Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Buku Mandiri Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013


Kunci Jawaban Buku Mandiri Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013

OK Google kunci jawaban untuk kelas 8 buku mandiri bahasa Inggris kurikulum 2013 halaman 106 1practice 2​

1. OK Google kunci jawaban untuk kelas 8 buku mandiri bahasa Inggris kurikulum 2013 halaman 106 1practice 2​


Change the verbs in brackets into their past form.

Choosing the appropriate word to fill the blanks is not too difficult if we've known the meaning of each given words.

Based on the text, it is talking about the last school vacation and we will complete the text with the form of past tense.

The simple past tense, sometimes called the preterite, is used to talk about a completed action in a time before now. The time of the action can be in the recent past or the distant past and action duration is not important.

We always use the simple past when we say when something happened, so it is associated with certain past time expressions.

To understand more, let's discuss it.

PEMBAHASAN :

Aldo and his family VISITED Karimun Jawa on the last school vacation. It was a short visit. Early in the morning, they WENT snorkeling. A guide HELPED the family enjoy the activities. They ENJOYED the beautiful reef and the fish in the water. After that they visited the shark-breeding pool. They HAD a chance to swim with the sharks. It was scary. Aldo TREMBLED with fear when he WATCHED the sharks swimming around him and his family. Then, soon he LEFT the shark pool and enjoyed playing with other sea creatures, such as blowfish, starfish, and turtles. The blowfish PUFFED itself up when Ivan HELD it on his hand.

Pelajari lebih lanjut :

Tentang soal - soal sejenisnya

https://brainly.co.id/tugas/26719524

https://brainly.co.id/tugas/22727599

https://brainly.co.id/tugas/14716672

DETAIL JAWABAN

MAPEL : BAHASA INGGRIS

KELAS : VIII

MATERI : TELLING STORY IN THE PAST

KODE SOAL : 5

KODE KATEGORISASI : 8.5.10


2. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013 kegiatan1.2​


Berita adalah salah satu cara menyampaikan informasi kepada masyarakat umum. Berita dapat dibedakan menjadi dua jenis berdasarkan media penyampaiannya yaitu berita elektronik dan cetak.

Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menentukan berita pendidikan dari daftar berita yang disajikan. Beriktu kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

Jenis berita

Peralatan praktikum sekolah itu ada yang mencuri tadi malam. -> Bukan (Berita kriminal)Penyelenggara lomba menulis cerpen oleh dinas kabupaten pada awal bulan depan. -> Ya (Berita pendidikan)Bapak kepala sekolalh kami baru saja menghadiri undangan pernikahan keluarganya di balai kelurahan. -> Bukan (Berita sosial)Bahan bangunan untuk pendirian sekolah itu berasal dari kabupaten lain. -> Ya (Berita pendidikan)Seminar bahaya narkoba sering diselenggarakan di sekolah-sekolah akhir-akhir ini. -> Ya (Berita pendidikan)

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang berita:

https://brainly.co.id/tugas/6358884

Detil jawaban

Kelas: VII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 3 - Berita

Kode kategori: 7.1.3

Kata kunci: berita pendidikan


3. Kunci jawaban buku bahasa inggris kelas 12 kurikulum 2013


Jawaban:

jhcjifgjifhucjuh ini8


4. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 8 semester 1 kurikulum 2013 lks lks halaman 50​


Jawaban:

Kunci jawaban bahasa Indonesia kelas VIII halaman 50 adalah mengenai kaidah kebahasaan dalam suatu iklan.

Iklan Dunia Indah Tanpa Narkoba: tidak mengandung unsur persuasif atau ajakan, tidak terdapat kata imperatif, tidak berirama, berkesan positif, dan ringkas.

Iklan Satukan Hati Wujudkan Cita-Citanya: tidak mengandung unsur persuasif, terdapat kata imperatif (satukan), tidak berirama, berkesan positif, dan ringkas.

Iklan Ayo Cuci Tanganmu Pakai Sabun: mengandung unsur persuasif, terdapat kata imperatif (ayo), tidak berirama, berkesan positif, dan ringkas.

Penjelasan:

kaidah kebahasaan suatu iklan terdiri dari persuasif, imperatif, berirama, terkesan positif, dan ringkas.

Pelajari lebih lanjut materi isi suatu iklan pada https://brainly.co.id/tugas/15437479

#BelajarBersamaBrainly


5. kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2018 halaman 37 Dan 38


Jawaban:

Kunci jawaban bahasa Indonesia kelas IX halama 37 adalah

EmosiLogikaEtika

Kunci jawaban bahasa Indonesia kelas IX halaman 38 adalah

Etika: Menanam pohon adalah suatu wujud rasa syukur kita kepada Tuhan yang telah memberikan kita segalanya. Kita pun harus menyadari bahwa manusialah yang seharusnya bertindak bijaksana dalam mengelolanya.Emosi: Kenapa kita tidak pernah memikirkan apa dampaknya baik anak cucu kita kelak apabila tidak ada satu pun tanaman di bumi ini? Apakah mereka dapat hidup dengan oksigen buatan?Logika: Seharusnya kita benar-benar peduli akan lingkungan, terutama dengan penanaman pohon. Meski tampaknya sederhana, tetapi mungkin sukar bagi kita untuk melakukannya.

Penjelasan:

Cara memersuasi ada tiga, yaitu

Dengan etika, yaitu menggunakan pendekatan etika.Dengan emosi, yaitu dengan menggugah perasaan audiensi.Dengan logika, yaitu dengan memberikan pernyataan yang masuk akal.

Pelajari lebih lanjut materi contoh etika, emosi, dan logika mengenai penanaman pohon pada https://brainly.co.id/tugas/11923944

#BelajarBersamaBrainly


6. Contoh soal bahasa inggris kelas 8 kurikulum 2013 beserta kunci jawabannya


Please Don't Leave me

7. kunci jawaban buku prima penilaian harian kurikulum 2013 kelas 5 hal 55, 56,&57 bahasa Indonesia.​


Jawaban:

Maksudnya ap njirrr kok kunci jawaban


8. kunci jawaban buku mandiri bahasa indonesia kelas 8 hal 32​


karang taruna antara RT yaitu no 67 semoga bermanfaat ya dek atw


9. kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 7 kurikulum 2013 hal 169 tabel kata berirama pada pantun


Kata beriman pd pantun
bayam ayam
kanung sekampung
tidak tidak
benang dikenang
berang orang
kiri diri
selasih kasih
taman zaman

#mf klo slh
#smg mmbnt

10. Pernahkah kamu membuat sesuatu melalui cara tertentu? (buku bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013)


penah. seperti memasak misalnya.

11. jawaban pada buku paket bahasa indonesia halaman 167 kurikulum 2013 kelas 8


Teks ulasan adalah sebuah teks yang menyajikan penilaian tentang suatu karya, baik karya sastra atau pertunjukan, untuk memberikan wawasan dan dasar bagi masyarakat untuk memutuskan apakah mereka akan membaca atau menonton karya tersebut.


Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan jawaban atas pertanyaan pada halaman 167 buku Bahasa Indonesia kelas VIII. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut satu per satu.


PERTANYAAN

A. 1. Baca kembali teks ulasan untuk novel Atheis!

2. Secara berdiskusi, jelaskanlah bagian-bagian dari struktur teks tersebut

secara jelas!

JAWABAN

IDENTITAS KARYA

Judul : Atheis

Pengarang : Achdiat K. Mihardja

Penerbit : Balai Pustaka

Tahun terbit : 1949 (cetakan pertama)

Tebal halaman : 232 halaman


ORIENTASI

Atheis merupakan salah satu novel terbaik yang memperoleh hadiah tahunan  Pemerintah RI tahun 1969. R.J. Maguire menerjemahkan novel ini ke bahasa  Inggris tahun 1972. Sementara itu, Sjuman Djaya mengangkatnya ke layar perak  tahun 1974 dengan judul yang sama.

SINOPSIS

Novel ini menceritakan perjalanan hidup tokoh Hasan. Dari kecil ia dididik  menjadi anak yang saleh. Ia begitu taat beribadah. Begitu juga dengan orang tuanya  adalah pemeluk Islam yang fanatik. Orang tua Hasan menyekolahkan di MULO.  Di sekolah itu dia bertemu dengan seorang gadis cantik yang bernama Rukmini.  Hubungan keduanya semakin akrab. Mereka saling jatuh cinta. Rupanya kisah  cinta mereka tidak bisa berlangsung lama. Oleh orang tuanya, Rukmini disuruh  kembali ke Jakarta. Ia akan dipinang oleh seorang saudagar kaya. Ia menuruti  nasihat orang tuanya dengan menerima pinangan saudagar kaya tersebut meski  pernikahan itu tidak disertai rasa cinta.

Kejadian itu membuat hati Hasan hancur. Ia menjadi frustrasi. Untuk  menghilangkan bayangan Rukmini dari hidupnya, ia mengikuti aliran tarekat  seperti yang telah lama dianut orang tuanya. Ia semakin taat beribadah. Akan  tetapi, kehidupannya berubah ketika dia bertemu teman lamanya, yaitu Rusli.

Temannya itu datang bersama seorang wanita cantik bernama Kartini. Ia adalah  perempuan modern dan pergaulannya bebas. Ia juga seorang janda. Ternyata  sejak perjumpaan itu, Hasan menaruh hati pada Kartini. Alasannya, Kartini memiliki karakter yang hampir sama dengan Rukmini.

Semenjak Hasan mencintai Kartini, dia pun juga bergaul dengan temanteman  Kartini. Hasan mencoba untuk menyadarkan Kartini dan Rusli dengan  memberikan ceramah-ceramahnya. Akan tetapi, karena Rusli juga pandai bicara,  kemudian dialah yang berbalik memengaruhi Hasan. Tanpa disadari, pemikiranpemikiran  Rusli melekat di kepala Hasan. Mulanya, Hasan tidak terpengaruh.  Namun, keyakinannya mulai goyah ketika dia dikenalkan dengan seorang yang  tidak percaya Tuhan, yaitu Anwar. Pengetahuan Anwar tentang ketuhanan begitu  luas.

...

ANALISIS

Novel ini banyak memberikan pelajaran kepada pembacanya. Kita harus  pandai bergaul dengan orang lain. Jangan sampai salah pergaulan hingga pada  akhirnya kita malah tersesat, bahkan sampai mengingkari ajaran agama. Kita  harus senantiasa berpegang teguh pada agama dan selalu meyakini keberadaan  Tuhan.

Nilai moral yang kedua adalah hendaknya kita mau memaakan kesalahan  orang lain yang sudah bertobat. Jangan seperti tokoh ayah Hasan yang tidak mau  memaakan kesalahan anaknya bahkan sampai ajal menjemputnya. Manusia  adalah tempat salah dan lupa. Setiap manusia pasti mempunyai kesalahan, tetapi  suatu saat juga akan kembali ke jalan yang benar. Jika Tuhan Maha Pengampun,

Pengasih, dan Penyayang, mengapa manusia tidak bisa, apalagi demi memaakan  anaknya sendiri. Bahasa novel ini lugas dan mudah dipahami.


EVALUASI

Sayangnya, novel  ini sudah sangat langka sehinga sulit diperoleh.



B. 1. Bahasa novel ini lancar dan mudah dipahami -> Analisis

2. Novel memberikan banyak pelajaran pada  pembacanya antara lain bahwa kita harus pandai  bergaul dengan orang lain. -> Evaluasi

3. Atheis merupakan salah satu novel terbaik yang  memperoleh hadiah tahunan Pemerintah RI tahun  1969. -> Orientasi

4. Judul : Atheis

Pengarang : Achdiat K. Mihardja. -> Identitas

5. Novel ini menceritakan perjalanan hidup tokoh  Hasan. -> Sinopsis


Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang teks ulasan:

brainly.co.id/tugas/14215924


Detil jawaban

Kelas: VIII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 1 - Sastra

Kode kategori: 8.1.1


kata kunci: teks ulasan, atheis


12. kunci jwban bahasa indonesia kelas 8 kurikulum 2013 kegiatan 6.4 yang c hal 163


Kalimat adalah kesatuan linguistik yang terdiri dari setidaknya satu klausa. Untuk dapat membangun satu klausa yang utuh, kita membutuhkan setidaknya dua unsur. Kedua unsur tersebut masing-masing mencakup satu subyek dan satu predikat. Subyek dapat dimaknai sebagai pihak yang melakukan tindakan seperti yang diterangkan oleh kata kerja atau verba dalam predikat. Adapun predikat merupakan bagian dalam kalimat yang mengandung kat akerja atau verba yang menjelaskan tindakan yang dilakukan oleh subyek.


Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal menyajikan kita dengan beberapa kalimat. Kemudian, kita diminta untuk menganalisis masing-masing kalimat, mencari kesalahannya, kemudian melakukan perbaikan jika ditemukan kesalahan. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut satu per satu.


KALIMAT DAN PERBAIKAN

1. Dari berjam-jam hingga mampu  menyelesaikannya di bawah dua  puluh detik, bahkan dengan mata  tertutup.

KESALAHAN: -NYA DAN TIDAK DITEMUKANNYA SUBYEK

PENJELASAN: KATA GANTI 'NYA' TIDAK MERUJUK PADA OBYEK MANAPUN SERTA TIDAK DITEMUKAN SUBYEK PADA KALIMAT INI.


PERBAIKAN: DARI BERJAM-JAM HINGGA DI BAWAH DUA PULUH DETIK, IA MAMPU MENYELESAIKAN TUGAS BAHKAN DENGAN MATA TERTUTUP.


2. Satu per satu kompetisi lokal  diadakan untuk berlomba  menyelesaikan rubik.

KESALAHAN: BERLOMBA

PENJELASAN: KATA 'BERLOMBA' TIDAK COCOK DIPAKAI KARENA MERUJUK PADA 'KOMPETISI LOKAL' SEBAGAI SUBYEK, BUKAN MANUSIA

PERBAIKAN: SATU PER SATU KOMPETISI LOKAL DIADAKAN UNTUK MENYELESAIKAN RUBIK.


3. Kejuaraan ini dimenangi oleh  seorang pelajar Vietnam berumur  16 tahun, Minh hai, dengan  catatan waktu 22,95 detik.

KESALAHAN: DIMENANGI

PENJELASAN: KATA 'DIMENANGI' MENGANDUNG MAKNA DILAKUKAN BERKALI-KALI, SEMENTARA KALIMAT HANYA MENGACU PADA KEMENANGAN YANG DIRAIH SATU KALI

PERBAIKAN: KEJUARAAN INI DIMENANGKAN OLEH SEORANG PELAJAR VIETNAM BERUMUR 16 TAHUN, MINH HAI, DENGAN CATATAN WAKTU 22,95 DETIK.


4. Sebagian lebih tertarik dengan  kehadiran video game elektronik  yang lebih modern.

KESALAHAN: ELEKTRONIK

PENJELASAN: KATA 'ELEKTRONIK' TIDAK PERLU LAGI DIPAKAI KARNA 'VIDEO GAME' MERUPAKAN OBYEK ATAU PERALATAN ELEKTRONIK

PERBAIKAN: SEBAGIAN LEBIH TERTARIK DENGAN KEHADIRAN VIDEO GAME YANG LEBIH MODERN.


5. Demam rubik pun melanda untuk  ke dua kalinya.

KESALAHAN: KE DUA

PENJELASAN: KATA 'KE' DAN 'DUA' MERUPAKAN SATU KATA

PERBAIKAN: DEMAM RUBIK PUN MELANDA UNTUK KEDUA KALINYA.



Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang menyunting kalimat:

https://brainly.co.id/tugas/7304004


Detil jawaban

Kelas: VIII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab; Bab 1 - Sastra

Kode kategori :8.1.1


Kata kunci: sastra, kalimat, perbaikan, kesalahan, menyunting kalimat, kaidah kebahasan, tanda baca, ejaan, menyunting, kalimat efektif


13. jawaban pada buku paket bahasa indonesia kegiatan 5.8 halaman 149 kelas 8 kurikulum 2013


Kalimat adalah kesatuan linguistik yang terdiri dari setidaknya satu klausa. Untuk dapat membangun satu klausa yang utuh, kita membutuhkan dua unsur. Kedua unsur tersebut mencakup satu subyek dan satu predikat. Subyek dapat diartikan sebagai pihak yang melakukan tindakan seperti yang diterangkan oleh kata kerja atau verba dalam predikat. Adapun predikat merupakan bagian dalam kalimat yang mengandung verba atau kata kerja yang menerangkan tindakan yang dilakukan oleh subyek.


Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal menyajikan kita dengan beberapa kalimat. Kemudian, kita diminta untuk mengurutkan kembali kalimat-kalimat tersebut agar membentuk pola pengembangan yang sesuai atau tepat. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut satu per satu.


KALIMAT DAN POLA PENGEMBANGAN

1. a. Majunya ilmu pengetahuan dan teknologi  (iptek) sangat memengaruhi kehidupan  manusia.

b. Akibatnya tanah menjadi gundul,  kemudian erosi, akhirnya tanah longsor

dan menimbulkan banyak korban.  

c. Adanya mesin potong yang canggih,  manusia dapat menebang hutan

seenaknya.

d. Kemajuan iptek tanpa kepedulian manusia  tentu akan merusak lingkungan.

e. Bangsa Indonesia sekarang ini sedang  berupaya untuk melestarikan lingkungan  hidup.

PARAGRAF:

Bangsa Indonesia sekarang ini sedang berupaya untuk melestarikan lingkungan hidup. Majunya ilmu pengetahuan dan teknologi  (iptek) sangat memengaruhi kehidupan  manusia.  Kemajuan iptek tanpa kepedulian manusia  tentu akan merusak lingkungan.  Adanya mesin potong yang canggih,  manusia dapat menebang hutan  seenaknya.  Akibatnya tanah menjadi gundul,  kemudian erosi, akhirnya tanah longsor  dan menimbulkan banyak korban.  


2. a. Keseimbangan lingkungan secara alami  dapat berlangsung karena beberapa hal.

b. Keseimbangan lingkungan itu dapat  terganggu bila terjadi perubahan.

c. Salah satu faktor penyebab gangguan adalah polusi di samping faktor-faktor  yang lain.

d. Perubahan yang dimaksud berupa  pengurangan fungsi dari komponen atau  hilangnya sebagian komponen yang dapat  menyebabkan putusnya mata rantai dalam  ekosistem.

PARAGRAF:

Keseimbangan lingkungan secara alami  dapat berlangsung karena beberapa hal.  Keseimbangan lingkungan itu dapat  terganggu bila terjadi perubahan.  Perubahan yang dimaksud berupa  pengurangan fungsi dari komponen atau  hilangnya sebagian komponen yang dapat  menyebabkan putusnya mata rantai dalam  ekosistem.  Salah satu faktor penyebab gangguan adalah polusi di samping faktor-faktor  yang lain.


Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang teks eksplanasi:

https://brainly.co.id/tugas/752240


Detil jawaban

Kelas: VIII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 1 - Sastra

Kode kategori: 8.1.1


Kata kunci: kalimat, pola pengembangan, urutan, teks eksplanasi


14. jawaban buku paket bahasa Indonesia kelas 7smp kurikulum 2013​


Jawaban:

ko aneh sih.seharusnya kirim gambarnya jadi kita bisa liat apa soalnya apa jawabannya

Penjelasan:

maaf ya kalo menurutmu aku ngegas


15. kunci jawaban bahasa Indonesia halaman 162 kelas 8 semester 2 kurikulum 2013


Teks ulasan adalah sebuah teks yang menyajikan penilaian terhadap suatu karya, baik karya sastra maupun pertunjukan, dengan tujuan menyajikan wawasan yang luas, obyektif, berimbang, menyeluruh, dan mendalam terhadap obyek yang diulas sehingga masyarakat dapat memutuskan perihal akan membaca atau menyaksikan karya tersebut.


Pembahasan

Pada kesempatan ini, soal menyajikan kita dengan beberapa pertanyaan terkait teks ulasan film "Beth". Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

A. 1. Perhatikan kembali teks ulasaan tentang film ”Beth”!

2. Manakah dari kalimat-kalimat di bawah ini yang sesuai dengan isi teks

tersebut?

a. Film ”Beth” merupakan Film alternatif yang  kaya makna.  -> SESUAI

b. Dari awal hinga akhir, Beth hanya mengambil satu setting: kehidupan di suatu rumah sakit  jiwa.  -> SESUAI

c. Film ”Beth” bercerita tentang kisah cinta yang  tragis antara Beth dengan Pesta.  -> SESUAI

d. Beth jadi gila lantaran tak kuat menanggung  derita akibat aborsi paksa.  -> TIDAK SESUAI

e. Beth merupakan gambaran tentang kian  sempitnya ruang di masyarakat yang patut  dijadikan tempat untuk berkreasi. -> SESUAI


B. 1. Catatlah hal-hal yang kamu anggap penting/menarik dari ulasan ilm

”Beth” di depan!

a. Beth merupakan sebuah film alternatif yang kaya makna.

b. Beth mengambil satu setting: kehidupan di  suatu rumah sakit jiwa.

c. Inti cerita ilm ”Beth” berkisah cinta yang tragis antara Beth atau Elizabeth  dan Pesta yang tak direstui oleh orang tua Beth yang jenderal.

d. Kehidupan asmara Beth-Pesta berakhir mengenaskan dengan Pesta masuk penjara  karena narkoba dan Beth jadi gila lantaran tak kuat  menanggung deritanya. Keduanya dipertemukan kembali di  Rumah Sakit Jiwa Manusia.

e. Inti film ”Beth”  yang sebenarnya tentang para penghuni rumah sakit jiwa itu, mulai dari penyair, politikus gila, perawat, hingga masyarakat umum.

f. Tingkah  para profesional gila melahirkan  sejumlah pesan moral.

g. Film Beth mengungkap realitas dalam ekspresi yang jujur.

h. Kehidupan di ‘dunia gila’ juga memiliki  logika sendiri. Itu sebabnya ada orang gila yang ternyata berpikiran justru lebih  logis ketimbang orang sehat.

i. Film ”Beth” merupakan ungkapan semangat  pemberontakan Aria pada sesuatu yang mapan.

j. Sudah waktunya kita mengkritisi idiom-idiom sesat yang kini  terlanjur hidup dalam masyarakat kita.

k. Film ”Beth” menggambarkan kian sempitnya ruang di masyarakat  yang patut dijadikan tempat manusia untuk berkreasi satu-satunya ruang yang  tersisa bagi Aria adalah rumah sakit jiwa.


2. Berdasarkan catatan itu, ceritakan kembali isi ulasan tersebut dengan

kata-katamu sendiri!

JAWABAN:

Film Beth merupakan sebuah film alternatif yang kaya makna. Film ini mengambil satu setting: kehidupan di  suatu rumah sakit jiwa.

Inti cerita film ”Beth” berkisah cinta yang tragis antara Beth atau Elizabeth  dan Pesta yang tak direstui oleh orang tua Beth yang jenderal.  Kehidupan asmara Beth-Pesta berakhir mengenaskan dengan Pesta masuk penjara  karena narkoba dan Beth jadi gila lantaran tak kuat  menanggung deritanya. Keduanya dipertemukan kembali di  Rumah Sakit Jiwa Manusia.

Namun inti tersebut hanya pigura semata, sementara inti sebenarnya tentang para penghuni rumah sakit jiwa itu, mulai dari penyair, politikus gila, perawat, hingga masyarakat umum. Tingkah  para profesional gila melahirkan  sejumlah pesan moral.  Film Beth mengungkap realitas dalam ekspresi yang jujur yaitu bahwa kehidupan di ‘dunia gila’ juga memiliki  logika sendiri. Itu sebabnya ada orang gila yang ternyata berpikiran justru lebih  logis ketimbang orang sehat.

Film ”Beth” merupakan ungkapan semangat  pemberontakan Aria pada sesuatu yang mapan. Film ini berpesan bahwa sudah waktunya kita mengkritisi idiom-idiom sesat yang kini  terlanjur hidup dalam masyarakat kita.


Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang teks ulasan:

https://brainly.co.id/tugas/14215924


Detil jawaban

Kelas: IX

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 5 - kritik

Kode kategori: 9.1.5


Kata kunci: teks ulasan, film Beth


Video Terkait


Post a Comment for "Kunci Jawaban Buku Mandiri Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013"