesalahan. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut satu per satu.
KALIMAT DAN PERBAIKAN
1. Dari berjam-jam hingga mampu menyelesaikannya di bawah dua puluh detik, bahkan dengan mata tertutup.
KESALAHAN: -NYA DAN TIDAK DITEMUKANNYA SUBYEK
PENJELASAN: KATA GANTI 'NYA' TIDAK MERUJUK PADA OBYEK MANAPUN SERTA TIDAK DITEMUKAN SUBYEK PADA KALIMAT INI.
PERBAIKAN: DARI BERJAM-JAM HINGGA DI BAWAH DUA PULUH DETIK, IA MAMPU MENYELESAIKAN TUGAS BAHKAN DENGAN MATA TERTUTUP.
2. Satu per satu kompetisi lokal diadakan untuk berlomba menyelesaikan rubik.
KESALAHAN: BERLOMBA
PENJELASAN: KATA 'BERLOMBA' TIDAK COCOK DIPAKAI KARENA MERUJUK PADA 'KOMPETISI LOKAL' SEBAGAI SUBYEK, BUKAN MANUSIA
PERBAIKAN: SATU PER SATU KOMPETISI LOKAL DIADAKAN UNTUK MENYELESAIKAN RUBIK.
3. Kejuaraan ini dimenangi oleh seorang pelajar Vietnam berumur 16 tahun, Minh hai, dengan catatan waktu 22,95 detik.
KESALAHAN: DIMENANGI
PENJELASAN: KATA 'DIMENANGI' MENGANDUNG MAKNA DILAKUKAN BERKALI-KALI, SEMENTARA KALIMAT HANYA MENGACU PADA KEMENANGAN YANG DIRAIH SATU KALI
PERBAIKAN: KEJUARAAN INI DIMENANGKAN OLEH SEORANG PELAJAR VIETNAM BERUMUR 16 TAHUN, MINH HAI, DENGAN CATATAN WAKTU 22,95 DETIK.
4. Sebagian lebih tertarik dengan kehadiran video game elektronik yang lebih modern.
KESALAHAN: ELEKTRONIK
PENJELASAN: KATA 'ELEKTRONIK' TIDAK PERLU LAGI DIPAKAI KARNA 'VIDEO GAME' MERUPAKAN OBYEK ATAU PERALATAN ELEKTRONIK
PERBAIKAN: SEBAGIAN LEBIH TERTARIK DENGAN KEHADIRAN VIDEO GAME YANG LEBIH MODERN.
5. Demam rubik pun melanda untuk ke dua kalinya.
KESALAHAN: KE DUA
PENJELASAN: KATA 'KE' DAN 'DUA' MERUPAKAN SATU KATA
PERBAIKAN: DEMAM RUBIK PUN MELANDA UNTUK KEDUA KALINYA.
Pelajari lebih lanjut
Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang menyunting kalimat:
https://brainly.co.id/tugas/7304004
Detil jawaban
Kelas: VIII
Mata pelajaran: Bahasa Indonesia
Bab; Bab 1 - Sastra
Kode kategori :8.1.1
Kata kunci: sastra, kalimat, perbaikan, kesalahan, menyunting kalimat, kaidah kebahasan, tanda baca, ejaan, menyunting, kalimat efektif
13. jawaban pada buku paket bahasa indonesia kegiatan 5.8 halaman 149 kelas 8 kurikulum 2013
Kalimat adalah kesatuan linguistik yang terdiri dari setidaknya satu klausa. Untuk dapat membangun satu klausa yang utuh, kita membutuhkan dua unsur. Kedua unsur tersebut mencakup satu subyek dan satu predikat. Subyek dapat diartikan sebagai pihak yang melakukan tindakan seperti yang diterangkan oleh kata kerja atau verba dalam predikat. Adapun predikat merupakan bagian dalam kalimat yang mengandung verba atau kata kerja yang menerangkan tindakan yang dilakukan oleh subyek.
Pembahasan
Pada kesempatan ini, soal menyajikan kita dengan beberapa kalimat. Kemudian, kita diminta untuk mengurutkan kembali kalimat-kalimat tersebut agar membentuk pola pengembangan yang sesuai atau tepat. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut satu per satu.
KALIMAT DAN POLA PENGEMBANGAN
1. a. Majunya ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) sangat memengaruhi kehidupan manusia.
b. Akibatnya tanah menjadi gundul, kemudian erosi, akhirnya tanah longsor
dan menimbulkan banyak korban.
c. Adanya mesin potong yang canggih, manusia dapat menebang hutan
seenaknya.
d. Kemajuan iptek tanpa kepedulian manusia tentu akan merusak lingkungan.
e. Bangsa Indonesia sekarang ini sedang berupaya untuk melestarikan lingkungan hidup.
PARAGRAF:
Bangsa Indonesia sekarang ini sedang berupaya untuk melestarikan lingkungan hidup. Majunya ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) sangat memengaruhi kehidupan manusia. Kemajuan iptek tanpa kepedulian manusia tentu akan merusak lingkungan. Adanya mesin potong yang canggih, manusia dapat menebang hutan seenaknya. Akibatnya tanah menjadi gundul, kemudian erosi, akhirnya tanah longsor dan menimbulkan banyak korban.
2. a. Keseimbangan lingkungan secara alami dapat berlangsung karena beberapa hal.
b. Keseimbangan lingkungan itu dapat terganggu bila terjadi perubahan.
c. Salah satu faktor penyebab gangguan adalah polusi di samping faktor-faktor yang lain.
d. Perubahan yang dimaksud berupa pengurangan fungsi dari komponen atau hilangnya sebagian komponen yang dapat menyebabkan putusnya mata rantai dalam ekosistem.
PARAGRAF:
Keseimbangan lingkungan secara alami dapat berlangsung karena beberapa hal. Keseimbangan lingkungan itu dapat terganggu bila terjadi perubahan. Perubahan yang dimaksud berupa pengurangan fungsi dari komponen atau hilangnya sebagian komponen yang dapat menyebabkan putusnya mata rantai dalam ekosistem. Salah satu faktor penyebab gangguan adalah polusi di samping faktor-faktor yang lain.
Pelajari lebih lanjut
Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang teks eksplanasi:
https://brainly.co.id/tugas/752240
Detil jawaban
Kelas: VIII
Mata pelajaran: Bahasa Indonesia
Bab: Bab 1 - Sastra
Kode kategori: 8.1.1
Kata kunci: kalimat, pola pengembangan, urutan, teks eksplanasi
14. jawaban buku paket bahasa Indonesia kelas 7smp kurikulum 2013
Jawaban:
ko aneh sih.seharusnya kirim gambarnya jadi kita bisa liat apa soalnya apa jawabannya
Penjelasan:
maaf ya kalo menurutmu aku ngegas
15. kunci jawaban bahasa Indonesia halaman 162 kelas 8 semester 2 kurikulum 2013
Teks ulasan adalah sebuah teks yang menyajikan penilaian terhadap suatu karya, baik karya sastra maupun pertunjukan, dengan tujuan menyajikan wawasan yang luas, obyektif, berimbang, menyeluruh, dan mendalam terhadap obyek yang diulas sehingga masyarakat dapat memutuskan perihal akan membaca atau menyaksikan karya tersebut.
Pembahasan
Pada kesempatan ini, soal menyajikan kita dengan beberapa pertanyaan terkait teks ulasan film "Beth". Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.
A. 1. Perhatikan kembali teks ulasaan tentang film ”Beth”!
2. Manakah dari kalimat-kalimat di bawah ini yang sesuai dengan isi teks
tersebut?
a. Film ”Beth” merupakan Film alternatif yang kaya makna. -> SESUAI
b. Dari awal hinga akhir, Beth hanya mengambil satu setting: kehidupan di suatu rumah sakit jiwa. -> SESUAI
c. Film ”Beth” bercerita tentang kisah cinta yang tragis antara Beth dengan Pesta. -> SESUAI
d. Beth jadi gila lantaran tak kuat menanggung derita akibat aborsi paksa. -> TIDAK SESUAI
e. Beth merupakan gambaran tentang kian sempitnya ruang di masyarakat yang patut dijadikan tempat untuk berkreasi. -> SESUAI
B. 1. Catatlah hal-hal yang kamu anggap penting/menarik dari ulasan ilm
”Beth” di depan!
a. Beth merupakan sebuah film alternatif yang kaya makna.
b. Beth mengambil satu setting: kehidupan di suatu rumah sakit jiwa.
c. Inti cerita ilm ”Beth” berkisah cinta yang tragis antara Beth atau Elizabeth dan Pesta yang tak direstui oleh orang tua Beth yang jenderal.
d. Kehidupan asmara Beth-Pesta berakhir mengenaskan dengan Pesta masuk penjara karena narkoba dan Beth jadi gila lantaran tak kuat menanggung deritanya. Keduanya dipertemukan kembali di Rumah Sakit Jiwa Manusia.
e. Inti film ”Beth” yang sebenarnya tentang para penghuni rumah sakit jiwa itu, mulai dari penyair, politikus gila, perawat, hingga masyarakat umum.
f. Tingkah para profesional gila melahirkan sejumlah pesan moral.
g. Film Beth mengungkap realitas dalam ekspresi yang jujur.
h. Kehidupan di ‘dunia gila’ juga memiliki logika sendiri. Itu sebabnya ada orang gila yang ternyata berpikiran justru lebih logis ketimbang orang sehat.
i. Film ”Beth” merupakan ungkapan semangat pemberontakan Aria pada sesuatu yang mapan.
j. Sudah waktunya kita mengkritisi idiom-idiom sesat yang kini terlanjur hidup dalam masyarakat kita.
k. Film ”Beth” menggambarkan kian sempitnya ruang di masyarakat yang patut dijadikan tempat manusia untuk berkreasi satu-satunya ruang yang tersisa bagi Aria adalah rumah sakit jiwa.
2. Berdasarkan catatan itu, ceritakan kembali isi ulasan tersebut dengan
kata-katamu sendiri!
JAWABAN:
Film Beth merupakan sebuah film alternatif yang kaya makna. Film ini mengambil satu setting: kehidupan di suatu rumah sakit jiwa.
Inti cerita film ”Beth” berkisah cinta yang tragis antara Beth atau Elizabeth dan Pesta yang tak direstui oleh orang tua Beth yang jenderal. Kehidupan asmara Beth-Pesta berakhir mengenaskan dengan Pesta masuk penjara karena narkoba dan Beth jadi gila lantaran tak kuat menanggung deritanya. Keduanya dipertemukan kembali di Rumah Sakit Jiwa Manusia.
Namun inti tersebut hanya pigura semata, sementara inti sebenarnya tentang para penghuni rumah sakit jiwa itu, mulai dari penyair, politikus gila, perawat, hingga masyarakat umum. Tingkah para profesional gila melahirkan sejumlah pesan moral. Film Beth mengungkap realitas dalam ekspresi yang jujur yaitu bahwa kehidupan di ‘dunia gila’ juga memiliki logika sendiri. Itu sebabnya ada orang gila yang ternyata berpikiran justru lebih logis ketimbang orang sehat.
Film ”Beth” merupakan ungkapan semangat pemberontakan Aria pada sesuatu yang mapan. Film ini berpesan bahwa sudah waktunya kita mengkritisi idiom-idiom sesat yang kini terlanjur hidup dalam masyarakat kita.
Pelajari lebih lanjut
Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang teks ulasan:
https://brainly.co.id/tugas/14215924
Detil jawaban
Kelas: IX
Mata pelajaran: Bahasa Indonesia
Bab: Bab 5 - kritik
Kode kategori: 9.1.5
Kata kunci: teks ulasan, film Beth
Post a Comment for "Kunci Jawaban Buku Mandiri Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013"