Soal Dan Jawaban Bahasa Jawa Kelas 10
jawaban soal bahasa jawa kelas 7 halaman 146 hal 10
1. jawaban soal bahasa jawa kelas 7 halaman 146 hal 10
Jawaban:
D.Raden rama
Penjelasan:
10.prabu dasarata iku raja ing nagara yodnya kang kagungan putra asma...
A.Dewi sinta
B.Dewi sumitra
C.Dewi kosalaya
D.Raden rama
2. pelajaran : Bahasa Jawakelas : 8Hai kak tolong bantu aku yajangan cuma ambil coin nya aja harus jawab dulu dongterimakasih yang mau bantutambahan soal :10. Apa falsafahe tembang Kinanthi?
Jawaban:
tembang kinanthi berasl dari kata kanti yang berarti menggandeng atau menuntun mengisahkan hidup seorang anak
3. Mapel : Bahasa JawaKelas : 6Semester : 2No : 9 - 10 Soal : 9 . Sandhangan kang dadi tandha gantine klaster aksara "ya" yaiku...10 . Tembung "mlaku" menawa ditulis nganggo aksara Jawa dadi...Catatan :•No bahasa alien / gajelas contoh : HJSWJAK • No Ngasal•Tidak boleh menghapus jawaban orang lain !! MENGAJUKAN PERTANYAAN MENGGUNAKAN POIN JDI MOHON JGN MELANGGAR !!melanggar? dilaporkan terima kasih jika sudah mau membantu (。•̀ᴗ-)✧( maaf kalau foto blur / tidak jelas )
Jawaban:
jawaban no 2 saja
Penjelasan:
untuk no 1 tidak tahu, maaf dan semoga membantu
4. Bacaan nya diatas ya >< Soal : 1. Kapan uapacara " Ngreksa Bumi " dileksanakake? jawab: 2. Ing ngendi upacara " Ngreksa Bumi " dileksanakake? jawab : 3. Upacara "Ngreksa Bumi " diwiwiti saka ing endi? jawab : 4. Sapa sing mimpin upacara seremonial kasebut? jawab : 5. Sing rawuh ing upacara kasebut sapa wae? jawab : 6. Sing diarak menyang guwa Resi awujud apa? jawab : 7. Sapa wae sing ngarak lan manggul? jawab : 8. Apa wae isine sing kanggo ngga we gunungan? jawab : 9. Kepriye swasanane upacara "Ngreksa Bumi" ing plantaran guwa resi 10. Sapa sing duwe kajad nganakake "Ngreksa Bumi " Bahasa Jawa Kelas 7 Plis ka bantu , buat ulangan nih ╥﹏╥
Jawaban:
1. Saben tanggal 1 Muharram utama 1 Sura.
2.Kecamatan Bulukerto, Kabupaten Wonogiri.
3. Seka lapangan Kecamatan Bulukerto.
4. Camat Bulukerto.
5. saka Muspika lan para warga.
5. Tema:Rajin BelajarHari Senin yang cerah. Setelah anak-anak upacara bendera, mereka menuju kelasnya masing masing untuk mendapat mata pelajaran dari guru. Hari ini ada mata pelajaran matematika, Bahasa indonesia, Bahasa Jawa, dan PPKN.Mata pelajaran pada jam pertama adalah matematika. Ibu guru tidak memberikan materi baru hari ini, tetapi latihan mengerjakan soal. Setelah ibu guru membagikan kertas latihan, Suasana kelas nampak hening. Nampak anak - anak sedang antusias mengerjakan latihan soal yg diberikan oleh guru. Semangat tetap ada meskipun sebelumnya telah melaksanakan upacara bendera.Setelah selesai mendapat pelajaran di sekolah, para siswa pulang. Tika, Dwi, dan Rima pulang bersama jalan kaki karena jarak rumah mereka yang tak jauh dari sekolahan.“Habis makan siang nanti kita bermain yuk. Di rumahku ada boneka baru yang dibelikan ibuku dari Bandung.” Pinta Rima pada kedua sahabatnya.“Asyik.” Ucap Dwi dengan penuh kegembiraan.“Gimana, Tik, kamu bisa ikut tidak?”“Aku tidak ikut saja. Mau belajar di rumah karena tadi kan ibu guru berpesan untuk belajar karena siap-siap jika ada tes dadakan.” Sanjang Tika dengan polosnya.Sesampai di rumah masing-masing, Tika langsung ganti baju, makan siang, solat, kemudian istirahat siang sehingga malamnya dia bisa belajar dengan tenang dan konsentrasi. Sesekali dia bertanya kepada kakaknya jika kurang paham dengan materi di buku.Sedangkan Dwi dan Rima bermain boneka sampai larut sehingga tidak sempat mempelajari materi. Keesokan harinnya mereka berangkat bersama dan sesampai di kelas ternyata memang ada tes dadakan. Dwi dan Rima merasa kesulitan dalam mengerjakan soal dan akhirnya nilainya jelek sehingga harus mengulang tes susulan.Lain halnya dengan Tika. Dia mendapat nilai terbaik di kelas karena dia sudah belajar dengan rajin sesuai nasehat gurunya. Ibu guru meminta agar Dwi dan Rima belajar dengan temannya, Tika.“Wah, Tik, selamat ya, nilaimu 10. Besok kita ikut belajar denganmu ya.” ucap Rima pada Tika.*soal*1.Tentukan struktur teks cerpen diatas.2.tentukan unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik teks cerpen diatas.bisa bantu jawab, soalnya jam 23.30 terakhir
Maaf klo ngasih soal tuh ya satu satu aja kak..jgn semua sekaligus..kita dibrainly cuma ingin membantu..tapi kalo segini banyak nya dan poin tetep segitu mana mau orang jawab ? ^__^ maaf skali lagi gak bisa bantu mohon untuk tidak direport hanya sekedar pemberitahuan ^_^
6. Anak Sekolah Rajin Belajar. Hari Senin yang cerah. Setelah anak-anak upacara bendera, mereka menuju kelasnya masing masing untuk mendapat mata pelajaran dari guru. Hari ini ada mata pelajaran matematika, Bahasa indonesia, Bahasa Jawa, dan PPKN.Mata pelajaran pertama adalah matematika. Ibu guru menyuruh untuk mengerjakan halaman 5 sampai 6. Suasana kelas nampak hening ketika para siswa sedang mengerjakan soal. Kemudian setelah selesai, bu guru berpesan untuk mempelajari materi perkalian dan pembagian dengan soal cerita karena sewaktu-waktu bisa diadakan tes dadakan.Setelah selesai mendapat pelajaran di sekolah, para siswa pulang. Tika, Dwi, dan Rima pulang bersama jalan kaki karena jarak rumah mereka yang tak jauh dari sekolahan.“Habis makan siang nanti kita bermain yuk. Di rumahku ada boneka baru yang dibelikan ibuku dari Bandung.” Pinta Rima pada kedua sahabatnya.“Asyik.” Ucap Dwi dengan penuh kegembiraan.“Gimana, Tik, kamu bisa ikut tidak?”“Aku tidak ikut saja. Mau belajar di rumah karena tadi kan ibu guru berpesan untuk belajar karena siap-siap jika ada tes dadakan.” Sanjang Tika dengan polosnya.Sesampai di rumah masing-masing, Tika langsung ganti baju, makan siang, solat, kemudian istirahat siang sehingga malamnya dia bisa belajar dengan tenang dan konsentrasi. Sesekali dia bertanya kepada kakaknya jika kurang paham dengan materi di buku.Sedangkan Dwi dan Rima bermain boneka sampai larut sehingga tidak sempat mempelajari materi. Keesokan harinnya mereka berangkat bersama dan sesampai di kelas ternyata memang ada tes dadakan. Dwi dan Rima merasa kesulitan dalam mengerjakan soal dan akhirnya nilainya jelek sehingga harus mengulang tes susulan.Lain halnya dengan Tika. Dia mendapat nilai terbaik di kelas karena dia sudah belajar dengan rajin sesuai nasehat gurunya. Ibu guru meminta agar Dwi dan Rima belajar dengan temannya, Tika.“Wah, Tik, selamat ya, nilaimu 10. Besok kita ikut belajar denganmu ya.” ucap Rima pada Tika.Jawaban AndaAnalisislah struktur (Resolusi,Komplikasi dan Orientasi) cerpen tersebut! Jawaban Anda
Penjelasan:
belajar dan duduk di tempat masing masing
7. Penilaian PengetahuanLatihan SoalBéré tanda cakra (x) dina aksara a, b, c, atawa d di hareupeun jawaban anu dianggap bener!1. Kalimah nu biasana mèrè nyaho atawa nètèlakeun ngeunaan hiji hal disebut kalimah ….A. Kalimah panyelukB. Kalimah wawaranC. Kalimah pananyaD. Kalimah panitah2. Eusi kalimah wawaran biasana sok ….A. mèrè nyaho atawa nètèlakeun ngeunaan hiji halB. nanya ka salah saurang wargaC. mèrè alesan lantaran teu bisa sakola D. Mangaruhan teu bener3. .Nu teu kaasup kana kalimah wawaran nyaèta ….A. Iman ayeuna geus kelas lima.B. Lantaran daharna tambarakan manèhna jadi nyeri beuteung.C. Jung gera balik ,bisi kaburu peuting !D. Poè kamari,Maman teu ka sakola ,lantaran gering parna.4. Kalimah anu eusina nanyakeun hiji hal,sok disebut kalimah ….A. Kalimah panyelukB. Kalimah wawaranC. Kalimah pananyaD. Kalimah panitah5. Di handap ieu ngarupakeun ciri-ciri kalimah pananya nyaèta ….A. Biasana ngagunakeun kecap pananyaB. Di tungtngna makè tanda panyelukC. Ditungtungan ku tanda titikD. Sering aya dina kalimah parentah6. Nu … ari kadaharan nu sèhat tèh ? Kecap pananya nu pang benerna nyaèta ….A. sabarahaB. kumahaC. irahaD. dimana7. Baca potongan paragraf di handap ieu ! Kacaturkeun jaman baheula di Pulo Jawa béh kulon, aya hiji karajaan anu rajana Prabu Rakata. Sang Prabu boga anak dua. Anu cikal ngaranna Radén Sundana, ari anu bungsu ngaranna Radén Topobrana. Harita mah Pulo Jawa jeung Pulo Sumatra téh masih ngahijiKalimah pananya nu pang benerna pikeun paragraf di luhur nyaèta ….A .Iraha kacaturkeunna yèn aya karajaan di Pulo Jawa tèh ?B. Naha rajana bet boga ngaran Prabu Rakata ?C. Kumaha kaayaan karajaan anu rajana Prabu Rakata.jeung Sang Prabu ?D. Naon sababna Pulo Jawa jeung Pulo Sumatra téh masih ngahiji ?8. Kalimah anu nunjukkeun emosi atawa rasa anu ngucapkeun eta kalimah sok disebut kalimah ….A. Kalimah panyelukB. Kalimah wawaranC. Kalimah pananyaD. Kalimah panitah9. Di handap ieu nu kaasup kana kalimah panyaram nyaèta …A. "Pan isuk rek aya ujian, sok atuh geura diajar ti ayeuna !”B. "Hayu urang diajar maen gitar!"C. "Tutupkeun pantona Jang!"D. "Ulah sok tambarakan ari barang dahar tèh,!"10. Di handap ieu nu kaasup kana kalimah pangharepan nyaèta …A."Ulah sok tambarakan ari barang dahar tèh,!"B. "Pan isuk rek aya ujian, sok atuh geura diajar ti ayeuna !”C. “ Moga-moga amal ibadah urang sarèrèa ditarima Alloh swt !”D. “Pang nutupkeun panto tèh ,Ujang tong sina ngagemlong waè !”Kak tolong di jawab ya kakyang bisa jawab tolong jawab jangan ngasal ini bahasa Sunda
Jawaban:
1. B.
2. A.
3. C.
4. C.
5. A.
6. B.
7. D.
8. A.
9. A.
10. C.
maaf kalau ada yang salah tolong komen
8. SOAL PH BAHASA SUNDA KELAS 5 SEMESTER 2 Nama: . .................... Kls 5..... No absen : ..... Kerjakan dengan menuliskan jawaban nya saja di kertas HVS Gunung Tangkuban Parahu Ieu Gunung aya di Provinsi Jawa Barat. Parenahna di kalereun kota Bandung. Jangkungna kira-kira 2.084 meter. Asal-usul Gunung Tangkuban Parahu dipalikeun kana Legenda “Sangkuriang”, nu nyaritakeun anak bogoh ka Indungna, Dayang Sumbi. Sangkuriang teu bias nedunan pamenta Indungna, nyaeta nyieun Talaga jeung parahu dina waktu sapeuting, atuh kacida ambekna. Parahu ditajong tepi ka nangkubna. Eta parahu robah jadi Gunung nu ayeuna disebut Gunung Tangkuban Parahu. 1. Di Provinsi mana ayana Gunung Tangkuban Parahu teh ? a. Sulawesi c. Jawa Timur b. Jawa Barat d. Jawa Tengah 2. Sakumaha kira-kira jangkungna Gunung Tangkuban Parahu ? a. 7.567 meter c. 2.408 b. 2.804 meter d. 2.084 3. Dipalikeun tina Legenda naon ari Gunung Tangkuban Parahu teh ? a. Dayang Sumbi c. sangkuriang b. Jawa barat d. gunung tangkuban parahu 4. Nyaritakeun naon legenda sangkuriang teh ? a. Gunung tangkuban parahu c. sangkuriang b. Anak nu bogoh ka indungna d. jawa barat 5. Saha ngaran Indungna Sangkuriang nu di bogohan ku sangkuriang ? a. Dayang sumbi c. sri mulyani b. Dayang d. parahu robah 6. Parahu anu di tajong ku sangkuriang robah jadi naon ? a. Kayu c. gunung b. Legenda d. taneuh 7. Cipanas Garut teh mangrupa hiji tempat mandi nu kakoncara. Rarangken ka-an atawa pa-an nu tepat pikeun nyampurnakeun kecap mandi nyata …. a. kamandian c. kamandipan b. pamandikan d. pamandian 8. Unggal malem jum’at di imah Pak Sukur sok aya aneh. Rarangken ka-an atawa pa-an nu tepat pikeun nyampurnakeun kecap aneh nyata …. a. Paanehan c. kaanehan b. kaanehkan d. paanehkan 9. Di Kalimantan mah loba pangungsi nu ngalaman sangsara. Rarangken ka-an atawa pa-an nu tepat pikeun nyampurnakeun kecap sangsara nyata …. a. Kasangsaraan c. pasangsaraan b. Kasangsarakan d. pasangsarakan 10. Kuring sedih lantaran waktu Bapa kuring maot ku kuring teu tungkul. Rarangken ka-an atawa pa-an nu tepat pikeun nyampurnakeun kecap tungkul nyata …. a. Patungkulan c. katungkulan b. Patungkulkan d. nungkulan Jieun kalimah anu make kecap-kecap dihandap ieu anu make basa kadelon! 1. maju kahareup kalimahna :……………………………………………………………………………. 2. mundur katukang kalimahna :……………………………………………………………………………. 3. naek ka luhur kalimahna :……………………………………………………………………………. 4. turun ka handap kalimahna :……………………………………………………………………………. 5. rieut sirah kalimahna :……………………………………………………………………………. 6. mules beuteung kalimahna :……………………………………………………………………………. 7. leungeun kengkong kalimahna :……………………………………………………………………………. 8. suku pinced kalimahna :……………………………………………………………………………. 9. asup ka jero kalimahna :……………………………………………………………………………. 10. mundur ka lebak kalimahna :…………………………………………………………………………….
Jawaban:
a. Sulawesi
d. 2.084
c. sangkuriang
a.Gunung ta
a. Dayang sumbi
c. gunungngkuban parahu
9. 4Satwa liar hampir punah karenaa diselundupkan ke luar negerib tidak dirawal dengan baikC dilepas di alam bebasK diburu manusia dengan semena-menaBerita tersebut adalah berita yang disampaikanmelaluix televisib. media massac media cetakd radioThe Gibbon Foundation merupakan lembagaswadaya masyarakat yang mengurusi masalah10. Perhatikan ilustrasi berikut!Sebuah LSM lingkungan hidup mengajakmasyarakat menanam pohon pada hutanqundul dengan tujuan untuk meningkatkankepedulian masyarakat dan mencegahkerusakan lingkungan alamSlogan yang tepat sesuai dengan ilustrasitersebut adalaha. Alamku alammu alam kita, mariselamatkan bersama.b Alamku berseri, besok anak cucubernyanyi sampai pagic Hutanku, kita manfaatkan bersama demikelestarian hidup.d Hutanku berseri, alam pun akan menantipara petani11. Perhatikan iklan berikut!Ayo hemat energi!Matikan lampu dan peralatan listrik jika tidakdigunakan6Hemat energiLanjutan kalimat yang tepat untuk melengkapiiklan tersebut adalaha boros biayab. hemat biayacbumi meranad. manusia menderita12, Perhatikan gambar iklan berikut!Cuci tanganmuAYO pakai sabuna pendidikanb. tumbuh-tumbuhanc lingkungan* satwa liarPusat Penyelamatan Satwa Cikananga beradadiNa Kampung Cikananga, Desa Cisitu,Kecamatan Nyalindung, Kota Sukabumib DKI Jakartac Jawa Tengahd Jawa TimurBacalah teks berita berikut untuk menjawabsoal nomor 8-9!(1) Menurut Wapres, kelalaian penangananTKL ilegal merupakan kesalahan komulatif(tertimbun) dan harus segera dibenahi (2)Namun, bukan berarti selama ini pemerintah tidakserius menangani masalah TKI. (3) Terutamapersyaratan pemulangan TKI seperti yang terjadidi Nunukan8 Kesimpulan berita tersebut adalah ..a. Selama ini pemerintah tidak seriusmenanggulangi masalah TKIb. Pemerintah tidak pernah lalai dalampenanganan TKIc. Wapres mengakui bahwa kelalaianpenanganan TKI adalah kesalahanbersama dan akan segera dibenahi.d. Pemulangan besar-besaran TKI ilegalmerepotkan pemerintah.Unsur yang terkandung di dalam teks tersebutadalaha. siapab kapancmengapad. di manaGambar tersebut termasuka posterC sloganb ikland. spanduk13 Kalimat poster yang menarik untuk anjuranmenjaga kebersihan kelas adalaha Jagalah selalu kebersihan kelas kitab Bersih kelasku, jernih pikirankuC. Bersihkanlah kelas kita setiap harid Kalau kelas bersih, senang belajar36Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII Semester 1 - SKRtolong kakak semua bantu aku...
Jawaban:
4.D
Maaf hanya tau itusnssbssb
10. 1.Sapadha kanca sing...,aja tansah... 2.saben manungsa due geguyuhan pengin urip... lan .... 3.sawise tiba...,tangan lan sikile dadi.... 4.karo wong tua iku sing...lan tudhuhna...mu 5.karna prasaan wong tuwaku...mung tandai masak.... 6.senajan direwangi...,nanging yen durung takdire ya ora klakon sugih 7.Dasar bocahe...,duwe...pisan,mula digandrungi priya. 8.priyayine...tur...sengaja diseneni mungsuhe 9.sing dadi pepelinge...kudu diugemi,aja ngantuk dilirwakake 10.kembang-kembang ing taman karton...lan gandane.... Mata pelajaran:wasis basa(bahasa jawa) kelas 5 plis dong cepet dijawab soalnya besok mau dikumpulkan
Jawaban:
1. sing rukun, aja tansah satru
2. Urip Mulyo lan tentrem
3.
4.
5.
6. senajan direwangi adus kringet
7.
8.
9. wong tuo
10. rembuyung lan gandane wangi
Penjelasan:
maaf kalau banyak salah
11. TERAKREDITASI "B"NSM 121.2.32.17 0022Izin Kanwil Depan Provinsi Jawa Barat No kW 10Np Cipeuti RT07/02 Desa Kananganan Rec. CikalongwetPENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT)MADRASAH TSANAWIYAH (MTs)TAHUN PELAJARAN 2019/2020Mata PelajaranKelasHari dan TanggalWaktuBahasa Sunda: VIII (Delapan)Petunjuk umum :1. Tulislah terlebih dahulu Nama dan Nomer peserta pada lembar jawa2. Dahulukan menjawab soal yang kamu anggap lebih mudah3. Laporkan pada pengawas apabila ada soal yang kurang jelas atau ru4. Periksa kembali hasil pekerjaanmu sebelum diserahkan kepada perPilihlah salah satu jawaban yang paling tepat dengan menghitarhuruf a,b,c dan d pada lembar jawaban yang disediakan !1. Titenan guguritan di handap ieu!Nagri urang katelah IndonesiaDiriksa tur dijaringSumirat komaraBerkahna pancasilaAgeman eusining nagriYu sauyunanNgawangun lemah caiSebutkeun guru lagu jeung guru wilangan pupuh diluhura. 8.1,8.u.8.a.8.e, 8.1,8.ab. 12.1,7.1,6.a, 7.a, 8.1,5.a, 7.7ac. 12.a,7.1,6.a, 7.a,8.1,5.a,7.7.d. 12.1,6.a.8.1,8.a
Jawaban:
D
kalo gk salah
yh kalo salah yh maaf
12. Mata PelajaranKelas/Semester: Bahasa Indonesia: VIII/ GanjilDaring g.A. Penilaian PengetahuanPilihlah salah satu jawaban yang tepat untuk soal soal berikut ini!1. Bacalah penggalan teks berita di bawah ini degan seksama!Marissa baru berusia 10 tahun, tetapi kemampuan melukisnya sangat luar biasa. Tak heran jika Marissa, siswakelas 5 SD negeri 60 Bekasi, Jawa Barat itu mendapatkan penghargaan sebagai pelukis muda berbakat.Pokok berita tentang "apa" dalam berita tersebut adalah....a. Marissa baru berusia 10 tahun.b. Kemampuan melukis Marissa sangat luar biasac. Marissa mendapat penghargaan sebagai pelukis muda berbakatd. Marissa siswa kelas 5 SD Negeri 60 Bekasi
Jawaban:
b. kemampuan melukis Marissa sangat luar biasa
maaf kalau salah
13. Tolong kak bantu aku kerjain soal ini nanti dikumpulin. Makasih. Jangan asal jawab!!!Soal Pilihan Ganda Kesenian wayang SuketKabupaten Purbalingga di Jawa Tengah ini menyimpan kekayaan budaya dan tradisi lokal. Kesenian wayang suket sangat populer di sana. Warga lokal dan pemerintah daerah Purbalingga bahu membahu melestarikan wayang suket. Rumput dalam bahasa Jawa disebut “suket." Sesuai namanya, wayang suket merupakan kerajinan wayang yang terbuat dari rumput. Wayang suket telah berkembang di Kabupaten Purbalingga sejak puluhan tahun silam. Pelancong kerap memburu wayang suket sebagai oleh-oleh atau koleksi khas dari Purbalingga. Selain wayang suket, ada juga batik khas Purbalingga yang bisa dijadikan oleh-oleh khas daerah ini. Batik Purbalingga dapat dijumpai di Desa Limbasari. Batik tulis khas Desa Limbasari, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, diminati konsumen khususnya yang bermotif patrawisa. Motif patrawisa selalu habis terjual karena coraknya sangat bagus. Selain motif patrawisa, batik bermotif sawah layur dan udan liris juga banyak diburu konsumen. Hal menarik lainnya, Purbalingga dikenal sebagai penghasil bulu mata palsu berkelas dunia. Karena memiliki kualitas yang baik, bulu mata palsu khas Purbalingga diekspor ke Tiongkok, Rusia, dan Eropa.Cobalah menjawab pertanyaan berikut setelah membaca teks tanggapan diatas!1. Karya seni apakah yang sedang ditanggapiA. LukisanB. Kesenian wayang suketC. Kesenian EbegD. Tarian tradisional2. Siapa yang menghasilkan karya tersebut ?A. Masyarakat CilacapB. Masyarakat BanyumasC. Masyarakat PurbalinggaD. Masyarakat Jakarta3. Siapa yang Menanggapi ?A. PenulisB. PengarangC. PenciptaD. Pengaransement 4. Bagaimana bentuk tanggapannya ?A. Tanggapan dapat berupa pujian dari kesenian wayang suketB. Tanggapan dapat berupa kritikan dari kesenian wayang suketC. Tanggapan dapat berupa sanggahan dari kesenian wayang suketD. Tidak ada yang menanggapi dari kesenian wayang suket5. Bagaimana cara menanggapinya?A. Penulis mendeskripsikan kesenian wayang suket yang dikenal sebagai penghasil bulu mata palsu berkelas dunia. Karena memiliki kualitas yang baik, bulu mata palsu khas Purbalingga diekspor ke Tiongkok, Rusia, dan Eropa.B. Penulis mendeskripsikan tentang kesenian EbegC. Penulis mendeskripsikan tari JathilanD. Penulis mendeskripsikan lukisan dari para tokoh terkenal6. Mengapa Pelancong kerap memburu wayang suket sebagai oleh-oleh atau koleksi khas dari Purbalingga?A. Batik khas PurbaliggaB. Batik Khas Jogja Jawa TengahC. Bulu MataD. Rumputnya7. Hal menarik apa kah sehingga Kesenian wayang Suket begitu populer di Purbalingga ?A. Batik motif LayurB. Batik motif Udan lirisC. Batik motif sawahD. Penghasil bulu mata palsu berkelas dunia8. Apa itu kesenian wayang suket ?A. Kerajinan wayang yang terbuat dari RumputB. Kerajinan wayang yang terbuat dari bambuC. Kerajinan wayang yang terbuat dari kertasD. Kerajinan wayang yang terbuat dari anyaman9. Dimana kita dapat menjumpai Kesenian wayang suket ?A. Kabupaten Purbalingga, Jawa TengahB. Kabupaten Cilacap, Jawa TengahC. Kabupaten Semarang, Jawa TengahD. Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur10. Kapan Kesenian wayang suket berkembang di Kabupaten Purbalingga ?A. KemarinB. Beberapa bulan silamC. Sejak Puluhan tahun silamD. Tidak Pernah
Jawaban:
1. B
2. C
3. A
4. A
5. A
6. C
7. D
8. A
9. A
10. C
Penjelasan:
SMOGA TERBANTU
14. - kulitnya kuning Langsat - ..... - ..... - ..... seakan dapat didengar : - bernyanyi kecil - ..... - ..... - ..... seakan dapat dirasakan : - rasa hangat berbaur dg lembutnya embusan angin sore melingkupi seluruh tubuh - ..... - ..... - ..... Berikan contoh lainnya dengan benar ya... 1 LIHAT JAWABAN tiaraputrik985 Tanyakan RahmiDayuA mengenai soal ini... Jawaban terverifikasi ahli lira5358 Ambisius 9 jawaban 2.1 rb orang terbantu seakan dapat dilihat - mukanya tipis dengan alis tipis seperti semut beriring ,rambutnya hitam -matanya coklat seperti madu ,matanya jernih -pemandangan pantai parangtritis sangat memesona seakan dapat didengar -tutur katanya lembut -sering terdengar ia menjatuhkan diri -gempuran ombak yg datang seakan Akses melihat jawaban sudah habis UNDUH APLIKASI Lihat jawaban tanpa limit secara gratis klondikegj dan 975 orang menganggap jawaban ini membantu TERIMA KASIH 581 4,5 (394 pilih) 50 Sedang mencari solusi jawaban B. Indonesia beserta langkah-langkahnya? Pilih kelas untuk menemukan buku sekolah Kelas 5 Kelas 6 Kelas 7 Kelas 8 Kelas 9 Kelas 10 Kelas 11 Kelas 12 Ada pertanyaan lain? CARI JAWABAN LAINNYA TANYAKAN PERTANYAANMU Pertanyaan baru di B. Indonesia pliiss bantuin besok harus dikumpulin simpulkan pokok-pokok isi teks deskripsi berjudul pesona Kelimutu? mohon bantuannya ya kak Provinsi pulau Jawa adalah kardiovaskular merupakan hal yang berhubungan dengan a pembuluh darah B kulit C organ gerak D tulang Perbatasan wilayah pulau Jawa adalah 2. Gagasan yang fungsinya menjelaskan gagasan utama disebut Kapan biasanya dipentaskan tarian dodalak harapan untuk kota Nganjuk plisss jawab ya kak nanti tak jadikan jawaban terbaik jawab sebanyak banyaknya tuliskan contoh judul interperative news berdasarkan teks dengan judul "mengenal lebih dekat burung puyuh" di atas, tentukan ide pokok masing-masing paragraf nya! kemudian, kembangkan salah s…atu ide pokok tersebut menggunakan bahasamu sendiri! Tolong di jawab kk/abg bsk dikumpulkan TAMPILKAN SEMUA Sebelumnya Berikutnya Tanyakan
Jawaban:
mksdny gmn ya g ngerti, soalny ruwet bgt
15. BAHASA JAWA KELAS 6!! __________________ !PERHATIAN! - Bagi yang bisa jawab aja! - Gak boleh pake bahasa Alien/Aneh/Gak maksud!! - Ambil point? Jawab dulu!! ________________________ NOTE: Yang bisa aja!! Kadang ada yang ngawur cuman mau koin!! Kan kasian yang buat soal udah gak ada yang jawabin dia relain pointnya buat orang yang gak bertanggung jawab atas mencuri point orang sembarangan! ____________________________ Dijawab semua!! ____________________________ Terangno tegese paribasan, bebasan lan saloka ing ngisor iki ! 4.Ana catur mungkur 5.Rebut balung tanpa isi 6. Emban cindhe emban siladan 7. emprit abuntut bedhug 8. Tuna sathak bathi sanak 9. Anak polah bapak kepradhah 10. Kriwikan dadi grojogan 11. Kebo kabotan sungu 12. Bathok bolu isi madu 13. Busuk ketekuk, pinter keblinger
4.Ana catur mungkur =ora gelem ngrungokake rerasan kang ora becik.
5.Rebut balung tanpa isi = pasulayan merga barang kang sepele.
6. Emban cindhe emban siladan = pilih kasih ora adil.
7. emprit abuntut bedhug = perkara sing maune sepele dadi gedhe.
8. Tuna sathak bathi sanak = rugi bandha,nanging bathi paseduluran.
9. Anak polah bapak kepradhah = tingkah polahe anak dadi tanggungane wong tuwa.
10. Kriwikan dadi grojogan = prakara kang maune cilik dadi gedhe.
11. Kebo kabotan sungu = rekasa merga kakehan anak.
12. Bathok bolu isi madu = wong asor nanging sugih kapinteran .
13. Busuk ketekuk, pinter keblinger = sing bodho lan sing pinter padha nemu cilaka.
semoga membantu.
Jawaban:
Negesi paribasan,bebasan,lan saloka
Ana catur mungkur tegese ora gelem ngrungokakererasankang ora becikRebut balung tanpa isi tegesè pasulayan merga barang kangsepeleEmban cindhe emban siladan tegesè pilihkasihEmprit abuntut bedhug perkarasing maune sepeledadi gedheTuna sathak bathi sanak tegese rugi bandha nanging bathi paseduluranAnak polah bapak kepradhah tegese tingkah polahe anak dadi tanggungane wong tuwaKriwikan dadi grojogan tegesè prakara kang maune cilik dadi gedheKebo kabotan sungu tegese rekasa merga kakehan anakBathok bolu isi madu tegese wong asor nanging sugih kepinteranBusuk ketekuk, pinter keblinger tegese sing bodho lan sing pinter padha nemucilaka===========>> <<===========Penjelasan:
PARIBASAN
Paribasan yaiku unen-unen sing ajeg panggonane lan duwe teges wantah dudu pepindhan.
Titikane paribasan:
Ajeg panggonaneTegese wantah/lumrahOra nganggo pepindhanTanpa jejer Tembunge ora kena diwalikBEBASAN
Bebasan yaiku unen-unen utawa tetembungan panggonane lan duwe teges pepindhan.
Titikanebebasan:
Panggonane ajegTegesè entarNganggo gegambaran arupa kahananTanpa jejer Tembunge ora kena diwalikSALOKA
Saloka yaiku unen-unen sing ngemu surasa pepindhan, ajeg panggonane biasane nganggo gegambaran kewan, tetuwuhan, utawa barang liyane.
Titikanesaloka:
Panggonane ajegTegese entarNganggo gegambaran arupa barang utawa sato kewanLumrahe nganggo jejer (subjek)Tembunge ora kena diwalik===========>> <<===========Detail Jawaban:
Mapel : B. DaerahKelas : 6Materi : Paribasan, Bebasan, lan SalokaKode soal : 13#BelajarKuy
Post a Comment for "Soal Dan Jawaban Bahasa Jawa Kelas 10"