Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Matematika Kelas 5 Halaman 8


Matematika Kelas 5 Halaman 8

kunci jawaban Matematika kelas 5 halaman 8 buku ​

1. kunci jawaban Matematika kelas 5 halaman 8 buku ​


Kunci jawaban Matematika kelas 5 halaman 8. Disini saya akan membahas soal matematika kelas 5 halaman 8 pada buku Senang Belajar Matematika

Tetapi jika yang dimaksud adalah Evaluasi Diri 1 pada buku Mari Belajar Matematika, maka jawabannya dapat di lihat di link berikut

https://brainly.co.id/tugas/30330231  

Pembahasan    

Pada buku “Senang Belajar Matematika” kelas V halaman 8, terdiri dari 7 soal operasi hitung bilangan pecahan

Jawabanmu cocokkan pada pecahan yang ada di sebelah kanan, kemudian huruf-huruf tersebut disusun sesuai nomor jawaban di petak bawahnya, sehingga membentuk kata

1) [tex]\frac{1}{3} + \frac{3}{5} [/tex]

[tex]= \frac{1 \times 5 \: + \: 3 \times 3}{3 \times 5}[/tex]

[tex]= \frac{5 \: + \: 9}{15}[/tex]

[tex]= \frac{14}{15}[/tex]

Jawaban M. [tex] \frac{14}{15}[/tex]

2) [tex]\frac{2}{3} + \frac{3}{4} [/tex]

[tex]= \frac{2 \times 4 \: + \: 3 \times 3}{3 \times 4}[/tex]

[tex]= \frac{8 \: + \: 9}{12}[/tex]

[tex]= \frac{17}{12}[/tex]

Jawaban A. [tex] \frac{17}{12}[/tex]

3) [tex]\frac{3}{7} + \frac{1}{5} [/tex]

[tex]= \frac{3 \times 5 \: + \: 1 \times 7}{7 \times 5}[/tex]

[tex]= \frac{15 \: + \: 7}{35}[/tex]

[tex]= \frac{22}{35}[/tex]

Jawaban N. [tex] \frac{22}{35}[/tex]

4) [tex]\frac{5}{6} - \frac{1}{5} [/tex]

[tex]= \frac{5 \times 5 \: - \: 1 \times 6}{6 \times 5}[/tex]

[tex]= \frac{25 \: - \: 6}{30}[/tex]

[tex]= \frac{19}{30}[/tex]

Jawaban D. [tex] \frac{19}{30}[/tex]

5) [tex]\frac{5}{7} - \frac{1}{4} [/tex]

[tex]= \frac{5 \times 4 \: - \: 1 \times 7}{7 \times 4}[/tex]

[tex]= \frac{20 \: - \: 7}{28}[/tex]

[tex]= \frac{13}{28}[/tex]

Jawaban I. [tex] \frac{13}{28}[/tex]

6) [tex]\frac{3}{5} - \frac{1}{7} [/tex]

[tex]= \frac{3 \times 7 \: - \: 1 \times 5}{5 \times 7}[/tex]

[tex]= \frac{21 \: - \: 5}{35}[/tex]

[tex]= \frac{16}{35}[/tex]

Jawaban R. [tex] \frac{16}{35}[/tex]

7) [tex]\frac{5}{8} - \frac{1}{6} [/tex]

[tex]= \frac{5 \times 6 \: - \: 1 \times 8}{8 \times 6}[/tex]

[tex]= \frac{30 \: - \: 8}{48}[/tex]

[tex]= \frac{22}{48}[/tex]

[tex]= \frac{22 \: \div \: 2}{48 \: \div \: 2}[/tex]

[tex]= \frac{11}{24}[/tex]

Jawaban I. [tex] \frac{11}{24}[/tex]

Kata yang terbentuk adalah MANDIRI

Pelajari lebih lanjut      

Contoh soal lain tentang pecahan

Kunci jawaban Evaluasi Diri 1 kelas 5: https://brainly.co.id/tugas/30330231 Pecahan yang senilai dengan ¼: brainly.co.id/tugas/12767272 Lengkapilah pecahan pecahan senilai di bawah ini: brainly.co.id/tugas/30268746

------------------------------------------------    

Detil Jawaban      

Kelas : 5

Mapel : Matematika  

Kategori : Pecahan

Kode : 5.2.5

#AyoBelajar


2. Soal dan jawaban matematika kelas 5 kegiatan 8 halaman 143


Jawaban:

maaf ngga semua buku sama setiap sekolahnya


3. kunci jawaban Bunda ceria matematika kelas 5 halaman 8​


Jawaban:

mana soal nya

Penjelasan dengan langkah-langkah:

maaf kalo beda lks


4. Kak bantu Jawab ya jangan ngasal matematika halaman 64 kelas 8 semester 1 yang dikerjain nomor 5 aja sama nomor 6​


Jawaban:

5.a) Kedua garis saling berpotongan karena garis l dan garis m berpotongan di titik (0,2).

b) Kedua garis saling sejajar karena apabila garis l dan garis m diperpanjangan tidak akan berpotongan karena memiliki arah yang sama.

6.Dengan melihat titik-titik pada setiap garis tersebut kita akan melihat pola koordinat.

Garis : 1, 2, 3, 4

Posisi x : 1, 3, 6, 10 (Mengikuti pola Sn)

Posisi y : 0, 0, 0, 0 (Akan Selalu 0)

Sn = n/2 x (2a + (n-1)b

S10 = 10/2 x (2(1) + (10 - 1)(1))

= 5 x (11)

= 55

Jadi, koordinat titik J pada garis l10 adalah (55,0).


5. Kunci jawaban paket matematika kelas 8 semester 2 halaman 41 nomer 5 dan 6


Kunci jawaban paket matematika kelas 8 semester 2 halaman 41 nomer 5 dan 6. Soal yang disajikan adalah soal tentang teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku yang memiliki sudut 30⁰ dan 60⁰. Pada segitiga tersebut, berlaku perbandingan:

Sisi yang berhadapan sudut 30⁰ = a Sisi yang berhadapan sudut 60⁰ = a√3 Sisi yang berhadapan sudut 90⁰ (sisi miring) = 2a

Jadi perbandingan sisi-sisi pada segitiga tersebut adalah

= a : a√3 : 2a

= 1 : √3 : 2

Pembahasan

5. Tentukan luas persegi panjang KLMN berikut

Jawab

Perhatikan segitiga siku-siku KLN dengan  

NL = 8 cm dan ∠L = 30⁰, maka  ∠N = 60⁰

KN = a (sisi dihadapan sudut 30⁰) KL = a√3 (sisi dihadapan sudut 60⁰) NL = 2a (sisi miring)

Jadi

NL = 8 cm

2a = 8 cm

a = [tex]\frac{8}{2}[/tex] cm

a = 4 cm

Sehingga diperoleh

KL = a√3 = 4√3 cm KN = a = 4 cm

Luas persegi panjang KLMN adalah

L = panjang × lebar

L = KL × KN

L = 4√3 cm × 4 cm

L = 16√3 cm²

6. Perhatikan gambar segitiga siku-siku ABC di bawah. Tentukan

a) Keliling segitiga ABC

b) Luas segitiga ABC

Jawab

Perhatikan segitiga siku-siku ABC dengan ∠B = 30⁰ maka ∠A = 60⁰

Perhatikan segitiga siku-siku ADC

∠A = 60⁰ maka ∠C = 30⁰, sehingga

AD = a (sisi dihadapan sudut 30⁰) DC = a√3 (sisi dihadapan sudut 60⁰) AC = 2a (sisi miring)

Karena AD = 8 cma = 8 cm maka diperoleh  

DC = a√3 = 8√3 cm AC = 2a = 2 × 8 cm = 16 cm

Perhatikan segitiga ABC

AC = x (sisi dihadapan sudut 30⁰) BC = x√3 (sisi dihadapan sudut 60⁰) AB = 2x (sisi miring)

Karena AC = 16 cmx = 16 cm maka diperoleh

BC = x√3 = 16√3 cm AB = 2x = 2(16 cm) = 32 cm

Jadi

a) Keliling segitiga ABC

K = AB + BC + AC

K = 32 cm + 16√3 cm + 16 cm

K = (48 + 16√3) cm

K = 16(3 + √3) cm

b) Luas segitiga ABC

L = ½ × alas × tinggi

L = ½ × AC × BC

L = ½ × 16 cm × 16√3 cm

L = 8 cm × 16√3 cm

L = 128√3 cm²

Pelajari lebih lanjut  

Contoh soal lain tentang teorema pythagoras

Triple pythagoras: brainly.co.id/tugas/21315993 Tinggi menara: brainly.co.id/tugas/14893560 Panjang diagonal bidang sisi kubus: brainly.co.id/tugas/17143640

------------------------------------------------

Detil Jawaban  

Kelas : 8

Mapel : Matematika  

Kategori : Teorema Pythagoras

Kode : 8.2.4


6. Jawaban soal matematika kelas 8 halaman 12 semester 2 nomor 5


gambar foto nya mana ya

ko GK ada si


7. evaluasi diri 8matematika kelas 5 halaman 24.tolong bantu​


Jawaban:

1 457, 2 9,34 3 59,0 4 6,87


8. Tolongin jawabkan soal matematika dong!ini soal kelas 8 SMP ya!kalian semua pasti ingat ya!mau dikumpul langsung ini!nomor 5 saja ya!matematika buku paket kelas 8 SMP HALAMAN 186!!!!!!YANGSEMESTER1YA!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!jawabannya harus terverifikasi ahli ya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!


Jawab: iv, ii, i, ii

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Jika y = 0, maka x = 3/2 (ada pada grafik ii)

Jika x = 0, maka y = 3 (ada pada grafik ii)

Sehingga grafik ii mencukupi persamaan iv

Titik potong y artinya x = 0, sehingga y = 3 (0,3) (c.i)

Kemiringan yaitu ∆x/∆y = 2/4 = 1/2 (b.ii)


9. kunci jawaban matematika kelas 8 semester 2 halaman 45 paket uji kompetensi 6 (5-20)


Kunci jawaban matematika kelas 8 semester 2 halaman 45 paket uji kompetensi 6 (5 – 20). Soal yang disajikan adalah soal tentang teorema pytagoras. Disini saya akan menjawab nomor 8 sampai 19, untuk

nomor 5, 6, 7 dan 20 dapat dilihat di link pelajari lebih lanjut

Pembahasan

8. Yang membentuk segitiga siku-siku adalah A. 10 cm, 24 cm, 26 cm, karena

10² + 24² = 26²

100 + 576 = 676

676 = 676

9. Panjang sisi tegak yang lain adalah

= [tex]\sqrt{17^{2} - 15^{2}}[/tex]  

= [tex]\sqrt{289 - 225}[/tex]  

= [tex]\sqrt{64}[/tex]  

= 8 cm (B)

10. Alas segitiga

= [tex]\sqrt{25^{2} - 24^{2}}[/tex]  

= [tex]\sqrt{625 - 576}[/tex]  

= [tex]\sqrt{49}[/tex]  

= 7 cm

Keliling segitiga

= (25 + 24 + 7) cm

= 56 cm (B)

11. (4a)² + (3a)² = 70²

16a² + 9a² = 4.900

25a² = 4.900

a² = 196

a = [tex]\sqrt{196}[/tex]

a = 14

Keliling segitiga

= (4a + 3a + 70) cm

= (7a + 70) cm

= (7(14) + 70) cm

= (98 + 70) cm

= 168 cm (C)

12. Jarak kapal dari titik awal ke titik akhir

= [tex]\sqrt{11^{2} + 9^{2}}[/tex]  

= [tex]\sqrt{121 + 81}[/tex]  

= [tex]\sqrt{202}[/tex] km (C)

13. Tinggi trapesium

= [tex]\sqrt{13^{2} - 5^{2}}[/tex]  

= [tex]\sqrt{169 - 25}[/tex]  

= [tex]\sqrt{144}[/tex]  

= 12 inci

Sisi sejajar trapesium adalah

a = 18 inci b = (18 + 5 + 5) inci = 28 inci

Jadi luas trapesium tersebut adalah

= ½ × (a + b) × t

= ½ × (18 + 28) × 12

= ½ × 46 × 12

= 276 inci² (C)

14. Panjang KM  

= [tex]\sqrt{KL^{2} + LM^{2}}[/tex]  

= [tex]\sqrt{13^{2} + 13^{2}}[/tex]  

= [tex]\sqrt{169 + 169}[/tex]  

= [tex]\sqrt{338}[/tex]  

= [tex]\sqrt{169 \times 2}[/tex]  

= [tex]13\sqrt{2}[/tex] cm (B)

15. Perhatikan segitiga siku-siku sebelah kanan, jika t adalah tinggi segitiga, maka

t² + 15² = 17²

t² + 225 = 289

t² = 289 – 225

t² = 64

Perhatikan segitiga siku-siku sebelah kiri

(3x – 5)² = 6² + t²

(3x – 5)² = 36 + 64

(3x – 5)² = 100

(3x – 5)² = 10²

3x – 5 = 10

3x = 15

x = 5 (A)

16. Panjang diagonal sisi depan balok

= [tex]\sqrt{p^{2} + t^{2}}[/tex]

= [tex]\sqrt{40^{2} + 30^{2}}[/tex]  

= [tex]\sqrt{1600 + 900}[/tex]  

= [tex]\sqrt{2500}[/tex]  

= 50 cm

Luas daerah yang diarsir

= d × l

= 50 cm × 10 cm

= 5 dm × 1 dm

= 5 dm² (A)

17. OE = ½ AB = ½ (14 cm) = 7 cm

Panjang TE

= [tex]\sqrt{TO^{2} + OE^{2}}[/tex]

= [tex]\sqrt{24^{2} + 7^{2}}[/tex]  

= [tex]\sqrt{576 + 49}[/tex]  

= [tex]\sqrt{625}[/tex]  

= 25 cm (A)

18. AB = BC, maka

AB² + BC² = AC²

AB² + AB² = 24²

2AB² = 576

AB² = 288

AB = [tex]\sqrt{288}[/tex]

AB = [tex]\sqrt{144 \times 2}[/tex]

AB = [tex]12\sqrt{2}[/tex] cm (B)

19. Perhatikan ∆PQS

SQ : PS : PQ = 1 : √3 : 2 = a : a√3 : 2a

SQ = a dan PS = a√3

Karena SQ = 3 ⇒ a = 3, maka  

PS = a√3 = 3√3

Perhatikan ∆QSR

SR : SQ : RQ = 1 : √3 : 2 = x : x√3 : 2x

SQ = x√3 dan SR = x

Karena SQ = 3 maka

x√3 = 3 ===> kedua ruas kali √3

x√3 . √3 = 3 .√3

3x = 3√3

x = √3

SR = √3

Jadi panjang PR adalah

= PS + SR

= 3√3 + √3

= 4√3 cm (C)

Pelajari lebih lanjut  

Contoh soal lain tentang teorema pythagoras

Jawaban no 5 sampai no 7: https://brainly.co.id/tugas/26539412 Jawaban no 20: https://brainly.co.id/tugas/13971522 Menentukan panjang sisi segitiga siku-siku: https://brainly.co.id/tugas/259167

------------------------------------------------

Detil Jawaban  

Kelas : 8

Mapel : Matematika  

Kategori : Teorema Pythagoras

Kode : 8.2.4


10. jawaban buku paket matematika kelas 8 kegiatan 1.2 halaman 21-22no 1 2 4 5 6​


Jawaban:

maaf kak aku ga bisa bantu jawab

Jawaban:

Latihan 1.2 perkalian pada perpangkatan


11. jawaban soal Matematika kelas 8 semester 2 halaman 124....klo ada yang bisa jawapan semua aku kasih bintang⭐ 5 sama Terima kasih​


Jawaban:

Volume Piramida

= ⅓ × 9 × 9 × 17

= 459cm³


12. jawaban matematika kelas 8 halaman 141 tabel 8.2 nomor 4 dan 5tolong jawab:(​


Tabel 8.2 Luas Permukaan Prisma

4. Luas permukaan prisma segitiga = (2 × luas segitiga) + (keliling segitiga × tinggi prisma)5. Luas permukaan prisma segiempat = (2 × luas segiempat) + (keliling segiempat × tinggi prisma)

Penjelasan dengan langkah-langkah:

Prisma adalah bangun ruang yang dibatasi oleh dua bidang berhadapan yang kongruen (sama dan sebangun), dan saling sejajar, serta bidang-bidang lain yang berpotongan menurut rusuk-rusuk yang sejajar.

Diketahui :

Gambar jaring-jaring prisma.

Ditanya :

Luas permukaan prisma.

Penyelesaian :

Menentukan luas permukaan prisma segitiga siku-siku

Perhatikan gambar jaring-jaring prisma no 4 yang alasnya berbentuk segitiga siku-siku.

Luas = (2 × L I) + L II + L III + L IV

        = [2 × (1/2 × a × b)] + (b × t) + (c × t) + (a × t)

        = [2 × (1/2 × a × b)] + [(a + b + c) × t]

        = (2 × luas segitiga) + (keliling segitiga × tinggi)

Menentukan luas permukaan prisma segiempat

Perhatikan gambar jaring-jaring prisma no 5 yang alasnya berbentuk segiempat.

Luas = (2 × L I) + L II + L III + L IV + L V

        = [2 × (p × l)] + (l × t) + (p × t) + (l × t) + (p × t)

        = 2 × (p × l) + (2p × 2l) × t

        = (2 × luas segiempat) + (keliling segiempat) × tinggi

Kesimpulan :

Berdasarkan uraian diatas, secara umum dapat disimpulkan rumus luas permukaan prisma adalah Luas permukaan prisma = 2 × luas alas + keliling alas × tinggi prisma.

-----------------------------------------------------------------------------------------------------

Pelari lebih lanjutMenentukan luas selimut prisma tegak segitiga  → brainly.co.id/tugas/5967842Luas permukaan limas segi enam beraturan → brainly.co.id/tugas/14610929Luas bidang tegak yang diketahui luas limas dan tinggi  → brainly.co.id/tugas/14863887Detail Jawaban

Kelas : 8

Mapel : Matematika

Bab : 8 - Bangun Ruang Sisi Datar

Kode : 8.2.8

#AyoBelajar


13. jawaban soal matematika kelas 8 semester 1 halaman 23, nomor 5 dan 6 hanya a-d​


Jawaban nomor 5 dan 6 hanya a - d halaman 23 yang merupakan pola bilangan.

1. Bilangan 100100100100100... diteruskan

a. Angka ke-100 adalah 1b. Angka ke-1000 adalah  1c. Angka ke-3000 adalah 0d. Angka ke-2016 adalah 0

2. Bilangan 133464133464133464 ... diteruskan

a. Angka ke-100 adalah 4b. Angka ke-1000 adalah  4c. Angka ke-3000 adalah 4d. Angka ke-2016 adalah 4

Penjelasan dengan langkah-langkah

Diketahui :

Bilangan 100100100100100Bilangan 133464133464133464

Ditanya :

Angka tersebut diteruskan dengan pola yang sama tentukan :

a. Angka ke-100 b. Angka ke-1000 c. Angka ke-3000 d. Angka ke-2016

Jawab :

1. Bilangan 100100100100100 ...

Bilangan tersebut mempunyai pola angka berulang setelah 3 angka.

Jadi untuk menentukan pola angka ke-n, banyak angka dibagi 3 dan hitung sisa urutan angkanya.

a. Angka ke-100

100 : 3 = 33 sisa 1

Karena sisa 1, maka urutan ke-1 dari bilangan 100100... adalah angka 1

b. Angka ke-1000

1000 : 3 = 333 sisa 1

Karena sisa 1, maka urutan ke-1 dari bilangan 100100... adalah angka 1

c. Angka ke-3000

3000 : 3 = 1000 sisa 0

Karena sisa 0, maka urutan ke-3 dari bilangan 100100... adalah angka 0

d. Angka ke-2016

2016 : 3 = 672 sisa 0

Karena sisa 0, maka urutan ke-3 dari bilangan 100100... adalah angka 0

2. Bilangan 133464 133464 133464 ...

Bilangan tersebut mempunyai pola angka berulang setelah 6 angka.

Jadi untuk menentukan pola angka ke-n, banyak angka dibagi 6 dan hitung sisa urutan angkanya.

a. Angka ke-100

100 : 6 = 16 sisa 4

Karena sisa 4, maka urutan ke-4 dari bilangan 100100... adalah angka 4

b. Angka ke-1000

1000 : 6 = 166 sisa 4

Karena sisa 4, maka urutan ke-4 dari bilangan 100100... adalah angka 4

c. Angka ke-3000

3000 : 6 = 500 sisa 0

Karena sisa 0, maka urutan ke-6 dari bilangan 100100... adalah angka 4

d. Angka ke-2016

2016 : 6 = 336 sisa 0

Karena sisa 0, maka urutan ke-6 dari bilangan 100100... adalah angka 4

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang pola angka satuan pada bilangan berpangkat → brainly.co.id/tugas/11188847

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1


14. jawaban paket matematika kelas 8 semester 2 halaman 103 nomor 5​


Jawaban:

semoga membantu ya ! !!!!


15. bantu kk abg evaluasi diri 8matematika kelas 5 halaman 24 ​


Jawaban:

caranya ada di foto

6. 6,05 - 4,3 = 1,75

7. 9,43 - 2,6 = 6,83

8. 0,97 - 0,03 - 0,25 = 0,69

9. 6,52 - 1,24 - 0,08 = 5,20

10. 7,35 - 0,04 - 1,32 = 5,99


Video Terkait


Post a Comment for "Matematika Kelas 5 Halaman 8"