Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi Bahasa Jawa Kelas 9


Materi Bahasa Jawa Kelas 9

rangkuman materi bahasa Jawa kelas 9​

Daftar Isi

1. rangkuman materi bahasa Jawa kelas 9​


Jawaban:

mana soalnya kakak..........


2. Ngasal =report Bahasa daerah kelas 9 Materi aksara Jawa ​


yg no 1 maaf gbs bantu koreksi ulang dlu ya kak , takutnya nnti ada yg salah


3. Materi : Bahasa Jawa Kelas : XII/9 Perintah : Ubahlah kalimat Ngoko dibawah menjadi Kalimat Ngoko alus, Krama alus, dan Krama lugu! 1. Ibu nukoake Yola klambi werna putih saka Pasar Klewer Solo Ngoko Alus : . . . Krama Alus : . . . Krama Inggil : . . . 2. Bapak menehi dhuwit Khanza satus ewu kanggo tuku. endhog bebek ing warunge Pak Ghezrek Ngoko Alus : . . . Krama Alus : . . . Krama Inggil : . . . 3. Apa saben esuk mbah (wadon)-e Kepin seneng mangan sega pecellawuh iwak pithik Ngoko Alus : . . . Krama Alus : . . . Krama Inggil : . . . 4. Saben bengi mbah (lanang)-e Fiona maca Al-Qur'an nganti limang juz' Ngoko Alus : . . . Krama Alus : . . . Krama Inggil : . . . 5.Dina Sabtu Afizih dolan ing omahe pakdhe Nathanos lan nginep rong dina Ngoko Alus : . . . Krama Alus : . . . Krama Inggil : . . . *Point sesuai dengan bobot jawaban


Penjelasan:

1. a)ngoko alus: Ibu numbasake Yola klambi werna putih saka Pasar Klewer Solo.

b) krama alus: Ibu numbasake Yola klambi werna pethak sangking Pasar Klewer Solo.

c)krama inggil: Ibu mundhutake Yola klambi werna pethak sangking Pasar Klewer Solo.

2. - krama alus: Bapak maringi yatra Khanza setunggalatus ewu kangge tumbas endhog bebek ten warunge Pak Ghezrek.

- krama inggil: Bapak nyaosi artha Khanza setunggalatus ewu kagem mundhut endhog bebek ten warunge Pak Ghezrek.

- ngoko alus: Bapak nyukani dhuwet Khanza satus ewu kanggo tumbas endhog bebek ing warunge Pak Ghezrek.

3. *krama inggil: Napa saben enjang mbah estrine Kevin seneng dhahar sekul pecel lawuh ulam pithik

*krama alus: Napa saben enjang mbah estrine Kevin seneng dhahar sekul pecel lawuh ulam pithik

*ngoko alus: Apa saben enjang mbah wadonne Kevin seneng dhahar sekul pecel lawuh iwak pithik.

4. (a) krama inggil: Saben ndalu mbah kakunge Fiona maos Al-Qur'an ngantos

gansal juz.

(b) krama alus: Saben ndalu mbah kakunge Fiona maos Al-Qu'an ngantos gangsal juz.

(c) ngoko alus: Saben bengi mbah jalerre Fiona maca Al+Qur'an nganti limang juz.

5. - ngoko alus: Dina Sabtu Afizih dolan ten griyane Pakdhe Nathanos lan nginep rong dino

- krama inggil: Dinten Sabtu Afizih dolan ten griyane Pakdhe Nathanos lan nginep kalih dinten

- krama alus: Dinten Sabtu Afizih dolan ten griyane Pakdhe Nathanos lan nginep rong dinten


4. 《50+》PH PPKN Tema4 K.d 3.3 kelas 6?1.Sebagai bangsa yang berkepribadian Pancasila, dalam menyikapi terjadinya arus globalisasi, bangsa Indonesia harus bersikap menerima dengan .... a.khlas dan lapang dadab.terbuka dan selektifc.diam dan menutup dirid.terbuka dan inovatif2.Globalisasi membuat masyarakat di dunia bisa... a.saling menjauhb.saling mengenalc.saling menutupd.saling bermusuhan3.Ancaman globalisasi ekonomi terhadap negara-negara miskin akan muncul dalam bentuk ....a.terciptanya sistem demokratisasi internasional dalam negarab.berkurangnya peranan negara terhadap warga negarac.terwujudnya ketidakadilan dalam bidang sosial ekonomid.semakin lunturnya nilai-nilai sosial budaya asli daerahnya4.Dalam pergaulan sehari-hari di sekolah atau masyarakat sangat mungkin bagi kita memiliki teman dari latar belakang ekonomi berbeda. Sikap kita terhadap teman yang berbeda tersebut adalah .... *a.saling menghargaib.tidak pedulic.acuhd.menentang5.Berikut yang bukan penyebab keberagaman ekonomi di Indonesia adalah .... a.kondisi alamb.budayac.kondisi sosiald.agama6.Cara yang dapat kita lakukan sebagai bagian dari bangsa Indonesia untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai luhur adalah .... *a.meniru budaya asingb.mengutamakan bahasa asing daripada bahasa daerahc.membentengi diri dari pengaruh luard.menggunakan bahasa daerah kapanpun dan di manapun7.Peristiwa berikut yang bukan akibat adanya pengaruh globalisasi dalam kehidupan sehari-hari adalah .... a.makan ayam goreng di KFCb.membeli pakaian melalui situs online luar negeric.membuat dodol khas Jawa Timurd.mencari materi pelajaran melalui internetKita dapat meniru pola pikir yang baik seperti etos kerja yang tinggi, disiplin, dan penggunaan IPTEK bangsa lain yang lebih maju untuk meningkatkan kemajuan bangsa. Hal tersebut merupakan dampak positif globalisasi di bidang .... *a. ekonomib.pendidikanc.politikd.sosial budaya9.Sebagai pelajar, yang harus dilakukan dalam menghadapi globalisasi adalah ....a.cukup belajar sajab.mengakui dan mengagumi kecanggihan teknologic.memilih mana saja yang cocok untuk diri sendirid.belajar mengikuti kemajuan zaman dengan banyak bertanya kepada orang lain yang lebih tahu10.Berkembangnya jenis peralatan seperti traktor merupakan contoh globalisasi dalam bidang .... a. komunikasib. perindustrianc. pertaniand. transpotasi#Jangan Asal#Jangan Spam#Jangan Nanggung² kerjain nya Makasih(:​


1.a.khlas dan lapang dada

2.b.saling mengenal

3.c.terwujudnya ketidakadilan dalam bidang sosial ekonomi

4.a.saling menghargai

5.d.agama

6.d.menggunakan bahasa daerah kapanpun dan di manapun

7.c.membuat dodol khas Jawa Timur

8.b.pendidikan

9.d.belajar mengikuti kemajuan zaman dengan banyak bertanya kepada orang lain yang lebih tahu

10.c. pertanian

Semogamembantutugasanda


5. 1. Di Indonesia ada beberapa suku bangsa, suku Toraja, suku Dani, suku Minahasa, Suku Dayak. Dari suku-suku diatas, manakah suku yang berasal dari Papua? * Jawaban Anda 2. Ada keberagaman suku, agama, budaya yang ada disekitar kita. Bagaimana cara kita dalam menyikapi keberagaman tersebut? * Jawaban Anda 3. Dalam meraih cita-cita, kita harus belajar dengan giat. Misalnya ada pelajaran yang tidak kamu mengerti seperti yang dialami Rafael. Rafael masih belum mengerti beberapa bagian materi pelajaran matematika. Apa yang sebaiknya dilakukan Rafael? * Jawaban Anda 4. Dalam meraih cita-cita, kita harus belajar dengan giat. Misalnya ada pelajaran yang tidak kamu mengerti seperti yang dialami Rafael. Rafael masih belum mengerti beberapa bagian materi pelajaran matematika. Vincent pandai dalam pelajaran matematika. Bagaimana sebaiknya sikap Vincent kepada Rafael? * Jawaban Anda 5. Sebutkan 3 manfaat dalam keragaman karakteristik individu ! * Jawaban Anda 6. Fira beragama Islam, sedangkan Bagus beragama Hindu. Mereka hidup bertetangga. Suatu saat, Bagus sakit dan ia meminta tolong kepada Fira untuk memberikan catatan pelajaran di sekolah hari ini. Apa yang sebaiknya dilakukan Fira? * Jawaban Anda 7. Michah, Nicho, Corine dan Chelsea berencana melakukan kerja kelompok melalui zoom di hari Minggu pukul 11.00. Akan tetapi, Michah tidak bisa karena harus beribadah di gereja. Bagaimana sebaiknya sikap Nicho, Corine, dan Chelsea? * Jawaban Anda 8. Keragaman yang ada di Indonesia dipengaruhi oleh agama, suku bangsa, dan bidang pekerjaan. Keragaman agama terjadi karena letak Indonesia yang cukup strategis. Hal inilah yang membuat Indonesia menjadi jalur perdagangan dari berbagai negara. Mengapa di Indonesia terjadi keragaman agama? Jelaskan! * Jawaban Anda 9. Peony tinggal di Surabaya. Suatu hari Peony berlibur Bersama keluarganya ke Tanah Toraja. Di sana, Peony melihat banyak perbedaan antara kehidupannya dan masyarakat setempat. Mulai dari budaya, tempat tinggal, Bahasa, dan cara berpakaian. Peony juga melihat banyak turis asing yang berkunjung. Jelaskan 3 sikap yang seharusnya Peony lakukan terhadap perbedaan tersebut ! * Jawaban Anda 10. Jawablah pertanyaan dibawah ini ! * Jawaban Anda 11. Papa dan mama Shannon berasal dari Jawa Barat. Setiap hari papa dan mama Shannon menggunakan bahasa sunda dalam berkomunikasi. Shannon awalnya tidak mengerti, namun sekarang Shannon semakin mahir menggunakan bahasa Sunda. Shannon merasa senang dan bangga dapat belajar dan mengerti bahasa Sunda. Apakah kamu setuju dengan sikap Shannon? Jelaskan alasanmu! * Jawaban Anda 12. Orang tua Bryan berbeda suku bangsa. Papanya berasal dari Padang sedangkan mamanya berasal dari Bali. Di rumah, Bryan merasa bingung karena papa dan mamanya berkomunikasi dengan berganti-ganti bahasa. Kadang menggunakan bahasa padang dan kadang menggunakan bahasa bali. Papa dan mama selalu mengajari Bryan. Namun, Bryan tidak mau mempelajari bahasa daerah asal orang tuanya. Bryan lebih senang menggunakan bahasa Indonesia saat berbicara dengan orang tuanya. Menurutmu, bagaimana sikapmu jika kamu menjadi Bryan? Jelaskan! * Jawaban Anda 13. Keragaman alam Indonesia berupa gunung, dataran tinggi, dataran rendah, danau dan pantai. Dari keragaman tersebut, jelaskan pengaruhnya terhadap keragaman yang ada di Indonesia ! * Jawaban Anda 14. Kelas 4 akan mengadakan Virtual trip ke Nusa Tenggara Timur. Di sana, kamu dan teman-teman diajak mengunjungi sebuah tempat wisata. Di tempat tersebut kamu diperkenalkan rumah adat asli Nusa Tenggara Timur. Pemandu wisata menjelaskan tentang sejarah dan makna dari bentuk rumah tersebut.Bagaimana sebaiknya sikapmu saat pemandu wisata menjelaskan tentang rumah adat asal Nusa Tenggara Timur? * Jawaban Anda 15. Melanjutkan bacaan dari nomor 14. Fero, salah satu murid di kelas 4 tidak tertarik mendengarkan penjelasan pemandu, karena menurutnya rumah adat itu kuno dan tidak perlu dilestarikan. Apa akibatnya jika setiap warga negara Indonesia bersikap seperti Fero? ​


Jawaban:

Jawaban:

1.     Paruman Sekaa Gong

2.      Wenten Anak sane ngelaksanayang peparuman indik sekaa gong sane lakar numbas gamelan santukan  

   Gambelan sane dumun sampun rog

3.     Lima

4. - Gurun Alit

- Pan Ardi

- Pan Kacong

- Pan Febri

- Nang Glebug

5. belum :v

Penjelasan:

Tuh jawabannya


6. Ringkasan Materi Toleran Toleran adalah adalah kata sifat yang menunjukkan sikap tenggang rasa (menghargai, membiarkan, membolehkan) pendirian (pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, kelakuan dsb) yang berbeda dengan pendirian kita. Toleransi adalah sikap saling menghormati dan saling bekerja sama diantara kelompok kelompok masyarakat yang berbeda, baik secara etnis, bahasa, budaya, politik maupun agama. Contoh Toleran 1. Kita menghormati pendapat teman berbeda dengan kita. 2. Kita tidak membuat kegaduhan di Masjid saat orang-orang sedang salat 3. Kita tidak memasang petasan, karena di sekitar kita ada bayi atau orang sakit 4. Kita tidak membuat keributan di kelas saat guru sedang menjelaskan, karena teman-teman yang lain butuh ketenangan saat belajar. 5. Kita tidak mengejek kawan yang berbeda suku dan agamanya. 6. Kita tidak main gitar disaat para tetangga sedang istirahat 7. Kita tidak hidupkan musik atau televisi keras-keras sehingga mengganggu tetangga. 8. Abdullah menghormati temannya yang menggunakan baju dan bahasa daerah 9. Saat pemilihan ketua kelas Fahri menghormati Rusdi yang berbeda pilihan dengan dirinya 10. Ahmad berkunjung ke rumah Ali yang sedang sakit. Ahmad membawakan kue kesukaan Ali. Pilihan tunggal.3.Sunarto dari Jawa dan Sitompul dari Medan. Tapi mereka saling menghargai. Sikap demikian disebut ..... Pilihan tunggal.(20 Poin)DamaiSimpatiToleranTawaduk4.Sikap toleran sangat dibutuhkan di negara kita. Hal ini sesuai dengan semboyan negara kita yaitu ..... Pilihan tunggal.(20 Poin)Jalasveva jayamaheIng ngarso sung tulodhoBhinneka tunggal ikaTut wuri handayani5.Allah SWT menciptakan manusia berbeda-beda dengan tujuan untuk ..... Pilihan tunggal.(20 Poin)Saling bermusuhanSaling bermewa-mewaSaling mengenalSaling berperang6.Saat pemilihan ketua kelas, pilihanmu tidak sama dengan Herman. Bagaimana sikapmu ?. Pilihan tunggal.(20 Poin)Menghargai pilihan HermanMemaksa Herman memilih sesuai pilihankuMengancam Herman jika berbeda dengan pilihankuMemusuhi Herman karena pilihannya beda7.Di saat ada temenamu yang mengotori tempat ibadah agama lain. Apa yang kamu lakukan ?. Pilihan tunggal.(20 Poin)Ikut mengotorinyaMendukungnyaMembantunyaMenasehati dan melarangnyatolong dijawab :) ​


Jawaban:

3 . Toleran

4 . Bhinneka tunggal ika

5 . Saling mengenal

6 . Menghargai pilihan Herman

7 . Menasehati dan melarangnya

Penjelasan:

terimakasih semoga membantu

Dan maaf jika ada yg salah


7. Tugas Mandiri Bahasa Indonesia Kelas 7Materi: 3.2 Mengidentifikasi struktur dan kebahasaan teks deskripsiPilihlah jawaban yang paling tepat.1. Perhatikan kutipan teks deskripsi berikut!Candi Gedong Songo adalah nama sebuah komplek bangunan candi peninggalan budaya Hindu yang terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia tepatnya di lereng Gunung Ungaran. Candi ini diketemukan oleh Raffles pada tahun 1804 dan merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 (tahun 927 masehi).Paragraf tersebut termasuk struktur bagian teks deskripsi ..A. Identifikasi atau gambaran umumB. Deskripsi bagianC. KesimpulanD. Kesan2. Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini!1) Bukit hijau menjadi latar pantai.2) Debur ombak pantai terdengar berirama.3) Udara di pinggir pantai terasa segar.4) Air kecil dengan buih-buih kecil.5) Pantai panjang dengan pasir putih.Kalimat yang menggunakan panca indra pengelihatan ditunjukkan dengan nomor …A. 1, 2, dan 5B. 2, 3, dan 4C. 1, 4, dan 5D. 1, 2, dan 43. Kata- kata berawalan meN- yang dirangkai dengan kata dasar yang diawali dengan huruf t terdapat pada ...A. memukul, menulis, memesonaB. menghentak, menawan, meluncurC. menambah, memesona, menawanD. menambah, menulis, menawan4. Sejauh mata melihat, senja terbentang begitu indah.Sinonim pada kata "melihat" pada kutipan tersebut yang paling tepat adalah . . . .A. MelototB. MemperhatikanC. MemandangD. Menonton5. Perhatikan kutipan teks deskripsi berikut!Gunung juga memiliki berbagai jenis dan ciri-ciri masing-masing. Indonesia adalah negara yang memiliki gunung paling banyak. Di Indonesia, ada gunung api aktif dan tidak aktif. Gunung berapi yang aktif memiliki lava yang dapat menyembur ketika meletus.Kutipan teks tersebut termasuk struktur bagian ...A. Identifikasi atau gambaran umumB. Deskripsi bagianC. KesimpulanD. Kesan6. Berikut adalah contoh judul yang tepat kalau kita ingin menulis karangan teks deskriptif….A. Tabalong, Kota yang BersihB. Membuat layang-layangC. Dora Emon dan Kantong ajaibD. Laporan Banjir di Tabalong7. Disana terdapat semua peninggalan candi-candi lampauPenulisan kata depan yang tepat pada kutipan tersebut adalah . . . A  Di sanaB. di sanaC. DisanaD. disana8. Kelas VII H sangat bersih, tidak ada sampah berserakan atau coretan-coretan . Mereka kompak membersihkan kelasnya bersama-sama. Setiap hari mereka bergantian membersihkan kelas. Tidak heran kalau kelas mereka menjadi kelas terbersih tahun ini.Kalimat perincian pada teks deskripsi di atas terdapat pada kalimat….A. Pertama                          B. Kedua                             C. KetigaD. Keempat9. Pipinya merah . . . . karena sedang bahagia.Kata pelengkap yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut adalah . . . .A. MarunB. Berseri-seriC. MudaD. Merona10. (1) Memasuki bibir pantai Senggigi kita akan disambut angin pantai yang lembut dan udara yang segar. (2) Angin lembut terasa mengelus kulit. (3) Garis pantai Senggigi yang panjang dengan gradasi warna pasir putih dan hitam membuat keindahan pantai ini semakin menarik. (4) Pemandangan bawah laut Senggigi juga tidak kalah memesona. (5) Terumbu karang nampak berwarna-warni sangat indah.Dari kutipan teks tersebut, yang termasuk majas personifikasi adalah …A. (1) dan (2)                       B. (2) dan (3)                       C. (3) dan (4)D. (4) dan (5)​


Jawaban:

1.a

2.b

3.b

4.b

5.b

6.B

7.a

8.c

9.d

10.c

Penjelasan:

maaf kalau salah


8. PENILAIAN TENGAH SEMESTER (7)PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAANHi MARIA, when you submit this form, the owner will be able to see your name and email address.1.KELAS :7 A7B7C7D2.Istilah Pancasila dikemukakan oleh seorang Tokoh pendiri Negara yang sangat berjasa dalam memperjuangakan kemerdekaan Indonesai yaitu. . .(1 Point)Mr.Moh YaminMr.SoepomoIr.SoekarnoDrs. Moh Hatta3.Penjajahan Belanda berakhir di Indonesia pada tanggal 8 Maret tahun 1942, setelah mereka menyerah kepada Negara Jepang di Kalijati Subang Jawa barat, Jepang berusaha mengambil hati bangsa Indonesia dengan semboyan. . .(1 Point)Jepang pelindung,pemimpin dan cahaya AsiaJepang pahlawan,saudara,dan pejuang AsiaJepang pendamping,pemimpin dan pembebasan AsiaJepang cahaya.pejuang dan pahlawan Asia.4.Jepang menjanjikan kemerdekaan kepada bangsa Indonesia dengan membentuk Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dalam bahasa Jepang Dokuritzu Zyunbi Tyoosakai dengan tujuan. . .(1 Point)Mempersiapkan dasar Negara Indonesia merdekaMemperjuangkan kemerdekaan Negara IndonesiaMemberikan penghargaan kepada para pemimpin NegaraMencari jalan keluar bagi bangsa Indonesia dalam upaya memproklamasikan kemerdekaan5.BPUPKI dilantik pada tanggal 29 April 1945 dengan 62 orang Tokoh bangsa Indonesia dan 7 orang perwakilan dari Jepang dengan ketuanya adalah. . .(1 Point)Mr.SoepomoDrs Mohamad HattaIr.SoekarnoDr.KRT.Rajiman Widiodiningrat6.BPUPKI dilantik bertepatan dengan hari lahirnya Kisar Hirohito dengan jumlah anggota sebanyak 62 orang dan 7 orang dari Jepang tanpa hak suara pada tanggal. . .(1 Point)29 April 194530 April 194531 April 19451 Mei 19457. Perhatikan pernyataan berikut: 1. Drs.Mohamad Hatta 2. Dr.Rajiman Widyodinigrat 3. Haji Agus Salim 4. Ir,Sukarno 5. Mr.Mohamad Yamin 6. Mr.Supomo 7. Ichi Bangase Yosio 8. A.A.Maramis. Dari pernyataan diatas Tiga Tokoh penting yang mengusulkan Rancangan Dasar Negara Pancasila pada sidang BPUPKI ditunjuk dengan nomor. . .(1 Point)1,3 dan 52,4 dan 64,5 dan 66,7 dan 88.Perhatikan pernyataan berikut ! 1. Membatasi/mengatur tingkah laku Manusia dalam kehidupan. 2. Menjadi pedoman/penutun hidup manusia 3. Meberikan sanksi yang seberat beratnya kepada semua orang 4. Memberikan keringanan hukuman bagi warga yang melanggar aturan 5. Membantu masyarakat agar dapat menyelesaikan persoalan hidup dengan mudah. 6. Memberikan kenyamanan bagi warga masyarakat yang bermasalah. Dari pernyataan diatas yang merupakan arti penting norma dalam hidup bermasyarakat ditunjuk dengan nomor . . .(1 Point)1 dan 24 dan 51 dan 35 dan 69.BPUPKI memiliki dua orang wakil ketua dari Jepang dan Indonesia yaitu. .(1 Point)KH Wahid Hasyim dan HirohitoMr.AA Maramis dan AkihitoRP.Suroso dan Ichi bangase YosioNurihito dan Mr.Mohamad Yamin10.BPUPKI setelah terbentuk segera mengadakan persidangan pertama yang berlangsung tanggal 29 Mei-1 Juni 1945 dengan materi pembahasa adalah . . . .(1 Point)Rancangan UUD Negara republik Indonesia Tahun 1945Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara Republik IndonesiaPenetapan waktu pelaksanaa kemerdekaan bangsa IndonesiaPenetapan anggota Panitia Persiapan Kemedekaan Indonesia11.Sidang kedua BPUPKI dilanjutkan pada tanggal 10-17 Juni 1945 materi pembahasanya adalah. . . .(1 Point)Rancangan UUD Negara republik Indonesia Tahun 1945Penetapan Pancasila sebagai Dasar Negara Republik IndonesiaPenetapan waktu pelaksanaa kemerdekaan bangsa IndonesiaPenetapan anggota Panitia Persiapan Kemedekaan Indonesia12.Pada Tanggal 29 Mei 1945 BPUPKI mengadakan sidang pertama yang menjadi tonggak sejarah,karena pada sidang tersebut Tokoh pendiri Negara pertama yang mengemukan konsep dan rumusan dasar Negara Indonesia merdeka adalah. . .(1 Point)Ir.SoekarnoMr,Mohamad YaminMr.SoepumoDrs.Mohamad Hatta.13.Demi persatuan dan kesatuan bangsa, ketika terjadi perbedaan pendapat tentang rancangan sila pertama dari dasar Negara Indonesia, jalan yang ditempuh para pemimpin bangsa adalah ...(1 Point)Memutuskan untuk mengganti rancangan sila pertamaMendiskusikan maksud dan tujuan sila pertamaMemusyawarahkan makna keseluruhan sila pertamaMenghilangkan sebagian kalimat dari sila pertama14.Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan Syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya merupakan konsep dasar negara sila pertama menurut. . .(1 Point)Piagam JakartaBatang TubuhMukadimaPembukaan UUD 194515.Seperangkat peraturan atau kaidah yang menjadi pedoman atau petunjuk hidup bagi manusia dalam bertingkah laku di masyarakat adalah defenisi dari . . .(1 Point)Ajarannormatata kramatata aturanTOLONG YAAA​


2. I.r Soekarno

6. 29 april


Video Terkait


Post a Comment for "Materi Bahasa Jawa Kelas 9"